Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

Nama saya Inge Citra Tania, di sini saya ingin bercerita sedikit ya. Saya terjebak dengan pinjaman online 20 aplikasi. Kebayang donk dengan total berapa? Kalau ditanya gaji, gaji saya lumayan di kantor. Awalnya saya selalu bayar dan tarik lagi, begitu terus. Sampai pada awal Agustus saya memutuskan untuk berhenti. Saya sadar sepertinya ada yang salah nih dengan sistem bayar saya, karena sampai kapan pun hutang saya gak ketutup dan gaji saya tiap bulan habis hanya buat bayar bunga. Akhirnya saya stop bayar.

Saya terima semua resiko penagihan mereka, mulai dari teror ke teman-teman, ke orang tua sampe ke big boss saya. Jujur kalo ditanya tertekan, ya saya sangat tertekan, kalo ditanya kecewa, ya saya sangat kecewa, kenapa yang kaya gini bisa kelolosan dengan OJK? Korban sudah banyak, tapi seakan pemerintah tutup mata akan hal ini.

Keluarga saya berantakan karena ini, kakak-kakak saya ninggalin saya, orang tua saya jatuh sakit, suami saya ninggalin saya. Belum lagi para teman-teman yang mencela saya karena mereka juga diganggu oleh penagihan pinjol tersebut yang mengambil data kontak di hp saya. Terus saya bisa komplain ini ke mana? Minta tolong ke siapa?

Inilah resiko saya karena sudah pinjam di pinjaman online tsb. Oke saya terima dengan sangat menyesal. Dan sekarang pikiran saya cuma 1, gimana caranya saya bayar. Saya sudah email ke semua aplikasi yang saya pinjam, minta pembayaran cash bertahap dan berhenti bunga, tapi gak bisa. Seandainya semua pinjaman online mampu memberi keringanan ke pada para nasabah dengan cicilan tetap dan stop bunga, saya yakin banyak nasabah yang akan membayar.

Saya gak tau SOP mereka seperti apa? Dan saya juga gak tau harus memohon kepada siapa agar pinjaman online tersebut di hapuskan dari Indonesia. Kasihan orang-orang yang tertekan, kasihlah kelonggaran untuk orang orang yang niat membayar. Saya mohon OJK dan Pemerintah turun tangan akan hal ini. Korban pinjaman online sudah mencapai ratusan. Apa nunggu semua korban pinjaman online bunuh diri karena tertekan baru suara mereka didengar?

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 3]

