Proses Klaim Asuransi BNI Life yang Lambat

Saya memiliki klaim pengajuan asuransi BNI Life, dengan nomor polis: HYNP9196033206 atas nama almarhum Tono Handy (ayah saya), sebagai tertanggung. Saya merupakan ahli waris atau penerima manfaat yang tertera di polis.

Pada tanggal 19 Maret 2024, saya mengajukan klaim asuransi awal, dengan melengkapi berkas yang dibutuhkan. Selang beberapa hari, pada tanggal 25 Maret 2024, saya dihubungi oleh pihak CS asuransi BNI Life, bahwa terdapat berkas kurang yaitu rekam medik almarhum ayah saya. Lalu pada tanggal 3 April 2024, saya menyerahkan berkas yang diminta.

Saya pikir urusan berkas selesai. Namun ternyata selang 2 minggu kemudian (tanggal 17 April 2024), diinfokan bahwa terdapat berkas yang kurang lagi, yaitu surat keterangan beda nama yang harus dikeluarkan oleh kelurahan. Memang ada perbedaan sedikit ejaan nama di berkas Akte dengan KTP dan kartu keluarga. Lalu pada tanggal 22 April 2024, saya menyerahkan berkas keterangan beda nama tersebut.

Tanggal 25 April 2024, diinfokan bahwa semua berkas sudah bisa di-release.

Permasalahannya adalah:

  • Sedari awal saya diinfokan bahwa proses hanya memakan waktu 14 hari kerja terhitung setelah berkas lengkap. Namun sudah terhitung sebulan dari yang dijanjikan, belum ada juga info kapan klaim polis saya cair. Setelah 14 hari kerja saya tanyakan, jawabannya berubah, katanya 30 hari kerja dari berkas release. Namun setelah 30 hari kerja, belum ada info juga mengenai klaim asuransi tersebut. Lalu saya menanyakan kembali, jawabannya berubah lagi, katanya 60 hari dari tanggal release. BNI Life terkesan mengulur-ulur waktu dan tidak bisa memberi tanggal pasti atau tenggat waktu pasti kapan asuransi tersebut cair. Kami sudah diinfokan 14 hari kerja, tapi malah jadi 30 hari bahkan 60 hari kami harus menunggu. Tidak seperti info saat awal saya awal proses klaim.
  • Proses verifikasi berkas yang lama dan membuang waktu. Dari kami memberikan berkas yang kurang, sampai diinfokan berkas masih ada yang kurang, kami harus menunggu hingga setengah bulan (14 hari). Padahal jika proses verifikasi berkas cepat, proses berkas kami bisa release mungkin bisa lebih cepat, tidak sampai memakan waktu 1 bulan lebih.

Mohon agar pihak BNI Life untuk memproses claim polis asuransi kami dengan cepat dan tidak terkesan mengulur ulur waktu kami. Terima kasih.

Astria Handyni
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Proses Klaim Asuransi BNI Life yang Lambat”

Yth. Ibu Astria Handyni, Sehubungan dengan informasi di mediakonsumen.com pada tanggal 6 Juni 2024, dapat kami sampaikan bahwa BNI Life...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Proses Klaim Asuransi BNI Life yang Lambat

oleh Teepee.kids.baby dibaca dalam: 1 menit
0