Surat Pembaca

Barang Dikirim Tidak Lengkap, Tidak Ada Tanggung Jawab dari Penjual di Tokopedia

Pada tanggal 23 Mei 2023, saya membeli 1 oli mesin dan 1 oli rantai di Tokopedia dari seller Lestari Motor atau STORE 69ABADI, dengan nomor Invoice INV/20230523/MPL/3248569817. Dana sudah saya bayarkan semuanya.

Pada tanggal 27 Mei 2023 paket sampai ke alamat dan diterima oleh penjaga keamanan saya. Pada tanggal 29, saya memeriksa paket tersebut dan ternyata oli rantai tidak dikirimkan oleh seller. Saya sudah berusaha menghubungi Tokopedia dan penjual langsung, tetapi mereka tidak kooperatif dan chat pun tidak dibalas oleh seller.

Tokopedia sebagai penyedia marketplace seharusnya tegas dalam menindak penjual yang sembrono ini agar tidak mengulangi ke konsumen lain dan juga sistem persetujuan otomatisnya! Bayangkan dari uang kecil-kecil jika dijumlah jadi berapa? Ini namanya penipuan.

Saya minta kepada Tokopedia agar membenahi sistem data dan ketentuan yang ada, agar konsumen tidak dirugikan terus menerus. Termasuk ketentuan toko harus bertanggung jawab merespons keluhan konsumen. Saya minta kepada Tokopedia untuk mengembalikan uang saya dan mem-black list penjual.

Febryan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jangan lupa salahkan diri sendiri juga ya, benahi diri:
    1. Tidak pinter sortir penjual dari ulasan, harga dan cek reputasi (beli dr seller tanpa reputasi yg baru join April 2023, dan juga pasang foto watermarked toko lain, kemungkinan besar hanya dropshipper). Padahal ada seller laen yg jual brg yg sama dgn harga lbh murah dan status official store dan mengantongi ulasan utk barang yg sama.
    2. Kesalahan terbesar, membiarkan transaksi selesai otomatis sama 2x24 jam sejak status barang diterima.

    Tokopedia tidak bisa berbuat apa-apa jika toko tersebut bukan toko aktif dan ada dana penjualan yg bisa ditahan.

    • Lu pikir gue apaan harus sampe meneliti satu per satu gambar foto nya ?? Nama nya toko busuk ya busuk masa mau nyalahin pembeli ?? Justru fungsi sistem market place juga harusnya mencegah hal-hal seperti ini terjadi toh... kalau nggak buat apa sistem marketplace yang digembar gemborkan ?

      • Pembeli mempunyai waktu 2 x 24 jam untuk mengecek barang tersebut dan membuat video unboxing sebelum buka barang .kalau saya lihat pure kesalahan pembeli

    • Harusnya pembeli lebih teliti, bisa²nya nyalahin sistem otomatis Tokopedianya. Itu dilakukan agar barang tidak lama² juga di pembeli, karena kasihan juga kan dana penjual jadi tertahan.

      Harusnya pembeli bisa komplain ketika masih ada waktu penerimaan dan pengecekan barang.

  • Kalau sudah ada tombol "Beri Ulasan" artinya barang sudah diterima, baik secara manual oleh pembeli maupun secara otomatis oleh sistem 2x24 jam sejak barang tiba di alamat tujuan. Artinya Tokopedia sudah menutup rantai transaksi, dianggap selesai, dan dana diteruskan ke penjual. Seandainya TS mau komplain setelah transaksi dinyatakan selesai, coba hubungi CS Tokopedia semoga masih ada solusi yang bisa ditawar.

    Ada indikasi barang sampai tapi tidak langsung dibuka, dibuatkan video unboxing, dan melakukan komplain ke pusat resolusi ketika barang tidak sesuai pesanan.

    • Tokonya dari awal case gak balas2 chat, hanya cs doang tapi tidak membantu. justru harusnya hal-hal seperti ini menjadi sanksi ke toko atau seller yang tidak kooperatif terhadap pembeli.

    • Belanja online kan juga ada tata cara tersendiri ya. Jika sudah sering belanja harusnya kan sudah tau aturan otomatis selesai. Jika pakai fitur komplain tak bakal masuk itu uangnya jika tak direspon, malah bisa dpt oli gratis. Kita mau belanja offline aja suka milih² dulu, masa yg online asal pilih. Ngomel boleh saja tp akui juga kesalahan sendiri yg lalai karena tidak menggunakan fitur komplain.

      • Apabila komplain kita tidak di respon penjual, otomatis dana masuk dong ke akun tokopedia kita. Otomatis masuk dihari itu juga jika komplain tidak direspon penjual 2x24 jam. Saya sering kok barang rusak, komplain tapi dgn video bukti unboxing ya.

