Merasa Tertipu dan Dirugikan Secara Sepihak oleh Doctor Rupiah

Kepada Doctor Rupiah,

Saya sangat kecewa dan merasa dirugikan secara sepihak, nomor pinjaman saya adalah 73405. Awal saya melakukan peminjaman uang melalui website adalah sebesar Rp.2.000.000,- dengan tenor 30 hari. Lalu saat itu juga saya dikirimi sms bahwa pinjaman saya di setujui dan sudah ditransfer. Berikut ini adalah SMS dari Doctor Rupiah:

SMS persetujuan pinjaman Doctor Rupiah
SMS persetujuan pinjaman Doctor Rupiah

Namun yang terjadi adalah selama tiga hari saya menunggu belum ada transferan dari Doctor Rupiah. Padahal umumnya di tempat penyedia layanan pinjaman uang lainnya akan diterima setelah satu hari kerja. Lalu saya menerima email isi kontrak yang sangat berbeda sekali dari perjanjian awal. Saya merasa dijebak dan sengaja diseret dalam permainan penipuan Doctor Rupiah. Bagaimana bisa mereka mengubah perjanjian pinjaman dalam surat kontrak tanpa persetujuan kedua belah pihak?

Isi surat kontrak itu berupa penjelasan bahwa pinjaman saya adalah Rp.1.500.000 dengan tenor 7 hari, bunga Rp.300.000,- untuk memperpanjang tenor 30 hari kedepan harus membayar Rp.600.000. Itu sangat gila !!! Peraturan jasa model keuangan mana yang mereka gunakan??? Banyak penyedia jasa pinjaman dan tidak seenaknya seperti mereka merubah perjanjian pinjaman apalagi terkesan memaksa menyeret saya untuk berhutang. Saya sangat yakin bisnis rentenir mereka ini tidak diawasi oleh OJK.

Menerima email tersebut saya berusaha menelepon Doctor Rupiah karena tidak menyetujui perjanjian isi kontrak pinjaman tersebut, tapi tidak ada satupun nomor telepon yang bisa dihubungi, bahkan lokasi kantornya pun fiktif. Kemudian saya berinisiatif untuk mengirim email bahwa saya membatalkan pinjaman saya. Orang sampai meminjam uang berarti kan sedang dalam keadaan yang mendesak sekali, bukannya membantu memberi solusi sebagai jasa keuangan, ini malah orang sedang susah malah semakin mereka bikin susah dengan tenor 7 hari dan bunga yang sangat membengkak.

Saya mengirim email tersebut dalam keadaan uang pinjaman belum saya terima dan email saya tidak direspon sama sekali. Pada tanggal 25 April 2017 saya cek rekening saya belum ada transferan dari Doctor Rupiah. Saya pikir sudah dibatalkan dan saya merasa lega. Tapi pukul 12 malam tepat tanggal 26 April 2017 transferan dari Doctor Rupiah masuk ke rekening saya. Lalu pagi-pagi saya langsung transfer balik karena saya merasa ditipu dan diperas dengan oknum Doctor Rupiah.

Lalu saya mengirim email lagi untuk konfirmasi bahwa saya sejak awal menerima email isi surat kontrak tersebut, saya tidak menyetujui pinjaman yang ditawarkan karena tidak sesuai dengan kebutuhan saya yang memerlukan dana Rp.2.000.000,- sementara di email hanya Rp.1.500.000,-. Padahal sejak awal Doctor Rupiah sudah konfirmasi dana Rp.2.000.000 disetujui, lalu kenapa ada perubahan sepihak tanpa persetujuan peminjam terlebih dahulu? Berikut adalah email balasan dari Doctor Rupiah:

Email dari Doctor Rupiah
Email dari Doctor Rupiah

Isi emailnya sangat lucu dan jelas terlihat sekali tidak profesional dan bermaksud membodohi peminjam. Kalau memang nominal yang saya ajukan bersifat pengajuan dan tidak disetujui team analis lalu kenapa tidak konfirmasi terlebih dahulu kepada saya untuk menanyakan apakah saya bersedia jika pinjaman yang diberikan hanya Rp.1.500.000???

