Barang Dikirim Tidak Lengkap, Tidak Ada Tanggung Jawab dari Penjual di Tokopedia

Pada tanggal 23 Mei 2023, saya membeli 1 oli mesin dan 1 oli rantai di Tokopedia dari seller Lestari Motor atau STORE 69ABADI, dengan nomor Invoice INV/20230523/MPL/3248569817. Dana sudah saya bayarkan semuanya.

Pada tanggal 27 Mei 2023 paket sampai ke alamat dan diterima oleh penjaga keamanan saya. Pada tanggal 29, saya memeriksa paket tersebut dan ternyata oli rantai tidak dikirimkan oleh seller. Saya sudah berusaha menghubungi Tokopedia dan penjual langsung, tetapi mereka tidak kooperatif dan chat pun tidak dibalas oleh seller.

Tokopedia sebagai penyedia marketplace seharusnya tegas dalam menindak penjual yang sembrono ini agar tidak mengulangi ke konsumen lain dan juga sistem persetujuan otomatisnya! Bayangkan dari uang kecil-kecil jika dijumlah jadi berapa? Ini namanya penipuan.

Saya minta kepada Tokopedia agar membenahi sistem data dan ketentuan yang ada, agar konsumen tidak dirugikan terus menerus. Termasuk ketentuan toko harus bertanggung jawab merespons keluhan konsumen. Saya minta kepada Tokopedia untuk mengembalikan uang saya dan mem-black list penjual.

Febryan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

47 komentar untuk “Barang Dikirim Tidak Lengkap, Tidak Ada Tanggung Jawab dari Penjual di Tokopedia

  • 1 Juni 2023 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Jangan lupa salahkan diri sendiri juga ya, benahi diri:
    1. Tidak pinter sortir penjual dari ulasan, harga dan cek reputasi (beli dr seller tanpa reputasi yg baru join April 2023, dan juga pasang foto watermarked toko lain, kemungkinan besar hanya dropshipper). Padahal ada seller laen yg jual brg yg sama dgn harga lbh murah dan status official store dan mengantongi ulasan utk barang yg sama.
    2. Kesalahan terbesar, membiarkan transaksi selesai otomatis sama 2×24 jam sejak status barang diterima.

    Tokopedia tidak bisa berbuat apa-apa jika toko tersebut bukan toko aktif dan ada dana penjualan yg bisa ditahan.

    18
    7
    • 1 Juni 2023 - (17:52 WIB)
      Permalink

      Lu pikir gue apaan harus sampe meneliti satu per satu gambar foto nya ?? Nama nya toko busuk ya busuk masa mau nyalahin pembeli ?? Justru fungsi sistem market place juga harusnya mencegah hal-hal seperti ini terjadi toh… kalau nggak buat apa sistem marketplace yang digembar gemborkan ?

      4
      26
      • 1 Juni 2023 - (19:05 WIB)
        Permalink

        Pembeli mempunyai waktu 2 x 24 jam untuk mengecek barang tersebut dan membuat video unboxing sebelum buka barang .kalau saya lihat pure kesalahan pembeli

        21
    • 2 Juni 2023 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Harusnya pembeli lebih teliti, bisa²nya nyalahin sistem otomatis Tokopedianya. Itu dilakukan agar barang tidak lama² juga di pembeli, karena kasihan juga kan dana penjual jadi tertahan.

      Harusnya pembeli bisa komplain ketika masih ada waktu penerimaan dan pengecekan barang.

  • 1 Juni 2023 - (12:25 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah ada tombol “Beri Ulasan” artinya barang sudah diterima, baik secara manual oleh pembeli maupun secara otomatis oleh sistem 2×24 jam sejak barang tiba di alamat tujuan. Artinya Tokopedia sudah menutup rantai transaksi, dianggap selesai, dan dana diteruskan ke penjual. Seandainya TS mau komplain setelah transaksi dinyatakan selesai, coba hubungi CS Tokopedia semoga masih ada solusi yang bisa ditawar.

    Ada indikasi barang sampai tapi tidak langsung dibuka, dibuatkan video unboxing, dan melakukan komplain ke pusat resolusi ketika barang tidak sesuai pesanan.

    7
    0
    • 1 Juni 2023 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Tokonya dari awal case gak balas2 chat, hanya cs doang tapi tidak membantu. justru harusnya hal-hal seperti ini menjadi sanksi ke toko atau seller yang tidak kooperatif terhadap pembeli.

