Proses Pembatalan SPAJ BNI Life Insurance yang Lama dan Berbelit-belit

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, karena telah menjembatani saya dalam menyampaikan keluh kesah dan permasalahan kami.

Saya nasabah BNI Life, yang melakukan pendaftaran BNI Life di BNI Kota Batu, KC Malang, dengan nomor SPAJ: 9210822418. Saya melakukan pembatalan Surat Pembatalan Asuransi Jiwa (SPAJ) yang tak kunjung selesai.

Pada hari Jumat, Tanggal 22 Maret 2024, saya datang ke Bank BNI dengan tujuan ingin setor deposito. Kemudian oleh CS saya diarahkan untuk ikut BNI Life Insurance, tanpa saya tahu terlebih dahulu program ini seperti apa. Karena tertarik dengan program yang CS tawarkan, akhirnya saya mendaftar BNI Life, dengan membayar premi tunggal sebesar Rp43.000.000

Setelah sampai rumah, saya browsing untuk mencari tahu tentang BNI Life. Namun yang saya dapatkan adalah berita-berita negatif tentang asuransi ini. Alasan kedua adalah karena suami yang tidak menyetujui saya ikut dalam asuransi ini. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pembatalan polis BNI Life saya. Namun karena hari itu sudah sore dan besoknya bank tutup, saya baru bisa datang ke bank pada hari Senin.

Pada hari Senin 24 Maret 2024, saya dan suami bertemu dengan sales BNI Life, tepatnya di BNI cabang Batu, KC Malang, tempat saya mendaftar untuk melakukan pembatalan polis BNI Life saya. Setelah sales BNI Life setuju untuk membantu saya melakukan pembatalan, yang saya dapatkan adalah informasi bahwa pendaftaran saya tidak akan di-submit. Sehingga uang premi saya akan dengan otomatis kembali ke rekening saya setelah 30 hari kerja.

Akhirnya kami menunggu 30 hari sampai uang kami kembali. Namun pada tanggal 16 April 2024 (sebelum 30 hari), kami (saya dan suami) diminta datang ke Bank BNI lagi untuk mengisi form Pembatalan SPAJ yang dibubuhi materai. Setelah itu kami diberitahu bahwa proses pembatalan membutuhkan waktu sampai berkas dikirim dan diterima di kantor pusat, ditambah 14 hari kerja.

Pada tanggal 25 April 2024 (30 hari sejak pertama kami datang ke BNI untuk permintaan pembatalan), kami menanyakan proses pembatalan kami pada sales BNI Life melalui WA. Kami diberitahu bahwa proses pembatalan akan selesai pada 19 Mei 2024.

Pada tanggal 20 Mei 2024, kami bertanya ke sales karena uang premi kami belum juga masuk ke rekening kami, dan mengirimkan email ke customer care BNI Life.

Informasi yang kami dapatkan dari sales adalah: “Proses pembatalan kami masih diproses“. Sementara informasi yang kami dapatkan dari email customer care adalah: “Mengenai informasi status pengajuan pembatalan Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ), dengan ini dapat disampaikan dalam email kami pada tanggal 20/05/2024, sesuai koordinasi unit terkait kami bahwa untuk permintaan pengajuan pembatalan Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) tersebut belum terdaftar pada sistem kami. Atas hal tersebut, mohon kesediaan Ibu Krisdiana dapat melakukan koordinasi dengan petugas pemasar yang melakukan pendaftaran asuransi untuk melakukan submit Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) tersebut pada sistem.“.

Kami menanyakan hal ini kepada sales. Kemudian kami dikirimkan nomor SPAJ kami, yang kemudian saya pakai untuk email ke customer care BNI Life. Namun kami tetap mendapatkan jawaban yang sama, yakni: “Bahwa untuk permintaan pengajuan pembatalan Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) tersebut belum terdaftar pada sistem kami. Atas hal tersebut, mohon kesediaan Ibu Krisdiana dapat melakukan koordinasi dengan petugas pemasar yang melakukan pendaftaran asuransi untuk melakukan submit Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) terlebih dahulu pada sistem.“.

