Permintaan Hapus Denda Keterlambatan KTA DBS Ditolak Meski Dibayarkan Pada Tanggal Jatuh Tempo

Dear Media Konsumen,

Perkenalkan saya Lisa Hari Hidayati debitur KTA DBS dengan no pinjaman 7900307344 tenor 18 bulan, cicilan baru berjalan 3 bulan dengan sistem pembayaran autodebit rekening DBS.

Jatuh tempo tagihan saya adalah setiap tanggal 11. Namun tanggal 11/03/2023 jatuh pada hari Sabtu. Ternyata saldo di rekening DBS saya tidak mencukupi dan langsung dikenakan denda keterlambatan tanggal 10/03/2023 saat tidak berhasil terdebit.

Kemudian saya bayarkan tagihan tersebut tepat pada tanggal jatuh tempo 11/03/2023 melalui rekening DBS-nya langsung, ternyata ada proses kliring dong. Pembayaran baru diterima tanggal 12/03/2023.

Saya mencoba menghubungi Call Center DBS tanggal 03/04/2023 di nomor 08041500327 dengan ELENA, meminta kebijakan penghapusan denda keterlambatan sebesar Rp250.000. Namun ditolak dengan keterangan bahwa dana harus sudah ada di rekening DBS 2-3 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo.

Yang saya tahu denda keterlambatan itu muncul setelah tanggal jatuh tempo tagihannya. Kalau KTA DBS denda keterlambatan dikenakan saat pendebetan tidak berhasil dilakukan walau belum lewat jatuh tempo tanggal 11. Dan anehnya pembayaran KTA tersebut dengan bank yang sama pun tidak langsung diterima, malah ada proses kliring.

Saya sungguh kecewa dengan pelayanan dan sistem DBS. Padahal saya nasabah baru yang meminta kebijakan penghapusan kali ini saja tapi langsung ditolak. Berarti kalau jatuh tempo tanggal 11 ada pada hari minggu or lebaran, saya harus sudah siapkan dana tersebut di rekening DBS seminggu sebelumnya karena sekali gagal debet langsung kena denda keterlambatan walaupun belum lewat dari tanggal 11.

Pengalaman pertama yang mengecewakan. Saya harap dengan adanya pengaduan ini, pihak Bank DBS dapat memberikan kebijakan kali ini saja untuk penghapusan denda keterlambatan tersebut. Kalau tetap tidak bisa, be aware Guys… biar saya saja yang merasakan.

Berikut saya lampirkan juga bukti transaksi tersebut sebagai penunjang keluhan ini:

Best Regards.

Lisa Hari Hidayati
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank DBS Indonesia:
[Total:12    Rata-Rata: 2.8/5]
Surat Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Lisa Hari Hidayat

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Media konsumen. Melalui surat ini,...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Permintaan Hapus Denda Keterlambatan KTA DBS Ditolak Meski Dibayarkan Pada Tanggal Jatuh Tempo

  • 10 April 2023 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Walaupun sama-sama Bank DBS, bagian tabungan dan kartu kredit nya terpisah.. Demikian kata CS nya..
    Jadi kalau misalkan pembayaran kartu kredit DBS memakai tabungan DBS di luar jam kerja, pembayaran akan masuk di hari kerja berikut nya..

    5
    0
    • 10 April 2023 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Iya kak baru paham, keknya cuma DBS yg begini. Percuma juga klo gitu buat rekening DBS klo pas bayar masuknya gak langsung…

      2
      1
      • 11 April 2023 - (05:36 WIB)
        Permalink

        Saya pernah telfon cs nya, kalau untuk pembayaran cc dan mau langsung masuk pembayarannya harus lewat trf antar bank dan masukkin 16 digit no cc. Di cc juga late reversalnya dibalikkan lagi klo masih di tanggal jatuh tempo. Saya sering bayar di tgl jatuh tempo tetapi pembukuan sistemnya h+1 sampai h+2 tetap dikembalikan. Cuma kalau kta saya kurang paham, karena belum pernah mengalami dan tanya juga. Coba dicari tau mbaknya, lewat fitur chat di aplikasi dbs nya lalu tanya. apakah bisa lewat trf antar bank + no pinjaman? Semoga cepat terselesaikan ya mbak

        • 12 April 2023 - (04:11 WIB)
          Permalink

          Saya sdh telp tapi emg gak bisa katanya krn jatuh tempo di hari libur. Itu pun sdh buka rekening DBS khan untuk bayar KTAnya namun gak online sistem bayar mereka walau 1 perusahaan. Apes pokoke huhuhu… Thanks ya kak untuk supportnya??

  • 10 April 2023 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Kak Lisa Baru Tau klu sistem DBS itu licik.Kita bayar kartu kredit lewat dbs baru masuk 8 jam.Bank lain ngak gtu.Klu punya pinjaman di bank ini harus bener2 jeli dan tw cara main nya.Yg belum kena banyak2 membaca kasus di media konsumen.

    2
    3
    • 10 April 2023 - (19:12 WIB)
      Permalink

      Iya kak baru paham krn debitur baru. keknya cuma DBS yg begini. Percuma juga klo gitu buat rekening DBS klo pas bayar masuknya gak langsung. Mending bayarnya pas bln depan krn sdh terlanjur kena bunga…

      1
      1
  • 10 April 2023 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Inilah Jebakan Betmen ke nasabah nya , tidak ada maaf bagimu , sy baca ini artikel br tau, tabah ya , apa boleh buat jd mesti jeli

    • 10 April 2023 - (19:13 WIB)
      Permalink

      Iya kak baru paham krn debitur baru. keknya cuma DBS yg begini. Percuma juga klo gitu buat rekening DBS klo pas bayar masuknya gak langsung. Mending bayarnya pas bln depan krn sdh terlanjur kena bunga. Thanks kak supportnya…

  • 11 April 2023 - (06:48 WIB)
    Permalink

    saya juga mantan pengguna KTA DBS yang sudah lunas tempo dulu, walau sudah lunas ttp aja di teror lewat telp supaya buat aguanan baru wkwkwkw (malas diladenin pas ada telp), emang nih bank licik langsung kena 250ribu (max bukan Min), lebih baik bayarnya nanti2 aja kalo emang dah terlanjur telat bayar.

    • 12 April 2023 - (04:15 WIB)
      Permalink

      Padahal sdh buka rekening DBS khan untuk bayar KTAnya namun gak online sistem bayar mereka walau 1 perusahaan. Apes pokoke huhuhu… Iyah kak, pelajaran bgt klo sdh terlanjur kena 250 mending bayar ntar2 aja dendanya juga sama. Nyesek soalnya dikenain pas tgl 10, padahal jatuh tempo tgl 11. Kudu sering liat tanggalan banyak cuti bersama soalnya biar gak apes kesekian kali?

  • 8 Juni 2023 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Kak maaf mau nanya, ini akhirnya gimana kak? Dendanya bisa dihapus ga? Soalnya kasus saya juga kayak gini, denda ga bisa dihapus

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DBS Indonesia?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Permintaan Hapus Denda Keterlambatan KTA DBS Ditolak Meski Dibayarkan …

oleh Lisa dibaca dalam: 1 menit
12