Tentang Tanda Tangan Formulir Asuransi

Saya mengunjungi BNI Cabang Sunset Road Bali perihal penggantian kartu ATM pada tanggal 27 Oktober 2023. Di sana, kami berbicara tentang asuransi, dan saya ditawarkan Asuransi BNI Life Protection+. Saya ditawarkan membayar premi tahunan sebesar 12 juta atau 6 juta. Untungnya, saya hanya setuju membayar premi bulanan 1 juta.

Saya lalu diminta menandatangani satu formulir dan memberikan data nama ibu kandung serta diambil foto formulir tersebut, termasuk mandat ahli waris dan alamat. Petugas asuransi mendebit uang 1 juta.

Pada tanggal 5 November, keluarga saya menerima polis asli, dan saya menerima SMS dengan link di mana saya dapat mengunduh Polis Elektronik. Di sana, saya melihat keganjilan di formulir asuransi. Terdapat beberapa formulir dengan tanda tangan, padahal saya tidak pernah menandatangani formulir tersebut, bahkan terdapat tanda tangan dengan materai.

Berikut adalah lampiran formulir yang tidak pernah saya tanda tangani.

Yang saya tanda tangani hanya formulir yang di foto sebagai berikut:

Saya langsung mengajukan keluhan melalui email kepada BNI Life Customer Service terkait hal ini. Saya mengajukan pembatalan polis dan telah mengirimkan kembali polis asli tersebut. Tanda tangan adalah hal crucial dan prudential yang tidak boleh ditiru atau di-copy. Namun, jika petugas bank melakukan hal ini, tidak menutup kemungkinan akan melakukan hal yang tidak terduga lagi di kemudian hari.

BNI adalah Bank BUMN, di mana saya telah lama menjadi nasabah BNI. Dengan kejadian ini, kepercayaan pelanggan telah hilang, dan tidak ada lagi privasi dan perlindungan. Proses penutupan masih terlalu berbelit-belit, terutama karena saya tidak berada di Indonesia dikarenakan saya bekerja di luar negeri sehingga tidak mungkin mendatangi kantor cabang. Saya hanya dapat berkomunikasi melalui email.

Dengan ini, saya ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat dan pelanggan BNI untuk berhati-hati dan tidak terbujuk oleh iming-iming, walau itu datang dari petugas bank.

Terima kasih.

Dianawati
Kuningan, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:0    Rata-Rata: 0/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Tentang Tanda Tangan Formulir Asuransi

    • 26 November 2023 - (05:32 WIB)
      Permalink

      1. Harus di cek lagi 1 bulan kemudian apakah polis sudah terbatalkan (jangan lupa) aturannya seingat saya jika di bawah 3 bulan dari polis di terima anda masih bisa berhak minta refund (aturan uu/ lihat lagi polisnya niasanya ada klausulnya)
      2. Dengan premi 1 juta perbulan dan anda hanya dapat manfaat asuransi 124jt (jika meninggal) saya sarankan tutup deh mbak, banyak asuransi murni (tanpa embel2 investasi) dengan premi 12jt setahun anda bisa menerima manfaat tunai yg jauh lebih besar ( bisa di angka 500jt)

  • 25 November 2023 - (22:48 WIB)
    Permalink

    Pemalsuan tanda tangan diatur dalam pasal khusus yaitu pasal 263 ayat 1 KUHP, dengan ancaman 6 tahun kurungan. TS bisa berkonsultasi dengan ahli forensik tanda tangan untuk menentukan apakah sudah di duplikasi secara cetakan atau tangan. Cetakan bisa sama persis tapi tidak bisa menduplikasi tekanan unik pada titik-titik tertentu. Jika ahli forensik bisa menunjukkan bahwa tanda tangan TS sudah dipalsukan, TS bisa menghubungi biro bantuan hukum untuk tindakan selanjutnya.

  • 26 November 2023 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Segera d urus tu, sebelum nanti nya merembet kemana-mana
    Bisa jadi ntar malah ganti polis asuransi

  • 19 Desember 2023 - (20:51 WIB)
    Permalink

    Bahaya itu, BNILife memang kurang ajar. Kena pasal 263 KUHP 6 tahun penjara ini tentang Pemalsuan Dokumen. Tuntut aja mbak. Ngeri ini berhubungan dengan BNILife. KAPOK….KAPOK…..Siapa yg berhubungan dengan asuransi ini STOP SAJA, jangan sampai kena TIPU-TIPU.

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Tentang Tanda Tangan Formulir Asuransi

oleh subandi dianawati dibaca dalam: 1 menit
8