Tanggal 21 Mei 2024, setelah kami berikan informasi dari email terakhir ini ke sales, sales menginformasikan akan melakukan submit pembatalan kami, dan memberikan informasi yang beda dengan pada waktu kami pembatalan, yakni:

  • Kebijakan proses uang kembali secara otomatis apabila 30 hari tidak di-submit (seperti yang diberitahukan oleh sales saat awal kami melakukan permintaan pembatalan) sudah tidak berlaku lagi. Pendaftaran harus di-submit sehingga nomor polis kami sekarang sudah keluar, baru lantas bisa dilakukan pembatalan.
  • Pendaftaran kami sudah di-submit oleh sales dan nomor polis kami sudah keluar. Pada momen ini yang kami takutkan adalah proses berubah dari pembatalan menjadi penutupan, sehingga kami bisa kehilangan uang premi kami yang telah kami setor. Namun sales meyakinkan kami bahwa ini tetap pembatalan, sehingga uang premi kami akan kembali 100%.
  • Sales BNI Life berpesan bahwa kami akan ditelepon oleh Greater BNI Life untuk konfirmasi pembatalan.
  • Berdasarkan info dari WA kami dan sales tanggal 21 Mei 2024 ini, beliau sudah melakukan submit proses pembatalan, dan akan diproses maksimal 14 hari kerja, chat ini masuk pada pukul 11:15.

Saya kembali mengirimkan email kepada BNI Life dan menginfokan bahwa proses pembatalan sudah di-submit oleh sales. Saya mendapatkan balasan pada pukul 14:52. Namun isi balasan tetap bahwa pembatalan saya belum terdaftar, yakni:

“Perkenalkan Saya Hilda, Staf Korespondensi BNI Life yang akan membantu Ibu. Sehubungan dengan email Ibu Krisdiana ok pada tanggal 21/05/2024 mengenai informasi status pengajuan pembatalan Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) 9210822418 atas nama Krisdiana Dyah Erawati, dengan ini dapat disampaikan dalam email kami pada tanggal 21/05/2024, sesuai koordinasi unit terkait kami bahwa untuk permintaan pengajuan pembatalan Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) tersebut belum terdaftar pada sistem kami. Atas hal tersebut, mohon kesediaan Ibu Krisdiana dapat melakukan koordinasi dengan petugas pemasar yang melakukan pendaftaran asuransi untuk melakukan submit Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) terlebih dahulu pada sistem.”

Yang saya sesali, selain proses kerja dari BNI Life yang lama adalah, perbedaan informasi dari awal kami mengajukan pembatalan, yakni uang akan masuk setelah 30 hari kerja, kemudian berubah menjadi pembatalan SPAJ yang memakan waktu lebih dari 14 hari kerja, ditambah kini 14 hari lagi.

Saya berterima kasih kepada sales BNI Life Batu, yang membantu kami mulai proses demi proses dari awal pembatalan hingga saat ini, walaupun premi kami belum masuk ke rekening kami. Hingga saat ini 21 Mei 2024, yakni satu bulan 27 hari atau sudah 58 hari, uang kami masih belum masuk ke rekening kami. Kami masih dijanjikan bahwa akan diproses 14 hari kerja lagi oleh sales, tetapi balasan dari email customer care proses pembatalan kami belum terdaftar

Kami mohon melalui surat ini, agar dapat mempercepat kinerja BNI Life dalam melakukan pembatalan SPAJ kami dan mengembalikan uang kami utuh 100% sesuai jumlah premi kami, sesuai dengan peraturan yang tertera pada BNI Life.

Krisdiana Dyah
Batu, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Proses Pembatalan SPAJ BNI Life Insurance yang Lama dan Berbelit-belit”

Yth. Ibu Krisdiana, Sehubungan dengan informasi di mediakonsumen.com pada tanggal 22 Mei 2024, dapat kami sampaikan bahwa BNI Life telah...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Proses Pembatalan SPAJ BNI Life Insurance yang Lama dan Berbelit-belit

  • 22 Mei 2024 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Update terakhir, sesaat sebelum surat ini dimuat, email kami dibalas dan disuruh “melampirkan formulir pembatalan yang terbaru dengan ditandatangani oleh ASM dan RBH, dikarenakan pada formulir yang dilampirkan belum terdapat tanda tangan RBH.”

    kami balas kenapa hal seperti ini tidak bisa dilakukan secara internal saja, kenapa kami yang orang luar harus melengkapi data internal seperti ini, saya sebagai orang luar bahkan tidak tau apa itu kepanjangan RBH

    Berikut isi emailnya :

    Yang terhormat Bapak Antok (Nama suami saya, kami mengirim email menggunakan email saya dan suami, dan email ini dibalas di suami),

    Terima kasih atas email yang telah Bapak kirimkan kepada care@bni-life.co.id.

    Perkenalkan Saya Anita, Staf Korespondensi BNI Life yang akan membantu Bapak.