      1
      16
    • 1 Juni 2023 - (23:52 WIB)
      Permalink

      Belanja online kan juga ada tata cara tersendiri ya. Jika sudah sering belanja harusnya kan sudah tau aturan otomatis selesai. Jika pakai fitur komplain tak bakal masuk itu uangnya jika tak direspon, malah bisa dpt oli gratis. Kita mau belanja offline aja suka milih² dulu, masa yg online asal pilih. Ngomel boleh saja tp akui juga kesalahan sendiri yg lalai karena tidak menggunakan fitur komplain.

      • 2 Juni 2023 - (04:36 WIB)
        Permalink

        Apabila komplain kita tidak di respon penjual, otomatis dana masuk dong ke akun tokopedia kita. Otomatis masuk dihari itu juga jika komplain tidak direspon penjual 2×24 jam. Saya sering kok barang rusak, komplain tapi dgn video bukti unboxing ya.

        • 2 Juni 2023 - (07:05 WIB)
          Permalink

          Ada video unboxingnya tidak..?
          Kalau tidak ada 7 turunan komplain anda tidak akan di tanggapi!

        • 2 Juni 2023 - (15:22 WIB)
          Permalink

          @eh bung, gue bukan kali ini belanja online ya, ini juga karena kesibukan gue , gak tau kalau ente waktunya banyak tiap jam mantengin marketplace. gue sudah hubungi penjual dan cs, karena tidak ada aksi dan respon bagus makanya gue tulis di sini. paham ente.
          Bossss kalau kamu paham harusnya tinggal dusuk manis nunggu pengembalian dana saja. Kan sudah otomatis kalau sudah klik komplain (2×24)upload bukti dan seller tidak respon dana akan kembali 😁. Lain marketplace lain juga kebijakannya bossss. baru belanja di toped ya bosss syaratnya

    • 2 Juni 2023 - (18:28 WIB)
      Permalink

      Tokopedia udah kasih sytem e-commerce yang cukup bagus, dikasih waktu 2×24 jam setelah barang delivered by kurir. Jika tidak ada kesesuaian di rentang waktu tersebut bisa ajukan komplain biar nanti dimediasi antara pembeli dan penjual. Menurut saya wajib video unboxing karena jika tidak bisa saja ada pembeli yang mengaku-ngaku tidak terima paket lengkap untuk mengelabui penjual. Jika di luar itu semua agak susah untuk hanya menerima pernyataan saja tanpa ada bukti, ini kita membicarakan bagaimana system e-commerce berjalan dengan aturan dengan segaka kondisi yang bisa terjadi untuk optimalisasi jual-beli yang fair.

  • 1 Juni 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Saya minta kepada Tokopedia agar membenahi sistem data dan ketentuan yang ada, agar konsumen tidak dirugikan terus menerus.

    sudah ada aturan ecommerce dalam hal ini tokopedia bahwa 2×24 jam dari pesanan tiba , jika ada kendala bisa komplain secara resmi di sistem. ketidak tahuan/ketidakmengertian yang harus dibenahi..

    15
    4
    • 1 Juni 2023 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Betul, saya setuju ini, harusnya FUNGSI dari Tokopedia atau marketplace ini adalah untuk menyaring penjual-penjual nakal seperti ini, dan modus-modus yang melibatkan beberapa penjual.

      1
      12
      • 1 Juni 2023 - (18:14 WIB)
        Permalink

        Eh malu ah, @soni mah bukan setuju ama elu. Paragraf atas dia hanya copas statement elu, dan paragraf kedua itu counter nya.

        Ngaku sudah sering belanja, unboxing dalam 2×24 jam supaya hal2 kek gini ngga terjadi, ada waktu pencet ajukan komplain aja ngga bisa.

        Malah minta Tokopedia benahi. Apanya lagi yg hrs dibenahi? Cs tiap 1 jam telp ke buyer utk ingatkan periksa paket? Dilamain gitu 7×24 jam?

        11
        • 1 Juni 2023 - (22:09 WIB)
          Permalink

          Lo mau apa Iwen ? Kau senang jika pembeli diam saja jika barang yang diterima dia kurang ? begitu ? Masalah ini tidak akan terjadi juga apabila pada mulanya penjual KOOPERATIF merespon keluhan pembeli. Seharusnya ini menjadi tolok ukur dalam ekistensi penjual di marketplace apakah harus tetap valid ada atau tidak. Dalam hal ini penjual pada pada kasus ini terjadi tidak kooperatif dan tidak membalas pesan yang saya sampaikan dalam kurun waktu lebih dari 1 atau 2 hari. Jelas sebagai pembeli saya dirugikan, buktikan saja dengan arus barang keluar nya.