532 komentar untuk “Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

  • 29 September 2018 - (06:16 WIB)
    Ada yg santai nagih nya.. ada pula tiap jam tlp n SMS n wa pula.. pdhl bunga nya juga di bayar klo telat. Malah bikin sengsara.. gali lobang tutup lobang terus…
  • 29 September 2018 - (06:53 WIB)
    tlog masukn saya ke group saya jg mempunyai masalah yg sama
    081936931935
  • 6 Oktober 2018 - (01:34 WIB)
    tolong masukin saya 087784898879 ke group krn saya juga terjebak pinjol, padahal saya punya niat baik utk bayar tdk kabur tetapi minta keringanan bayar bertahap & bunga di stop
    • 1 Januari 2019 - (19:11 WIB)
      Kalau memang ada group Dan solusi penyelesaian Dari pinjol mau dong di mskin wa 08111371300…trima ksh mohon pencerah an nya.
  • 6 Oktober 2018 - (13:35 WIB)
    ya saya juga tlong masukin saya juga ke group 081252334789 saya juga punya pinjaman online 20 danskrg ssya sdah gak bisa bayar awlmya masih lancar tpi lama2 menguras gaji dan semuanya skrg saya mau berhenti tpi minta keringana untuk membayar malah gak bisa
  • 17 Oktober 2018 - (16:22 WIB)
    Mohon pencerahannya ..saya juga terlibat penjol awal nya lancar Krn kendala saya belum bisa bayar tpi bunga terus berjalan dri pinjaman murah sampai saya hrs membayar jutaan rupiah tolong solusinya masukkan saya ke grup .. Diah 0895364521442… Akhirnya suami saya kena serangan stroke…mohon bantuan pencerahannya..
  • 19 Oktober 2018 - (05:12 WIB)
    Masukan saya ke grub ya saya juga punya masalah yg sama gak bisa tidur rasanya pingin bunuh diri saja 082340127496
  • 19 Oktober 2018 - (09:37 WIB)
    Sebelumnya saya turut prihatin dengan ibu. Semoga ada penyelesaian yang terbaik dari kedua belah pihak. Saran saya, datangi saja kantornya bu. Jadi ibu punya rekam jejak itikad baik untuk menyelesaikannya. Dan rekam jejak itu bisa dipakai jika nanti sengketa. Itu si pendapat saya.
    Tapi inilah kurang lebihnya suka dukanya pinjaman onlen.
    Dan berikut adalah dukanya pinjaman onlen menurut saya.
    Jujur saja mungkin kebanyakan peminjam tidak mau (malas) membaca syarat dan ketentuannya dan hanya berasumsi paling aturannya sama, telat ya denda dan lain sebagainya. Padahal tidak sedikit kasus kasusnya bertebaran di surat kabar, instagram dan internet. Entah tidak tau, entah malas membaca atau berpikir kasus tersebut tidak akan terjadi pada diri kita krna kita terlalu menganggap enteng bahkan mungkin berpikir “halah pinjeman cuma sejuta aja, paling kalo telat bayar berapa sih dendanya. ah gampanglah.”
    Disitulah letak kesalahan awal kita sebagai peminjam dan tidak berpikir bahwa hal itu akan berdampak amat fatal.
    Pernah berpikir tidak kenapa pinjaman onlen saat ini menjamur dan berani ambil risiko gagal bayar oleh para peminjamnya?
    Apakah mereka dengan bodohnya asal-asalan mendirikan pinjol tanpa perhitungan yang matang?
    Mungkin saja ada benarnya jika dikatakan mereka memiliki senjata ampuh yaitu menghubungi daftar kontak di dalam hape anda jika anda mangkir bayar tagihan. Bisa dibayangkan tidak mereka bisa saja dan sanggup melihat semua isi jeroan hp anda dalam sekejap dan dengan bebasnya? Tapi ingat tidak bahwa hal itu terjadi karena persetujuan awal perjanjian dengan anda?
    Dan namanya senjata ya digunakan pasti saat keadaan memaksa. nah itulah mengapa mereka menelepon kontak-kontak yang ada di hape anda saat anda gagal bayar.
    Kemudian, seringnya kita tidak sadar jika pinjaman onlen itu tidak ada yang tidak memberikan bunga harian.
    Palagi kalo sudah telat, selain bunga harian juga terkena denda. Dan tidak main main loh, denda sehari itu rata-rata 2%. Jika anda pinjam 1 juta, denda sehari itu mencapai 20rb. Belum itu bunga hariannya. Dan kalo anda telat 5 hari, tinggal hitung saja jadinya berapa.
    Anehnya saat kita tidak bisa membayar sejumlah yang sesuai perjanjian, kita sebagai peminjam seringnya ngeles dengan segala macam alasan. Entah alasan dengan kondisi sebenarnya karena kesulitan keuangan atau memang mau menghindar dari penagihan.
    Serta merta yang jelas para debt collector mulai beraksi ini dan itu dan kita mulai gerah dengan aksi mereka yang kita anggap melanggar privacy krna menghubungi daftar kontak di hp kita baik dengan cara menelepon, sms atau whatsapp.
    Nah selanjutnya bisa dibayangkan tidak setelah itu pasti tinggal adu kuat-kuatan mental antara kita sebagai peminjam dan para debt collector.
    Dan apakah kita tidak pernah dengar bahwa yang namanya debt collector itu hanyalah petugas yang bekerja digaji untuk menjalankan tugas yang diperintahkan oleh perusahaan?? Secara pribadi mungkin mereka bisa saja simpatik bahkan empati terhadap kondisi kita yang gagal bayar (jika alasannya memang kita kesulitan membayar krna musibah). Tapi secara pfofesional, apa iya mereka yang digaji itu tidak menjalankan tuganya untuk menagih anda? Dan kita sebagai peminjam pasti mana mau perduli jika mereka pun dikejar target penagihan kan?
