Surat Pembaca

Harga Reschedule Tiket Pesawat Tidak Masuk Akal, Permohonan Refund Ditolak

Saya melakukan pembelian tiket pesawat rute dari Medan tujuan ke Penang, melalui Traveloka, pada hari Sabtu, 23 September 2023. Ketika itu saya salah dalam pemilihan tanggal keberangkatan, yang seharusnya Senin, 23 September 2023, tetapi malah terpilih Senin, 2 Oktober 2023.

Kemudian saya berniat mengajukan reschedule ke tanggal yang sesuai. Saya cek terlebih dahulu syarat dan ketentuan, bahwa biaya reschedule Rp60 ribu/orang + biaya lain jika memungkinkan. Kemudian saya mengajukan reschedule, akan tetapi ketika biaya keluar, harga yang semula Rp2 juta menjadi R4,9 juta. Dalam benak saya aplikasi ini kok segininya cari untung? Gak masuk akal banget ngasih biaya 2 kali lipat lebih. Padahal saya sudah lama pakai aplikasi ini.

Dikarenakan hal tersebut, saya membeli ulang tiket untuk tanggal yang sesuai, dengan data penumpang yang sama dan sekaligus membeli tiket pulang dari Kuala Lumpur tujuan Medan pada hari Senin, 2 Oktober 2023. Setelah selesai, saya mengajukan refund untuk tiket saya yang sebelumnya (tiket yang salah tanggal).

Seharusnya kalau tiket non refundable, pilihan refund tidak aktif. Namun saat saya cek, menu tersebut aktif dan saya pun mengajukan refund. Namun terjadi penolakan, dikarenakan tiket tersebut infonya non refundable. Saya ingin melakukan komplain melalui telepon call center, tetapi Traveloka hanya menyediakan pusat bantuan via chat (terlampir) dan menginfokan bahwa pihak maskapai yang melakukan penolakan dengan alasan yang sama (tiket non refundable).

Jadi saya berpikir, uang tiket saya yang salah tadi sebesar Rp2 juta hangus (reschedule biaya gak masuk akal dan refund ditolak alasan tiket non refundable)? Saya minta kebijakan kalian sebagai penyedia jasa terkait permasalahan saya. Saya tunggu itikad baik kalian.

Rudy Azhary Siregar
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Harga Reschedule Tiket Pesawat Tidak Masuk Akal, Permohonan Refund Ditolak”

Kepada Yth., Bapak/Ibu Rudy, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Rudy tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saran gak usah rubah jadwal ke pihak 3 apa lagi sekelas Traveloka,
    Uang refund sy aja gak mau di kembalikan sejak tahun 2020,

    Langsung aja hubungi call center maskapainya malah lebih murah di bandingkan Traveloka

  • Ngapain re schedule ke Traveloka seharusnya langsung saja ke masing masing maskapai biayanya ngak sebesar itu karena Traveloka tentu ambil untung

  • Dari semua lampiran entah kenapa hanya 2 lampiran awal yg blur, dan disitu lampiran yg ada info non-refundable.

    • Pertama jelas kalau ketentuan tiket tidak bisa di Refund .. Walaupun muncul menu refund di Aplikasi tetapi ketentuan dari maskapai dan App sudah tertera jelas " NON REFUNDABLE"
      Untuk reshedule di sarankan langsung ke pihak maskapai biar lebih jelas biaya dll nya .. charge pun tergantung kapan kita lapor biasa nya masuk 4 jam sebelum keberangkatan charge tertinggi 90-95% ..