Lambannya Penanganan Laporan Refund Pulsa Telkomsel

Pada 27 Desember 2017, saya membeli saldo OLX melalui aplikasi di smartphone saya menggunakan pembayaran melalui Google Payment via pulsa Telkomsel. Setelah transaksi berhasil dan pulsa saya sudah terpotong, pembelian saya di Google untuk saldo OLX pun tidak berhasil dengan keterangan ‘canceled’. Awalnya saya berpikir, mungkin ada kesalahan pada server aplikasi OLX atau Google Payment, saya belum berpikiran buruk kepada Telkomsel saat itu karena ada SMS dari Telkomsel dengan keterangan ‘berhasil melakukan pembelian’ dan pulsa saya terpotong sudah Rp 112.000,- maka di hari yang sama saya langsung menelepon CS OLX dan Google Payment.

OLX dengan cepat tanggap merespon laporan saya dan langsung mengecek histori transaksi saya bahwa kesalahan terjadi pada Telkomsel karena status di-cancel oleh pihak provider, begitu juga dengan Google Payment, kebetulan saya lapor via url dan email lalu Google Support membalas email saya dan menyatakan hal yang sama, yaitu kesalahan terjadi pada Telkomsel karena status di-cancel oleh pihak provider, dan dengan baik hati Google Support membantu saya dengan mengirim email klarifikasi dan permohonan kepada provider (Telkomsel) untuk segera merefund pulsa saya yang telah terpotong.

Karena sudah ada kejelasan dari OLX dan Google Payment, maka terjawab sudah bahwa biang keladinya adalah Telkomsel. Akhirnya setelah mendapatkan klarifikasi lengkap dari OLX dan Google Payment, saya kembali menghubungi Telkomsel, namun anehnya saya diminta untuk menunggu dalam waktu 30 hari untuk dilakukan pengecekan oleh tim IT Telkomsel. Sayapun bersedia menunggu dengan harapan pulsa saya sudah dikembalikan dalam waktu 1 bulan.

Setelah 30 hari, waktu yang sangat lama untuk menunggu refund pulsa, sayapun kembali menelepon CS Telkomsel mengapa belum ada pulsa refund yang masuk. CS pun dengan santainya menjawab akan dikoordinasikan kembali dan dikabari. Ketika itu saya masih sabar dan menunggu keesokan harinya, lalu kembali menelepon dan kesabaran sayapun sudah habis.

Lucunya, karena saya diminta menunggu lagi 30 hari, lalu apa saja yang sudah dilakukan tim IT Telkomsel 30 hari kemarin, saya sudah menunggu satu bulan mengapa diminta lagi menunggu satu bulan kedepan hanya untuk proses refund pulsa? Sayapun mulai gerah dan meminta agar maksimal 35 hari pulsa saya sudah kembali. Padahal saya sudah mengirim seluruh bukti email statement dari OLX dan Google Payment dari awal laporan saya ke Telkomsel tanggal 27 Desember 2017 yang menyatakan bahwa kesalahan ada pada pihak provider.

Hari ini, tanggal 1 Februari 2018 genap sudah 35 hari, terhitung sejak laporan awal saya tanggal 27 Desember 2017, pulsa saya belum juga diproses untuk refund-nya oleh Telkomsel. Saya sudah memberikan info kepada Telkomsel, jika belum ada kepastian yang jelas setelah seluruh bukti statement dari OLX dan Google Payment saya kirim ke Telkomsel,maka saya akan menulis laporan saya yang belum terselesaikan ini pada suara pembaca di media agar masyarakat semakin aware akan lambannya solusi atas laporan customer Telkomsel.

Di hari ke 30 laporan saya, Tim IT Telkomsel seakan berkelit bahwa saya diminta kembali menunggu 30 hari lagi dengan alasan menunggu respon dari Google Payment. Mohon maaf, saya tidak bodoh, dari awal kejadian ini, saya yang lebih dahulu menghubungi tim Google Payment dan keterangan dari pihak mereka sudah jelas bahwa provider yang menggagalkan transaksi ini. Mengapa tim IT Telkomsel harus berkelit dan mengira bahwa saya belum menghubungi pihak Google Payment? Apakah proses 35 hari saya menunggu refund semenjak laporan pertama saya tidak cukup untuk tim IT Telkomsel memberikan layanan yang terbaik bagi customer?

Bagaimana tanggung jawab tim IT Telkomsel? Masalah ini memang terjadi karena ada gangguan, atau karena ada pihak pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan?

Mohon masyarakat semakin aware akan maraknya tindakan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mungkin dengan sengaja mengambil keuntungan dari pulsa customer yang terpotong atas pembelian digital di smartphone Anda.

Monique A
081290219***
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Penilaian Rata-rata: 1]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Lambannya Penanganan Laporan Refund Pulsa Telkomsel

Monique A 2 menit
0