Kecewa dengan Samsung Service Center Tangcity

Tanggal 4 November 2023, saya mendatangi gerai service center Samsung di Tangcity Mall, untuk perbaikan unit HP Samsung A10s, yang semalaman tidak bisa muncul layarnya (hanya sampai logo Samsung saja). Kesepakatan awal untuk biaya perbaikan, tertulis di receipt-nya Rp170 ribu. Saya pun deal.

Lalu 2 hari kemudian, saya dihubungi bahwa ada biaya tambahan sebesar Rp104 ribu lagi, totalnya jadi Rp274. Saya keberatan dan sedikit berdebat, karena sudah ada kesepakatan tertulis sebesar Rp170 ribu, kok harus nambah lagi? Namun akhirnya saya mengalah, enggak apa-apa deh nambah.

Yang mengejutkan, pihak service center bilang ada kesalahan harga, bukan nambah Rp104 ribu, melainkan nambah Rp230 ribu lagi, jadi Rp400 ribu. Jujur saya keberatan. Tolong jangan permainkan konsumen!

Elli Zubaidah
Kabupaten Tangerang, Banten


Update (13 November 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Samsung Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Kecewa dengan Samsung Service Center Tangcity

  • 8 November 2023 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Saat permintaan tambah biaya yang pertama, seharusnya jangan dulu ditanggapi tapi langsung datangi SC-nya untuk minta kembali unit dan kesepakatan batal. Jika unit ternyata sudah diperbaiki, bayar sesuai kesepakatan.

    Berhubung kasus sudah menjadi bubur kacang ijo, tunggu saja tanggapan resmi Samsung dan saya yakin semuanya kembali ke kesepakatan awal. Tapi waspada periksakan kembali unit ke SC/reparasi lain untuk memastikan unit 100% diperbaiki dan tidak ada sesuatu yang “ditanam atau dicabut” di unit yang bisa merugikan TS di kemudian hari.

    • 8 November 2023 - (20:02 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sarannya..jujur saya belum tahu harus bagaimana karena masih menunggu respon pihak samsung, saya maunya bayar sesuai kesepakatan diawal.

      • 10 November 2023 - (08:37 WIB)
        Permalink

        Ibu bkn servis di SC Samsung resmi . Itu chatan org konter servis biasa,jgn mau dibohongin buk . Ambil hp nya bw ke SC resmi .
        SC resmi Samsung TDK ada motoin sparpart dan di nota TDK ada tulisan tangan seperti itu

          • 10 November 2023 - (11:16 WIB)
            Permalink

            Bkn buk itu toko,dr profil wa nya aja storeErafone sepertinya .. oknum yg bekerja dierafone sepertinya itu yg nakal

  • 9 November 2023 - (05:04 WIB)
    Permalink

    Kalau saya tidak salah ingat, protap samsung sc gak seperti itu. Dulu pernah servis led tv, unit hanya ditinggal di SC dengan tanda terima. Tapi belum ada kesepakatan harga. Katanya harga akan diinfo setelah kerusakan unit diketahui, lalu disesuaikan dengan harga komponen yang akan diganti. Kalau harganya deal tekhnisi akan mengerjakan, tanpa biaya service charge. Tapi kalau harga tidak deal unit dijemput dan bayar biaya admin kalau gak salah 50ribu atau dibawahnya.

    • 9 November 2023 - (13:48 WIB)
      Permalink

      saya pernah service hape samsung sih

      biasanya pertama dibongkar di hadapan konsumen
      begitu sudah diketahui kerusakannya

      cek stock sparepart
      apabila stock kosong, biasanya hape baru ditinggal beberapa saat sampai part nya datang

      dari awal sudah bisa tahu harga perbaikannya kak

      itu kalo dari pengalaman saya pribadi

      rusak tombol volume
      harga part nya 30rb
      jasanya 75rb
      kwkwkwkwkwkwk

  • 9 November 2023 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Yah diminta aja hpnya dan jangan mau ada tambahan biaya. Itu jelas indikasi penipuan semakin kesono cuma tambah biaya trs.minta aja bantuan polisi.

    3
    1
  • 9 November 2023 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Sengaja itu nyari tambah2an, bisa saja dia yg ngerusakin komponen saat service, yg masalah layar koq tombol2 sudah harus di ganti, ngak tau wa nya sudah ada yg di potong atau gimana, harusnya dia info apa aja yg rusak. Btw kalau tombol2 di service luaran cuman 50rb.

  • 9 November 2023 - (13:44 WIB)
    Permalink

    kalau memang masalah nya cuma stuck logo samsung

    seharusnya masalah software atau hardware bagian dalam
    (seperti ram rusak, kamera error, emmc rusak)

    bukan malah kerusakan tombol luar beserta case tombol tersebut

    kayaknya gak ada kesinambungan antara tombol luar dengan stuck logo samsung

  • 9 November 2023 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Saran saja sih, next time untuk HP yg sudah habis masa garansi resmi nya mending jangan service di SC.. pergi lah ke Tukang Service Rumahan tetangga Anda/UKM sekitar Anda.
    Sebagai perbandingan saja bagi saya yg tau betul / sering service HP dengan beli spareparts sendiri (estimasi untuk HP Samsung tipe A10s itu atau sekelasnya):

    * Flash Software ulang itu paling mahal 100rb
    * Tombol² cuma 10rb kalau tuts nya diganti tambah 15rb
    * Backcover beserta penutup kamera itu cuma 50rb
    * Biaya Bongpas paling 50rb

    Total 225rb… Ini estimasi paling mahal lho.. bisa jauh lebih murah dari itu.. kadang ganti backcover 50rb itu sudah termasuk jasa bongpas.

  • 10 November 2023 - (08:10 WIB)
    Permalink

    kalo masih garansi service di service center masih okeh lah buat klaim garansi, tapi kalo udah abis mah garansi nya mending ke service biasa..di tangcity juga banyak kaya nya untuk kasus kaya gitu harus nya sehari jadi..malah banyak counter service yang bisa di tunggu hari itu juga..kalo soal tombol mah online aja banyak murah2..cuma kalo stuck logo kalo di wipe data dan instal ulang ga bisa berarti ada hardware nya yang rusak

  • 10 November 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    kasus seperti ini yg buat apes ke samsung service center resmi.. lebih baik ke service perorangan, jagonya sama kok tapi tidak berbelit sistem bgni biaya nya

  • 10 November 2023 - (15:03 WIB)
    Permalink

    HP samsung A04 gw aja ghost touching bawa ke sana aja ga bisa apa2…katanya harus videoin minimal berapa detik gitu…emang situ pikir gw banyak HP ,tobat gw pake HP yg namanya samsung

  • 12 November 2023 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah pihak samsung service center telah menghubungi saya dan hari ini (12 November 2023) hp saya sudah kembali dalam keadaan normal dan sudah diperbaiki, biaya sudah kami sepakati dan tidak memberatkan saya. Terimakasih samsung service center tangcity atas respon baiknya.

  • 14 November 2023 - (09:44 WIB)
    Permalink

    Kehancuran brand2 besar awalnya dari after sales yg jelek, memang ngebagongkan sih sc samsung, aneh orang mau cancel suruh bayar 50rb, udah pernah gw 2 kali ke sc samsung, kena prank bayar 50rb karena cancel kaya ee memang nih sc, beda banget pelayanan ny sama sc brand2 china, klo kita cancel ydh ga perlu bayar apa2,

 Apa Komentar Anda mengenai Service Center Samsung?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Samsung Service Center Tangcity

oleh Elli Zubaidah dibaca dalam: 1 menit
22