First Media Mengaktifkan Layanan Internet tanpa Persetujuan dan Pemberitahuan

Pada bulan Agustus 2023 saya mendapat informasi via email jika tarif promo paket berlangganan internet First Media saya akan berakhir pada 7 September 2023 dan kemudian saya menghubungi call center First Media untuk menanyakan hal ini dan diinfokan bahwa untuk bulan selanjutnya akan ada kenaikan tarif.

Berhubung saya tidak mau melanjutkan maka saya meminta untuk stop berlangganan. Namun bagian penutupan menawarkan opsi freeze atau cuti 6 bulan dan saya pun juga menanyakan nanti setelah 6 bulan bagaimana? Lalu saya diinfokan nanti setelah 6 bulan akan ditawarkan paket atau program yang lain. Akhirnya saya menyetujui penawaran freeze/cuti selama 6 bulan tersebut.

Pada tanggal 9 Maret 2024 kemarin saya mendapatkan notifikasi via email kalau pembayaran tagihan First Media saya sudah berhasil dilakukan pada tanggal 8 Maret sebesar 159.285. Yang jadi pertanyaan saya kenapa kok bisa terdebit otomatis ya ke tagihan kartu kredit saya? Padahal kan saya belum ditawarkan paket atau program yang seperti diinfokan bagian penutupan kepada saya?

Lalu saya langsung menghubungi customer service First Media via email dan diinfokan kalau pihak First Media sudah mengirimkan notifikasi via email blast pada tanggal 21 Februari jam 18.18 yang di mana isinya layanan dan tagihan saya akan diaktifkan kembali.

Ternyata setelah saya cek inbox email saya pada tanggal 21 Februari kemarin tidak ada email blast dari First Media yang isinya menginformasikan jika layanan dan tagihan saya akan diaktifkan kembali melainkan pada tanggal 21 Februari atau tanggal tanggal sebelumnya pada bulan Februari saya hanya dikirimkan email blast survei kepuasan konsumen oleh pihak First Media.

Intinya saya di sini dari awal tidak setuju untuk berlangganan paket internet First Media dengan tarif yang baru. Tapi kenapa First Media langsung mengaktifkan paket internet tanpa persetujuan ke saya dan langsung mendebit pembayaran tersebut ke kartu kredit saya?

Jika dari awal saya diinfokan bahwa setelah masa freeze 6 bulan akan otomatis diaktifkan layanan internet dengan tarif yang baru pasti saya tidak mau untuk mem-freeze masa keanggotaan saya melainkan saya langsung minta stop berlangganan pada saat itu juga. Tapi ini kok belum ditawarkan paket atau program yang seperti diinfokan bagian penutupan kepada saya langsung diaktifkan sepihak oleh First Media tanpa saya tahu saya berlangganan untuk paket internet yang mana dengan kecepatan berapa dsb.

Saat ini saya kondisinya sudah tidak mau berlangganan internet dari First Media lagi karena saya sudah berlangganan provider internet lain. Dan di sini saya meminta untuk tagihan internet yang sudah terdebit ke kartu kredit saya untuk dikreditkan kembali. Untuk apa bulan ini saya bayar tagihan internet double atau dua kali? Satu dari provider internet saya sekarang dan satu lagi dari First Media. Toh dari sejak paket internet saya diaktifkan pada tanggal 8 Maret kemarin sampai saat ini saya tidak ada connect/menggunakan koneksi jaringan internet dari First Media.

Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih dan juga terima kasih kepada pihak media konsumen yang sudah memuat keluhan saya.

Steven Wijaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “First Media Mengaktifkan Layanan Internet tanpa Persetujuan dan Pemberitahuan

  • 16 Maret 2024 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Kalau saya diperbolehkan memberi saran, jangan telan mentah-mentah yang ditawarkan CS (termasuk sales, agen penjualan, dsb). Ranah tugas utama mereka memberikan informasi bukan konseling, trouble-shooting dan mencari solusi. Mengecek spam email juga jadikan rutinitas karena biasanya email yang dikirim dengan isi mirip-mirip bisa masuk kategori spam oleh email daemon. Saya cenderung berharap dulu anda langsung saja putus kontrak ketimbang pakai fitur “freeze” yang entah apa benefitnya. Toh anda bisa membuat kontrak baru di lain waktu yang tepat. Semoga ada solusi terbaik untuk masalah anda ini.

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

First Media Mengaktifkan Layanan Internet tanpa Persetujuan dan Pember…

oleh Steven Wijaya dibaca dalam: 2 menit
1