Terhitung dari Bulan April hingga sekarang saya diteror terus melalui telepon dan SMS oleh penagih hutang. Padahal saya sudah jelaskan berkali-kali bahwa saya tidak meminjam uang dari Doctor Rupiah dan dana yang sudah ditransfer sudah saya kembalikan saat itu juga. Bagaimana bisa mereka menagih terus atas uang yang tidak pernah saya gunakan??? Saya sangat terganggu sekali saat oknum Doctor Rupiah ini menelpon saya dengan cara tidak sopan, nyerocos terus tanpa mau mendengarkan penjelasan saya.

Ketika saya ancam untuk membawa ke jalur hukum, Doctor Rupiah ini menantang balik saya, lalu tanpa sopan santun langsung menutup telepon. Terlihat sekali Doctor Rupiah ini bisnis usaha abal-abal, berkedok peminjaman padahal mencoba menipu customer!

Dan sekarang saya terus menerus dikirimi SMS untuk membayar pinjaman sebesar Rp. 3.900.000,-.

SMS tagihan dari Doctor Rupiah
SMS tagihan dari Doctor Rupiah

Saya merasa nama saya tercemar, seolah saya ini penghutang yang tidak melunasi pinjamannya sampai harus dikejar-kejar oleh debt collector dan denda yang semakin tidak masuk akal. Doctor Rupiah tolong donk pergunakan kuping kalian untuk mendengar penjelasan yang selalu saya ulang-ulang bahwa uang pinjaman sudah saya transfer balik tanpa sempat menggunakannya. Anda sudah mendengar hal itu dan menerima email beserta bukti resi pengembalian dana. Saya yakin kalian sudah tahu bahwa uangnya telah saya kembalikan tanpa hitungan hari, tapi kenapa kalian tetap memaksa saya untuk membayar hutang yang tidak pernah saya gunakan?

Tolonglah berhenti meneror saya melalui telepon dan SMS. Kalau mau cari uang jangan gunakan cara-cara pemerasan seperti itu. Padahal dulu pernah ada kasus yang sama dengan peminjam Doctor Rupiah (saya baca dari curhatan orang-orang tentang Doctor Rupiah di website) bahwa ia menolak pinjaman karena uang yang ditrasfer tidak sesuai dengan pinjaman awal, lalu CS Doctor Rupiah menyarankan untuk ditransfer balik saja. Lalu kenapa dalam kasus saya seperti dipersulit dengan mengatakan tidak dapat dibatalkan? Home Credit saja jika uang pinjaman sudah ditransfer balik, kalau mau dibatalkan masih bisa.

Hal ini sudah saya laporkan ke OJK. Jika melalui cara ini tidak membuat kalian berhenti menjerat saya ke dalam penipuan kalian, terpaksa saya harus repot-repot lapor ke jalur hukum. Seharusnya saya tidak perlu repot-repot mengurusi masalah yang seharusnya tidak perlu ada, tapi saya tidak bisa tinggal diam lagi atas segala teror yang dilakukan oleh Doctor Rupiah. Sekali saya tegaskan bahwa Saya tidak memiliki beban hutang apapun dan tidak ada kewajiban membayar hutang dan denda mengada-ngada yang dikatakan oleh Doctor Rupiah. Saya harap kalian dapat membersihkan nama saya.

Terima kasih.

Celia
Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

73 komentar untuk “Merasa Tertipu dan Dirugikan Secara Sepihak oleh Doctor Rupiah

  • 22 Maret 2018 - (12:21 WIB)
    Permalink

    apa ada yang sudah melunasi dan dapat email dan sms confirmasi bahwa sudah lunas dari dr rupiah tapi tetep di teror ga ?

