Saldo Refund LinkAja Tidak Sesuai!

Kejadian aneh dan ajaib sejak saya menggunakan aplikasi LinkAja sudah sering terjadi sebenarnya. Kejadian terakhir ini yang membuat saya bertanya-tanya dalam hati: “Apa benar semua perusahaan BUMN seperti ini?”.

Pada tanggal 18 Mei 2023 saya melakukan order GrabFood senilai Rp18.000, pembayaran menggunakan LinkAja. Nilai tersebut setelah saya meng-apply voucher diskon yang berlaku hanya untuk pembayaran menggunakan LinkAja. Setelah melakukan order dan pesanan saya diproses oleh pihak Grab, saya mendapat notifikasi dari aplikasi LinkAja bahwa saldo senilai Rp18.000 sudah dialokasikan untuk pembayaran Grab, dan akan terpotong otomatis setelah order selesai.

Lalu setelah pesanan saya dari GrabFood sampai, saya mendapat notifikasi dari pihak Grab, yang menginformasikan pembayaran menggunakan LinkAja tidak berhasil, dengan alasan saldo LinkAja tidak mencukupi! Saya ingat betul saya memiliki saldo LinkAja senilai Rp20.017 sebelumnya dan memang berhasil ketika saya melakukan order tersebut, karena saldo saya memang mencukupi untuk membayarnya.

Tidak lama setelah notifikasi gagal bayar dari Grab saya terima, muncul notifikasi dari aplikasi LinkAja yang memberitahukan bahwa pembayaran untuk order grab telah di-refund senilai Rp.18.000 dan menginformasikan nilai sando saya saat ini Rp10.017. Saldo saya yang tadinya Rp20.017, setelah refund kini sisa hanya Rp10.017.

Sayangnya notifikasi dari aplikasi Grab hanya berupa pesan pop up di notification bar ponsel saya. Saya sudah cari di notifikasi pada aplikasi, hanya ada order histori dari pemesanan yang bermasalah tersebut. Saat notifikasi gagal bayar menggunakan LinkAja, saya diberikan opsi untuk membayar lagi. Saya langsung pilih pembayaran via LinkAja, tetapi tetap tidak berhasil karena saldo LinkAja saya berkurang seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya. Akhirnya saya men-top up kembali saldo LinkAja sebesar Rp10.000 agar cukup untuk membayar tagihan di Grab tersebut.

Tolonglah untuk BUMN berbenah, jangan sampai kebiasaan korup juga diterapkan ke dalam aplikasi seperti LinkAja ini. Saya sudah muak dengan korupsi yang ada di negeri ini. Setelah kejadian ini saya berpikir untuk menghapus aplikasi in dari ponsel saya. Terima kasih.

Hendro Haryanto
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan LinkAja atas Surat Pembaca Bapak Hendro Haryanto

Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Sehubungan dengan surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Hendro Haryanto pada 22...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Saldo Refund LinkAja Tidak Sesuai!

  • 22 Mei 2023 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Yang paling saya sesalkan memakai app ini adalah layanan pelanggan yang sangat super ngartis, CS nya ga ada.
    Layanan pelanggan hanya open 1 jalur via livechat, tapi pas pake livechat sangat susah sekali tersambung ke Costumer Service nya, berdasarkan 10x percobaan, akhirnya bisa tersambung dengan costumer service, tapi masalahnya lain lagi, CS gak ada satupun bales chat (komplain) dari saya bahkan hingga 1 hari penuh saya kena ghosting sama CS Linkaja.

  • 23 Mei 2023 - (06:59 WIB)
    Permalink

    Dan selalu seperti itu, semua apps BUMN tidak pernah ada yang beres, tidak pernah ada yang bener2 maksimal. Entah maintenance terus, entah error seperti ini, atau tidak bisa dibuka. Aplikasi kependudukan, perbankan, gerbang pembayaran, dll.

    Beda dengan aplikasi swasta, dan jika dibandingkan lebih jauh, menurut saya, aplikasi game yang penggunanya hampir seluruh dunia pun tidak demikian mudah error nya, padahal seluruh dunia, dan dengan segala kerumitan aplikasinya 😅

  • 23 Mei 2023 - (21:21 WIB)
    Permalink

    Kalo refund uang untuk pembayaran yg ada vouchernya bukannya emang ada pemotongannya ya…
    Setau w sih, uang yg di dapat = uang yg dibayar – nilai voucher…

    • 24 Mei 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Voucher yg saya gunakan didapat dari aplikasi Grab bukan LinkAja. Voucher diskon yg hanya berlaku menggunakan pembayaran via LinkAja. Begitu…

 Apa Komentar Anda mengenai LinkAja?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Saldo Refund LinkAja Tidak Sesuai!

oleh Hendro dibaca dalam: 1 menit
8