Pengiriman Kartu Kredit HSBC Tidak Profesional

Pada tanggal 20 Maret 2017 saya diinfo oleh marketing HSBC bahwa aplikasi kartu kredit saya telah disetujui. Saya langsung cek di call center untuk menanyakan pengiriman dan konfirmasi alamat. Oleh petugas call center disebutkan memang benar kartu disetujui dan belum dilakukan proses pengiriman masih proses pencetakan saya disarankan hubungi keesokan harinya.

Tanggal 21 Maret 2017 saya hubungi call center lagi dan menurut call center telah dilakukan pengiriman per tanggal itu. Dan saya meminta alamat dibaca ulang, sewaktu alamat dibaca ulang ternyata alamat salah. Kemudian saya minta alamat dibetulkan dan oleh petugas call center diinformasikan alamat akan dibetulkan. Saya menanyakan juga apa dengan dibetulkannya alamat ini kartu saya harus kembali dulu ke card center Jakarta dan saya menunggu ulang? Oleh CS HSBC diinformasikan bahwa tidak, proses tetap 10 hari kerja dan untungnya saja posisi kartu masih di kurir Jakarta belum di tangan kurir Surabaya. Awalnya saya senang penanganan HSBC terkesan cepat.

Tetapi pada tanggal 22 Maret 2017 saya cek lagi ke CS karena saya kok tidak yakin, kemudian oleh CS yang angkat diinformasikan bahwa nomor rumah saya belum diganti tetap nomor 134, diinformasikan juga oleh CS bahwa kartu akan dikirim ulang dan harus kembali ke Jakarta karena sudah di tangan kurir Surabaya. Secepat itukah kartu pindahnya dari kurir Jakarta ke kurir Surabaya????

Tapi ok lah coba percaya saja dan menurut dan oleh mbak CS diinformasikan bahwa HSBC tidak bisa merubah alamat dan cuma bisa informasikan ke kurir saja dikasih note. Di sini saya merasa janggal, kok bisa dua CS HSBC jawabnya berbeda kayak bumi dan langit. Dibantu proses percepatan dan estimasi sampai tanggal 27 katanya.

Tanggal 27 Maret sampai sore saya cek ternyata kartu kredit belum juga datang, saya telepon lagi ke CS dan oleh CS yang ini diinformasikan datang tanggal 31 (10 hari kerja). Saat saya telepon kali ini saya informasikan bahwa saya siang berada di kantor dan tidak di rumah jadi saya minta tolong dikasih note kalau saya sudah meninggalkan surat kuasa untuk Ibu SUMILAH dan saya minta ditelepon dulu ke nomor kantor saya.

Tanggal 29 – 31 Maret tidak pernah absen saya selalu rajin menelepon ke HSBC untuk cek kartu saya retur atau tidak, dan jawabannya selalu tidak. dan selalu saya informasikan bahwa tanggal 7 April saya akan pergi berlibur dan saya harap kartu datang sebelum saya pergi.

Tanggal 31 Maret sampai sore kartu juga belum datang saya telepon kembali ke HSBC dan oleh CS bernama Okta dibantu percepatan dan diestimasikan kartu datang antara tanggal 3,4 April paling lambat. Sepanjang tanggal 3 dan 4 tiap hari saya cek HSBC dan jawabannya kartu lagi proses tidak ada retur.

Tanggal 5 saya telepon lagi karena kartu sampai sore belum juga datang sedangkan waktu liburan saya sudah kurang 2 hari dan oleh CS dijanjikan kartu akan dikirim lagi tanggal 6 dan maximal tanggal 7 April. Tetapi sampai tanggal 7 April siang pun saya tidak menerima kartu saya. Perlu diketahui tanggal 7 April 2017 saya diinformasikan oleh pihak CS HSBC kartu saya tidak mengalami retur dan lagi progress pengiriman.

Karena siang saya tidak menerima kartu dan besok saya pergi berlibur saya inisiatif mendatangi Graha HSBC dan di Graha HSBC satpam informasikan di Graha HSBC Surabaya tidak ada card center dan kalau kartu kredit disambungkan lewat telepon. Lagi, lagi dan lagi dihubungkan dengan CS-CS yang menyebalkan. Oleh CS tersebut saya disuruh nunggu sampai jam 3 sore dan kalau jam 3 sore belum datang disuruh telepon lagi. Ok saya tunggu dan jam 3 sore kartu belum juga datang saya telepon lagi ke CS HSBC dan saya disuruh menunggu sampai jam 5 sore dan oleh CS tersebut diinformasikan kalau kartu saya retur per tanggal 4 April 2017 karena alamat tidak ditemukan dan tidak bisa hubungi saya. Whattttttt??? Kenapa baru diinfokan saat itu kenapa saat saya telepon tanggal 5 atau 6 April tidak diinformasikan ada retur dan saya tidak pernah ditelepon oleh HSBC.

