Kurir COD J&T Membuat Status Barang Ditolak, Padahal Belum Dikirim

Saya selaku seller menerima komplain dari pihak pembeli marketplace TikTok Shop, dengan nomor resi J&T: JX1693644620, bahwa status barang “DITOLAK PELANGGAN”. Padahal pembeli tidak merasa barang ditolak, malahan barang itu ditunggu kedatangannya oleh pihak pembeli.

Kemudian saya mencoba follow up ke kurir. Pada tracking pelacakan pada TikTok shop terlampir nama dan nomor HP kurir. Setelah saya menghubungi kurir, alasan kurir tidak mau mengantarkan paket dan membuat status paket tertolak, karena pembeli sering menolak paket. Hal ini saya konfirmasi ulang ke pihak pembeli dan pihak pembeli menyangkal hal tersebut, sebelumnya dia tidak pernah menolak paket COD dengan chat terlampir. Dalam hal ini silakan pihak J&T untuk investigasi (terlampir bukti chat, pelacakan resi, nama dan nomor hp kurir).

Dari kasus ini bisa disimpulkan, banyak oknum-oknum kurir J&T COD yang tidak mau repot mengantarkan paket dan bisa dengan mudahnya membuat status paket ditolak pelanggan. Padahal barang belum dikirim atau dikonfirmasi ke pembeli. Perjalanan paket yang panjang menjadi sia-sia, yang seharusnya tidak retur, karena ulah oknum kurir. Hal ini bukan hanya sekali terjadi, banyak kiriman yang kasusnya seperti ini.

Mohon pihak J&T secara tegas memberikan punishment serta edukasi kepada oknum-oknum yang melanggar SOP dan mempengaruhi serta merusak reputasi J&T itu sendiri. Hal ini merugikan kami sebagai penjual, belum lagi ada risiko barang hilang dll, serta estimasi retur yang bisa memakan waktu 2 minggu bahkan lebih.

Terima kasih Media Konsumen.

Harliadi
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Kurir COD J&T Membuat Status Barang Ditolak, Padahal Belum Dikirim

  • 3 April 2023 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Kalau saya lebih percaya kurir jnt, dia pernah ketemu langsung dgn buyer, kalau ts kan cuma lewat chat konfirmasinya.

    6
    11
    • 3 April 2023 - (09:22 WIB)
      Permalink

      kurir itu bisa berbohong. lu gak pernah punya pengalaman kurir malas kirim paket cod, yah?

      8
      7
    • 3 April 2023 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Ini bukan masalah percaya atau tidak Pak Hery Mulyanto, kalau saya pakai Logika. Coba liat pelacakan Resi. JAM 13.24 PAKET DI PICK KURIR UNTUK DIANTAR DAN JAM 13.24 JUGA PAKET KETERANGAN LANGSUNG DI TOLAK. Jadi dia pick untuk diantar kemudian langsung di buat status di tolak. Dan yg kedua, tiktokshop juga punya peraturan kalau memang pembeli sering menolak COD pasti Akun cod di blokir. Permasalahan ada di kurir. Jika pembeli menolak paket kenapa minta bantuan penjual untuk komplain ke kurir? Pakailah daya Nalar bukan

      13
      1
      • 6 April 2023 - (02:55 WIB)
        Permalink

        gw pernah jd kurir jnt, satu area biasa ny di pegang 2/3 kurir, area ny g luas ko cuma 2-3 RW doang kurir biasa ny sudah tau pelangan/customer yg bermasalah.
        jm pick up dn jm tolak bisa berbarengan karena biasa ny seblum pick up paket, penerima paket terindikasi bermasalah, pasti sudah di konfirmasi atu di hub pelangan terlebih dahulu. begtu ada jawab ditolak maka akan di pick up dan langsung di tolak (paket tidak keluar dr gudang sama sekali malah). dan setiap penolakan barang cod disertakan bukti, chat pelangan atau tlp yg tidak mendapt respon atau bukti tempt tinggal pelangan yg kosong(disertakan poto dgn watermark GPS sesuai alamat cust , tgl dn waktu klo emg pelangan jarang ada dirumah pas siang hari)

        2
        1
        • 6 April 2023 - (09:01 WIB)
          Permalink

          Saya sudah di hubungi penangggung jawab J&t Samarinda. Dari penjelasan beliau bukan hanya sekali kejadian seperti ini. Kesalahan ada di oknum kurir yang tidak mematuhi SOP dan sudah di tindak tegas.

