Pembiayaan KPR Sudah Lunas, Sertifikat Agunan Hilang di Bank BTN

Pengalaman buruk menjadi nasabah KPR BTN, pembiayaan sudah lunas, sertifikat malah hilang di Bank BTN cabang Cirebon. Ibu saya adalah nasabah KPR BTN cabang Cirebon, dengan nomor rekening debet KPR 00465015000318** a.n. Nani Winarni. Pembiayaan KPR sudah dilunasi pada bulan Juni 2022. Namun sampai hari ini sertifikat belum kami terima!

Setelah ditelusuri, diduga sertifikat hilang saat pengurusan oleh staf notaris rekanan BTN, akibat tidak adanya pengawasan dan koordinasi dari pihak BTN dan pihak terkait perihal pengurusan sertifikat. Terbukti ada beberapa nasabah KPR BTN di perumahan kami yang mengalami masalah serupa.

Masalah ini sudah kami laporkan via OJK dengan nomor laporan: P221001109 dan dilanjutkan dengan melapor ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Namun pihak BTN menolak untuk dilakukan mediasi via LAPS SJK, dengan alasan ingin diselesaikan secara musyawarah dengan kami sebagai konsumen.

Akan tetapi nyatanya sampai hari ini penanganan masalah ini sangat lambat. Janji pihak BTN untuk mengurus sertifikat pengganti belum terealisasi. Sehingga hampir 1 tahun lamanya sertifikat yang merupakan hak kami sebagai konsumen belum kami terima. Hal ini membuat kerugian materiil dan imateriel, karena pihak BTN  sangat lambat menangani masalah ini.

Semoga pengalaman kami menjadi pertimbangan rekan-rekan dalam memilih bank penyedia KPR yang amanah. Semoga Allah memudahkan urusan kami dan memberikan balasan setimpal bagi mereka yang berbuat zalim. Aamin.

drg. Sukma Wahyudhi
Kab. Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank BTN perihal “Pembiayaan KPR Sudah Lunas, Sertifikat Agunan Hilang di Bank BTN”

Jakarta, 15 Mei 2023 No.: 558/CSD/COM/V/2023 Lampiran: – Kepada Yth., Redaksi Mediakonsumen.com Di Tempat Perihal: Hak Jawab Atas Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Pembiayaan KPR Sudah Lunas, Sertifikat Agunan Hilang di Bank BTN

  • 9 Mei 2023 - (13:45 WIB)
    Permalink

    “Akan tetapi nyatanya sampai hari ini penanganan masalah ini sangat lambat. Janji pihak BTN untuk mengurus sertifikat pengganti belum terealisasi. Sehingga hampir 1 tahun lamanya sertifikat yang merupakan hak kami sebagai konsumen belum kami terima”

    Pak dokter, kalau sudah 1 tahun tdk ada realisasinya, bpk bisa datangi BPN tempat dimana sertifikat tsb diterbitkan (bisa tanya ke developernya).
    Nanti di BPN bisa di track apakah pihak BPN mengajukan surat permohonan sertifikat pengganti yang hilang? Nah itu aja. Kalau ada, berarti masih dalam proses di BPN dan itu emang rada lama. Kalau tidak ada, berarti memang tidak dijalankan oleh yang bersangkutan. Ini bisa digugat ke pengadilan.

    38
    8
    • 9 Mei 2023 - (16:01 WIB)
      Permalink

      Baik pak Terimakasih banyak atas sarannya..info terakhir yg kami dapat katanya pihak BTN sedang coba mengurus surat kehilangan melalui staff notaris tapi nyatanya sudah hampir 2 bulan ini belum ada progress..

      10
      4
      • 9 Mei 2023 - (17:18 WIB)
        Permalink

        Ke BPN bapak… Jangan ke BTN lagi.. sekedar konfirmasi aja apakah benar ada pengajuan pengganti… Kalau ada kan nunggunya enak… Kalau ga ada?? Situ mau nunggu sampe kapan, ujung2nya yg ada kecewq lagiii

        20
        3
      • 9 Mei 2023 - (18:39 WIB)
        Permalink

        @Ammar
        Pak, alangkah lebih baik diposting juga di lapor.go.id . Nanti sama admin nya pasti didisposisikan ke direksi BTN, OJK dan Kementrian BUMN.
        3 hari pasti ada respon langsung, pak. Soalnya sdh kealami sy pernah komplen masalah layajan publik langsung direspon setelah laporan ke lapor.go.id

