Surat Pembaca

Kode Token Listrik Palsu, Pihak Shopee Malah Meneruskan Dana Pembelian ke Penjual

Salam untuk para pembaca. Saya mau menceritakan kejadian yang saya alami saat berbelanja di marketplace Shopee.
Karena sekarang semua marketplace sudah sangat mengurangi untuk kode promo produk digital, saya sebagai pembeli mencoba mencari penjual token PLN yang harganya menurut saya miring. Karena pikir saya dana saya pasti aman melalui perantara Shopee.

Seumur-umur saya belanja di Shopee, baru kali ini Shoppe sangat kurang responsif, mungkin karena sudah sangat laris kali ya. Namun sangat disayangkan untuk pelayanan CS yang sama sekali tidak menanggapi kasus penipuan yang dilakukan penjual.

Baik saya lanjutkan ceritanya. Saya belanja di Shopee melakukan transaksi beli token PLN di marketplace senilai 500 ribu rupiah, dengan harga jual Rp470 ribu, ditambah biaya layanan jadi Rp471 ribu. Kemudian saya chat penjual dan penjual masih respons. Sampai akhirnya karena gak dapat juga nomor tokennya, saya chat terus-terusan, tapi tidak dibalas. Selang 2-3 harian, statusnya terkirim. Padahal tidak ada kiriman paket apa pun atau nomor token.

Akhirnya untuk menyelamatkan uang saya. saya perpanjang masa garansi Shopee dan segera mengecek nomor paket kiriman yang ternyata berstatus not found. Kemudian segera saya chat ke CS Shopee. Mereka bilang kalau penjual tidak memberi jawaban sampai besok, maka uang akan otomatis dikembalikan.

Akhirnya saya tunggu sampai besoknya, tetapi tidak ada konfirmasi dari pihak Shopee ataupun penjual. Saya kembali chat CS Shopee, menjelaskan perihal yang sama. Pihak CS Shopee meminta saya bersabar sampai masa garansi Shopee habis tanggal 9 Juni 2023. Saya saat itu masih sabar dan saya menunggu respons penjual atau kabar dari pihak Shopee.

Akan tetapi yang sangat membuat saya kesal, tanggal 9 saya lihat status kiriman sudah selesai dan uang sudah dilepaskan ke penjual penipu tersebut. Padahal saya sudah jelaskan bahwa nomor paketnya saja “not found“. Namun pihak Shopee bukannya menindak pihak penjual, malah meloloskan uang ke pihak penjual dan saya hanya mendapat respons dari pihak CS akan segera ditindaklanjuti.

Akhirnya saya mendapatkan chat bahwa status permintaan pengembalian uang ditolak, karena penjual mengirim nomor token, yang mana saat saya masukkan nomor token tersebut palsu. Pihak Shopee hanya mau dengar dari pihak penjual saya. Saya sangat kecewa atas pelayanan seperti ini. Saya berharap Shopee bisa bijaksana atas masalah ini. Saya sudah mengikuti prosedur dari Shopee, tapi kenapa Shopee tidak ada respons dari awal sebelum dana dilepaskan ke penjual? Saya mohon agar kasus ini bisa diangkat oleh Media Konsumen, karena buat saya ini sangat tidak adil.

Stefani Priskila
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Coba download dan instal aplikasi PLNMOBILE cek histori pembelian token di aplikasi PLN MOBILE masukan nomor meter di sana nanti keluar histori nya klu memang gak ada pembelian tanggal tersebt berarti Anda memang ditipu screenshot bukti tersebut buat bukti ke cs Shopee untuk mengajukan kasus tersebut atau setidaknya bisa memblokir penjual yg nakal tesebut

  • Kesalahan anda sendiri ini Token Listrikkan bisa di beli di fitur Shope gpin beli di toko shope heran saya cuman beda harga di admin doang kok mau murah malah bikin repot saja.

  • Org cerbon pisan, saya cek di aplikasi mutra shopee yg 500rb itu harganyq 500.500 klw dishoppenya 499.000+2500, cari yg aman bae mba klw belanja jgn cari murahnya. Klw rejeki ya alkhamdulillah tp klw kaya gini eman kan 500ewu...

  • "Karena sekarang semua marketplace sudah sangat mengurangi untuk kode promo produk digital, saya sebagai pembeli mencoba mencari penjual token PLN yang harganya menurut saya miring. Karena pikir saya dana saya pasti aman melalui perantara Shopee."

    Yang lagi banyak promo untuk pembelian / pembayaran produk digital melalui grab atau ovo
    bisa cashback sampai 50.000 poin ovo. Isi bensin aja cashbacknya sampai 25.000 poin ovo

    • krn keluhan sudah tayang di media konsumen dan tidak ad penyelesaian dari pihak terkait, saran laporin aja sellernya ke polisi atau YLKI.

  • Kalau ginian jangan pakai perantara, lewat aplikasi shopee nya aja aman kak. Halaman utama pulsa, tagihan & tiket.

  • Beli token tapi pengiriman pake kurir jne aneh. Kalo beli produk digital di shopee itu jasa kirim nya termasuk ongkos kirim, bukan reguler pake ekspedisi