Surat Pembaca

Paket Isi Laptop dari Penjual melalui Kurir JNE di Marketplace Shopee, Berubah menjadi Talenan Sambal sampai ke Pembeli

Bermula pada tanggal 14 Maret 2024, saya selaku penjual di Shopee mendapat pesanan dengan nomor pesanan: 2403142T62Y8VN, berupa 1 buah laptop Lenovo IdeaPad Gaming 3 seharga sekitar Rp12 juta rupiah. Kurir yang digunakan adalah JNE Trucking, dengan nomor resi: JT23204974722 ke alamat pembeli di Telaga Biru Banjarmasin Barat, Kalimantan Selatan.

Invoice dari Shopee

Setelah kami paket dengan baik dan rapi, kami serahkan ke kurir JNE. Singkat cerita, pesanan sampai alamat pembeli pada tanggal 21 Maret 2024 pukul 09.31. Pada pukul 12.37 di hari yang sama pembeli chat message kami di Shopee mengatakan paket sudah sampai, akan tetapi setelah dibuka isi bukan laptop melainkan ulekan sambal.

Di situ kami kaget, karena kami benar-benar mengirim laptop sesuai dengan pesanan pembeli. Sebagai informasi, toko kami di Shopee adalah Star Seller dan sudah melayani penjualan 700-an orderan di Shopee.

Setelah itu pembeli melakukan komplain di Shopee dan menyertakan bukti video unboxing. Di video unboxing pembeli tersebut, kami merasa aneh karena paket dari kami paket selalu mengembang padat tapi di video unboxing tersebut sudah kempes seperti sudah dibuka dan dipaket ulang.

Kami dari pihak penjual juga mengirimkan bukti-bukti ke Shopee, berupa video-video pengecekan laptop sebelum dikirim dan video paket yang sudah dipaket rapi. Kami juga sudah melapor ke pihak JNE, tapi belum ada tanggapan yang memuaskan. Pembeli juga menginformasikan melalui chat Shopee dengan kami, bahwa si pembeli sebelumnya juga membeli laptop di Shopee dan ketika paket datang isi paket berubah bukan laptop juga.

Sampai saat ini kasus masih dalam investigasi pihak Shopee. Semoga segera menemukan titik terang yang terbaik dan yang berbuat kejahatan mendapat hukuman yang setimpal.

Mohon perhatiannya lebih kepada pihak Shopee dan JNE. Untuk seller-seller yang lain lebih berhati-hati dan waspada dalam melakukan transaksi jual beli.

Riefky Norhuda
Ponorogo, Jawa Timur


Update via X:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • UPDATE TERBARU :
    Setelah Post ini muncul Tidak berselang lama pihak JNE menghubungi kami akan tetapi Tidak ada jalan keluar hanya sebatas konfirmasi dan akan investigasi. setelah itu pihak Shopee menghubungi kami via telepon dan memberikan Solusi terbaik buat kami yaitu mencairkan dana ke penjual. kami Sudah berjualan di Shopee Sejak tahun 2018 dan Sudah melayani penjualan laptop sebanyak 700 lebih laptop di shopee. baru kali ini setelah sekian lama kami berjualan di Shopee mendapati kasus seperti ini dan kami sangat apresiasi dengan sangat baik buat Keputusan yang di ambil shopee dalam kasus saya.

    saran bagi Shopee tolong Untuk di permudah bagi seller yang ingin mewajibkan Asuransi bagi pembeli. dan Untuk semua seller jangan lupa wajibkan Asuransi pengiriman di toko kalian. terima kasih juga buat media konsumen sungguh luar biasa

  • barang mahal, paking yang agak gedean bang, biar ga keliatan laptop, resi juga deskripsi barang dihilangin ajam jadi no resi doang ditempel, udah tau kan ngeri2nya tukang paket di indo

    • Untuk paking sudah bubble wrap super tebal ka dan padat mengembang. Tp di video unboxing pembeli paking sudah kempes seperti sudah terbuka. Untuk resi sebenarnya sudah kami tutup untuk nama barang nya juga

      • @ QuranIs
        Aturan dalam media konsumen komen komen dilarang menyerang penulis...
        Jika itu terjadi laporkan ke admin pasti di banned permanen berserta akun akun fake lain nya..

