Pihak POS Indonesia Tidak Memberikan Resi Pengiriman

Kepada Yth PT. Pos Indonesia

Saya ingin berkeluh kesah. Hari ini, 18 Juli 2023, orang tua saya mengirimkan dokumen melalui PT. Pos Indonesia yang beralamat di Pakan Kamih, Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, dengan tujuan Kota Bandung. Orang tua saya meminta kepada pihak Pos untuk mengirimkan dokumen dengan pengiriman yang paling cepat, karena saya memerlukan dokumen tersebut dalam waktu dekat. Dokumen yang dikirimkan hanya satu lembar.

Orang tua saya diberitahu oleh pihak Pos bahwa pengiriman paling cepat adalah pengiriman kilat dengan biaya Rp 50.000. Biasanya, pihak jasa pengiriman akan memberikan nomor resi untuk pelacakan paket yang dikirimkan. Saat saya bertanya kepada orang tua saya, orang tua saya mengatakan bahwa pihak jasa pengiriman tidak memberikan nomor resi. Orang tua saya tidak paham dengan proses pengiriman melalui Pos, tapi bukankah setiap jasa pengiriman selalu memberikan nomor resi ke pengirim paket?

Saya mencari alternatif lain terkait cara pelacakan paket. Saya mencoba menghubungi customer service melalui chat web dan panggilan di 1500161, dan petugas customer service menginfokan bahwa pengecekan hanya bisa dilakukan melalui nomor resi. Saya bertanya apakah ada validasi lain selain nomor resi (seperti nama pengirim, nama penerima, alamat penerima, nomor hp penerima) agar dapat mengecek apakah paket sudah dikirimkan atau belum. Tetapi pihak customer service menginfokan bahwa tidak ada cara lain.

Saya bertanya apakah ada data nomor telepon kantor Pos yang didatangi oleh orang tua saya, yang membuat saya terkejut adalah bahwa tidak ada nomor telepon yang terdaftar untuk kantor Pos tersebut. Petugas customer service menyarankan agar orang tua saya datang kembali ke kantor Pos untuk menanyakan nomor resi. Dan besok tanggal 19 Juli 2023 merupakan tanggal merah, otomatis kantor Pos tutup.

Saya bertanya juga untuk pengiriman kilat, estimasi waktunya berapa lama. Petugas customer service menginfokan bahwa pengiriman ‘reguler’ memakan waktu 4 hari pengiriman. Saya agak bingung di sini. Saya bertanya lagi, ‘tapi orang tua saya meminta paket pengiriman paling cepat dan pihak Pos mengatakan pengiriman kilat yang paling cepat’. Petugas customer service menginfokan bahwa ternyata pengiriman kilat merupakan pengiriman reguler. Untuk yang tercepat adalah Express.

Walah, bagaimana ini? Ini pengiriman pertama saya menggunakan Pos. Kapok. Saya memilih Pos karena yang dikirim adalah dokumen. Biasanya saya menggunakan jasa pengiriman lainnya dan selalu pihak jasa pengiriman memberi tahu orang tua saya nomor resi pengiriman dan jika minta pengiriman tercepat, yang disarankan juga sesuai.

Saran untuk pihak Pos Indonesia agar dapat menyediakan validasi lain untuk pengecekan paket selain nomor resi, agar memudahkan dalam pengecekan. Mohon lengkapi juga data-data kantor Pos di daerah seperti nomor telepon, email, dan lainnya agar lebih mudah berkoordinasi.

Terima kasih.

Angely Putry
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Pihak POS Indonesia Tidak Memberikan Resi Pengiriman

  • 19 Juli 2023 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Lha orang tua anda saja tdk paham, bisa jadi kirim, bayar, langsung nyelonong pulang. Atau bisa jadi orang tua anda tidak tau itu resi, dikasih sama petugas pos langsung buang, dikira kertas biasa. Kalau anda minta pelacakan selain pakai nomer resi ya tdk bisa,.jasa kirim manapun tidak bisa. Solusinya orang tua anda datang ke kantor pos, tanya nomer resinya. Kl belum diberikan biasanya resinya disimpan. Kl tdk bisa cek recordnya nama, alamat, jam saat kirim paket, di komputer kantor pos tempat kirim paket.

    • 20 Juli 2023 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Seharusnya pihak jasa kurir mendamping konsumen yg secara fisik sudah lansia dsb yg dianggap butuh pendampingan saat proses transaksi. Terapkan itu sebagai sop pelayanan ke konsumen. Dan untuk Angely putri Mudah²an proses masalahnya cepat teratasi.