  • 24 Maret 2018 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Gabung K Grup WA ja kita Brantas Drrupiah
    Ini ke nomer ini 089517733481 kl yg mau gabung sok mangga kita cari jln solusi Nya Bersama

  • 6 April 2018 - (02:35 WIB)
    Permalink

    Saya juga dapet sms kalau peminjaman di approve,tp dananya blm masuk.trs pengajuan 1,5jt di sms-nya 1jt. Aneh!!!
    Trs gmn mananggulangi masalah ini.. bakal ditlp” trs kan??

  • 13 April 2018 - (20:56 WIB)
    Permalink

    sayaa mau gabung di group bisaaa gaaa? kasuus sayaa jg samaa mau balikin danaa tp gaa bisaa2.. skr tagihan sayaa udah di angka 2.500.000
    akaan nambaah berapaa lg tagihaan sayaa kl kayaaa ginii.. please tolooong…

  • 23 April 2018 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Saya jg ada tagihan d drrupiah, wktu bln februari smpet telt krna perpanjangan & krna sdh tdk bekerja sy cm melakukan pem ayaran pake sistem pembayaran bunga nya aja ( yg gde bgd & klo skrg d total udh nutupin utang pokonya kemana2 malahan) februari d WA sama org yg blg dr collector drrupiah & akan d bantu untuk pelunasan yg lbh ringan alias d bawah jmlh pnjmn pokok krna selalu melakukan perpanjangan jd d bantu untuk nglinason, dlu sy pnjam 2,5 & tenor sbulan itu hrus byr 3,5 & untuk perpnjangam sndri itu 1jt & dpt tawaran angka pelunasan 2jt tpi pas sy mnta wktu & nmr rekening bukan atas nmr drruliah alias nmr rekeningnya pake nama pribadi org yg wa sy itu. Alhasil sy ga jd byr drpd sy nti ketipu dlm kondisi cekak & akhrnya org tsb mrh2 via wa & blg datanya d serahin lg k drrupiah nnti urusannya krna sblmnya d bantu tdk ada yg nlp/sms krbt sya .smapi skrg sy blm tf pelunasan krn sy bngung hrua menghubungi kemana & hari ini jam 20.30 dpt sms dr drrupiah klo akan menghubungi keluarga, yg sy bngung apa iya drrupiah bs nlp smw contact d hape sya? Klo jdonya sperti itu nmnya mempermalukan donk ya? Ada yg pernh seperti sy? Atau keluarga mulai d teror? Mohon infonya.. Makasih..

  • 5 Mei 2018 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Saya bbrp kali pnjm dktr rupiah. Mnrt saya bunganya gila bgt sih. Tp krn saya lg ada mslh, jd saya bayar trus saya pnjm lg. Rencana lebaran mau dilunasin tp ga mau ada pinjaman lagi. Kapok bgt bunganya tinggi. Parahnya nih klo udh menjelang jatuh tempo kita ditelfon dr nmr yg beda2 trs pas diangkat ada nada “mohon menunggu”. Nah udh byr kan, msh ada ditelfon kyk gitu tp abs itu mati gitu aja. Aseli aneh bgtt!!

  • 22 Mei 2018 - (19:16 WIB)
    Permalink

    hallo semua…
    bulan november tgl 29 tahun 2017 , saya iseng2 isi form dr.rupiah, tetapi semua data lengkap dan sesuai.. akhirnya 500rbu cair keesokan hari nya, dan bayar 700rbu untuk pelunasan tgl 29 desember 2017.
    semua beres,gak ada tlp atau ancaman apapun dari dr.rupiah..
    berapa kali saya d tlp ditawarin pinjaman dana 1juta rupiah.. dan tepatnya hari ini, saya ditlp lgi penawaran pinjaman.. dan akhirnya saya setuju,gak sampai 1jam dana langsung masuk ..
    dan benar dana masuk di rekening saya..
    waktu dlu sya lunasin,juga ada konfrimasi via email,kalau pinjaman saya semua sudah lunas.
    alhamdulillah saya merasa aman aja di doctor rupiah.

