iPhone 8 Plus 64GB, Baru 6 Hari Pemakaian Sudah Mati Total, Ada Beberapa Pertanyaan

Yth. mediakonsumen.com dan iBox Indonesia,

Saya merupakan pengguna setia produk Apple selama kurang lebih 6 tahun ini. Pada tanggal 31 Januari 2018 saya baru saja melakukan pembelian produk Apple yaitu iPhone 8 Plus, 64 GB, Space Grey. Pada saat unboxing dan pemakaian selama 6 hari, tidak ada keluhan sama sekali.

Sampai akhirnya pada tanggal 6 Febuari 2018, saya charge iPhone saya pada siang hari, dan 2 jam lebih iPhone saya sudah full charge. Setelahnya saya cabut charger dan meninggalkan iPhone saya karena saya ingin makan. Selesai saya makan, saya ingin mengecek iPhone saya dan tiba-tiba apa yang saya dapatkan? iPhone saya mati. Saya awalnya mengira bahwa itu hanya “lag” saja, karena sebelumnya saat saya memakai iPhone saya sebelumnya pernah seperti itu dan yang paling parah mati mendadak dan saya charge bisa nyala kembali, tetapi cara yang sama tidak berhasil saya lakukan.

Saya lalu mencoba mencari cara dan apa penyebabnya lewat web Apple resmi dan saya sudah mencoba 4 cara yang telah diajukan di dalam web tersebut (bisa dilihat: https://support.apple.com/id-id/HT201412 ) tetapi iPhone saya tak kunjung nyala.

Akhirnya saya datang ke Erafone Summarecon Mall Bekasi dimana saya membeli iPhone tersebut (saya beli di Erafone karena pada saat itu di iBox Summarecon Mall Bekasi tidak ada stok untuk iPhone 8 Plus, 64 GB, Space Grey). Di sana saya menunggu selama satu  setengah jam dan tidak ada kejelasan (mereka tidak bersedia untuk saya ajukan klaim dengan alasan kalau mereka hanya penjual). Saya lalu disarankan untuk ke iBox MKG. Karena rasa penasaran saya, sayapun juga mendatangi iBox SMB dulu dan mereka pun juga menyarankan hal yang sama.

Besok harinya saya datang ke iBox MKG, untuk mengajukan klaim. Perbincangan singkatnya:

Saya: “Mba, iPhone saya mati total padahal saya baru beli 6 hari yang lalu (sambil menunjukkan struk pembelian).”

Mbak-nya: (Hanya mencoba untuk me-restart iPhone saya), “Ooh.. ini udah mati total mba, harus diajukan klaim untuk penggantian unit baru.”

Saya: “Kalo penggantian gitu berapa lama ya mba kira-kira?”

Mbak-nya: “Paling cepet seminggu, paling lama 2 minggu mba, tapi data mbanya bakalan ilang.”

Saya: “Ya udah mba, tapi kalo bisa dipercepat ya mba soalnya saya butuh banget sedangkan saya ga punya handphone pengganti.”

Mbak-nya: “Itu tergantung dari pusat sama dari Singapore-nya mba. kalau cepet ya bisa cepet.”

Saya: “Ya udah mba kalau gitu saya tinggalin hp sama box-nya sekalian biar nanti iPhone dan box yang saya punya ga beda IMEI-nya.”

Mbak-nya: “Gak usah mba nanti, unit saja nanti soal beda IMEI nanti mba nya akan dapat surat keterangan dari Apple kalo iPhone mba itu hasil klaim-an.”a

Setelah itu saya dimintakan untuk log-in Apple ID saya dan data-dat saya yang lain. Akhirnya saya mendapatkan nomer referensi ESO: MKG.46010R.

Tetapi setelah saya membaca banyak review yang saya dapat dari internet tak sedikit yang kecewa dengan pelayanan pengajuan klaim Apple di Indonesia. Jujur saya khawatir, karena saya membeli iPhone tersebut tidak dengan harga yang murah. Dan kenapa saya memilih untuk membeli iPhone dengan garansi Indonesia karena saya pikir akan cepat pengajuan klaimnya tidak perlu jauh-jauh dan biaya yang lebih apabila harus mengajukan klaim ke luar negeri.

Hari ini, tanggal 9 Febuari 2018, saya menelepon iBox MKG untuk menanyakan status iPhone saya. Begini isi perbincangannya:

Saya: “Halo mba, saya mau nanya status pengajuan klaim saya dong.”

Mbak-nya: “Nomor service ordernya mba?”

Saya: “MKG-2-46010”

Mbak-nya: “iPhone apa ya mba?”

Saya: “iPhone 8 Plus mba.”

