Merasa Dijebak Agen Ikut Asuransi AIA

Awalnya saya mau deposito ke BCA. Selama proses pembuatan bilyet deposito, CSO-nya nawarin produk nabung selama 7 tahun dan berbunga kalau uangnya diambil di tahun ke-7, dengan iming-iming lainnya. Lalu dipanggillah entah agen/sales-nya dari AIA yang duduk deket satpam. Saya dijelaskan panjang lebar, singkat kata saya tertarik tapi mau mempertimbangkan dulu. Lalu dengan bujuk rayunya sales/agen tersebut bilang, “Bapak isi form dulu biarin lah masuknya kapan aja.”

OK akhirnya saya isi form sama tanda tangan, sambil terus mewanti-wanti ke sales/agen tersebut, kalau saya tidak masuk bulan ini, nunggu keputusan bulan depan ya atau tidaknya (kebetulan per tanggal 12 saya ke bank), dia bilang “OK pak.”

Singkat cerita saya pulang ke rumah. Baru duduk beberapa menit ada telepon, ternyata dari agen/sales tadi. Betapa kagetnya saya, katanya saya sudah dimasukkan ke programnya AIA yang Rp.650.000 per bulan, dana awalnya ditalangi agen/sales-nya sambil nunjukin transfernya. Setengah marah, saya merasa dilangkahi (secara halus saya dipaksa masuk). Setelah beberapa hari agen/sales-nya meminta uang yang dia transfer diganti. Memang waktu itu saya belum ada uang, saya bilang entar, atau kalau bisa dibatalkan saja toh saya ga nyuruh masuk waktu itu. Dengan berbagai argumen, dan waktu itu saya malas debat, saya diemin saja,

Sekitar 13 hari setelah tanggal 12 agen/sales itu nagih lagi sambil ngomong bisa dibatalkan selama 15 hari setelah pengajuan. Anehnya itu di posisi hari Jumat sore menjelang tutup, dan Senin sudah tidak bisa dibatalkan. Kenapa nggak dari kemarin-kemarin saja dibatalkan padahal dari awal saya belum siap.

Tanggal 10 kemarin saya minta pembatalan saja, biar saya ganti uang yang dia keluarin walaupun gak utuh. Tapi saya minta batalkan saja ke sales/agen tersebut, kebetulan tanggal 11 merah, dan jatuh temponya tanggal 12. Dengan berbagai argumen, akhirnya uang penggantian jatuh Rp. 250.000, asumsi uang sisa diambil agen dan dia memaksa saat itu harus ditransfer dengan argumen besok sales/agen tersebut mengurus penutupan asuransi tersebut.

Akhirnya saya transfer tanggal 10. Tanggal 11 saya menunggu seharian, tak ada kabar yang katanya mau datang ngurusin. Setelah saya telepon baru mengabarkan tidak bisa datang dengan berbagai alasan. Dan betapa kagetnya setelah agen tersebut bilang ternyata rekening saya sudah didebet per tanggal 5. Hah!! Kenapa dari chating tanggal 10 tidak kasih kabar? Dan parahnya lagi sales/agen tersebut terkesan mau cuci tangan. Kalau mau nutup akun saya harus ngurus sendiri dan menghadap ke atasan dia/rekan dia di beda cabang BCA.

Catatan:

1. Saya dari tahun 2001 jadi nasabah BCA, sangat-sangat kecewa dengan hadirnya agen/sales asuransi yang menurut saya menjebak nasabah.

2. AIA yang notabene perusahaan asing dan besar, apa seperti itu cara menjaring konsumen menjebak dengan berbagai cara?

3. Sales/agen memang anda mengejar target, tapi tolong bekerja dengan hati, contoh saya diatas. Sangat-sangat tidak manusiawi, anda menjebak saya.

Trisno Kusnandar
Bandung – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi AIA:
[Total:20    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan AIA untuk Bapak Trisno Kusnandar

Kepada Yth. Redaksi MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat Bapak Trisno Kusnandar tertanggal 11 Mei 2017, yang dimuat di MediaKonsumen.com dengan judul...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Merasa Dijebak Agen Ikut Asuransi AIA

  • 14 Juni 2017 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Saya ikut 17 bulan baru sadar ternyata saya merasa nabung di BCA tapi uangmya invest ke AIA …. padahal uang nya untuk kasa depan anak saya . Teler yang merekomendasikan tidak pernah menjelasakan resiko2 nya dan juga kalo uang nya akan invest ke AIA

    Saya juga merasa terjebak…. saya close minta uang nya ..kena pinalty … teler tidak pernah menjelaskan resiko….

    Dulu Saya mengira AIA produk BCA …. saya tandangan tanpa penjelasan eeehhh ..besoknya datang paketan kalo udah gabung AIA … dan telernya tidak konfirm lagi…

    Saya sadar setelah menbaca ada pernyataan tertulis di buku polis nya bahwa Bank tertanggung tidak bertanggung jawab spenuhnya…dan juga teler yang merekomendasikan juga tidak trlibat atau bisa di tuntut atau bakal bertanggung jawab… GILA Kan

    Yang ngajak atau masukin kita ke AIA ko ga bertanggung jawab… anehnya semua teler adal sale AIA

    Saya hanya bisa bilang Inna lillahi wainna ilaihi rojiun Alluhummahjurni fi mushibati…

    Thanks
    Korban

    • 2 September 2020 - (20:31 WIB)
      Permalink

      aduh gimana ya kok g bs d percaya gini masak asuransi sekelas aia cara kerjanya seperti ini…. ini q juga ikut asuransi yg 7 thn peerbulan 400.rb…tapi belum wktunya ambil …g tau deh ntar klo dah wktunya ambil rugi bereapa g tau?mohon infony dong mo di lanjut atau gimana nih?

  • 2 September 2020 - (20:37 WIB)
    Permalink

    ini tetangga saya juga ikut aia pas udah tahun ke8 udah waktuny ambil gak dapat untung malah rugi banyak….hadeeeeeeh….bagi infony yang pernah alami hal serupa perihal kerugian nasabah aia?laporinny kemana atau ada komunitasnya?

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi AIA?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Merasa Dijebak Agen Ikut Asuransi AIA

oleh Trisno Kusnandar dibaca dalam: 2 min
4