    Dan kalo dipikir-pikir kan kondisi kesulitan yang anda alami itu awalnya adalah sebenar-benarnya adalah masalah anda, bukan mereka pada debt coll. Bener ga ya?
    Cuma memang tidak sedikit debt collector yang dianggap melewati batas dalam cara menagihnya. Itu pasti kita sudah sering dengar atau tau juga bukan?
    Nah saya cuma bisa berpesan buat yang mau mengambil pinjaman onlen.
    HATI-HATILAH DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN.
    Termasuk keputusan meminjam pinjaman onlen.
    Jika kita mau uangnya, mau tidak mau, suka tidak suka, kita terikat dengan aturan dari pinjaman onlen tersebut. Ingat bahwa mereka bukan perusahaan social, perusahaan amal atau sejenisnya. Mereka adalah PELAKU BISNIS.
    JANGAN MUDAH TERGIUR, karena JIKA TANPA PERHITUNGAN KESANGGUPAN BAYAR, akan SANGAT TIDAK SEPADAN dengan perlakuan yang akan anda terima saat anda gagal bayar beneran dari aksi-aksi para debt collector pinjol itu dibanding dengan jumlah uang yang anda terima pertama kali. Berpikirlah yang TERBURUK seandainya anda benar-benar tidak bisa membayar nantinya, apakah ada solusi yang ditawarkan pinjol seperti yang ditawarkan sebuah Bank jika ada debiturnya yang gagal bayar semacam reschedule? Jika tidak ada, berarti ANDA NEKAT JIKA MASIH MAU MEMINJAMNYA yang berarti RISIKO DITANGGUNG SENDIRI. Bener tidak?
    BIASAKAN BERPIKIR JIKA ANDA GAGAL BAYAR TIDAK ADA SEORANG PUN YANG BISA MEMBANTU HUTANG ANDA.
    Karena ujung-ujungnya anda tetap harus mempertanggungjawabkan keputusan anda pada akhirnya.
    Menurut saya, tetap lebih baik berhutang kepada keluarga atau orang yang anda kenal baik drpd pinjol.
    Ingat bahwa pinjol itu adalah BISNIS. Mereka mencari keuntungan. Dan seharusnya memang kita wajib tunduk dengan syaratnya jika kita sudah memutuskan setuju dari awal.
    Jika tidak sanggup dengan syarat pinjaman pinjol, lebih baik tidak usah meminjam, toh mereka juga tidak memaksa kita kan?
    Yang terakhir adalah: INGAT BAHWA INI ADALAH KEPUTUSAN KITA. Jadi kita harus SECERDAS MUNGKIN dalam mengambil keputusan.
    Buat apa dapat pinjaman kecil, tenor pendek, syarat dokumen banyak, syarat ketentuan menyentuh area privacy dan ujung-ujungnya buat susah keluarga dan orang lain.
    THINK SMART GUYS. SALAM BEBAS HUTANG!
    • 23 November 2018 - (10:49 WIB)
      keren pak kata kata nya, ya susah juga, DC ditekan dari perusahaan Debitur terkenan karna keadaan. Jujur saya dulu DC karna sering baca keluhan korban pinjol akhir nya saya risegn karna mungkin saya rasa kerjaan saya ini banyak yang jadi tertekan dan BANYAK yang akan mendoakan keburukan untuk saya
    • 5 Januari 2019 - (18:09 WIB)
      MENURUT KOMINFO, PINJAMAN ONLINE ILEGAL TIDAK USAH DIBAYAR KARNA SEMUA TRANSAKSI YANG TERJADI TIDAK SAH, TIDAK ADA LANDASAN UNTUK PINJAMAN ONLINE ILEGAL, MALAH MEREKA YANG LAPOR POLISI MEREKA YANG DITANGKAP, KATA PA MENTRI KOMINFO, JIKA SAMPAI MERUGIKAN PENCEMARAN NAMA BAIK DIANJURKAN MELAPOR KE POLISI TERDEKAT BAP, OJK DAN KOMINFO BEKERJA SAMA LAGI MEMBERANTAS PINJAMAN ONLINE ILEGAL,
      • 9 Januari 2019 - (08:48 WIB)
        Saya ingin melporkan pinjol ke kominfo bagai mana caranya kemaren sudah saya lporkan ke ojk tapi blum ada respon.
    • 18 Januari 2019 - (13:00 WIB)
      bagus pak pencerahannya .. saya juga pengguna pinjol dan saya tau resikonya cuma terkadang yg membuat kami para konsumen geram adalah pihak DC yng cara penagihannya tidak beretika .. belum telat saja sudah bisa sebar data … dan lebih parahnya lagi ada bberapa korban pinjol disini sampai dibuatkan GRUP di WA yng berisikan meminta sumbangan dll dengan kata2 yg sangat tidak enak dibaca ,, ada pihak pinjaman online yg baik ,,yg memberika keringan bayar dan keringanan bunga .. ada juga sama sekali tidak berprikemanusiaan ..
  • 23 November 2018 - (09:35 WIB)
    Saya mengalami hal yang sama, mohon invite saya di grup wa 082276676107
  • 23 November 2018 - (10:26 WIB)
    Ibu juga sama ad kt kt sms ancaman segala ibu jadi stress serasa pingin mati
    • 5 Januari 2019 - (18:09 WIB)
      MENURUT KOMINFO, PINJAMAN ONLINE ILEGAL TIDAK USAH DIBAYAR KARNA SEMUA TRANSAKSI YANG TERJADI TIDAK SAH, TIDAK ADA LANDASAN UNTUK PINJAMAN ONLINE ILEGAL, MALAH MEREKA YANG LAPOR POLISI MEREKA YANG DITANGKAP, KATA PA MENTRI KOMINFO, JIKA SAMPAI MERUGIKAN PENCEMARAN NAMA BAIK DIANJURKAN MELAPOR KE POLISI TERDEKAT BAP, OJK DAN KOMINFO BEKERJA SAMA LAGI MEMBERANTAS PINJAMAN ONLINE ILEGAL,
    • 5 Januari 2019 - (18:10 WIB)
      MENURUT KOMINFO, PINJAMAN ONLINE ILEGAL TIDAK USAH DIBAYAR KARNA SEMUA TRANSAKSI YANG TERJADI TIDAK SAH, TIDAK ADA LANDASAN UNTUK PINJAMAN ONLINE ILEGAL, MALAH MEREKA YANG LAPOR POLISI MEREKA YANG DITANGKAP, KATA PA MENTRI KOMINFO, JIKA SAMPAI MERUGIKAN PENCEMARAN NAMA BAIK DIANJURKAN MELAPOR KE POLISI TERDEKAT BAP, OJK DAN KOMINFO BEKERJA SAMA LAGI MEMBERANTAS PINJAMAN ONLINE ILEGAL,
  • 24 November 2018 - (03:20 WIB)
    Saya juga sama terlilit hutang pinjol
    Sampai 6 JT lebih blm Ama bunga nya yg berjalan

