Informasi Keliru CS Bank DBS, Nasabah Tanggung Dampaknya

Halo,

Saya nasabah Kartu Kredit DBS Visa Travel Platinum sejak Maret 2021 yang berhasil mengajak 3 orang teman/saudara untuk menjadi pemilik Kartu Kredit DBS. Pada Januari 2023, saya diberi “reward” Kartu Kredit DBS Visa Live Fresh, yang seingat saya tanpa persetujuan terlebih dahulu.

Setelah terima kartu DBS Visa Live Fresh, saya agak kecewa ternyata limitnya bersifat gabungan dan saat saya tanya CS DBS apa benefit dari kartu ini? Disampaikan salah satunya adalah cashback 5% (maksimal Rp300.000) untuk transaksi online, dengan syarat 5 kali transaksi offline.

Program cashback tersebut terasa “agak ribet, jadul dan berbiaya pulsa,” karena kita harus klaim via SMS premium pada periode waktu tertentu. Apabila nasabah tidak melakukan klaim via SMS selama periode yang ditentukan, tidak akan mendapatkan cashback. Saya secara khusus mengisi pulsa biasa demi program ini (selama ini hanya beli paket data dan telepon). Sudah beberapa kali sampaikan masukan agar klaim dapat dilakukan melalui aplikasi, seperti cara klaim point reward, tetapi hasilnya nihil/tidak diindahkan.

Pada awal April 2023, saya mendapatkan informasi dari CS DBS bahwa apabila saya mendaftarkan 1 orang sebagai pemegang Kartu Tambahan akan berkesempatan mendapat tambahan cashback 5% (maksimal Rp200.000), dengan syarat penggunaan kartu tambahan secara offline minimal 3 kali.

Informasi tersebut diperkuat dengan saya peroleh informasi Syarat dan Ketentuan Program cashback 5% CC Live Fresh yang saya peroleh dari pencarian di Google dengan alamat file https://www.dbs.id/id/iwov-resources/images/pdf/LiveFreshCB_ID.pdf, di mana pada poin 8 tertulis

“Perhitungan total transaksi yang dapat diperhitungkan untuk cashback merupakan akumulasi dari transaksi online yang dilakukan oleh Pemegang Kartu Utama dan Kartu Tambahan. Untuk persyaratan minimal 5x transaksi ritel non-online juga merupakan akumulasi transaksi ritel non online yang dilakukan oleh Pemegang Kartu Utama dan Kartu Tambahan.”


Saya akhirnya mengajukan 1 nama sebagai pemegang kartu tambahan melalui CS DBS, dengan catatan kartu dikirimkan ke alamat kantor saya yang baru. Saya diarahkan untuk melakukan perubahan data di aplikasi Digibank, tetapi selalu gagal (beberapa kali saya uninstall dan install ulang aplikasi Digibank).

Tidak butuh waktu lama kartu tambahan disetujui dan dikirim ke alamat rumah, sehingga terjadi gagal kirim karena posisi rumah kosong. Proses perubahan data kantor yang sangat lama, mengakibatkan kartu tambahan baru saya terima di pertengahan Juni 2023, yang mana artinya kesempatan mendapatkan tambahan cashback Rp200.000 hilang untuk 2 bulan (April dan Mei).

Saya langsung gunakan kartu tambahan tersebut untuk transaksi offline, mengingat jumlah transaksi online kartu utama sudah lebih dari cukup. Pada tanggal 13 Juli 2023, saya klaim via SMS untuk cashback bulan Juni 2023, tetapi sampai 30 Juli 2023 cashback belum juga saya terima.

Pada awal Agustus 2023, saya buat laporan. Nomor pelaporan saya: 20230814-6062861. Namun saya sangat kaget, saat CS sampaikan bahwa cashback untuk kartu tambahan tidak eligible, karena tidak melakukan transaksi online. Saya minta untuk memutar kembali rekaman pembicaraan saya dengan CS DBS awal bulan April yang menyampaikan bahwa “Untuk mendapatkan cashback kartu tambahan cukup dengan transaksi offline minimal 3 kali, selama total akumulasi transaksi online memenuhi,”, tetapi tidak pernah dipenuhi. Hingga akhirnya saya hanya mendapatkan cashback bulan Juni 2023 dan bulan Juli 2023 hanya untuk Kartu Utama saja.

Intinya, saya mempertanyakan bentuk pertanggungjawaban CS DBS atas kekeliruan informasi yang disampaikan seperti apa? Terkesan pihak DBS juga tidak merasa bersalah/bertanggungjawab atas kekeliruan CS-nya, termasuk juga syarat dan ketentuan yang bersumber dari website dbs.id, yang sampai saat ini masih bisa diakses sebagaimana terlampir, dianggap berbeda dengan kebijakan DBS. Di sini kembali nasabah setia seperti saya ini yang dirugikan.

Terima kasih.ย Salam,

Sutarmaji
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Informasi Keliru CS Bank DBS, Nasabah Tanggung Dampaknya”

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Informasi Keliru CS Bank DBS, Nasabah Tanggung Dampaknya

  • 29 Agustus 2023 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Sy juga pegang kartu live fresh bos. Trx kartu utama off line 5x dan online max 6jt dpt cashback max 300k.

    kartu tambagan offline mix 3x dan online max 4jt dpt cashback max 200k. Gitu boss

  • 30 Agustus 2023 - (10:05 WIB)
    Permalink

    kalo syarat ketentuannya super ribet, mending sy skip aja daripada beradu argumen dgn CS. semakin ribet, semakin byk pula asumsi antar CS & back office pemberi cashbacknya

    • 30 Agustus 2023 - (13:13 WIB)
      Permalink

      ๐—ฅ๐—ถ๐—ฏ๐—ฒ๐˜ ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐˜ ๐˜‚๐˜๐—ธ ๐—ฑ๐—ฝ๐˜ ๐—ฐ๐—ฎ๐˜€๐—ต๐—ฏ๐—ฎ๐—ฐ๐—ธ…
      ๐—ž๐—ฎ๐—น๐—ผ ๐˜€๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐˜€๐—ฑ๐—ต ๐—ด๐—ฎ ๐˜€๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—ฝ ๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ผ ๐˜€๐—ฒ ๐—ฑ๐—ฒ๐˜๐—ฎ๐—ถ๐—น ๐—ถ๐˜๐˜‚. ๐—ก๐˜†๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐˜ ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Bank DBS?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Informasi Keliru CS Bank DBS, Nasabah Tanggung Dampaknya

oleh sutarmaji84 dibaca dalam: 2 menit
5