  • 1 Juni 2018 - (02:10 WIB)
    Permalink

    Hallo semua nya, saya dengan farida, sy mempunyai jg masalah dengan dr rupiah, thn 2016 bulan oktober saya ada peminjaman ke dr rupiah Rp. 1.500.000 dan d acc tp ternyata no rek yang saya berikan salah,berulang kali say telpon, email , memberitahu bahwa no rekening yg saya berikan terbalik, dan info cs tercancel otomatis, krn nama penerima tdk sesuai dengan peminjam, saya tenang saja dan tidak memikirkan nya lagi karena pd kenyataan nya uang itu ga saya terima, email nya pun msh ada tentang semua komplain saya,selang setahun berjalan mereka menagih lagi dan bilang kalo tagihan saya sdh mencapai 3 juta lebih, td siang saya d telpon lagi dan lumayan galak orang nya bahkan saya mendengar ada tangisan ibu ibu, dr telpon cs trsebut, saya d minta dateng ke kantor nya untuk klarifikasi, tp saya heran kenapa setelah sekian tahun baru nagih lagi , pdhl sy sdh memberikan bukti bahwa uang tidak saya terima , dan tiba tiba tagihan menjadi 3 juta, mohon bantuannya teman teman, apakah saya harus dateng ke kntr dr rupiah? Krn jujur saya takut jg kalo ada debt colektor dateng, apa yg harus saya lakukan?? Terima kasih

  • 1 Juli 2018 - (00:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama mba 4 bln gk ada kabar dr dokter rupiah pas hub tau” tagihan saya udh 2 juta dgn alasan gk ada kabar dari saya. Padahal saya ada email 2x dan tlp tapi gak ada balasan dan skrg malah ngancam bos dan kluarga saya. Saya mau ikut gabung ya utk kasus ini.

  • 20 Juli 2018 - (13:18 WIB)
    Permalink

    tolong untuk kita berantas doctor rupiah ini…saya padahal hanya tersisa pinjaman sebesar 500.000 saja tapi hingga sekarang menjadi Rp.1970.000,- padahal tinggal sekian dana pinjaman saya.katanya meminjam tanpa dikenakan bunga.sekarang membengkak dan saya diteror dan dibetak bentak oleh pihak debt collcetornya..dikatakan penipu,pembohong samapi orang kantor saya termasuk bos saya dimaki maki dan disuruh melunasi hutang saya..tolong ada yg bs bantu pihak lawyer…ini sangat mengganggu kantor saya..

  • 2 Oktober 2018 - (14:16 WIB)
    Permalink

    bner tuh..udah lunas.. dikasih struke bukti bayar.. ke wa admin saat itu.. 5 bulan kmudian ada yg nagih dr pihak ke 3 utusan dr rupiah… bahwa msh punya hutang mesti dilunasi… lho…??????
    sialan banget… oke sy akan lunasi… stelah lunas hutang yg gk tau drmana.. gue cari luh dr rupiah ta bikin babak belur… sialan luh…

    kacau fintech yg 1 ini…

  • 22 Agustus 2019 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Selamat sore, Mbak. Perkenalkan saya Zeviska Obgina, saat ini sedang menulis tugas akhir tentang peer to peer lending dan perlindungan hukum bagi konsumennya. Kebetulan saya melihat postingan mbak di atas dan tertarik untuk bertanya lebih lanjut terkait masalah tersebut. Apakah mbak bersedia untuk menjadi narasumber? Apabila bersedia, apakah ada platform lain yang bisa saya hubungi? Terima kasih sebelumnya, Mbak.

 Apa Komentar Anda mengenai Doctor Rupiah?

Ada 73 komentar sampai saat ini..

Merasa Tertipu dan Dirugikan Secara Sepihak oleh Doctor Rupiah

oleh Celiandra dibaca dalam: 3 menit
73