Kode Token Listrik Palsu, Pihak Shopee Malah Meneruskan Dana Pembelian ke Penjual

Salam untuk para pembaca. Saya mau menceritakan kejadian yang saya alami saat berbelanja di marketplace Shopee.
Karena sekarang semua marketplace sudah sangat mengurangi untuk kode promo produk digital, saya sebagai pembeli mencoba mencari penjual token PLN yang harganya menurut saya miring. Karena pikir saya dana saya pasti aman melalui perantara Shopee.

Seumur-umur saya belanja di Shopee, baru kali ini Shoppe sangat kurang responsif, mungkin karena sudah sangat laris kali ya. Namun sangat disayangkan untuk pelayanan CS yang sama sekali tidak menanggapi kasus penipuan yang dilakukan penjual.

Baik saya lanjutkan ceritanya. Saya belanja di Shopee melakukan transaksi beli token PLN di marketplace senilai 500 ribu rupiah, dengan harga jual Rp470 ribu, ditambah biaya layanan jadi Rp471 ribu. Kemudian saya chat penjual dan penjual masih respons. Sampai akhirnya karena gak dapat juga nomor tokennya, saya chat terus-terusan, tapi tidak dibalas. Selang 2-3 harian, statusnya terkirim. Padahal tidak ada kiriman paket apa pun atau nomor token.

Akhirnya untuk menyelamatkan uang saya. saya perpanjang masa garansi Shopee dan segera mengecek nomor paket kiriman yang ternyata berstatus not found. Kemudian segera saya chat ke CS Shopee. Mereka bilang kalau penjual tidak memberi jawaban sampai besok, maka uang akan otomatis dikembalikan.

Akhirnya saya tunggu sampai besoknya, tetapi tidak ada konfirmasi dari pihak Shopee ataupun penjual. Saya kembali chat CS Shopee, menjelaskan perihal yang sama. Pihak CS Shopee meminta saya bersabar sampai masa garansi Shopee habis tanggal 9 Juni 2023. Saya saat itu masih sabar dan saya menunggu respons penjual atau kabar dari pihak Shopee.

Akan tetapi yang sangat membuat saya kesal, tanggal 9 saya lihat status kiriman sudah selesai dan uang sudah dilepaskan ke penjual penipu tersebut. Padahal saya sudah jelaskan bahwa nomor paketnya saja “not found“. Namun pihak Shopee bukannya menindak pihak penjual, malah meloloskan uang ke pihak penjual dan saya hanya mendapat respons dari pihak CS akan segera ditindaklanjuti.

Akhirnya saya mendapatkan chat bahwa status permintaan pengembalian uang ditolak, karena penjual mengirim nomor token, yang mana saat saya masukkan nomor token tersebut palsu. Pihak Shopee hanya mau dengar dari pihak penjual saya. Saya sangat kecewa atas pelayanan seperti ini. Saya berharap Shopee bisa bijaksana atas masalah ini. Saya sudah mengikuti prosedur dari Shopee, tapi kenapa Shopee tidak ada respons dari awal sebelum dana dilepaskan ke penjual? Saya mohon agar kasus ini bisa diangkat oleh Media Konsumen, karena buat saya ini sangat tidak adil.

Stefani Priskila
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

35 komentar untuk “Kode Token Listrik Palsu, Pihak Shopee Malah Meneruskan Dana Pembelian ke Penjual

    • 19 Juni 2023 - (20:03 WIB)
      Permalink

      Coba download dan instal aplikasi PLNMOBILE cek histori pembelian token di aplikasi PLN MOBILE masukan nomor meter di sana nanti keluar histori nya klu memang gak ada pembelian tanggal tersebt berarti Anda memang ditipu screenshot bukti tersebut buat bukti ke cs Shopee untuk mengajukan kasus tersebut atau setidaknya bisa memblokir penjual yg nakal tesebut

  • 19 Juni 2023 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Kesalahan anda sendiri ini Token Listrikkan bisa di beli di fitur Shope gpin beli di toko shope heran saya cuman beda harga di admin doang kok mau murah malah bikin repot saja.

    18
    2
  • 19 Juni 2023 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Org cerbon pisan, saya cek di aplikasi mutra shopee yg 500rb itu harganyq 500.500 klw dishoppenya 499.000+2500, cari yg aman bae mba klw belanja jgn cari murahnya. Klw rejeki ya alkhamdulillah tp klw kaya gini eman kan 500ewu…

    11
    1
  • 19 Juni 2023 - (15:32 WIB)
    Permalink

    “Karena sekarang semua marketplace sudah sangat mengurangi untuk kode promo produk digital, saya sebagai pembeli mencoba mencari penjual token PLN yang harganya menurut saya miring. Karena pikir saya dana saya pasti aman melalui perantara Shopee.”