        Karena media konsumen masih yg terbaik di indonesia

        Terima kasih media konsumen

    • Ini gestun. Jd packing ya asal2 aja yg penting nyampe. Pasti customer komplain karena seller ga segera transfer dgn kasih bukti ke Shopee terima batang ga sesuai isi ulekan sambal. Seller ngaku jual 700 pcs laptop. Percaya lu ada toko ga terdaftar ato toko offline bisa laku ratusan pcs???? Wkwkk kalah dong toko rejodadi yg resmi terdaftar dan pny toko offline di mall gede aja liat ga ada jualan laptop laku sampe 700pcs di Shopee

      • Anda keliatan orang yg melakukan jual beli online pak. Banyak toko online di shopee atau tokopedia yg transaksi penjualan nya sudah ribuan . Bisa di lihat di riview pembelinya. Toko gestun itu apa kami tidak paham . Sekarang banyak modus baru pembeli melakukan video unboxing palsu untuk mendapatkan barang dan uang. Sebeagai seller harus tetap hati2 dan waspada

      • Saya bisa SS kan jumlah transaksi di shopee kalo di komentar ini bisa lampirkan foto. .700 unit penjualan kami itu dari tahun 2018 sampai sekarang 2024. .sudah kami jelaskan di atas. .dan paking kayu selalu rapi dan aman, jika kirim keluar pulau jawa selalu kami paking kayu. . Masa iya pengalam jualan bertahun tahjn dan transaksi sudah ratusan paking asal2 an. .logika aja laj

  • Sy kalau ada orderan laptop/pc dr marketplace itu selalu kurirnya dua.
    Yg dipilih oleh konsumen sebagai pembawa invoice, yg membawa unit itu kurir premium. (Pasti lah sdh pada tau kurir premium yg dimaksud).
    Harga 3-5x lipat dr kurir biasa, tp keamanan barangnya ekstra hati2.

    Jadi unit smpai ke konsumen pun aman terkendali.
    Kurir premium gak bakalan nemu di marketplace manapun disini. Itu harus diluar platform dan biasanya syaratnya harus badan usaha.

  • Toko nya pasti gestun ini. Shopee bnyk star seller jualan fiktif hp, laptop tp yg dikirim emang fake produk ya itu kyk ulekan sambel. Kenapa terjadi komplain karena seller tdk segera transfer duitnya. Gimana pembeli ga kesel panik. Shopee seharusnya lebih aware dgn toko palsu gestun berkedok jualan elektronik. Hak org itu harus diberikan jgn mau cuan aja pak klo buka gestun itu segera hak customer ditransfer.

    • kok bisa kasih kata "pasti" pak. tuhan/mata-mata penjual di shoppee kah. coba bapak jadi saksi sengketa pemilu yang sedang diadakan di mk mungkin bisa langsung terang lalu selesai sengketa pilpres.

  • Toko star seller di shopee kecil kemungkinan buat nipu pak. .karena sarat toko jadi star seller adalah minimal penghasilan toko perbulan adalah sebesar 200 juta dan jumlah transaksi minilam adalah 20x transaksi. Toko kami sudah menjadi star seller sejak 2020 di setiap bulanya. Toko kami toko besar pak di shopee, yg potensi melakukan penipuan adalah toko2 kecil yg akun nya baru di bikin. .

    Tentang toko Gestun anda juga ga masuk akal. .kenapa seller harus segera transfer duit, orang kami jualan di shopee ya kamilah yg harusnya dapat duit kami jual barang kog malah seller yg harus transfer duit ke pembeli. Pembeli jadi dapat barang dan duit dong ? Anehh. . .jangan2 anda komplotan ya

  • @Deo
    dan banyak robot dislike! 🤣
    Ayo dong robot dislike disini aja banyakin, kl bisa hall of fame 1000 dislike sy kasih hadiah macbook air 15