          1
          16
          • 3 Juni 2023 - (08:14 WIB)
            Permalink

            Masalahnya kenapa gak komplain barang ? Kan ada diaplikasi/sistemnya ajukan komplain, selama komplain belum terjawab solusinya atau belum dibatalkan sama agan, transaksi gak bakalan selesai, otomatis saldo belum dikirim ke seller, tokopedia pun bakal ikut bantu dari awal, soalnya ane pernah.

    • 2 Juni 2023 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Ini sih akun klonengan pembeli. Sama mindset nya mau bikin aturan sendiri. Sudah dibikin aturan 2×24 jam bisa klik komplain. Ini jangan-jangan minta di garansi seumur hidup oleh tokopedia.

  • 1 Juni 2023 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Komplain dulu ke cs tokopedia pak lewat live chat, baru ke MK, ikutilah prosedur yang tepat. Dan harusnya bapak harus siap ngecek dalam 2×24 jam bahwa barang sudah ok kalau ngak akan dilepas ke penjual dana bapak. Kecuali bapak baru kali ini belanja di toko online

    12
    3
    • 1 Juni 2023 - (17:56 WIB)
      Permalink

      eh bung, gue bukan kali ini belanja online ya, ini juga karena kesibukan gue , gak tau kalau ente waktunya banyak tiap jam mantengin marketplace. gue sudah hubungi penjual dan cs, karena tidak ada aksi dan respon bagus makanya gue tulis di sini. paham ente.

      1
      24
      • 1 Juni 2023 - (18:24 WIB)
        Permalink

        Santai aja bang, kalau tau sibuk ya itu resiko belanja online, saya juga pernah gitu ya sdh lewat hari masa garansi mau marah2 juga salah sendiri. Sy mau beli ke situ kan sy yg pilih sendiri. Jadi risiko harus tanggung sendiri

        15
      • 4 Juni 2023 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Ngakunya sering belanja online, tp prosedur MP aj ga paham. Sdh itu ngeyel lg sok bener pdhl banyak yg koreksi atas kesalahan sendiri

  • 1 Juni 2023 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Wah jangan mau transaksi dr org yg suka nyomot gbr toko org lain. .
    Dia gak ada barang satupun.
    Sy lebih respect sama seller yg desain gbr sendiri walau ga punya brg tp seller ini punya network. PO pun sy jalanin.

    3
    1
    • 1 Juni 2023 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Ya Bang, nah ini dia salah satunya juga harusnya toko toko begini nih yang di cegah oleh market place nya… jika ada case gini harusnya langsung ditindak tegas.

      1
      17
  • 1 Juni 2023 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Store 69 abadi dari nama dan foto produknya udah jelas toko abal2, cuma comot foto dari toko lain. Dropshipper. Memang lagi marak di toped karena syarat buka toko mudah sekali. Mungkin kedepan bisa diperbaiki sistemnya, sementara ya buyer harus pintar milih mana toko yg qualified. 16 jam pesanan diproses jelas bukan toko yg bagus.

    4
    1
    • 1 Juni 2023 - (17:57 WIB)
      Permalink

      Betul Bang, ini memang sudah seharusnya tokopedia memfilter atau memblack list toko-toko dengan performa seperti ini jangan dibiarkan terus menerus.

      1
      9
  • 1 Juni 2023 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Anda ga tau cara kerja nya. Ngomel 2 ga jelas. Ga ada guna toh g ada bukti jika barang kurang. Kalo lo unboxing dr awal dan komplain lewat tokped nya beres tuh. Ga tau alur dan cara maen langsung ngegas. Dimana 2 e commerce seluruh dunia ya cara nya sama lah kerjanya.

    • 2 Juni 2023 - (19:29 WIB)
      Permalink

      Seharusnya, Ini masalah pengguna awal e-commerce toped, komplain ketika status transaksi “selesai”. Rekomendasi saya klo sudah kejadian ya jadikan pembelajaran saja. Jika komplain setelah status transaksi “selesai” urusannya ribet. Klo mau nyalahin toped, rasanya ngg etis karena mereka sudah ada FAQ, S&K, dan Pusat resolusi yg bisa bantu konsumen dalam menggunakan jasa aplikasi tokopedia.

      Satu lagi, tokopedia punya sistem otomatis selesai dalam waktu 2×24 jam setelah barang diterima. Klo bisa, selesaikan secara manual. Klo ngg, ya seperti kasus ini. Barang kurang, curhat di MK, padahal salah sendiri ngg cek sistem setelah barang diterima.

