Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

Nama saya Inge Citra Tania, di sini saya ingin bercerita sedikit ya. Saya terjebak dengan pinjaman online 20 aplikasi. Kebayang donk dengan total berapa? Kalau ditanya gaji, gaji saya lumayan di kantor. Awalnya saya selalu bayar dan tarik lagi, begitu terus. Sampai pada awal Agustus saya memutuskan untuk berhenti. Saya sadar sepertinya ada yang salah nih dengan sistem bayar saya, karena sampai kapan pun hutang saya gak ketutup dan gaji saya tiap bulan habis hanya buat bayar bunga. Akhirnya saya stop bayar.

Saya terima semua resiko penagihan mereka, mulai dari teror ke teman-teman, ke orang tua sampe ke big boss saya. Jujur kalo ditanya tertekan, ya saya sangat tertekan, kalo ditanya kecewa, ya saya sangat kecewa, kenapa yang kaya gini bisa kelolosan dengan OJK? Korban sudah banyak, tapi seakan pemerintah tutup mata akan hal ini.

Keluarga saya berantakan karena ini, kakak-kakak saya ninggalin saya, orang tua saya jatuh sakit, suami saya ninggalin saya. Belum lagi para teman-teman yang mencela saya karena mereka juga diganggu oleh penagihan pinjol tersebut yang mengambil data kontak di hp saya. Terus saya bisa komplain ini ke mana? Minta tolong ke siapa?

Inilah resiko saya karena sudah pinjam di pinjaman online tsb. Oke saya terima dengan sangat menyesal. Dan sekarang pikiran saya cuma 1, gimana caranya saya bayar. Saya sudah email ke semua aplikasi yang saya pinjam, minta pembayaran cash bertahap dan berhenti bunga, tapi gak bisa. Seandainya semua pinjaman online mampu memberi keringanan ke pada para nasabah dengan cicilan tetap dan stop bunga, saya yakin banyak nasabah yang akan membayar.

Saya gak tau SOP mereka seperti apa? Dan saya juga gak tau harus memohon kepada siapa agar pinjaman online tersebut di hapuskan dari Indonesia. Kasihan orang-orang yang tertekan, kasihlah kelonggaran untuk orang orang yang niat membayar. Saya mohon OJK dan Pemerintah turun tangan akan hal ini. Korban pinjaman online sudah mencapai ratusan. Apa nunggu semua korban pinjaman online bunuh diri karena tertekan baru suara mereka didengar?

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Komentar

  • tolong dong masukin saya pada group, saya benar benar ingin terbebas dari pinjol yang sekarang 17 apk. please mohon bantuannya

    wa 0813154956**

  • Tolong dibantu min, saya juga jadi korban pinjol huhu...
    0852311620** tolong saya dibantu.. awalnya sy butuh untuk usaha saya namun lama kelamaan jadi kecanduan dan ditutupi oleh kesuksesan duniawi yg instan

  • Intinya sih kalau pengin sesuatu, tidak ada duit, ya nabung dulu... ga perlu maksa, tidak ada namanya instan kecuali ente anak sultan. Dan segala hal itu ada terms and conditions, selama ente baca ya paham harusnya, jangan asal scroll dan setuju. Apalagi app itu pasti ada peringatan kalau app nya minta akses ke kontak dll.

  • Jangan percaya pada akun-akun IG dan FB yang mengiming-imingi jasa hapus utang pinjol dengan tarif ratusan ribu hingga jutaan per apk. Para penipu selalu menggunakan kesempatan atas kesulitan korban pinjol untuk menipu.

    Banyak korban penipuan oleh akun-akun IG dan FB, mereka tidak segan-segan mengaku sebagai costumer service (CS) dari perusahaan fintech lending hingga bank untuk menipu. Jangan tergoda dengan iming-iming para penipu di media sosial.

    Sudah diperas habis-habisan oleh rentenir pinjol dengan bunga dan denda yang super tinggi, tertipu lagi oleh penjahat medsos. Udah jatuh ketimpa tangga.