        20
        3
        • 9 Mei 2023 - (20:02 WIB)
          Permalink

          Terimakasih banyak ya pak atas sarannya..nanti kami coba langkah tersebut karena memang penanganan masalah ini yg lambat dan berlarut larut

          3
          3
      • 11 Mei 2023 - (06:51 WIB)
        Permalink

        Itu jg terjadi pd sy,namun alhamdulillah setelah hampir 2 thn dikeluarkanlah settifikat pengganti oleh BPN..melalui byk proses,klo di sy sertifikat asli hilang di tangan developer…boleh pak dokter sy berbagi langkah2 nya,mangga

      • 15 Mei 2023 - (23:01 WIB)
        Permalink

        Mohon ijin sebelumbya,

        lebih baik, pakai pengacara saja Pak,

        bank ini kadang maunya sendiri.. kalau sudah masuk jalur hukum baru di tanggapi ..

        sarab saya :
        1. Somasi 1 terlebih dahulu pihak BTNnya . Dengan jangka waktu 1 minggu.
        2. Cek Ke BPN menurut alamat sertifikatny (apabila belum tau nomer SHMny) kalau sudah tau nomor SHMny tinggal tanyakan saja siapa yang mengambil . ( tapi saya rasa ini jadi tanggung jawab developer cq notaris dan BTN.

        3. Gugat saja perdata itu BTNnya sama notarisny biar kapok, kalau tidak begitu akan dpt janji2 terus ..

        salam

    • 9 Mei 2023 - (23:16 WIB)
      Permalink

      Cukup minta resi BPN aja dari pihak BTN nya pak Dokter gak perlu bapak dtg ke BPN ,itukan tanggung jawab BTN ,enak bener tu BTN ,kita minta Copy PK & Sertifikat harus bayar 250k ,lunas telat 1 Minggu ambil Sertifikat kena denda 500k,nunggak 3 bln langsung lelang…viralkam trusss

      7
      4
    • 10 Mei 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Ngeri…
      Kalau bisa penjarakan saja.itu bukan kelalayan saja.karyawannya kan tiap taun dapet bonus pergi liburan suka keluar negri terus.

  • 9 Mei 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Coba konsultasikan ke firma hukum untuk langkah selanjutnya yang dianggap perlu. Menunggu dan menunggu cuma menu harian kaum tertindas, inlander kasta kelas 3.

    7
    2
    • 9 Mei 2023 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Gugat ke pengadilan aj pa. Lapor polisi masuk kategori perbuatan tidak menyenangkan. Biar jalan berbarengan. Biar para pihaknya bisa serius ngurusin….

      3
      4
      • 9 Mei 2023 - (19:59 WIB)
        Permalink

        Terimakasih pak…betul pak..mungkin kalau pihak BTN Cirebon masih lambat dalam penanganan masalah ini kami berniat Somasi terlebih dahulu via pengacara…

        2
        3
  • 9 Mei 2023 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Banyak kasus seperti ini, apalagi kpr yg sdh lama, dimana kadang sertifikatnya memang belum ada dan BTN lempar tanggung jawab dengan developer, ujung2nya merugikan konsumen, kawal terus pak, banyak konsumen kpr BTN yang dirugikan karna masalah ini

    7
    2
    • 10 Mei 2023 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Betul pak..tidak ada nya kordinasi antara BTN CIREBON dan pihak notaris rekanan juga developer sehingga terjadi masalah ini..

  • 10 Mei 2023 - (01:08 WIB)
    Permalink

    Mosok ada bbrp tetangga jg mengalami hal serupa. Bukankah itu kebiasaan yg berbahaya. habis di MK semua yg bersangkutan akan segera muncul dan tiba2 beres. Semoga.

    • 10 Mei 2023 - (07:23 WIB)
      Permalink

      Betul pak ini valid .saya coba telusuri beberapa tetangga saya yg melakukan pelunasan KPR dipercepat dan sejauh ini yg saya telusuri satu orang bahkan sampai mengurus sendiri sertifikat Ke BPN dan satu nasabah lagi hampir 3 tahun setelah pelunasan, sertifikat baru jadi..

  • 10 Mei 2023 - (04:29 WIB)
    Permalink

    Saya pernah alami hal yg sama dok!!! Saya Nasabah BTN dari perumahan Villa permata mas,Bahkan saya pernah ngadu ke BTN Pusat di Harmoni jakarta! Oknum pegawai di sana bahkan sempat mengancam saya pencemaran nama baik ketika saya mengadu atas lambat nya proses sertifikat dan kebobrokan developer perum villa permata mas di gunung putri bogor! Akhirnya saya di suruh balik lgi urus di kantor BTN Cabang cibubur!! Hampir 2 tahun bolak balik akhir nya selesai juga! Dg penuh emosi!! Sumpah kecewa!

