Hapuskan Pinjaman Online Tenor 7 Hari!

Banyak rakyat terjerat modus pinjaman online dengan tenor 7 (tujuh) hari. Bahkan ada pinjol yang pada hari ke-7 sudah dihitung denda. Apakah benar aplikasi tersebut adalah pinjaman online resmi dengan persetujuan OJK dan Kominfo? Karena pinjaman dengan tenor 7 hari menyengsarakan rakyat.

Pada aplikasi tertera penawaran Rp8-10, juta dengan tenor 91 hari (bunga 0,02% – 0,08% per hari). Saya kira hanya satu aplikasi, ternyata setelah diklik terdapat banyak nama aplikasi pinjamannya. Mereka menawarkan pinjaman tenor 7 hari Rp1.200.000, sementara dana yang ditransfer hanya Rp780.000,

Misalnya dalam satu aplikasi DUIT PINTAR dan PINJAMAN KILAT serta RUPIAH GO, masing-masing berisi banyak nama pinjaman tenor 7 hari:

  1. Kualitas Tinggi
  2. Dana Darurat
  3. Money Go
  4. Tunai Bijak
  5. Dompet Emas
  6. Dompet Mudah
    dan lain-lain

Apakah benar dari OJK memperbolehkan adanya pinjaman tenor 7 hari dengan bunga 40%? Hal ini sangat memberatkan rakyat karena dalam 7 hari harus menyiapkan uang Rp1.200.000. Tidak ada peminjam yang sanggup menyiapkan uang Rp.1.200.000 dalam tempo 7 hari. Karena tidak ada penawaran dicicil sebagian, pokok pinjamannya harus dibayar lunas. Kalau hanya bayar bunga saja maka pada hari ke tujuh sudah dikenakan denda Rp.60.000.

Kita berharap dihapuskan adanya pinjaman online pinjaman tenor 7 hari, karena menyengsarakan rakyat. Harus diganti menjadi pinjaman 20 hari atau 30 hari, karena pinjaman 7 hari termasuk modus penipuan pada rakyat. Sudah pasti rakyat tidak akan mampu dalam tempo 7 hari membayar pinjamannya Rp1.200.00, karena yang diterima hanya Rp780.000.

Kebanyakan orang gajian setiap 30 hari. Kalau bayar setelah gajian, maka bunga dan dendanya sudah mencapai 5 juta rupiah, karena menunggak 30 hari (denda per hari Rp60.000). Maka akan semakin banyak rakyat terjerat hutang. Buruh yang pendapatannya 2 juta rupiah per bulan hanya sibuk memikirkan bunga dan denda yang terus bertambah, bisa ada yang gila dan bunuh diri.

Tidak ada alternatif di aplikasi yang bisa mengurangi pinjaman pokok walaupun hanya Rp500 ribu. Pilihan di aplikasi hanya boleh dilunasi atau bayar bunga saja, dan diperpanjang pinjamannya. Namun pada hari ketujuh sudah dihitung denda dan bunga bertambah menjadi Rp.480.000. Padahal belum lewat jatuh temponya, tapi sudah didenda

Pada hari ke-5 sudah diteror, diancam akan disebarkan ke semua nomor HP keluarga dan kenalan. Dituduh maling apabila tidak membayar, sehingga membuat panik dan bingung. Akhirnya banyak yang mencari lagi pinjaman baru untuk cepat membayar, karena belum gajian. Semakin bertambah lagi hutang baru.

Harapan kita pada Kominfo dan OJK, hapuskan pinjaman online 7 hari. Sebaiknya dalam aplikasi pinjaman hanya boleh menerapkan kredit 20 hari atau 30 hari untuk meringankan beban hidup rakyat dari jeratan hutang.

Rahmad Puji
Sangatta Kutai Timur, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Hapuskan Pinjaman Online Tenor 7 Hari!

  • 5 April 2023 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Bukan masalah pinjol nya sih.
    Harus nya situ stop utang ke pinjol baru aman.
    Jangan mengatur mereka karna mereka yg punya uang.
    Kita harus lebih berhati hati stop pinjol. Karna mau tenor lama atau sebentar tetap bungan pinjol paling ga ngotak

    23
    3
  • 5 April 2023 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Itu ilegal pak, ga usah dibayar. Lumayan buat beli kue lebaran.
    Saya tahun 2020 dapat bersih 35 juta dari pinjol ilegal, kotornya sekitar 60 juta ( ini jika saya lunasi ).
    Teror cuma seminggu 2 minggu, cuekin aja ntr capek sendiri. Ganti nmr kl bisa, ga usah malu diteror teman saudara. Hampir semua tahu itu trik pinjol ilegal, bilang aja datanya di hack. SLIK saya masih mulus normal, soalnya itu pinjol ilegal. Awal² pandemi tuh, toleh kiri kanan sambil mangap² 2 minggu dapat duit segitu.