Mbak-nya: “Oh iPhone 8 udah diajukan klaim kok mba.”

Saya: “Prosesnya kira-kira berapa lama ya mba?”

Mbak-nya: “Paling cepat 14 hari kerja mba.”

Saya: “Loh? kemarin pas saya ninggalin hp saya katanya paling cepet seminggu paling lama 2 minggu mba.”

Mbak-nya: “Iya mba tergantung dari pusatnya, kalau pusatnya prosesnya cepet ya bisa cepet, sama tergantung kurirnya, kalau kurirnya ngirim ke sini cepet ya cepet mba.”

Dari apa yang saya alami dan saya baca dari beberapa review yang ada, muncul pertanyaan-pertanyaan yang membuat saya khawatir dan bingung, yaitu:

1. Kenapa pihak iBox MKG pada saat saya datang bilang proses klaimnya paling cepet seminggu dan paling lama 2 minggu. Sedangkan pada saat saya telepon jawabannya berbeda? Manakah yang benar?

2. Pada saat awal saya dijelaskan mengenai klaim dijelaskan bahwa iPhone saya akan dikirim ke Apple pusat di Indonesia dan akan dikirim kembali ke Singapore karena penggantiannya ada di Singapore. Tetapi kenapa pada saat ditelepon dikatakan bahwa iPhone saya dikirimkan ke pusat dan akan dicek di pusat dan nanti akan dikirim kembali ke iBox MKG?

3. Pada saat saya ingin meninggalkan box (agar apabila ada penggantian unit tidak ada perbedaan IMEI di unit dan box) tidak diperbolehkan? Untuk soal ini, apa memang saya saja atau memang SOP-nya seperti itu?

4. Apakah ada jaminannya bahwa iPhone yang menjadi unit pengganti merupakan unit brand new bukan refurbished atau bahkan itu adalah iPhone saya yang hanya di-service saja? Berhubung saya membeli iPhone dengan harga brand new bukan refurbished .Dan apabila hanya di-service kenapa saya harus menunggu lama?

5. Bagaimana bisa iPhone yang baru dipakai enam hari dengan pemakaian normal (bahkan cenderung ke “sangat dijaga”) dengan produk yang tergolong baru (mengingat iPhone 8 Plus baru 1 bulan lebih masuk secara resmi di Indonesia) bisa mati total seperti itu?

4. Apakah iBox Indonesia dapat menjelaskan secara detail proses yang sebenarnya?

Dengan apa yang saya alami sekarang saya sangat kecewa karena yang saya tahu dan saya alami saat ini bahwa produk Apple merupakan produk yang unggul dan saya tidak pernah kapok untuk memakai kembali produk Apple. Tetapi sekarang saya sangat takut, khawatir dan juga cemas dengan nasib iPhone saya.

Please jangan “PHP” 🙁

Claudiya Marcella
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “iPhone 8 Plus 64GB, Baru 6 Hari Pemakaian Sudah Mati Total, Ada Beberapa Pertanyaan

    • 13 Februari 2018 - (11:41 WIB)
      Permalink

      ya begitulah mba, saya juga sangat kecewa sekarang, rasanya pengen pindah ke pesaingnya aja. update terakhir malahan katanya hp saya belom tentu diganti unit, ini kata AASP MKG “Semua keputusan ada pada pihak Apple Center baik nanti di repair,ganti part,atau ganti unit”. Padahal saya mau tinggalin karna dijanjikan ganti unit. kalo saya tinggal lama terus ga jelas gini kan malahan jadi cemas 🙁

      • 13 Februari 2018 - (12:15 WIB)
        Permalink

        Aneh, bukannya iBox itu sudah authorized premium seller Apple di Indonesia yah? Kenapa masih harus dikirim lagi ke Singapura? ?

        • 13 Februari 2018 - (18:50 WIB)
          Permalink

          makanya itu mba, gajelas mereka kasih infonya. jadi gatau mana yang bener. adanya cuma bikin cemas pelanggannya aja.

  • 19 Maret 2018 - (00:03 WIB)
    Permalink

    hallo mba claudiya, saya mau nanya buat hp mba claudiya udah dikembalikan lagi atau belum? kalau sudah, berarti berapa hari mba prosesnya sampai pengembalian?

    saya kebetulan lagi klaim garansi juga karena troubleshoot pada kamera belakang. perjanjiannya itu paling lama 21 hari. sekarang baru 11 hari. tapi rada degdegan juga karena banyak yg lama ternyata hehe.