    Berdasarkan peraturan OJK, pinjol hanya boleh menagih utang kepada nasabah selama 90 hari, setelah 90 utang akan hangus. Pinjol tidak boleh menagih utang lebih dari 90 hari. Konsekuensi bagi nasabah yang tidak bayar utang adalah akan masuk blacklist.

    Bagaimana jika terlanjur masuk blacklist? baca "Cara Menghapus 'Blacklist BI Checking" berikut ini:

    https://www.cermati.com/artikel/cara-menghapus-blacklist-bi-checking

    Kesimpulannya, jangan pernah tergiur iming-iming penghapusan utang apk pinjol oleh akun-akun penipu medsos, karena semua itu adalah penipuan. Jangan pernah menerima tawaran pencairan dana atau menaikkan limit pinjaman dengan menyerahkan kode OTP atau data sentitif kepada akun penipu.

  • Saya dlu jg gt bayar tepat waktu..nah pas ada musibah atm dibobol orng jd gk bs byr pinjol akhirnya galbay..tolong dong gimana solusinya..apa bener klu gk byr sebar data dn dtng ke kantor

    • Saya juga LG alam kk tiap hari di tlp2 trus tolong masukin kegrub juga dong kk 0812956109** tiap hari hidup ga tenang KK

      • Saya juga punya masalah yg sama.
        Ada yg bisa bantu?? Boleh invite ke grup atau chat WA jg gpp. No WA saya:
        08114300-dua kosong dua
        11 angka yah. Tolong bantuannya. Makasih.

  • Sy lebih parah lg, sy bukan yg peminjam, kebetulan temen kantor memasukan sy sebagai emergency kontaknya. Eh sy yg di tagih2, katanya temen sy ga angkat teleponnya. sy dimintain tolong untuk segera menghubungi temen sy nya tp dg bahasa yg sm sekali tidak sopan. Ngata2in maaf "bangsat" lah apa lah, nuduh2 org bersekongkol lah, apa sih mksdnya. Ya sy marah lah. Udah bukan sy yg pinjam ngomongnya kasar, dikata2in. Sampe sy suruh tuh org tobat, cari kerja yg bener, ini kerjaan cm maki2 org malah nyari dosa, yg ada dapet uang haram tuh, makan. Eh dia makin marah. Ini undang2 atas perbuatan tidak menyenangkan yg ky gini bs di tuntut ga sih? Jd kasian aja sm org2 yg minjem online gt, mereka minjem jg kepepet ga mungkin main2, karena sangat butuh tp yg nagihnya biadab bgt. Ke yg ga minjem aja ngata2in kasar ga kebayang sm org yg pinjem ke mereka itu. Tolong lah segera ditindak yg ky gitu2, DC legal pun sudah tidak boleh mengancam, berkata kasar, dsb. Klo yg ky gini kynya mereka tidak terdaftar di ojk deh

  • Setujuuuuuu......sama persis....awalnya bayar tepat wkt.pas ada kendala telat bbrp jam mreka sebar data.sudah lapor jg ke polda.walaupun akirnya saya bayar jg.pinjol yg lain msh ada jg sih.tp saya pikir" jg sprt itu kyk anda jg.pasang badan.......ganti nomer.krn klo kita baca wa dr DC ato dpt telp dr DC ato liat sms dr DC malah mental kita jd down.mending ga denger ato ga baca wa mreka .klo mau samperin rumah dan DC kasar dilawan aja.toh piutang itu perdata bukan msk pidana.klo termasuk pidana penjara penuh.siapa yg mau kasi makan kalian klo penjara isinya penunggak gagal bayar pinjol?baca undang" nya.cari tau.selama ini kita diakalin mereka.gantian kita akalin mereka biar bangkrut.

  • Mengapa dc pinjol lebih berbahaya tp keliatan dibiarkan mereka menekan, mengintimidasi, mengancam, mencemarkan... Sungguh tidak beradap dan sulit diajak negosiasi