    Yang lagi banyak promo untuk pembelian / pembayaran produk digital melalui grab atau ovo
    bisa cashback sampai 50.000 poin ovo. Isi bensin aja cashbacknya sampai 25.000 poin ovo

    • 19 Juni 2023 - (21:13 WIB)
      Permalink

      krn keluhan sudah tayang di media konsumen dan tidak ad penyelesaian dari pihak terkait, saran laporin aja sellernya ke polisi atau YLKI.

  • 19 Juni 2023 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Kalau ginian jangan pakai perantara, lewat aplikasi shopee nya aja aman kak. Halaman utama pulsa, tagihan & tiket.

  • 19 Juni 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Beli token tapi pengiriman pake kurir jne aneh. Kalo beli produk digital di shopee itu jasa kirim nya termasuk ongkos kirim, bukan reguler pake ekspedisi

  • 19 Juni 2023 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Yah buat pelajaran aja.token listrik itu bukan barang.pabriknya cuma 1 PLN.bukan barang yg bisa dijual murah karena mutus rantai distribusi.jd harga jualnya sama.kalaupun selisih hanya berapa ratus perak ato ribu.g smpe puluhan ribu.kalaupun ada yg jual voucher diskon berarti lg bakar duit cari cust dan itu pasti perusahaan gede.bukan toko kecil yg ambil untung seribu dua ribu.jd lain kali sebelum beli ini itu bisa dipikir pakai logika trlbh dahulu

    8
    1
    • 20 Juni 2023 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Lah lah lah.. Kocag manusia yang satu ini. Ngapain beli di shoope.. Toko lain lagi.. Di shoope nya langsung kana da trus ada jga di pln mobile. Salah sendiri nyalahin shoope.. Ga cermat sekali.

  • 19 Juni 2023 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Coba ke pln dulu ibu. Dulu saya pernah ngalamin kodenya gak bisa dipakai juga setelah ke kantor pln bisa dipakai akhirnya.

  • 19 Juni 2023 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Heran nyalahin orang , padahal kesalahan di dia sendiri , jelas jelas harga token listrik ga ada pernah selisih jauh dari nominal yang kita beli , contoh beli token 100.000 pasti biaya nya paling murah 101.000 & ga mungkin harga nya 90rb atau 95rb , token listrik juga ga akan pernah ada promo , jadi jelas disini siapa salah & shoppe melihat ini transaksi nya asli

  • 19 Juni 2023 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Kalau yang saya baca sih, si ts kejebak karena keinginan mencari selish harga. Tapi dari Marketplace juga salah karena adanya tindak penipuan, dan ada kronologia tetap dibiarkan.

    Kalau mau repot, buat laporan kepolisian aja tentang tindak pidana penipuan. Kasi screen shoot atau pinjem laptop lalu save page chat maupun tokonya.

    Disini juga tampaknya marketplace melihat masalah si ts, sekedar debu saja alias dianggap tidak berharga. Dikomen kagak, dibully malah iya.

    • 20 Juni 2023 - (05:23 WIB)
      Permalink

      Bang, kalau cari promo yg ginian lihat review orang2, kalau yg beli satu dua dipastikan itu fraud, terus jangan langsung serakah maunya beli 500k, tes dulu yg 100k atau 50k, kalau benar. Selain itu cek dulu di pln mobile, ngak usah menyalahkan shopee untuk kesalahn anda.

  • 19 Juni 2023 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Untuk kasus harga 500 ribu, bikin laporan ke polisi sama sekali gak worth it. Kecuali penulis anak / kerabat / teman / saudara dari salah satu orang berpengaruh di republik ini.