    Sehubungan dengan email Bapak Antok pada tanggal 22/05/2024 mengenai copy lampiran berkas pengajuan pembatalan Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) 9210822418 atas nama Krisdiana Dyah Erawati, dengan ini dapat disampaikan dalam email kami pada tanggal 22/05/2024, bahwa kami informasikan kembali sesuai hasil koordinasi dengan unit terkait kami agar dapat diproses lebih lanjut. Mohon untuk melampirkan formulir pembatalan yang terbaru dengan ditandatangani oleh ASM dan RBH, dikarenakan pada formulir yang dilampirkan belum terdapat tanda tangan RBH.

    Apabila sudah dilengkapi, mohon kesediaan Bapak Antok untuk melakukan koordinasi dengan petugas pemasar yang melakukan pendaftaran asuransi untuk melakukan submit Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) kembali pada sistem, jika petugas pemasar telah melakukan submit, agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut mohon kesediaannya dapat melampirkan bukti ke alamat email kami di care@bni-life.co.id.

    Kami menunggu konfirmasinya.

    • 22 Mei 2024 - (16:16 WIB)
      Permalink

      sedikit kekeliruan dalam runtutan kejadian, saya kira ini sudah termasuk dalam artikel karena kejadian ini terjadi saat kami mengirim artikel ke Media Konsumen dan sedang di sunting oleh redaksi Media Konsumen,

      sebelum CS meng email perihal menyuruh memberikan lampiran formulir pembatalan yang terbaru dengan ditandatangani oleh ASM dan RBH.

      kami disuruh memberikan bukti submit pembatalan yang dilakukan oleh sales, setelah saya menanyakan hal ini kepada sales, sales mengirimi kami foto bukti submit pembatalan. yang kemudian kami kirim kepada CS melalui email, yang kemudian dibalas oleh CS kami disuruh lagi mengirimkan lampiran formulir pembatalan yang terbaru dengan ditandatangani oleh ASM dan RBH.

  • 22 Mei 2024 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Yah begitulah asuransi…Waktu diajukan cukup bilang Ya… Begitu pembatalan maupun klaim dibikin ribet, nunggu dari pusatlah, isi ini itu…..
    Semoga masalah ini terselesaikan dg lancar,

    • 22 Mei 2024 - (17:48 WIB)
      Permalink

      benar sekali pak, waktu daftar proses transfer sangat instan, namun waktu pembatalan seperti ini butuh waktu berbulan2.
      terimakasih pak dukungan dan doanya, Aamiin

    • 24 Mei 2024 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Saya Ex Bancassurance. Padahal kalau ibunya nunggu spaj berhasil. Kan ada welcoming call dari bni life. Nah itu tandanya spaj sudah issued. Setelah itu, masih ada cooling off period 14hr. Dimana pemegang polis ada waktu untuk mempelajari polis. Kalau asuransi dibatalkan selama cooling off period, premi yang sudah dibayar akan dikembalikan, dan kena charge COP 100rb kalau tidak salah.

      Daripada nunggu ttd RBH ya lama

  • 22 Mei 2024 - (18:19 WIB)
    Permalink

    43 juta rupiah buat premi asuransi jiwanya saja? Itu bayar per tahun apa gimana? Emang nilai pertanggungannya berapa? ­čĄö

    • 22 Mei 2024 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Itu kami bayar premi tunggal, nilainya besar karena niat awalnya ingin setor deposito, lalu diarahkan masuk ke BNI life, seperti yang saya tulis pada paragraf2 awal surat saya ini
      pak

    • 23 Mei 2024 - (18:14 WIB)
      Permalink

      Lucu ya, 43 JT yang awalnya mau di masukan ke deposito, ditawari asuransi mau aja, padahal jelas jauh berbeda deposito dan asuransi

  • 22 Mei 2024 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, uang kami sudah dikembalikan utuh oleh pihak BNI life, barusan di telp cust care konfirmasi uangnya dikembalikan, dan mereka sempat menyebut “postingan di Media konsumen” terimakasih banyak media konsumen, terimakasih banyak semua pihak yang membantu kami.

  • 22 Mei 2024 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Aduh, jangan biasakan langsung ambil keputusan kalau belum paham masalahnya. Browsing-browsing dulu lah, baru pertimbangkan.

  • 23 Mei 2024 - (01:44 WIB)
    Permalink

    Untung si ibuk melek teknologi dan paham betul kemana cara komplain dan tempat klaim. Khawatir nasib ibu2 lain yg mungkin saja ga sepandai ibu ini, diarahkan ke situ (asuransi apalah itu) dan minta haknya sewaktu2 entah bgimana bs balik duit apa tdk.

 Apa Komentar Anda?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Proses Pembatalan SPAJ BNI Life Insurance yang Lama dan Berbelit-belitÔÇŽ

oleh Krisdiana dibaca dalam: 4 menit
15