    39
    10
  • 5 April 2023 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Ibarat ngasih uang ke pengamen kemudian berbondong-bondong berdatangan selusin lagi. Itu ciri pinjol ilegal. Entah itu legal atau ilegal, berhutang tanpa agunan itu lebih mudah tapi juga lebih beresiko—dari yang stres di teror karena telat sampai yang bundir karena galbay.

  • 5 April 2023 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Ga usah ambil pusing , nikmatin aja bersama keluarga dana yg masuk ke rekening anda. Ilegal g harus di pusingin. Juga g perlundo bayar.

    Cari aja lagi di aplikasi lain . Siapa tau dapat rejeki lagi dari Pinjol Ilegal

    11
    2
  • 6 April 2023 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Kalau anda main pinjol ilegal memang untuk bermain dengan mereka dan membuat mereka boncos. Itu bagus kita butuh pahlawan seperti anda, lanjutkan dan pertahankan.

    Kalau anda pinjam karena minim literasi dan juga kepepet karena pengen hutang cepat tapi ga bisa bayar, plus mental gak kuat dan panik kalau ditagih secara kasar. Maka jangan sekali kali install aplikasi pinjol.

    Kalau anda banyak waktu dan banyak tenaga serta pikiran pintar, selalu laporkan dan minta pinjol diberhentikan, mau 7hari,1 bulan atau 90hari, mereka itu sistemnya lintah darat yang transparan, kita sudah melarang praktik rentenir di agama, tapi ya kok ustadz ga ada yang concern, giliran bola sama Israel sampe satu Indonesia semua hujat.

    13
    • 7 April 2023 - (11:43 WIB)
      Permalink

      Ilegal semua.. hehehe.. saran sih gausa dibayar, broadcast ke seluruh kontak sebelum galbay bilang data pribadi bobol di salah gunakan lah dll..

      Trs jumlahin yg diterima berapa, klo blm kepake niatin buat bayar hutang ksh aja ke rumah yatim, lembaga sosial dsb..

  • 6 April 2023 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Gw juga pengen bet galbay pinjol ilegal tapi mereka susah bet yak kalo pengajuan nya ditolak terus udah gw amanin juga data nya tapi malah ditolak terus?

    • 7 April 2023 - (02:47 WIB)
      Permalink

      stoplah ngutang ke rentenir ilegal / legal dan perbanyaklah sabar, coba banding kn hidup anda sebelum ada pinjol, lebih baik mana?? jika gk segera berhenti anda akan jadi budak seumur hidup dengan kerja hanya untuk bayar cicilan pinjol, salah satu cara menghentikan kebiasaan utang yg paling efektif adalah YAITU MELAKUKAN PEMBUSUKAN DATA SENDIRI DENGAN CARA GALBAY..!! ini banyak dilakukan orng supaya Bisa berhenti dari kebiasaan ngutang.. hanya orng” bermental utang yang takut dengan SLIK..!!

      • 11 April 2023 - (00:10 WIB)
        Permalink

        Segera hapuskan Pinjol tenor 7 hari agar tidak bertambah banyak rakyat
        yang jadi korban. Sudah pasti Rakyat ‘tidak akan mampu menyediakan uang Rp.1.200.000 dalam tempo 7 hari Itulah tipu daya mereka agar bunga hutang dan denda bisa terus bertambah terus karena ‘tidak mampu lagi melunasi nya mereka bisa mendapat keuntungan yang sangat besar dalam tempo satu bulan bisa menjadi Rp.5 juta padahal uang yang diterima nasabah hanya Rp.780.000 saja yang masuk rekening bank.
        #MenteriKoperasi #Jokowi #OJK #Kominfo

  • 6 April 2023 - (08:45 WIB)
    Permalink

    OJK nya tidur, lembaga pemerintah tp ga fungsi,jd percuma berharap sama mereka, yg penting setoran pembiayaan, perbankan dan dr pinjol2 laknat lancar, urusan mencekik rakyat adalah urusan rakyat masing2, mau mati mau kesusahan bodoh amat mereka

  • 6 April 2023 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Kuncinya di masyarakat. Mereka menjamur karena masyarakatnya juga
    Karena Sampai kiamat, Selama ada permintaan pasti selalu ada penawaran.