          1
          1
    • 3 April 2023 - (21:19 WIB)
      Permalink

      Maaf BPK saya beberapa kali juga pernah mengalami pada status tracking kurir bilang penerima tidak ada atau rumah kosong, padaha paket saya tunggu sesuai status paket sedang diantarkan ke alamat. Kalau kurir buyer dgn pembeli beda kalau diluar daerah.

    • 10 April 2023 - (19:44 WIB)
      Permalink

      ya maksutnya ts menginformasikan ke penjual biar paham kalo kurirnya bermasalah dan merugikan penjual serta pembeli.kebetulan gua juga ada pengalaman serupa.

  • 3 April 2023 - (13:57 WIB)
    Permalink

    ini mah Sudah bukan rahasia Lagi,,,kurir J&T terutama diluar area Jawa Bali memang banyak ngasal kerjanya, Asal Return.
    Memang gak komit dg kerjaannya apalagi perekrutannya juga ngasal, asal jadi kurir,, tapi otak dan jiwanya Bos,, Bos Curut

    9
    1
    • 3 April 2023 - (15:27 WIB)
      Permalink

      Cari kerjaan sedang susah, kl kerja tdk benar namanya cari penyakit. Paket cod sebelum dikirim pasti di konfirmasi dulu, tidak langsung dikirim. Jd kl di konfirmasi ditolak ya langsung di kembalikan. Inilah bobroknya paket cod, banyak orang isengnya.

      3
      5
      • 3 April 2023 - (15:59 WIB)
        Permalink

        malah ada kurir yang kagak konfirmasi dulu ke pembeli, balikin cod ke penjual. udahlah lu jgn bela kurir.

        3
        3
        • 3 April 2023 - (19:20 WIB)
          Permalink

          Jgn selalu menyalahkan kurir..mas…kadang juga pembeli juga ngaco bhkn juga kadang tokoya juga ngaco….
          Semua bukan salah kurir…
          Mas..mgkin blm rasain yg namaya jdi kurir…

          5
          4
          • 23 Juli 2023 - (07:08 WIB)
            Permalink

            Bkn nyalahin kurir sih, gw sebagai seller Shopee juga udh biasa dicomplain cust dlm hal ini. Bahkan pernah bbrp x gw dan cust masing” nge WA kurirnya. Kalo gw sebagai seller yg nge WA selalu dikacangi kurirnya. Kalo si cust yg nge Chat, dia kasi berbagai alasan. Yg dia blng gk masuk, yg di blng gk lewat, barang disuruh ambil sendiri ke Counter nya (memang lokasi cust ada di daerah) . Walau Chat gw di read aj sama si kurir, gw tetap kirim Chat bahwa akan melaporkan kurir tsb jika tetap tdk diantar. Bukti Chat cust&kurirny pun dikirim ke gw. Setelah ditekan dari seller&cust barulah kurir tsb mengantarkan barang memang menjadi tanggung jwbnya. Hal ini sdh jdi makanan sehari” gw ditanya pembeli knp balik lagi paketnya. Bahkan cust mengaku, tdk ad dihub samsek oleh kurir, tiba” status udh paket ditolak n diretur. Jdi banyak ya oknum kurir yg memang males anter, karna gw perna Ngalamin sendiri n percaya sdh ad bukti.

      • 4 April 2023 - (04:03 WIB)
        Permalink

        Seharusnya kalo sdh di konfirmasi dan di tolak, minta syaratnya biar kurir punya bukti kuat. Ga usahlah mencari pembenaran dgn menyalahkan sistem cod nya.

        2
        1
      • 20 April 2023 - (11:17 WIB)
        Permalink

        Udah tau nyari kerjaan susah tp ngeluh trs karena bayaran ga sesuai. Ujung2nya jd males dan berbuat nekat dgn ngambil isi paket org.

  • 3 April 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Jnt mah memang gt males dia retunr. Dan barang retunn dr COD gagal juga numpuk mesti lo kejar baru balik. Aneh nya saya juga ol shop orderan banyak di shope express COD nya juga. Namun COD return rasionya jnt lbh banyak . Di logika aja. Males kirim karena jauh dsb tinggal return itu kerja nya

    3
    1
      • 3 April 2023 - (19:22 WIB)
        Permalink

        Bukan berbohong ka
        .tapi si scaner mang isi keterangan mang ithu aja ka..wat nolak paket…

        1
        2
          • 4 April 2023 - (12:37 WIB)
            Permalink

            Bukan berbohong to belaan orang .tapi liat dl di sisi mana yg salah..jgn menilainya dr satu sisi.

            1
            2
          • 4 April 2023 - (12:49 WIB)
            Permalink

            setuju, ngetik aja masih salah, belain orang, paket reguler non cod di retur, dan paket returan isi berubah…/ berkurang… jangan”yg belain komplotan juga.

