Kecewa dengan Kualitas Kantong Plastik Matahari Dept. Store yang Menyebabkan Kerugian

Yth. Media Konsumen,

Pada tanggal 30 April saya berbelanja kosmetik di Matahari Supermal Karawaci. Saya membeli 4 buah cat kuku, 1 buah pembersih cat kuku dan 1 buah foundation. Seperti biasa, di Matahari pembayaran dilakukan di kasir dan diberikan kantung plastik secara terlipat, lalu konsumen mengambil barang di counter kosmetiknya.

Ketika saya menebus barang di counter dan saya cek lagi ketika sedang makan, barang masih ada. Namun ketika saya sudah sampai di rumah ketika malam hari, saya kehilangan 1 buah foundation, dan ketika saya cek, ternyata kantong yang diberikan oleh Matahari tersebut bolong.

Bolongnya kantong tersebut bukan karena kesalahan saya (tergores, tertarik, kelebihan beban, dsb), namun karena lem plastik yang tidak benar. Sebagai ilustrasi, kantong plastik Matahari ada dua sisi, dan dasar dari plastik tersebut direkatkan. Kantong yang bolong ini, jika karena benda tajam, pasti terlihat sobek/ tertarik dan bolongnya tidak rata/bergerigi. Namun, bolongnya kantong ini, menurut saya, karena plastik yang tidak direkatkan dengan baik, karena bolongnya kantong tersebut mulus dan tidak tampak ada paksaan/ goresan/ robekan benda tajam. Selain itu, kantong tersebut bolong persis di daerah yang seharusnya direkatkan dengan perekat.

Karena sudah malam, maka saya putuskan untuk komplain mengenai kantong plastik yang cacat ini ke Matahari pada keesokan harinya, yaitu tanggal 1 Mei 2016. Saya datang ke Supermal Karawaci sekitar pukul 12 siang dan mengajukan komplain saya. Saya komplain kepada petugas customer service dan meminta kompensasi karena saya merasa dirugikan oleh kualitas plastik yang SEHARUSNYA menjadi tanggung jawab Matahari Supermal Karawaci. Petugas customer service di sana berargumen bahwa mereka baru dapat memberi kompensasi jika: (1) Barangnya hilang di Matahari, (2) barang yang hilang dikembalikan ke counter make up, (3) bolongnya diketahui ketika saya masih ada di counter make up. Selain itu, dia juga berargumen bahwa: (4) Bolongnya kantong plastik itu bisa karena kelalaian saya, (5) mengapa saya tidak langsung kembali lagi ke Matahari setelah menyadari hilangnya barang saya, dan (6) karena kantong plastik masih dalam keadaan baik ketika saya mengambil barang di counter make up dan baru disadari bolong ketika bukan di Matahari, maka mereka tidak bertanggung jawab.

Saya tidak ingin berargumen di depan banyak orang ketika itu, maka saya pergi dengan kecewa dan marah. Lagipula, supervisor dan petugas customer service bersikeras jika mereka tidak ingin mengganti kerugian saya, dan saya juga bersikeras bahwa saya merasa rusaknya kantong tersebut adalah tanggung jawab Matahari. Dengan demikian, percuma saya berdebat dengan mereka di tempat ramai jika tidak ada ujung pangkal.

Namun, saya masih ingin menjawab petugas tersebut di surat ini:

(1) dan (2) Jika barangnya hilang di Matahari, sejujurnya saya menyangsikan bahwa saya akan mendapat kompensasi karena Matahari akan mencari segala alasan untuk tidak mengakui kesalahannya. Jika barang ditemukan pun, dan dikembalikan ke counter make up yang bersangkutan, apakah akan ada laporan ke pihak Mataharinya dan jika saya membuat pengaduan, apakah saya akan diganti? belum tentu;

(3) Jika bolongnya diketahui di counter make up, itu namanya Mataharinya cuma mengganti plastik, dan tentu saja jika bolongnya ketahuan ketika di counter make up, buat apa saya buang tenaga mengajukan komplain ke customer service dan menulis surat pembaca;

(4) Saya sudah mengatakan berulang kali kepada petugas customer service untuk MENCERMATI lubang di kantong plastik, tetapi dia hanya memegangnya saja sampai supervisor datang. Lubang itu jelas-jelas bukan karena benda tajam, namun karena KUALITAS KANTONG PLASTIK YANG BURUK DARI MATAHARI. Kantong plastik ukuran medium seperti itu, masa perekatnya tidak mampu menahan 4 buah cat kuku, 1 botol pembersih cat kuku dan 1 tube foundation? Keseluruhan berat bahkan tidak mungkin mencapai 1 kg. LALU KENAPA BAGIAN YANG SEHARUSNYA DIREKATKAN BISA BOLONG DENGAN MULUS SEPERTI ITU?

(5) Saya tidak segera datang ke Matahari lagi karena saya sampai di rumah sudah malam, jika saya kembali lagi mal akan tutup. Lagipula, apa bedanya menunggu beberapa jam hingga tanggal 1 keesokan harinya? toh saya tidak mengajukan komplain seminggu kemudian;

(6) Sekali lagi, JIKA bolongnya KARENA BENDA TAJAM, TERTARIK ATAU KELEBIHAN BEBAN (yang mana pasti tampak dari ciri-ciri bolongnya), buat apa saya buang-buang waktu dan bensin untuk ke Matahari. Ini kantong plastik MEDIUM, yang membawa beban (sangat) kurang dari 1 kg dan tidak tajam, BAGIAN YANG SEHARUSNYA DIREKATKAN MALAH BOLONG DENGAN MULUS DAN TAMPAK SEPERTI TIDAK DIREKATKAN/ TIDAK MEMILIKI PEREKAT/ PEREKATNYA LEPAS. Saya tetap berpendapat bahwa itu kesalahan Matahari dan tanggung jawab Matahari karena LALAI dalam mengontrol kualitas kantong plastiknya, sehingga MENYEBABKAN KERUGIAN MATERI untuk saya.

Setelah saya mengajukan komplain, supervisor turut campur dan dia meminta kantong plastik saya untuk disimpan dan difoto. Karena hal tersebut, saya tidak dapat melampirkan foto kantong plastik tersebut di sini (namun saya akan melampirkan ilustrasi bolongnya kantong tersebut).

Saya SANGAT kecewa dengan pelayanan Matahari, karena baik sudah di luar Matahari atau masih di dalam Matahari, KUALITAS KANTONG PLASTIK MEREKA MASIH MENJADI TANGGUNG JAWAB MEREKA. Petugas customer service juga mengatakan pada saya bahwa beberapa kali ada orang yang mendapat dasar kantong yang bolong ketika berbelanja. Apakah itu belum menjadi bukti kuat bahwa kualitas kantong mereka buruk?

Masalahnya di sini adalah, KEBURUKAN KUALITAS KANTONG MEREKA SUDAH MERUGIKAN SAYA. Total belanjaan saya memang cuma 400 ribu, dan barang yang hilang memiliki nilai 160 ribu. Mungkin bagi beberapa orang bukan jumlah yang besar, tetapi SAYA SANGAT KECEWA dan TIDAK PUAS dengan pelayanan Matahari yang tidak memperhatikan kualitas kantong plastiknya dan tidak merasa bersalah dengan kelalaian mereka dalam mengontrol kualitas plastik mereka. Jangan mau untungnya saja tapi tidak memperhatikan kualitas barangnya.

Adya R
Cikupa – Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa dengan Kualitas Kantong Plastik Matahari Dept. Store yang Menye…

Adya R 3 menit
0