    Kalau ngga suka Pinjol, jangan pernah dekati pinjol, apalagi pakai pinjam segala.
    Dijamin bangkrut semua yg namanya Pinjol

  • 6 April 2023 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Di atas ada yg komen bangga banget nyuri uang dr pinjol wkwk ditagih di akhirat baru tau rasa, itu juga kalo percaya akhirat

    5
    1
    • 6 April 2023 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Iyaa sy baca nya juga speechless hahaha kok hati nuraninya bs tenang gtu yah. Bangga bgt lagi. ckckckck

      • 6 April 2023 - (17:17 WIB)
        Permalink

        Sebagai orang muslim kita harus mendengarkan dan menuruti orang yang lebih tua, begitupun adat timur. Selalu ikuti arahan ,petunjuk dan amanat orang yg lebih tua.
        Maaf ya adik² ini udah sunat belum ? Udah kering blum ?
        Saran saya sebagai sesama muslim lebih dibanyakin baca beritanya. Kurangin Tiktok dan ML.
        Mulai Bapak Menteri Kominfo, Bapak KH Jusuf Kalla ,KH Maaruff Amin menyarankan untuk pinjam sebanyak² nya pinjam di pinjol ilegal, jangan dibayar.
        Membaca itu ilmu, memperluas wawasan. Maaf ya ,saya ikut malu baca kalau orang ga tahu apa² tiap ngomong bawa² akhirat. Udah minta ijin sama yang punya akhirat ?

        5
        4
        • 7 April 2023 - (06:31 WIB)
          Permalink

          Oooo skrg perintah menkominfo, Jusuf Kalla dan Maaruf Amin lbh tinggi dari perintah Tuhan ya? Jadi ntar di akherat kalo ditanyain tentang dosa gak bayar utang tinggal jawab “sy disuruh Jusuf Kalla” wkwkwk

        • 7 April 2023 - (06:48 WIB)
          Permalink

          kalo berbicara pinjol ilegal itu artinya utang pokok tetap harus dibayar. sedangkan bunganya tidak perlu. itu pun kalo memang niat berutang baik2 dari awal. tapi kalo niatan awal mau nyuri uang pinjol ya dosa

  • 6 April 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Semua yg namanya hutang pasti ada tanggung jawabnya, ilegal atau tidak sama” ada hitungannya dihadapan Tuhan nanti.
    LBH baik gadai/jual barang dari pada pinjol,

    • 7 April 2023 - (04:08 WIB)
      Permalink

      Hutang emg hrs dibayar. Tp ini pengecualian! Ilegal itu merugikan negara. Makanya Menkopolhukam MENGINSTRUSIKAN TIDAK USAH DIBAYAR!. Tidak ada nego dengan pinjol ilegal.

      3
      1
      • 7 April 2023 - (07:58 WIB)
        Permalink

        Minimal/maximal lunasin hutang pokok nya saja,
        Biar lbh ringan perhitungan di akhirat nanti.
        Klo g dibayar sama sekali, yah siap” saja di penghisaban nanti.
        Pasti g akan hilang.

  • 6 April 2023 - (15:27 WIB)
    Permalink

    OJK katanya mau bertindak pinjol yg aneh², nyatanya mana, masak ada pinjaman cuma 7 hari saja memang boleh ya atau pura² gak tahu

  • 8 April 2023 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Ilegal atau legal sama saja. Ojk dan afpi tolong pinjol-pinjol ini di musnahkan saja, kasihan rakyat seperti ini

  • 9 April 2023 - (00:37 WIB)
    Permalink

    Ini tulisan bagus layak di up. Banyak itu di playstore. Heran jg bs lolos. Ojk gmn bikin aturan. lebih berat ke perusahaan keuangan drpd ke nasabah. Kominfo gak sat set. DPR tuli mungkin g tau cr kerja pinjol yg mencekik. Pemerintah jngn persulit msyrkt ajukan KUR. Katanya tanpa jaminan tp hrs ninggal bpkb. Pinjol jngn masukkan slik ojk. Sbb mereka perantara antara konsumen dan bank. Ada sebagian mau mengajukan pinjaman ke bank untuk keluar dr pinjol jd gagal gr seenaknya masuk slik ojk.

  • 22 Mei 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga pak memang salah kita karena aplikasi itu cepat tp harusnya pemerintah banyaknya yg komplain knp dimpalystore mrk bisa ada.

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjaman Online?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Hapuskan Pinjaman Online Tenor 7 Hari!

oleh Rahmad dibaca dalam: 2 menit
29