            1
            1
        • 4 April 2023 - (11:21 WIB)
          Permalink

          paket reguler dan non-cod kenapa selalu di retur oleh J&T sedangkan paket dengan ekspedisi lain selalu sampai. jd gimana, bulan Puasa Ga Boleh Bohong Lo

          1
          1
        • 4 April 2023 - (11:24 WIB)
          Permalink

          paket reguler dan non-cod kenapa selalu di retur oleh JnT sedangkan paket dengan ekspedisi lain selalu sampai. jd gimana, bulan Puasa Ga Boleh Bohong Lo

          1
          1
  • 3 April 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Lain kali minta ke pembeli nya untuk tidak pake COD gan… Kurir itu dibayar per paket dan mereka seneng kalo dapet paket… Jadi kalo mereka dengan sengaja meng cancel paket, pasti ada sebab dan alasannya…

    Bisa aja krn dia tau klo pembelinya sering tidak ada dirmh… Atau bisa jg seperti kata si kurir klo pembelinya memang sering membatalkan paket… Yg pasti ga mungkin kurir itu membatalkan paket secara tiba2, krn rugi dong, ga dapet uang. Kecuali paket anda super besar yg klo diantar malah kurir itu yg merasa rugi

  • 4 April 2023 - (04:15 WIB)
    Permalink

    Engga ada yang tidak mungkin di dunia memang begitu adanya tapi ada juga pernah kejadian barang di tolak buyer karna uang cod tidak siap.lalu pura pura chat ke seller minta bantuan seolah olah kurir yang salah.tanda kutif sewot ke kurir tertentu si buyernya beda beda kejadian

    • 7 April 2023 - (00:18 WIB)
      Permalink

      Mungkin kurir malas bertemu sama org2 yg pakai cod terkecuali memang dah biasa cod dan bagus dalam pengambilan codnya.
      Cz kurir trauma kalau paket cod,apalagi custumernya gak ngerti sistem cod,seperti yg sudah2.

  • 4 April 2023 - (06:17 WIB)
    Permalink

    COD, sistem yang dipaksakan!!
    Prinpsip utama Transaksi online, bisa terjadi kalo ada jaminan.
    Jaminannya berupa pembayaran dari Buyer.
    Fungsi Marketplace (MP) sebagai tempat mengamankan jaminan dari buyer.
    Dengan adanya jaminan, seller bisa kirim barang dan buyer nunggu barang nyampe.

    Kalau ada masalah, jaminan itulah yang diputuskan oleh oleh MP apakah dilepas ke seller atau kembali ke buyer.
    COD???? kagak ada yang dijaminkan bos! 🙂

    Jaminannya apa? ya kekacauan yang terjadi di lapangan….
    Buyer cancel, kurir bawa lagi tu barang… Untung2 deh, tuh kurir kagak diajak adu-mulut oleh buyer bandel.
    Seller terima barang retur yang sudah capek dalam perjalanan karena bolak-balik, kemungkinan bonyok di jalan.
    Kebanyakan cancel, kurir jadi kapok. Sistem yang bisa membuat kurir bener/baik jadi males…

    Lah wong sistem yang sudah ada jaminan (Non COD) saja masih berpeluang timbul masalah, ya kan?
    Tapi paling tidak, ada jaminan yang “diperebutkan” oleh buyer dan seller melalui ruang mediasi dengan MP sebagai mediatornya.

    Untuk COD, usaha MP paling membekukan akun yang sudah beberapa kali cancel order.
    Untuk pembeli bandel, pembekuan akun tidak masalah. Gampang buat akun. Hit and run kate si Entong… 🙂

    Mungkin kalau pihak MP memang ngotot mau menyediakan fasilitas COD demi menaikkan nilai transaksi, COD hanya bisa digunakan oleh akun yang sudah mencapai level tertentu (misalnya Platinum keatas kalau di Tokped).
    Paling tidak, akunnya jadi jaminan. Kalau Cancel lebih dari 2x langsung dibekukan.

