Surat Pembaca

Apes! Beli Produk Smartphone, Namun yang Diterima Malah Potongan Batu-Bata

Kepada tim Mediakonsumen dan para pembaca yang budiman,

Dalam surat ini, saya ingin mengutarakan keluhan terkait pengalaman buruk berbelanja online.

Pada tanggal 28 Januari 2024, saya memesan produk smartphone Xiaomi Poco C65 berkapasitas RAM/ROM 8/256GB seharga Rp.1.749.000 di toko official store resmi pada marketplace Tokopedia menggunakan ekspedisi Ninja Xpress dengan nomor resi TKNX1763526590-0 dan invoice pesanan INV/20240128/MPL/3705045316.

Pesanan tersebut diproses oleh penjual pada tanggal 29 Januari dan sampai ke tangan saya secara langsung pada tanggal 2 Februari. Namun setelah kurir pergi, saya dengan cerobohnya tidak memeriksa kondisi paket saat itu juga dan langsung menyimpannya di dalam kamar kos karena sedang sibuk dengan pekerjaan.

Barulah pada keesokan harinya, tepatnya tanggal 3 Februari, saya ada waktu untuk membuka paket sebelum mengklik “selesaikan pesanan” pada aplikasi Tokopedia. Saya memeriksa dengan seksama dan langsung merasa janggal dengan kemasan paket:

  1. Lakban fragile pada satu sisi di bagian belakang dus telah sobek oleh benda seperti pisau/cutter dan pada sisi lainnya sudah tidak merekat, yang mudah sekali terbuka.
  2. Berat paket tidak wajar, tidak seperti berat smartphone dan juga tidak padat.
  3. Ketika saya goncang paket, keluar butiran/serbuk semacam pasir pada bagian belakang.

Dari situlah saya langsung tersadar bahwa isi paket tersebut berupa benda menyerupai batu, dan ketika saya buka paketnya, benar saja berisi potongan batu-bata yang dilapisi bubble wrap. Isi paket saya telah dicuri dan ditukar. Saya sangat kaget. Baru kali ini mengalami kejadian buruk dalam berbelanja online. Apalagi selama hampir 24 jam tidak menyadarinya. Namun saya berusaha tetap tenang.

Kondisi paket

Saya sudah menghubungi pihak kurir yang mengantar. Kurir mengatakan bahwa akan melakukan pengecekan pada bagian gudang. Saya juga langsung mengajukan komplain pada aplikasi Tokopedia, menghubungi penjual melalui fitur chat aplikasi Tokopedia, dan menghubungi pihak Ninja Xpress melalui email, namun belum ada kelanjutannya, kemungkinan karena bukan hari kerja.

Perlu diketahui, lingkungan kos-kosan tempat saya tinggal kondisinya sangat aman karena ada beberapa CCTV yang terpasang, dikelilingi tembok juga pagar besi yang tinggi, dan kamar saya berada di lantai atas yang pintu maupun jendelanya selalu saya kunci.

Berikut saya lampirkan foto-foto tentang kondisi paket dan juga link YouTube untuk sesi unboxing-nya:

Kepada pihak Tokopedia dan Ninja Xpress, mohon segera tangani kendala saya ini. Terima kasih.

David Gandi
Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ada vidio unboxing pada saat buka paket tidak,kalo tidak ada vidio unboxing ya itu tidak bisa di percaya isi paket berisi bata merah,

  • Di MK ini biasa ada komentar yang pro maupun kontra dengan TS, dan makin banyak komentar yang muncul biasanya mempercepat munculnya tanggapan dari pihak pelaku usaha yang TS komplain. Mudah2n segera ada solusi

    • Udah sengaja order di official store biar lebih terpercaya padahal klo mau bandingin harga di toko lain yg unofficial harganya lebih murah. Eh malah kena tipu, ini sih ada oknum yg jahilin paket, entah kurir yg nganter atau pas di bagian sortir.

      • Sblmnya sy udh 3x beli produk hp xiaomi di toped, mbak. Toko lain 2x dan xiaomi official 1x. Inilah kali keduanya sy beli di situ.

    • 1. walau pembeli menganggap aman lingkungan koskosannya, orang lain ga bisa menganggap hal yg sama.
      2. pertukaran isi dari produk yg dipesan bisa dilakukan oleh oknum kurir, oknum di tempat koskosan, pembeli sendiri. Maka dari itu, perlu dibuktikan oleh pembeli: minta rekaman cctv yg menampilkan kurir menyerahkan paket ke sekuriti koskosan.
      * xiaomi official atau toko besar lainnya, mustahil nakal ... pesan produk A kirim batubata, hal inilah yg diyakini oleh pihak tokopedia. Jika pihak kurir telah menyerahkan video cctv rekaman penyerahan paket dalam keadaan baik ke petugas antar. Ya, Anda harus menyerahkan bukti rekaman dimana si kurir menyerahkan paket dalam keadaan sudah bekas buka. Jika ga ada, anggap saja sebagai pengalaman Anda lain kali, dan pesan ke sekuriti utk agar petugas kurir arahkan semua sisi paket ke jalur cctv sebelum kasih ke sekuriti atau letakkan di meja

      • Pihak toko udh ngasih bukti CCTV saat packing. Udh sesuai. Yg artinya dari pihak ekspedisilah kendalanya dimulai.
        Sy kalo diperlukan, bs ngasih rekaman CCTV pas kurir dateng. Itu paket kondisinya jg udah gak ada plastik pembungkusnya.
        Ninja Xpress sepengalaman saya ngasih plastik yg ada tulisan Ninjanya.
        Pihak ekspedisi setelah proses investigasi, hanya mengklaim bahwa isi paket dinyatakan hilang, tanpa ngasih tau rinciannya gmn. gak ngasih foto2 kondisi paket saat pertama kali diserahin dan sblm diantar ke sy.

  • Sebagai tambahan, untuk pihak toko dimana hal ini adalah Xiaomi Official, KENAPA pada LABEL pengiriman, nama produk yg dikirim tidak dilipat kertasnya atau digunting atau ditiadakan? Bukankah pada standar label pengiriman Toped ada tanda titik titik terputus untuk digunting atau lipat ke dalam , keterangan produknya?
    Hal inilah salah satu sebab si Setan jadi tau isinya apa.

  • Tambahan lagi, kalay dilihat dari foto pembeli, itu kardus pengirimannya jelek sekali, bahan murahan begitu, lembek, kasar, menyebabkan lakban mudah lepas, kemasan mudah banget dicolong isinya. Weleh weleh ...
    Saya sarankan ke pembeli ajukan komplen terkait masalah kemasan yg jelek begini mengakibatkan isinya mudah dicolong atau ditukar. Ajukan komplen resmi ke Xiaomi Center di website nya

    • Benar. Dus tipis seadanya. Ini sekelas official xiaomi. Tdk seperti saat beli di toko lain, packing sangat aman dan tdk ada keterangan isi paketnya apa.

  • UPDATE:
    pihak Ninja Xpress tlh menyatakan bahwa paket saya dinyatakan HILANG. Isi paket yg sebenarnya tdk dapat ditemukan.

    Toko mengajukan klaim Paket Hilang ke pihak Tokopedia.
    Pihak Tokopedia meneruskan klaim tsb ke pihak Asuransi.
    Pihak Asuransi menyetujui klaim pada tanggal 19 februari. proses pengembalian dana maksimal 14 hari kerja. Sampai hari ini, 22 februari, dana masih belum kembali.