    2
    2
    • 10 Mei 2023 - (07:25 WIB)
      Permalink

      Wah kita bernasib sama ya pak.. Alhamdulillah kalau sertifikat sudah bapak terima meskipun penuh perjuangan.. terimakasih support nya..

  • 10 Mei 2023 - (06:51 WIB)
    Permalink

    Astagfirulloh, saya jd deg2an juga ini. Karena sy KPR BTN dari total 20thn baru jalan 5thn. Semoga nanti pada saat pelunasan sertifikat nya benar2 sudah ready.aamiin

    2
    2
    • 10 Mei 2023 - (07:26 WIB)
      Permalink

      Aamiin.. saran saya bisa di cek berkala pak..minta fotocopy sertifikat ke kantor BTN supaya kita tahu sertifikat sudah jadi atau belum.. supaya tidak mengalami masalah seperti kami

      1
      2
  • 10 Mei 2023 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Di up terus pak di media konsumen dan medsos klo dah rame baru mereka sungguh2..krna dah jelas bpk posisi benar

    • 11 Mei 2023 - (05:46 WIB)
      Permalink

      Ternyata banyak oknum, dan oknum mayoritas tahu nya hak tdk peduli dgn kewajiban, dibalik itu justru konsumen selalu mendahulukan kewajiban sudah diselesaikan giliran seharusnya mendapatkan haknya malah dilupakan,

  • 11 Mei 2023 - (01:47 WIB)
    Permalink

    Silakan somasi aja pak ga apa, karna masalah anda bkn yg pertama.
    Saya 2th jd customer service bank tsb merasa kasihan terkait laporan yg masuk. Sudah pelunasan dipercepat mahal, namun saat sdh lunas sertifikat tdk diberikan. Bahkan ada yg sampe 5th msh berperkara dilempar sana sini. Miris dg cabang yg ga bisa jaga nama bank.
    Semoga cpt terselesaikan.

    • 11 Mei 2023 - (07:24 WIB)
      Permalink

      Baik pak Terimakasih support nya..kami insyaAllah kedepannya akan coba langkah tersebut sampai sertifikat kami terima..

    • 11 Mei 2023 - (08:16 WIB)
      Permalink

      BTN memang payah.mau minta fc sertifikat saja harus bayar,minta rek koran bayar,telat cicilan apalagi,lunas KPR ambil sertifikat BAYAR LAGI.bangsat memang BTN..viralin saja kalau perlu tuntut saja ke pengadilan

  • 13 Mei 2023 - (06:17 WIB)
    Permalink

    dari kasus kasus lain sejenis ini, sebenarnya sertifikat anda itu ada dan dalam penguasaan bank sejak akad, bank ga akan sebodoh itu sebelum brani memberikan kredit…

    hanya saja ‘bisa jadi’ hak anda digadai lagi untuk kepentingan oknum oknum tikus di jajaran mereka, kasus seperti ini banyak terjadi di kredit dg agunan sertifikat rumah, bpkb, dan lainlain.

    yg artinya memang ini sudah ditangan mafia bisnis dan mafia hukum, karena faktanya tindakan ga pernah ada, kejadian berulang terus terusan…

    • 13 Mei 2023 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Betul juga ya pak.. ternyata banyak kasus seperti ini..saya akan coba telusuri lebih lanjut.. terimakasih support nya

  • 13 Mei 2023 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Semangat pak.

    Dulu saya mengalami hal yg kurang lebih sama dengan bank plat merah yg lain. Setelah berjuang ini itu sampai pengadilan akhirnya dapat juga sertifikat saya.

  • 18 Mei 2023 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Parah banget Bank BTN ini, udah 11 tahun kenyang makan bunga KPR, setidaknya setelah dilunasi selesaikan kewajibannya lah. Laporkan aja ke OJK dan ombudsman. Kalo perlu minta bantuan ke pak Hotman Paris melalui DM ke instagramnya. Bank ini perlu dikasih pelajaran biar ga terulang lagi bagi nasabah lainnya.

    #BTN_DZALIM #BTN_TIDAK_PROFESIONAL

 Apa Komentar Anda mengenai KPR BTN?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Pembiayaan KPR Sudah Lunas, Sertifikat Agunan Hilang di Bank BTN

oleh Ammar dibaca dalam: 1 menit
49