Kecewa dengan Pelayanan AUTO2000 Kediri Suharmaji dan Pihak Leasing Astra Credit Company

Pada awalnya saya membeli sebuah mobil Toyota Innova 2.0 G Lux warna putih pada tanggal 23 April 2018. Saat itu saya dibantu oleh marketing atas nama Bpk. Rony, dijelaskan untuk proses pengajuan kredit mulai dari persyaratan, dan sudah setuju jika pengambilan kredit mobil tersebut atas nama adik saya, Aditama. Kemudian terjadilah kesepakatan harga. Karena saya dijanjikan ada promo dan mendapat diskon 20 juta, maka untuk DP awal sudah saya serahkan Rp 10 juta pada tanggal 26 April 2018 sebagai tanda keseriusan saya untuk membeli unit tersebut. Kemudian per tanggal 30 April 2018 saya melunasi kekurangan DP dengan nominal Rp 51.950.000 ditransfer via rekening BCA 033.330216.8 a.n. Astra Internasional cabang Kediri Brawijaya dengan nomor SPK “T-480-04090”.

Pada tanggal 30 April 2018 ada survey lokasi rumah dan tempat usaha. Namun hingga saat ini tidak ada kejelasan disetujui tidaknya untuk pengajuan saya. Ini yang membuat saya kecewa, masa pelayanan ASTRA seperti ini? Ini tidak profesional sekali, saya sudah kooperatif untuk membayar lunas DP, namun mana untuk barang yang saya pesan? Tidak ada kejelasan hingga kini.

Kemudian pada tanggal 02 Mei 2018 saya pun datang ke pihak AUTO2000 Suharmaji untuk menanyakan sampai mana prosesnya dan diinfokan oleh Pak Roni saat itu bahwa rekening tabungan 3 bulan terakhir yang disertakan tidak valid/meragukan. Bagaimna bisa ini bisa dianggap tidak valid ? Sedangkan memang itu benar benar asli rekening dari bank. Kemudian disarankan oleh Bpk. Rony untuk melampirkan dari bank lainnya. Saya sampaikan bahwa saya hanya memiliki rekening tabungan yang lain adalah rekening giro, jadi sistemnya tidak menggunakan passbook. Dari sini sudah ada pengarahan dan dijanjikan akan ada survey ulang dari pihak leasing ACC yang bernama Ibu Winda.

Namun hingga tanggal 05 Mei 2018 tidak ada kejelasan kembali dan saya mencoba mengunjungi dealer. Saat itu memang saya ingin bertemu langsung dengan kepalanya, Bpk. Dwi Bayu. Namun saat itu tidak bisa karena ada pihak CS dan menyarankan cukup di CS saja sudah bisa meng-handle. Oleh pihak CS dipertemukan dengan Bpk. Roni sebagai marketing awal saya, kemudian oleh Bpk. Rony dicoba dihubungkan lewat telepon ke pihak leasing dan kemungkinan nanti akan disurvey ulang. Saat itu saya berbicara dengan seorang perempuan, saya tidak tanya namanya, mengaku petugas dari surveyor Astra Credit.

Yang saya tanyakan mengapa bermuluk-muluk, tidak terjadi kejelasan, saling lempar antara dealer dan pihak leasing Astra Credit? Jika sudah disurvey, ya sudah hasilnya bagaimana? Sampai saat ini pun tidak ada kabar. Menurut saya ini terlalu birokratis dan tidak transparan. Saya juga kecewa sebagai customer/nasabah, kenapa menunggu hasil berbelit-belit harus survey ulang. Bagaimana SOP Astra Credit dan dealer yang sudah sekelas internasional, masa kasus seperti ini tidak bisa menyelesaikan? Jadi saya selaku customer tidak perlu menunggu-nunggu dan tidak perlu bolak-balik dealer untuk memastikan status pengajuan saya, apalagi jelas DP 100% sudah saya bayar. Kemudian jika disurvey ulang hingga 07/05/18 pukul 14.00 tidak ada kabar dari pihak leasing dan dealer, saya rasa ini mungkin permainan leasing. Usaha saya jelas sudah terdaftar SIUP/TDP asli kenapa masih ditanyakan usaha yang lain, jika ingin mengetahui usahanya memang banyak tidak hanya satu lokasi saja? Itu niatnya untuk memastikan keasliannya atau mau sensus?

Jika disetujui kan barang bisa dikirim, jika tidak kan uang bisa dikembalikan saat itu juga, transfer ke rekening tanpa harus berbelit-belit. Saya pinjam di Bank BCA dengan nominal ratusan juta saja prosesnya tidak rumit, setelah survey besok langsung pencairan dana. Sungguh saya sangat kecewa dengan pelayanan Group Astra terutama AUTO2000 Suharmaji dan pihak leasingnya.

Danang Antoni
Kediri – Jawa Timur


Update: Penulis mengirimkan surat pembaca kembali yang berisi apresiasi untuk Auto2000 Kediri Suharmaji yang telah menindaklanjuti masalah ini.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AUTO2000 Kediri Suharmaji:
[Total:11    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai AUTO2000 Kediri Suharmaji?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa dengan Pelayanan AUTO2000 Kediri Suharmaji dan Pihak Leasing As…

oleh DANANG ANTONI dibaca dalam: 2 min
0