      • 3 Juni 2023 - (08:57 WIB)
        Permalink

        Jadi begini Bang dapat saya sampaikan bahwa case closed namun ini saya paparkan terlepas dari lewatnya batas waktu unboxing.. saya sudah investigasi kenapa barang yang dikirim oleh Lestari Motor via bukalapak sesuai yang tertera di lembar pengiriman kepada Saya, di lembar pengiriman tertera dikirim dari Buka Lapak, padahal saya sendiri tidak pernah lagi menggunakan Buka Lapak. Saya tanya ke nomor Lestari Motor, mereka mengaku tidak mendapat order dari tokopedia, tapi order dari buka lapak atas nama saya… nah disinipun terjadi kebingungan, saya sendiri tidak ada akun bukalapak kenapa saya order lewat sana ? jadi pembeli kan menduga-duga ada hal yang tidak semestinya ? dan kenapa penjual di tokopedia seperti tidak merespon dalam waktu lama padahal ya saya tanya baik-baik ?? orang dari LM pun tidak dapat menjelaskan hal ini.. kenapa bisa orang pesan dari tokopedia tapi yang dikirim dari bukalapak ? bukankah hal ini tidak atau kurang tertib ?

  • 1 Juni 2023 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Pada hari ini jam 21:00 , pihak penjual sudah mengembalikan dana terkait barang yang bermasalah. Mungkin bagi Bapak/Ibu sekalian jumlah tersebut kecil, tapi mungkin tidak bagi saya. Meskipun telat dan mengesalkan, SAYA TETAP MENGHARGAI respon dari Penjual. Hal ini seharusnya menjadi masukan bagi semua pihak terkait market place, agar selalu cepat responsif dan memberikan alasan jelas apabila terjadi suatu case. Bukan diam saja (pada awalnya). Juga sebagai masukan bagi market place untuk memilah2 validitas suatu seller. JIka langsung atau cepat direspon, mungkin saja saya lebih dapat mentolerir. Demikian Saya sampaikan terima kasih – case closed.

    1
    13
      • 2 Juni 2023 - (09:19 WIB)
        Permalink

        Makanya Bapak/Ibu Iwen, kalau pembeli atau customer mu nanya, kudu direspon, kalau belum sempet jelaskan kenapa bisa kurang atau lupa ya bilang aja maaf bapak/ibu kami cek dulu jangan diem2 bae. cs tokped aja bilang sulit menghubungi. Ya ini semoga jadi perbaikan ke depan. Mau banget dikasih bintang 5 ? tungguin gue ngopi dulu ini…

        1
        4
  • 2 Juni 2023 - (18:19 WIB)
    Permalink

    Ini case simple mungkin pembeli gaptek baru pernah belanja 1 2 kali ataupun jarang2, tidak tahu kalo ada fitur komplain yg bisa nahan dana penjual berbulan2 kalau tidak dilengkapi barangnya, daripada komplain tidak jelas mending pelajari lagi fitur2 proteksi untuk pembeli di market place

  • 2 Juni 2023 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Bagus lu masukin di MK bang, gw merasa terwakilkan, gw juga pernah kecewa sama Tokopedia dan sampe sekarang udah gak pernah belanja lagi di tokped.

    • 3 Juni 2023 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Sama-sama Bang, jadi untuk case ini sudah closed, dan Penjual sudah kooperatif untuk mengganti dana dan sudah diterima dengan baik. Mungkin ada yang merasa jam terbang sebagai smart buyer bla bla silahkan, ada yang jarang silahkan, ada yang gak pernah juga silahkan. Namun ini saya sampaikan, bagi para penjual-penjual apalagi melalui market place, dan tidak ketemu / whatsapp langsung.. respon komunikasi anda sangat penting, sehingga jika terjadi suatu ketidakberesan , dengan beberapa kata di awal dengan singkat pun Anda sudah menunjukkan itikad baik. Jika tidak ada respon alias seolah menghilang mungkin saja pembeli dapat menduga-duga hal yang tidak baik wajar kan ?. Pembeli sudah chat, cs tokopedia sudah chat namun dilaporkan tidak dapat dihubungi (ini ada kok tulisan dari cs tokopedia nya) bukan serta merta saya tulis di MK , pahami hal ini baik-baik.

  • 3 Juni 2023 - (06:31 WIB)
    Permalink

    1. Pembeli beli ditempat dropshipper
    2. Pembeli sibuk sampai melampaui batas waktu yang disediakan tokopedia untuk mengindari yang tidak di inginkan
    3. Pembeli tidak menyampaikan komplain atas pesanannya dengan klik komplain pesanan
    4. Penjual adalah dropshipper lestari motor

    Rada bingung sama pembeli tipe seperti ini, fitur dibuat secara baik, tapi engga dipakai dengan baik juga, semenjak barang diterima kok ga nyuruh orang rumah atau siapa gitu buat cek, kalau sampai gini sih point utamanya memang salah dari pembelinya bro, bukan masalah penjualnya kaya gimana, mau dia dropshipper atau toko gapunya gambar, sekarang nyari duit itu gampang, bisa via dropshipper, tinggal pembelinya aja apakah smart buyer atau bukan.

