Kecewa dengan Produk Xiaomi Mi A1, Kualitasnya Tidak Standar

Saya pengguna smartphone Xiaomi MI A1 Black 4GB RAM dan 64GB ROM. Saya membeli device bergaransi Resmi TAM ini pada 09 Juni 2018 melalui website marketplace Bukalapak.com.

Pada Smartphone Xiaomi MI A1 yang saya miliki ini terdapat kejanggalan di mana “Kualitas Layar Berwarna Kuning/Kekuningan dan Terlihat Kusam”. Kualitas ini berbeda dengan smartphone Xiaomi MI A1 lain yang pernah saya lihat di Erafone Store maupun milik pengguna lain yang juga menggunakan device yang sama yaitu Xiaomi MI A1. Di mana device Xiaomi MI A1 lain yang pernah saya lihat “Kualitas Layar Berwarna Putih Bersih” dan kualitasnya berbanding terbalik dengan device Xiaomi MI A1 yang saya miliki.

Tidak hanya buruk di sisi tampilan layar, hasil jepretan foto-nya pun berbeda. Device Xiaomi MI A1 saya terlihat menghasilkan foto yang cenderung ke abu-abuan dan tidak natural seperti device Xiaomi MI A1 yang sesuai dengan spesifikasi maupun review-review yang dituliskan pada website promosi device Xiaomi MI A1.

Keluhan ke-3 adalah device Xiaomi MI A1 milik saya juga mudah panas, suhu dalam kondisi diam bisa mencapai 37C – 38C dan bisa melebihi 45C bila digunakan untuk bermain game Mobile Legends selama kurang lebih 4 menit. Saya sudah bandingan dengan device lain, suhu rata-rata bermain game yang sama hanya di bawah 40C, yang artinya device Xiaomi MI A1 lain tidak se-panas device Xiaomi MI A1 milik saya.

Pada hari ini, 5 September 2018 saya melakukan komplain ke Xiaomi Exclusive Service Bekasi yang beralamat di Mega Bekasi Hypermall, 2nd floor block. G 2 No. 10 Jl. Jend. Ahmad Yani No, Marga Jaya, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141 untuk mencari solusi atas ke-3 kendala pada device Xiaomi MI A1 milik saya.

Di Xiaomi Exclusive Service Bekasi, saya bersama Customer Service Xiaomi Exclusive Service Bekasi membandingkan Device Xiaomi MI A1 yang terpajang disana dan device Xiaomi MI A1 milik pengguna lain yang sedang di-service juga.

Hasilnya, memang benar device Xiaomi MI A1 milik saya memiliki “Kualitas Layar Berwarna Kuning/Kekuningan dan Terlihat Kusam” dan hasil kamera pun tidak baik tidak seperti device Xiaomi MI A1 lain yang sedang kami bandingkan.

Namun, kejadian yang sangat saya sesalkan adalah penjelasan dari Customer Service Xiaomi Exclusive Service Bekasi yang mengganggap hal ini adalah “NORMAL” dan “BUKAN KERUSAKAN PRODUKSI” dikarenakan pada device Xiaomi khususnya Xiaomi MI A1 memang memiliki 2 jenis device dengan kualitas berbeda dikarenakan dibuat dari “Distributor yang Berbeda”. Padahal, sudah jelas bahwa ada kejanggalan pada device Xiaomi MI A1 milik saya yang kualitasnya tidak sama dengan device Xiaomi MI A1 pada umumnya.

Apakah memang seperti ini device yang dijual oleh Xiaomi Indonesia? Menjual barang sejenis namun dengan 2 kualitas berbeda tetapi tidak meninformasikannya kepada pelanggan secara jelas? Tidak ada informasi pada DUS barang yang dijual yang menerangkan adanya perbedaan layar pada device Xiaomi Mi A1 agar pembeli paham betul apa yang akan mereka beli?

Hal ini sangat disesalkan, mengingat saya membeli produk dari Merek terkemuka namun mendapatkan kualitas dan layanan seperti membeli “Kucing Dalam Karung”.

Melalui Media Konsumen ini, saya berharap Xiaomi dapat memberikan solusi dari permasalahan saya di atas dan melakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Note: Saat ini Device Xiaomi Mi A1 saya sedang berada di Xiaomi Exclusive Service Bekasi, Namun tidak ada kepastian dan jaminan apakah device saya akan diberikan layar seperti Device Xiaomi Mi A1 yang menurut saya memiliki kualitas baik seperti yang saya sebutkan di atas. Dikarenakan menurut Xiaomi, hal tersebut adalah “NORMAL” dan “BUKAN KERUSAKAN PRODUKSI”.

Terima Kasih.

Wakhid Nusa Bakti
Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Xiaomi Indonesia:
[Penilaian Rata-rata: 3.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Xiaomi Indonesia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa dengan Produk Xiaomi Mi A1, Kualitasnya Tidak Standar

Wakhid Nusa Bakti 2 menit
0