Kurangnya Fitur Notifikasi Pengajuan Kartu Kredit BNI dan Masalah Prosedur Kenaikan Limit

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, yang sudah memberikan fasilitas untuk keluhan saya. Saya ingin mengeluhkan sistem pengajuan kartu kredit BNI di aplikasi BNI Credit Card Mobile dan BNI Mobile Banking, serta prosedur kenaikan limit kartu kredit BNI.

Saya mulai dari pengajuan kartu kredit BNI dahulu. Saya sebelumnya adalah pengguna kartu kredit BNI selama hampir 1 tahun. 6 bulan yang lalu, saya mengajukan kartu kredit jenis lain melalui aplikasi BNI Credit Card Mobile dan BNI Mobile Banking. Setelah pengajuan, saya hanya mendapatkan respons: “Aplikasi berhasil disubmit” dan “Pengajuan Kartu Kredit Anda telah kami terima dan akan segera kami tindaklanjuti”. Namun dari kedua aplikasi tersebut tidak ada nomor ID pengajuannya.

Kemudian saya coba menunggu 14 hari kerja, tetapi tidak ada notifikasi hasil pengajuannya dan tidak ada verifikasi dari pihak analis BNI. Lalu saya coba cek via call center. Setelah dicek, ternyata data pengajuan kartu kredit saya tidak ada. Pihak call center menginfokan, jika setelah 14 hari kerja dari pengajuan tidak ada notifikasi SMS atau pun email, kemungkinan pengajuan saya ditolak.

Kemudian saya ditawari pengajuan via call center. Saya pun menerima tawarannya. Hanya butuh 3 hari kerja, pengajuan saya disetujui dan mendapatkan nomor laporan pengajuan kartu kredit tersebut. Jadi menurut saya pihak BNI harus memberikan fitur proses pengajuan kartu kredit, mulai dari pengajuan diterima, proses analis, sampai statusnya disetujui atau ditolak. Karena menurut saya itu sangat penting bagi nasabah BNI.

Yang kedua adalah pengajuan kenaikan limit BNI. Pengajuan kartu BNI Batik Air saya disetujui bulan Juni 2023,  lalu bulan Januari 2024, saya mengajukan kartu BNI XL Prioritas dan sudah disetujui. Prosedur pengajuan untuk kenaikan limit kartu BNI adalah masa keanggotaan, yaitu setelah 12 bulan baru bisa mengajukan kenaikan limit. Berarti kartu BNI Batik Air saya bisa diajukan bulan Januari 2024. Namun saya terkendala, karena saya mempunyai kartu baru yaitu BNI XL prioritas, yang masa anggotanya belum 1 tahun.

Berarti semakin banyak kita mengajukan kartu kredit jenis baru, maka untuk kartu sebelumnya pengajuan kenaikan limitnya juga semakin lama. Banyak yang memberikan informasi, bahwa bisa dilakukan konsolidasi. Namun jika kita mengajukan konsolidasi, itu masih 50:50 antara disetujui atau ditolak. Jika ditolak, maka kartu yang dilakukan konsolidasi akan ditutup permanen.

Menurut saya, prosedur kenaikan limit bisa dipermudah lagi. Karena menurut saya kartu kredit BNI ini kartu kredit yang paling bagus. Dari segi aplikasi BNI Credit Card pun fiturnya sudah lengkap, sangat mudah dioperasikan. Ini adalah menurut pandangan saya, jika ada pandangan yang berbeda itu silakan.

Yang terakhir, saya harap keluhan saya ini bisa menjadi pertimbangan oleh pihak Bank BNI. Terima kasih.

Joniarto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Kurangnya Fitur Notifikasi Pengajuan Kartu Kredit BNI dan Masalah Prosedur Kenaikan Limit

  • 6 Juni 2024 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Tidak heran lagi sama BUMN di negeri ini. Sya sdh lebih dari 5 tahun pake KK bank berangka 46 ini baru 1 x disetujui kenaikan limit itu pun tdk 100%. Setelahnya sama sekali tdk lolos. Mau pke aplikasi atau call center ttp sama hasilnya. Fitur Dana Tunai diaplikasi BNI mobile banking jg sama sekali tdk bisa dipakai. Seolah olah bukan diperuntukan saya. Karena hnya di suruh memperbnyak trus transaksi. Padahal sdh ratusan kali transaksi. Bank satu ini agak pelit nyalurin kreditnya..beda sama BRI. Kenaikan limit sy selalu disetujui hingga 100%

  • 6 Juni 2024 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Ya soal perbankan bagian kartu kredit itu penuh misterius itu hanya analis dan tuhan yang tahu

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kurangnya Fitur Notifikasi Pengajuan Kartu Kredit BNI dan Masalah Pros…

oleh Joni dibaca dalam: 2 menit
2