        • Ada video unboxingnya tidak..?
          Kalau tidak ada 7 turunan komplain anda tidak akan di tanggapi!

        • @eh bung, gue bukan kali ini belanja online ya, ini juga karena kesibukan gue , gak tau kalau ente waktunya banyak tiap jam mantengin marketplace. gue sudah hubungi penjual dan cs, karena tidak ada aksi dan respon bagus makanya gue tulis di sini. paham ente.
          Bossss kalau kamu paham harusnya tinggal dusuk manis nunggu pengembalian dana saja. Kan sudah otomatis kalau sudah klik komplain (2×24)upload bukti dan seller tidak respon dana akan kembali 😁. Lain marketplace lain juga kebijakannya bossss. baru belanja di toped ya bosss syaratnya

    • Tokopedia udah kasih sytem e-commerce yang cukup bagus, dikasih waktu 2x24 jam setelah barang delivered by kurir. Jika tidak ada kesesuaian di rentang waktu tersebut bisa ajukan komplain biar nanti dimediasi antara pembeli dan penjual. Menurut saya wajib video unboxing karena jika tidak bisa saja ada pembeli yang mengaku-ngaku tidak terima paket lengkap untuk mengelabui penjual. Jika di luar itu semua agak susah untuk hanya menerima pernyataan saja tanpa ada bukti, ini kita membicarakan bagaimana system e-commerce berjalan dengan aturan dengan segaka kondisi yang bisa terjadi untuk optimalisasi jual-beli yang fair.

  • Saya minta kepada Tokopedia agar membenahi sistem data dan ketentuan yang ada, agar konsumen tidak dirugikan terus menerus.

    sudah ada aturan ecommerce dalam hal ini tokopedia bahwa 2x24 jam dari pesanan tiba , jika ada kendala bisa komplain secara resmi di sistem. ketidak tahuan/ketidakmengertian yang harus dibenahi..

    • Betul, saya setuju ini, harusnya FUNGSI dari Tokopedia atau marketplace ini adalah untuk menyaring penjual-penjual nakal seperti ini, dan modus-modus yang melibatkan beberapa penjual.

      • Eh malu ah, @soni mah bukan setuju ama elu. Paragraf atas dia hanya copas statement elu, dan paragraf kedua itu counter nya.

        Ngaku sudah sering belanja, unboxing dalam 2x24 jam supaya hal2 kek gini ngga terjadi, ada waktu pencet ajukan komplain aja ngga bisa.

        Malah minta Tokopedia benahi. Apanya lagi yg hrs dibenahi? Cs tiap 1 jam telp ke buyer utk ingatkan periksa paket? Dilamain gitu 7x24 jam?

        • Lo mau apa Iwen ? Kau senang jika pembeli diam saja jika barang yang diterima dia kurang ? begitu ? Masalah ini tidak akan terjadi juga apabila pada mulanya penjual KOOPERATIF merespon keluhan pembeli. Seharusnya ini menjadi tolok ukur dalam ekistensi penjual di marketplace apakah harus tetap valid ada atau tidak. Dalam hal ini penjual pada pada kasus ini terjadi tidak kooperatif dan tidak membalas pesan yang saya sampaikan dalam kurun waktu lebih dari 1 atau 2 hari. Jelas sebagai pembeli saya dirugikan, buktikan saja dengan arus barang keluar nya.

          • Masalahnya kenapa gak komplain barang ? Kan ada diaplikasi/sistemnya ajukan komplain, selama komplain belum terjawab solusinya atau belum dibatalkan sama agan, transaksi gak bakalan selesai, otomatis saldo belum dikirim ke seller, tokopedia pun bakal ikut bantu dari awal, soalnya ane pernah.

    • Ini sih akun klonengan pembeli. Sama mindset nya mau bikin aturan sendiri. Sudah dibikin aturan 2x24 jam bisa klik komplain. Ini jangan-jangan minta di garansi seumur hidup oleh tokopedia.

  • Komplain dulu ke cs tokopedia pak lewat live chat, baru ke MK, ikutilah prosedur yang tepat. Dan harusnya bapak harus siap ngecek dalam 2x24 jam bahwa barang sudah ok kalau ngak akan dilepas ke penjual dana bapak. Kecuali bapak baru kali ini belanja di toko online

    • eh bung, gue bukan kali ini belanja online ya, ini juga karena kesibukan gue , gak tau kalau ente waktunya banyak tiap jam mantengin marketplace. gue sudah hubungi penjual dan cs, karena tidak ada aksi dan respon bagus makanya gue tulis di sini. paham ente.