  • 24 Maret 2018 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Hi mbak claudiya,, gmna mbak progress claim garansinya dah selesai blm?
    Saya juga mau share pengalaman pribadi, tgl 10 mar 18 saya beli iphone 8 di ib*x t, dan baru ketauan ada dent minor esokkan harinya, saya proses claim ke service center ib*x tp di void. Parah emang jujur saya kecewa bgt mreka hrsnya menjembatani qt utk claim garansi ke apple malah gag qt gag di support, dan saya minta solusi saya hrs kemana utk claim ini ke apple care kah? Trus mereka cuma bilang silahkan saja hubungi apple care nya tp sprtinya sulit utk diterima claimnya. See mereka bantu saya gag malah ngomong gtu. Akhirnya saya minta nomor apple care indonesia, yg ternyata qt jg bisa dptin nomornya dr web.. singkat cerita saya langsung ngubungin apple care indonesia dan krna di indonesia gag bisa mutusin, akhirnya saya dihubungkan dg apple singapore langsung, dan setelah itu saya langsung dpt support dari pic apple singapore saya disuruh kirim email bukti foto dent minor krn cacat produksi itu dan kirim service report dr ib*x. 1 minggu kmudian saya dihubungi apple singapore klo claim saya diproses dg penggantian unit baru dan saya disuruh menyerahkan hp saya ke service center utk diproses pengiriman ke singapore. Dan org service center di ib*x kaget saya bisa proses claim saya direct ke apple nya.. kesimpulan saya, after sales service apple sebnarnya bagus dan yg bikin citra itu jelek justru distributor premium reseller authorized  yg jelek bukan apple company nya. Saran saya langsung aja mbak telp ke apple support biar bsa dibantu, krna dr apple support nya bilang, klo saya mengalami kesulitan claim atau service center disini mempersulit, saya disuruh hubungi apple singapore buat dibantu prosesnya ke pihak service center disini..gtu.. semoga membantu..

    • 18 Juni 2018 - (00:13 WIB)
      Permalink

      Malam mba yan yan.. mau nanya, no tlp apple care indo tuh yg mana ya? Saya baru beli iphone X tgl 12 juni 2018, 2 hari kemudian tgl 15 juni 2018 hp nya tiba tiba layar nya mati, tetapi mesin nya nyala. Saya beli di ibox kelapa gading.. besok saya baru mau ke ibox nya dikarenakan pas hp saya mati, saya lagi nginep di luar kota, dan baru pulang hari minggu tgl 17 juni 2018. Liat dari komen2 nya, saya jd takut kalau saya jd ikut di mainin sama mereka. Padahal saya baru pake 2 hari.

  • 26 Maret 2018 - (17:23 WIB)
    Permalink

    Halo mba claudya ,mohon di update dong untuk kasus iphonenya.kbetulan sy jg rencana mw beli iphone x dlm wkt dekat ini,tp melihat banyaknya komplain tntg pelayanan aftersales ibox sy jd berfikir untuk ambil hp dari merek sebelah aja.tp masih ngebet jg sy mw beli iphone.tlong updateny y mba.

  • 28 April 2018 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Saya jg garansiin iphone 7+ sdh 3bulan stgh blm ada kabar jga, katanya msh dlm proses trus klo di tnya.
    Pas ane tanya lagi pastinya maksimal 4bulan ywdh ane msh sabar pokoknya 4 bulan ipon ane hrus ada.

  • 18 Agustus 2018 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Untuk rekan-rekan skalian, sy bukan karyawan Apple atau apapun itu, sy cm mau share pengalaman sy di sini. Menurut sy sejauh ini Apple itu yang after sales service plg bgus dibanding merk yg lain, kl ada msalah mending langsung kontak ke web Apple resmi. Dulu iphone dan macbook sy ada mslh, sy kontak lgsg ke web apple resmi dan ditelepon langsung dikasih solusi. Terus utk pertanyaan kenapa semua harus dilempar ke singapura, karena di sana ada store Apple resmi sdgkn di Indo hanya distributor resmi, jadi semua keputusan dari store resmi bkn distributor yg memberi keputusan. Jadi store resmi yg dkt di Indo cm Singapura dan Australia, cm biasa diklaim yg paling terdekat dan murah yaitu Singapura..

    Jadi saran sy buat rekan2 sekalian, beli di Ibox kl ada mslh tggl klaim di website resmi dijamin respon cepat, yg terpenting rekan2 bisa ngomong Inggris saja.
    Salam pengguna Apple

 Apa Komentar Anda mengenai iPhone 8 Plus?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

iPhone 8 Plus 64GB, Baru 6 Hari Pemakaian Sudah Mati Total, Ada Bebera…

oleh Claudiya Marcella dibaca dalam: 4 menit
10