Bank Negara Indonesia yang Tidak Konsisten dengan Janjinya

Kepada Yth. Customer Service Bank BNI
Perihal: Komplain Terkait Perubahan Kebijakan Kartu Kredit

Saya Albert Agus, pemegang kartu kredit Bank BNI JCB Utlimate, dengan nomor laporan: 200020878236 (01/02/24 08:22). Saya ingin menyampaikan komplain terkait dengan perubahan kebijakan yang telah diberlakukan oleh Bank BNI terhadap kartu kreditnya.

Saya sangat kecewa dengan dua perubahan kebijakan yang baru-baru ini diberlakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya dan tanpa konsultasi kepada para pemegang kartu. Perubahan-perubahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Welcome Bonus

Awalnya saya mengetahui bahwa welcome bonus yang diberikan oleh Bank BNI untuk pengajuan kartu kredit adalah sebesar Rp10.000.000 dalam satu struk transaksi. Namun baru-baru ini saya mengetahui bahwa kebijakan tersebut telah berubah menjadi Rp10.000.000 hanya pada transaksi pertama. Perubahan ini sangat tidak adil bagi saya sebagai pemegang kartu. Karena saya mengajukan kartu kredit dengan harapan mendapatkan welcome bonus sebesar yang dijanjikan sebelumnya (sudah tertulis), yang seharusnya mengikat pada awal aplikasi.

2. Spending Reward

Sebelumnya saya mengetahui bahwa spending reward sebesar Rp200.000.000 yang ditawarkan oleh Bank BNI tidak memiliki kuota atau batasan tertentu. Namun baru-baru ini saya mengetahui bahwa Bank BNI telah memperkenalkan kuota untuk spending reward. Hal ini sangat merugikan saya sebagai pemegang kartu. Saya sudah penuhi syarat spending lebih dari Rp200.000.000 dan sudah diterima CS BNI untuk klaim spending reward-nya. Nomor laporan: 200020878236 pada tanggal 01/02/24 08:05.

Tidak ada disebutkan mengenai quota untuk spending reward
Tidak ada disebutkan mengenai quota untuk spending reward

3. Tidak adanya tranparansi mengenai sistem kuota yang dipakai.

4. Tidak adanya notifikasi yang masuk ke saya. Hal ini telah melampaui batas estimasi yang diberikan CS yang dijanjikan dikabari melalui WA resmi 5 hari kerja (01/02/24 08:22).

Saya memahami bahwa perusahaan memiliki hak untuk mengubah kebijakan. Namun saya mengharapkan bahwa perubahan tersebut disampaikan kepada para pemegang kartu dengan jelas dan transparan, serta diberikan pilihan untuk menerima atau menolak perubahan tersebut.

Saya berharap Bank BNI dapat memberikan respons yang memuaskan atas keluhan saya ini dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memperbaiki kebijakan yang telah diterapkan. BNI dengan kinerja raihan laba bersih sepanjang 2023 sebesar Rp20,9 triliun, harusnya tidak terlalu besar untuk dapat memenuhi janjinya kepada konsumen.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya. Saya menunggu balasan dari Bank BNI secepatnya.

Hormat saya,

Albert Agus
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Bank Negara Indonesia yang Tidak Konsisten dengan Janjinya

 Apa Komentar Anda mengenai Promo kartu kredit BNI?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Bank Negara Indonesia yang Tidak Konsisten dengan Janjinya

oleh Albert Agus dibaca dalam: 1 menit
13