Kecewa Smartphone Acer Liquid Z410

Ceritanya, saya membelikan masing-masing 3 anak saya HP Android pada saat yang hampir bersamaan, hanya selisih kira-kira beberapa minggu saja. Pertama saya membelikan HP Android merek Lenovo, kemudian beberapa minggu kemudian membeli merek Evercoss (merek lokal yang sebagian orang menganggap sebagai HP abal-abal buatan Cina) dan yang terakhir adalah HP Android Acer Liquid Z410. Ketiga HP tersebut berada pada rentang harga yang hampir sama, tapi Acer Liquid Z410 lebih mahal sedikit.

Masalahnya adalah, dua HP yang pertama yaitu Lenovo & Evercoss setelah lewat satu tahun masih sehat & normal. Anehnya, HP Acer Liquid Z410 belum genap setahun sudah rusak, yaitu pada saat dinyalakan hanya menyala sebentar kemudian mati kembali. Saya coba charge sama saja, tidak ada bedanya. Pada saat HP Acer Liquid Z410 mengalami kerusakan, saya tidak langsung membawa ke service center Acer, dikarenakan kesibukan dan juga saya merasa nyaman karena yakin mendapat jaminan lebih dari Acer yang jelas-jelas mencantumkan garansi selama 3 tahun di kotak HP untuk produk HP smartphone, berbeda dengan merek-merek lain yang hanya berani memberi garansi 1 tahun, itu pikiran saya pada saat itu.

Namun ternyata keadaan di lapangan berbeda, setelah saya mempunyai waktu luang, saya membawa HP Acer Liquid Z410 yang bermasalah tersebut ke Acer center Mangga Dua Square. Ternyata garansi 3 tahun tersebut tidak saya dapatkan, dan HP Acer Liquid Z410 saya dinyatakan tidak lagi mendapat garansi karena sudah berjalan 1 tahun 4 bulan. Lalu mana garansi 3 tahunnya? Kalau memang hanya 1 tahun mengapa tidak fair mencantumkan garansi 1 tahun seperti merek-merek HP smartphone lainnya??

Yang membuat saya lebih kecewa lagi adalah sewaktu saya mengkonfirmasi biaya reparasi. Saya diberitahu bahwa HP Acer Liquid Z410 anak saya mengalami kerusakan mainboard & baterai, keduanya harus diganti. Yang saya merasa dibodohi sebagai orang awam adalah besaran biaya penggantian suku cadang yang disampaikan kepada saya via telepon, yaitu berkisar sebesar SATU JUTA LIMA RATUS RIBU RUPIAH. Sedangkan harga HP Acer Liquid Z410 resmi TAM yang baru di pasaran setelah saya cek adalah berkisar SATU JUTA TIGA RATUS RIBU RUPIAH saja. Tentunya orang paling bodoh, tapi masih sadar pun, akan memilih untuk membeli HP yang baru ketimbang harus mereparasi dengan biaya yang lebih besar dari harga HP baru dengan merek dan tipe yang sama. Saya geleng-geleng kepala jadinya.

Sungguh, sungguh saya kecewa dengan produk dan layanan ACER. Lewat keluhan ini, saya ingin menanyakan, bagaimana garansi 3 tahun ACER untuk produk smartphone, apakah hanya sekedar tulisan ‘EYE CATCHING‘ saja yang membuat calon pembeli menjadi merasa nyaman dan yakin untuk langsung membeli produk ACER dengan mengabaikan merek-merek lainnya seraya mengatakan (kurang-lebih) “Wah, beli smartphone ACER saja, garansinya 3 tahun, yang lain cuma berani 1 tahun…” (itu terjadi pada saya dan anak saya pada saat menentukan untuk membeli smartphone yang ke-3, yaitu merek ACER). Dan kenyataan di lapangan, 2 HP anak saya (yaitu Lenovo & Evercoss) yang dengan fair mencantumkan garansi selama 1 tahun, sampai saat ini masih sehat & normal meskipun sudah melewati masa garansi (yaitu fair 1 tahun). Lalu bagaimana dengan ACER?

Guntoro
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ACER:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai ACER?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa Smartphone Acer Liquid Z410

oleh GUNTORO dibaca dalam: 2 min
0