      4
      1
      • 20 Juli 2023 - (10:44 WIB)
        Permalink

        Wxwxw emang kantor pos dinas sosial yg harus mendampingi lansia waktu ambil bantuan…
        Dan kenapa ngga saranin si penerima nyuruh org yg lbh muda atw ngrti gitu . Bukan ibu nyh yg suruh kirim ke pos …..
        Wxwxw

        2
        1
      • 20 Juli 2023 - (12:29 WIB)
        Permalink

        Kepada Yth PT. Pos Indonesia

        Saya sudah berhasil terhubung dengan Pos pengiriman, pihak Pos lupa untuk memberikan resi. Pihak pengirim sudah konfirmasi kembali untuk mengambil resi ke Pos pengiriman. Pihak Pos sudah menanggapi keluhan saya dan permasalahan sudah diselesaikan. Terima kasih kepada pihak Pos yang menyelesaikan dengan cukup cepat dan baik.

        • 20 Juli 2023 - (19:47 WIB)
          Permalink

          Ibu yg salah menyala2kan pt pos. Itu sudah benar di suruh balik lagi dan nanya bukan koar2 ke media, kecuali sudah balik dan tidak dilayani dengan baik wajar koar2 ke media.

  • 20 Juli 2023 - (02:44 WIB)
    Permalink

    Orang tua disuruh kirim dokumen penting. Orang tua nggak paham, harusnya berikan catatan apa yang harus dilakukan. Seperti waktu masih kecil disuruh ke warung beli ini beli itu.
    Atau jangan jangan malah lupa sudah ke kantor pos atau belum.

    1
    1
    • 20 Juli 2023 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Setahu saya sekarang perusahaan ini PT.pos Indonesia sudah jauh lebih baik, maka setiap kiriman saya selalu percaya pada pos.

  • 20 Juli 2023 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Klo pelacakan bisa di lakukan dgn alamat penerima atw pengirim… Tanpa resi bahaya juga bisa di manfaatkan org” tak bertanggung jawab …

  • 20 Juli 2023 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Betul pelacakan hanya digunakan dengan menggunakan resi, saya khawatir pengiriman yang dikirim kilat menggunakan perangko. Jika menggunakan perangko ini tidak ada resinya karena kadang ada konsumen suka keukeuh ingin mengirimkan paketnya kilat menggunakan perangko, sudah barang tentu pengiriman tersebut tidak mendapatkan bukti pengiriman atau resi. Nah disini saya tidak tahu, apakah waktu pengiriman itu menggunakan perangko atau pakai paket kilat, karena bisa saja resinya hilang lalu beralasan tidak dikasih resi oleh petugas. Makanya disitu fungsi resi digunakan kalau masih ingin malacak menggunakan nama alamat dan no HP , lalu buat apa pengiriman diberikan resi. Makanya di jasa pengiriman manapun akan selalu ditanyakan no resinya jika tidak ada ya tidak bisa. Simpan resi atau foto resi tersebut dengan HP agar jika resi tersebut hilang bisa kita perlihatkan resi yang sudah kita foto di HP kita.

  • 20 Juli 2023 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Kantor pos ada 2, satu dari pemerintah, satu cabang swasta. Kadang komputer ngadat, ini ada di semua kurir. Biasanya diinfo buat balik lagi ngambil. Cuma klo ga dikasih resi, saya sering ke pos ga pernah gitu. Semoga paketnya ga hilang

  • 20 Juli 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth PT. Pos Indonesia

    Saya sudah berhasil terhubung dengan Pos pengiriman, pihak Pos lupa untuk memberikan resi. Pihak pengirim sudah konfirmasi kembali untuk mengambil resi ke Pos pengiriman. Pihak Pos sudah menanggapi keluhan saya dan permasalahan sudah diselesaikan. Terima kasih kepada pihak Pos yang menyelesaikan dengan cukup cepat dan baik.

    • 20 Juli 2023 - (14:11 WIB)
      Permalink

      Masa ekspedisi lupa kasih resi pengiriman? Dimana-mana kalo habis kirim paket pasti lgsg di kasih print out resinya.

 Apa Komentar Anda mengenai Pos Indonesia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Pihak POS Indonesia Tidak Memberikan Resi Pengiriman

oleh Angely dibaca dalam: 2 menit
14