    Ya tapi sedih juga mungkin buat MP…
    Level tinggi akun biasanya dicapai justru oleh buyer yang lebih senang tidak COD.
    Sedikit Persentasenya yang lebih suka COD.
    Akhirnya, demi nilai transaksi… masa bodoh dengan sistem transaksi online yang ideal,
    yang penting cuan…. 🙂

    • 5 April 2023 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Setuju sih,sepengalaman saya sebagai kurir jnt,sebenernya kalaupun ada paket non cod semua saya usahain biar sampe rumah.
      Masalah paket cod kebanyakan di buyer,karna di saat kita mengirimkan barang,sebagian buyer ada yg pernah tidak ada duit,orang sedang keluar,kadang di aplikasi nomor yg di cantumkan sama sekali ga aktif,dan pernah juga saya nunggu setengah jam di suruh nunggu manggil saudaranya yang pesen orangnya kaga ada saudaranya ga ada yg mau bayarin akhirnya setelah setengah jam lebih saya di suruh balik dulu dan saudaranya bilang “besok bawa lagi aja mas” ya kita juga sebagai kurir ga mau terlalu berdebat sama pembeli,pernah juga saya mengalami paket cod di unboxing orangnya ga mau bayar,lah terus kalo udah di buka paketnya yang nanggung biaya karna paketnya sudah di buka siapa?
      Pasti kurir dong,ANDA ANDA SEMUA GA TAU 1 paket dari jnt harganya 1.400,dan untuk market place manapun mending hapus tuh sistem cod,dan sampai saat ini saya kalo pesen paket ga pernah cod,karna saya ngalamin gimana rasanya cod juga

  • 5 April 2023 - (07:29 WIB)
    Permalink

    walaupun udah tahu bakalan d cancel,
    harus nya si kurir jgn main Cancel d awal…
    kan bisa cari paket yg satu jalur degn pembeli lain? oia saya nanya emang skrg kurir nggk bisa konfirmasi ke pembeli dulu lewat no tlp sblm kirim barang COD? spy si pembeli bisa siap siap nyediain uang cash atau kagak pergi kelayapan sampai barang dtng

    1
    1
    • 6 April 2023 - (03:04 WIB)
      Permalink

      syarat barang bisa di return kurir , harus ada bukti chat/tlp yg dr cust/pelangan . diabaikan untuk dikonfirmasi/ penolakan paket tsb ..
      jd retur paket g asal g mau kirim jg .

  • 8 April 2023 - (01:30 WIB)
    Permalink

    Kalau saranku untuk pembeli, sebaiknya hindari COD, tiktok shop kan bisa dibayar di alfamart atau indomaret.
    Online shop lain juga bisa top up di alfamart atau indomaret.
    Tapi memang pengalaman aku ekspedisi JnT memang paling kacau, status paket aja bisa tertahan beberapa hari tidak bergerak.

  • 20 April 2023 - (10:36 WIB)
    Permalink

    JnT memang kacau apalagi JnT Tipar Cakung, Paket Non-COD di retur (Di buat Resi Baru) Seller Harus Bayar Ongkir Karena Paket Returnya Di Buat DFOD harus bayar ongkir. lucu udah di rugikan malah suruh bayar ongkir
    Mohon Untuk Kurir Andri Kurniawan dan Sopian Halim Mustaqim untuk tidak melakukan hal seperti ini lagi. agar tidak banyak seller yang di rugikan.

  • 20 April 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    ekspedisi JnT memang kacau apalagi JnT T!par C4kun9, Paket Non-COD di retur (Di buat Resi Baru) Seller Harus Bayar Ongkir Karena Paket Returnya Di Buat DFOD harus bayar ongkir. lucu udah di rugikan malah suruh bayar ongkir.

  • 20 April 2023 - (11:08 WIB)
    Permalink

    kenapa yah ko paket jNT returan nya malah disuruh bayar ongkir. returnya juga aneh Non-CON di buat gagal di tolak oleh penerima, padahalga di antarkan, resi malah di buat baru yang mana returan tersebut ongkir harus di bayar

  • 20 April 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    jNT kenapa sistemnya aneh apalagi yg cabang T1p4r C4kun9
    paket jelas-jelas Non-COD
    tapi kenapa di gagal kirim, terus returnya kenapa jadi resi baru DF0D yang ongkirnya seller yang nanggung wajib di bayar. Untuk JnT Ciomas Mohon segera di selesaikan. dan jangan ada korban lagi. ini sangat membingungkan dan merugikan seller.

  • 20 April 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    resi JP3758362499 Non-COD oleh JNT Tipar Cakung andri_kurniawan dan Sopian_Halim Mustaqim di buat gagal kirim dan di buat resi retur baru JD0235390117 , aneh, saya selaku seller harus bayar ongkir Oleh Kuri JNT Ciomas. Tipar Cakung Ada Apa Sih Dengan Kurirnya. dan katanya bukan saya aja korbanya.

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Kurir COD J&T Membuat Status Barang Ditolak, Padahal Belum Dikiri…

oleh Harli dibaca dalam: 1 menit
40