Ditagih Annual Fee ANEH dari Kartu Kredit Digibank (DBS)

Saya ingin menuliskan keluhan saya mengenai pengalaman saya ditagih Annual Fee ANEH dari Kartu Kredit Digibank (DBS).

Sekitar awal Maret 2018 di Lotte Bintaro saya bertemu dengan marketing DBS bernama Bu Uli dan beliau menawarkan pengajuan kartu kredit Digibank dengan segala promo dan reward-nya, di mana dia juga bilang kalau ini FREE Annual Fee. Maka dari itu saya mengiyakan untuk dicoba pengajuannya dengan mengisi formulir, tanda tangan dan memberikan kelengkapan persyaratan yang diminta.

Pada tanggal 12 Maret 2018, saya kembali di WA oleh bu Uli untuk mengirimkan foto NPWP saya untuk proses pengajuannya, katanya dibutuhkan juga. Oke saya kirimkan juga foto NPWP saya (histori WA ada di HP saya).

Tidak lama sejak itu, sekitar awal April 2018, kartu kredit dikirimkan ke alamat kantor saya dan telah saya terima (nomor kartu 4157 36** **** 2718 – nomor lengkap ada pada redaksi, jenis Digibank Live Fresh Visa). Selang beberapa hari saya coba mengaktifkan kartu tersebut melalui aplikasi Digibank dari Playstore. Namun, setelah itu saya tidak pernah menggunakan kartu kredit tersebut untuk keperluan apapun, hanya mengaktifkannya saja.

Pada tanggal 24 April 2018, iseng saya buka aplikasi Digibank saya dan menemukan ada tagihan sebesar Rp 3.500.000,- dengan keterangan Annual Fee! #*&%&#@ What???

Tidak ada tagihan baik via email maupun tagihan cetak yang saya terima! Jika saya tidak membuka aplikasi Digibank, maka saya tidak akan pernah tahu ada keanehan tersebut. Kenapa aneh?

  1. Annual Fee muncul hanya selang +- sebulan setelah terima kartu.
  2. Tidak ada email tagihan yg saya terima baik elektronik maupun cetak.
  3. Nominal Annual Fee “TERANEH/TERGILA” Rp3,5 juta, di mana biasanya sekitar Rp300 ribu – Rp750 ribu (Annual Fee CC saya yang lain)

Lalu, saya pun menelepon ke call center DBS 1500327 (Selasa, 24 April 2018 08:54 WIB) diterima oleh Bu Miska. Saya ceritakan keanehan saya dan mengajukan komplain untuk penghapusan annual fee (tagihan) tersebut, karena tidak masuk akal! Dan Bu Miska pun membuatkan laporan penghapusan annual fee dengan nomor laporan 2018042400725, dijanjikan oleh Bu Miska akan diproses 7 hari kerja.

Sampai pada hari ini (Kamis, 3 Mei 2018) saya belum menerima update dari pihak DBS sama sekali! Maka saya pun mencoba cek aplikasi Digibank kembali dan menemukan tagihan masih ada + Late Charge sebesar Rp 10.500,- sehingga total tagihan saya Rp 3.510.500,-!! #^&%$@^%$

Kembali saya telepon ke Call Center DBS (Kamis, 3 Mei 2018 15:03 WIB) dan diterima oleh Bu Anis, saya kembali ceritakan masalah saya dan menanyakan laporan sebelumnya. Namun, Bu Anis pun tidak memberikan update/ info berarti (laporan saya sebelumnya tidak ada update?? #%&^%$). Sehingga bu Anis pun hanya membuatkan laporan investigasi tagihan annual fee + Late Charge (Rp 3.510.500) saja dengan nomor laporan baru 201805033284, dijanjikan kembali akan diproses dan di-update dalam 5-7 hari kerja. Dan dia pun memberikan statement seharusnya annual fee-nya hanya sebesar Rp300 ribu saja, tapi tetap tidak masuk akal kalau ditagih juga.

Sekarang saya hanya menunggu info dan itikad baik dari pihak DBS dalam 7 hari kerja kedepan (Senin, 14 Mei 2018), semoga ada jawaban atas pertanyaan dan keluhan saya ini.

Terima kasih.

Yosef Sigit Arifianto
Jakarta Barat 11530

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank DBS atas Surat Bapak Yosef Sigit Arifianto

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan Mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank DBS?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Ditagih Annual Fee ANEH dari Kartu Kredit Digibank (DBS)

oleh yosefsig dibaca dalam: 2 menit
23