      • Santai aja bang, kalau tau sibuk ya itu resiko belanja online, saya juga pernah gitu ya sdh lewat hari masa garansi mau marah2 juga salah sendiri. Sy mau beli ke situ kan sy yg pilih sendiri. Jadi risiko harus tanggung sendiri

      • Ngakunya sering belanja online, tp prosedur MP aj ga paham. Sdh itu ngeyel lg sok bener pdhl banyak yg koreksi atas kesalahan sendiri

  • Wah jangan mau transaksi dr org yg suka nyomot gbr toko org lain. .
    Dia gak ada barang satupun.
    Sy lebih respect sama seller yg desain gbr sendiri walau ga punya brg tp seller ini punya network. PO pun sy jalanin.

    • Ya Bang, nah ini dia salah satunya juga harusnya toko toko begini nih yang di cegah oleh market place nya... jika ada case gini harusnya langsung ditindak tegas.

  • Store 69 abadi dari nama dan foto produknya udah jelas toko abal2, cuma comot foto dari toko lain. Dropshipper. Memang lagi marak di toped karena syarat buka toko mudah sekali. Mungkin kedepan bisa diperbaiki sistemnya, sementara ya buyer harus pintar milih mana toko yg qualified. 16 jam pesanan diproses jelas bukan toko yg bagus.

    • Betul Bang, ini memang sudah seharusnya tokopedia memfilter atau memblack list toko-toko dengan performa seperti ini jangan dibiarkan terus menerus.

  • Anda ga tau cara kerja nya. Ngomel 2 ga jelas. Ga ada guna toh g ada bukti jika barang kurang. Kalo lo unboxing dr awal dan komplain lewat tokped nya beres tuh. Ga tau alur dan cara maen langsung ngegas. Dimana 2 e commerce seluruh dunia ya cara nya sama lah kerjanya.

    • Seharusnya, Ini masalah pengguna awal e-commerce toped, komplain ketika status transaksi "selesai". Rekomendasi saya klo sudah kejadian ya jadikan pembelajaran saja. Jika komplain setelah status transaksi "selesai" urusannya ribet. Klo mau nyalahin toped, rasanya ngg etis karena mereka sudah ada FAQ, S&K, dan Pusat resolusi yg bisa bantu konsumen dalam menggunakan jasa aplikasi tokopedia.

      Satu lagi, tokopedia punya sistem otomatis selesai dalam waktu 2x24 jam setelah barang diterima. Klo bisa, selesaikan secara manual. Klo ngg, ya seperti kasus ini. Barang kurang, curhat di MK, padahal salah sendiri ngg cek sistem setelah barang diterima.

      • Jadi begini Bang dapat saya sampaikan bahwa case closed namun ini saya paparkan terlepas dari lewatnya batas waktu unboxing.. saya sudah investigasi kenapa barang yang dikirim oleh Lestari Motor via bukalapak sesuai yang tertera di lembar pengiriman kepada Saya, di lembar pengiriman tertera dikirim dari Buka Lapak, padahal saya sendiri tidak pernah lagi menggunakan Buka Lapak. Saya tanya ke nomor Lestari Motor, mereka mengaku tidak mendapat order dari tokopedia, tapi order dari buka lapak atas nama saya... nah disinipun terjadi kebingungan, saya sendiri tidak ada akun bukalapak kenapa saya order lewat sana ? jadi pembeli kan menduga-duga ada hal yang tidak semestinya ? dan kenapa penjual di tokopedia seperti tidak merespon dalam waktu lama padahal ya saya tanya baik-baik ?? orang dari LM pun tidak dapat menjelaskan hal ini.. kenapa bisa orang pesan dari tokopedia tapi yang dikirim dari bukalapak ? bukankah hal ini tidak atau kurang tertib ?

  • Pada hari ini jam 21:00 , pihak penjual sudah mengembalikan dana terkait barang yang bermasalah. Mungkin bagi Bapak/Ibu sekalian jumlah tersebut kecil, tapi mungkin tidak bagi saya. Meskipun telat dan mengesalkan, SAYA TETAP MENGHARGAI respon dari Penjual. Hal ini seharusnya menjadi masukan bagi semua pihak terkait market place, agar selalu cepat responsif dan memberikan alasan jelas apabila terjadi suatu case. Bukan diam saja (pada awalnya). Juga sebagai masukan bagi market place untuk memilah2 validitas suatu seller. JIka langsung atau cepat direspon, mungkin saja saya lebih dapat mentolerir. Demikian Saya sampaikan terima kasih - case closed.

      • Makanya Bapak/Ibu Iwen, kalau pembeli atau customer mu nanya, kudu direspon, kalau belum sempet jelaskan kenapa bisa kurang atau lupa ya bilang aja maaf bapak/ibu kami cek dulu jangan diem2 bae. cs tokped aja bilang sulit menghubungi. Ya ini semoga jadi perbaikan ke depan. Mau banget dikasih bintang 5 ? tungguin gue ngopi dulu ini...