Berusaha sabar dan memberi jempol untuk pelayanan HSBC yang top suka kasih angin-angin surga saya minta kartu saya diproses kirim ulang, dan oleh CS tersebut diinfookan sudah diproses ulang per tanggal 6 April 2017. Saya disuruh menunggu antara tanggal 10,11 atau 12 April. Ok lah dengan berbesar hati saya suruh menunggu di rumah.

Tanggal 10 April saya telepon ke call center dan oleh call center diinformasikan bahwa kartu baru dikirim ulang tanggal 10 April 2017 bukan 6 April 2017 dan lagi….lagi,….lagi saya disuruh menunggu sampai tanggal 21 April 2017 (itupun katanya sudah proses percepatan). Ok lah saya berbesar hati memaafkan HSBC dan rela menunggu.

Hari ini tanggal 13 April 2017 saya kembali menelepon HSBC, total 3 kali telepon. Pertama telepon saya diinformasikan per tanggal 11 April 2017 kartu saya sudah diterima oleh orang yang bernama Jiman. Saya kaget di rumah saya tidak ada orang yang bernama Jiman, saya cek dirumah surat kuasa saya masih rapi tersimpan di lemari. Bagaimana bisa kurir HSBC memberikan kartu kredit saya ke nama yang tidak tertera di surat kuasa. Dan saya meminta waktu ke HSBC untuk mencari yang namanya Jiman.

Sambil saya cari namanya Jiman saya berusaha telepon secara berkala di HSBC jadi kalau kartu aktif akan segera saya blokir tetapi tidak meminta langsung diblokir saat itu juga dan dibuatkan kartu baru. Oleh CS memang disarankan telepon secara berkala jika tidak ingin dilakukan pemblokiran.

Pukul 14.30 saya telepon lagi untuk memastikan tidak ada pengaktifan dan sambil komplain. CS HSBC yang ke 3 ini sungguh lancang sekali memblokir tanpa izin saya dahulu, padahal saya bilang saya memang tdak mengenal Jiman dan saya berusaha mencari Jiman. Apapun resiko yang timbul sampai saya menemukan Jiman menjadi tanggung jawab saya, dan tidak pakai tanya CS HSBC langsung main blokir saja. Mereka bilang akan menerbitkan kartu baru dan dikenai biaya dan harus menunggu selama 10 hari lagi.

Untuk biaya tidak menjadi masalah, yang jadi masalah adalah saya harus menunggu lagi dalam waktu yang lama, dan sejujurnya saya trauma dengan cara pengiriman HSBC. Sekarang kalaupun saya mau menunggu apa HSBC menjamin hal tersebut tidak terulang kembali?

Di sini ada beberapa yang menjadi pertanyaan saya:

  1. Kenapa tiap telepon HSBC selalu saja ada perbedaan penjelasan dari CS, apa HSBC tidak ada SOP untuk para CS?
  2. HSBC suka sekali memberi harapan palsu.
  3. HSBC lambat sekali menangani komplain, padahal saya sudah informasi dari tanggal 20 Maret ada kesalahan alamat dan rentang waktu antara 30 Maret-4 April 2017 saya berkali-kali telepon HSBC untuk mencocokkan alamat pengiriman kartu dan dijawab sudah benar. Lha tapi kok kurir masih saja kirim ke alamat lama??? Apa komplain saya cuma dianggap angin lalu?
  4. Bagaimana HSBC kok bisa memberikan credit card ke sembarang orang tanpa cek surat kuasa dan fotocopy KTP saya

Mohon tanggapan dari pihak HSBC dan HSBC bisa lebih mendidik kurir atau CS.

Luzi Aprillia
Kelurahan Dr Soetomo, Kecamatan Tegalsari
Jawa Timur 68181

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pengiriman Kartu Kredit HSBC:
[Total:4    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Pengiriman Kartu Kredit HSBC Tidak Profesional

  • 29 Desember 2017 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Hal yg sama juga saya alami kartu 2 kali gagal kirim di info sama Cs HSBC kartu akan d hancurkan. Padahal udah berkali2 nelp call centernya dan kasih note sblm kartu di kirim harap hubungi saya supaya kartu bisa d titipkan ke org udah saya beri kuasa. Anehnya lg pengiriman tdk d perbolehkan ke kantor. Ketika d tanya apa solusinya d suruh menunggu dan menunggu tanpa kejelasan yg pasti. Sangat kecewa thdp layanan after sales hsbc selain keluhan tdk d dengar, setiap menghubungi Cs nya selalu memberikan jwbn yg berbeda2.

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman Kartu Kredit HSBC?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Kartu Kredit HSBC Tidak Profesional

oleh luzi aprillia dibaca dalam: 4 min
1