  • 19 Juni 2023 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Kawan kawan,jangan salahin yg postnya,dia korban loh.wajar sih orang kalo d lingkungan yg baik tiba tiba kena tipu.karena mudah percaya.
    Apalagi inikah ada jaminan kepercayaan dr penyedia jasa marketplace.
    Ya saya doakan semoga bs balik uangnya,dan jgn lupa byk tanya atau banyak cari info biar kedepannya ga kena tipu lagi.
    Coba donlot pln mobile,terus masukin nomer plnnya,nnti bs d cek,apakah emang ada transaksi pembelian token atau ngak,kalo ada nnti bs langsung d masukin.
    Jd ga perlu nunggu berhari hari supaya tokennya bs keisi.tinggal cek d pln mobile beres.
    Skrg byk ko aplikasi yg bs isi token,dan bs d bandingkan harganya kompetitif ko,pling mungkin bd 1 ampe 2rb aja

  • 20 Juni 2023 - (00:23 WIB)
    Permalink

    Sipembeli ini mau coba2 cari harga murah. Dia pun sdh tau klw di shopee ada fitur produk listrik yg resmi dari PLN. Dia nggak mau beli di situ karena harganya mahal dan gak ada promo. Maka dia carilah toko penjual token listrik di shopee yg nawarkan harga murah. Toko yg gini serupa jg dg toko penjual pulsa, atau diamon FF. ML. Mereka adalah penjual pihak ketiga. Dan mereka ngirim sama caranya dg toko penjual barang real. Pake nomor resi.

    Hati-Hati sekali bisa saja mereka menipu. Mana kita tahu token betulkah yang dikirim atau tidak.

  • 20 Juni 2023 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Pengen dapurnya ngebul terus tp malah kebakaran jenggot 😂😂.
    Hidup selama 100tahun gw baru tau beli token k pihak penjual marketplace lalu pilih pula pakai JNE sebagai jasa kirim 😂

    Bakal tobat nh orang beli online lg 😂😂

  • 20 Juni 2023 - (09:56 WIB)
    Permalink

    SAYA SUDAH 2 KALI NITIP BELI PULSA PAKET INTERNET LEWAT APLIKASI SHOOPE MILIK TEMAN. TARIP PULSANYA KALO GAK SALAH HARGA 30 RIBUAN HARGA AXIS. LAPORAN DARI TEMAN SAYA SUDAH TERKIRIM KARENA SUDAH ADA KONFIRMASI DARI PIHAK SHOOPE. SEMENTARA..,PULSA PAKET PUN BLM ADA MASUK. TERPAKSA SAYA BELI PULSA DI KONTER AJA. SHOOPE HARUS GANTI RUGI KERUGIAN SAYA KARENA SUDAH MEMCURANGI SAYA..!!

    • 26 Juni 2023 - (02:01 WIB)
      Permalink

      Emang sdh dicek mata kepala sendiri benar di aplikasi temannya transaksi sdh sukses? Nomornya benar yg diinput?
      Knp jg ga pakai aplikasi sendiri aja drpd titip2 begitu jd malah repot kan?
      Ada2 aja.

  • 20 Juni 2023 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Mediakonsimen.com makasih ya, saya bisa tau diluar sana ada orang2 yg bisa bikin saya geleng2 kepala.

  • 20 Juni 2023 - (14:57 WIB)
    Permalink

    sebaiknya kedepan, harus mengirimkan bukti komplen video mas. videoin sisa token terakhir, terus tunjukin nomor meterannya/id pelanggan. kemudian input nomor tokennya. biar buktinya jelas. tapi kalo dana sudah dilepas, bingung juga bisa balik pa kagak. videon juga histori di pln mobile. komplen mmg hrs selengkap lengkapnya.

    • 20 Juni 2023 - (16:54 WIB)
      Permalink

      Yah ..untuk pembelajaran penulis,dan semua pihak pada umumnya. Semoga hal ini menjadi pembelajaran bahwa jangan terlalu percaya harga murah/ miring. Tapi blum pasti kebenaranya. Sekedar info. Saya jga melayani PPOB. Penjualan pulsa,token ,dll. Dan terhubung lebih dari 5 server hampir 10 server. Belum pernah menemui HPP dari server besar Token listrik di bawah nominal. rata rata harga selisih di atasnya 45 – 500 rupiah. Kita jualnya selisih 2500 – 3000. Ke konsumen. Jadi kita dpat dari distributor 50.100 jual 52.500.
      Dan kebanyakan sama sampai 1 JT. Jadi kalau ada orang jual dibawah standar perlu diwaspadai,apalagi liwat online. Sungguh sesuatu yang ceroboh. Dan kurang hati hati. Karena produk Token PLN hanya satu .yaitu dari PLN. Semoga jdi pembelajaran,jangan tergiur harga murah tapi justru rugi yg kita dpat.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Kode Token Listrik Palsu, Pihak Shopee Malah Meneruskan Dana Pembelian…

oleh Stefani dibaca dalam: 2 menit
35