    • 3 Juni 2023 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Jadi begini Bang Baahy dapat saya sampaikan bahwa case closed namun ini saya paparkan terlepas dari lewatnya batas waktu unboxing.. saya sudah investigasi kenapa barang yang dikirim oleh Lestari Motor via bukalapak sesuai yang tertera di lembar pengiriman kepada Saya, di lembar pengiriman tertera dikirim dari Buka Lapak, padahal saya sendiri tidak pernah lagi menggunakan Buka Lapak. Saya tanya ke nomor Lestari Motor, mereka mengaku tidak mendapat order dari tokopedia, tapi order dari buka lapak atas nama saya… nah disinipun terjadi kebingungan, saya sendiri tidak ada akun bukalapak kenapa saya order lewat sana ? jadi pembeli kan menduga-duga ada hal yang tidak semestinya ? dan kenapa penjual di tokopedia seperti tidak merespon dalam waktu lama ?? kenapa bisa orang pesan dari tokopedia tapi yang dikirim dari bukalapak ? bukankah hal ini tidak atau kurang tertib ??

      • 3 Juni 2023 - (09:02 WIB)
        Permalink

        Bisa itu mas, itu namanya dropshipper, jadi penjual bisa beli di Shop** atau Ecommerce lainnya, justru harus beda ecommerce, biar tracking numbernya ga duplikat by sistem. Dan kalau dropshipper itu bisa mengubah nama pembeli jadi yg di inginkan si dropshipper mas (contohnya pake nama mas Febry ini)

        • 3 Juni 2023 - (09:06 WIB)
          Permalink

          Terima kasih atas masukan nya Bang Baahy, salam. semoga e-commerce di Indonesia semakin baik dan maju.

  • 3 Juni 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Sama-sama Bang @Kakang, jadi untuk case ini sudah closed, dan Penjual sudah kooperatif untuk mengganti dana dan sudah diterima dengan baik. Mungkin ada yang merasa jam terbang banyak sebagai smart buyer, super expert buyer, bla bla silahkan, ada yang jarang silahkan, ada yang gak pernah juga silahkan. Namun ini saya sampaikan, bagi para penjual-penjual apalagi melalui market place, dan tidak ketemu / whatsapp langsung.. respon komunikasi anda sangat penting, jadi bukan hanya respon saat awal mau membeli barang, tapi pasca barang sudah dibayar, sehingga jika terjadi suatu ketidakberesan , dengan beberapa kata di awal dengan singkat (non auto reply) pun Anda sudah menunjukkan itikad baik. Jika tidak ada respon lama alias seolah menghilang mungkin saja pembeli dapat menduga-duga hal yang tidak baik wajar kan ?. Pembeli sudah chat, cs tokopedia sudah chat namun dilaporkan tidak dapat dihubungi (ini ada kok tulisan dari cs tokopedia nya) bukan serta merta saya tulis di MK , jadi agar dipahami hal ini juga baik-baik, agar tidak terjadi miskomunikasi. Kalau misalnya banyak pembeli yang legowo tapi ternyata memang penjual nya (maaf nakal), tentu menjadi budaya yang tidak baik justru berkembang.. ya saya harap tidak seperti itu.

  • 4 Juni 2023 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Yang tak selayakny anda ngedumel masalah sistem ke toped sementara tidak mengikuti sistem. Sebaiknya dikoreksi perihal itu karena yg bermasalah penjual dan pembeli.

  • 5 Juni 2023 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Buyer pinter ini belanja online gak dicek dl gak di video unboxing dl gitu mau punya bukti otentik kalau begitu gak ada bukti unboxing dan sudah selesai secara sistematis 2x24jam yg pinter buyer nya dah gak usah pake debat yg paling bener yg beli oli tp gak dicek langsung titik

  • 5 Juni 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Kan ada di pilihan soal komplain pesanan kurang/ tdk sesuai pak…
    Saya juga pernah beli barang dikirim kurang seller ga ngerespon chat saya. Saya ajukan pengembalian dana. Dan besok ama seller disetujui. Emang ngeselin sih seller yg ga ngerespon gitu. Pdhl barang kosong kan bs ya chat baik-baik.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Tokopedia?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Barang Dikirim Tidak Lengkap, Tidak Ada Tanggung Jawab dari Penjual di…

oleh Febryan dibaca dalam: 1 menit
47