    Mohon solusinya teman teman saya pengen keluar dari jeratan ini

    Wa saya
    085788131378

  • 25 November 2018 - (14:53 WIB)
    Saya jg mengalami hal yg sama, saya gak sadar bisa melakukan pinjaman, sampai sekarang saya nunggak sampai 20 aplikasi, hampir semua gak mau tau,bukannya saya gak mau bayar,sta terkena musibah,ada yg hampir 30 har, hampr semua teror, sms ke semua kontak dsb, ada solusi, bisa masuk ke grup wa saya 085931010362
  • 2 Desember 2018 - (09:27 WIB)
    Saya mempunyai pengalaman yang sama untuk pinjaman online ini, saya mempunyai hutang di beberapa aplikasi online, mohon bantuannnya untuk masukkan saya ke grup wa ini no wa saya 082276676107
  • 7 Desember 2018 - (11:21 WIB)
    Saya mengalami hal serupa
    Suami saya bangkrut dan kami justru malah meninggalkan hutang ini
    Tolong pencerahannya ???
    089655959362
  • 7 Desember 2018 - (22:23 WIB)
    Sama, hal yg sama juga terjadi pada saya. Bisa masukkan grup 085790435109 terimakasih
  • 17 Desember 2018 - (07:38 WIB)
    Masukin no. saya.. Sama mengalami penderitaan akibat pinjaman online di 12 aplikasi.. mudah2an dpt saling berbagi dan mendapat solusi juga tdk merasa sendirian dlm menghadapi masalah ini.
    081222415420
  • 19 Desember 2018 - (13:52 WIB)
    Saya memiliki hal yang sama mempunyai pinjaman online di beberapa aplikasi… mohon masukan saya ke grup wa untuk solusi nya seperti apa 082276676107
  • 19 Desember 2018 - (15:56 WIB)
    tolong masukkin grup WA dong 082162887200 saya juga bingung ne lihat pinjol g siap2 apa ada hukum yg bsa menghendel data
  • 20 Desember 2018 - (14:40 WIB)
    Saya jga mau dong gabung 081297984499. Saya jga sudah terjebak pinjol. Dan sudah 4 app yg belum bisa saya bayarkan
      • 4 Februari 2019 - (20:59 WIB)
        Pinjol itu bs dtgi kita kerumah gak ya.mohon penglaman nya dibagi.saya jga pya mslah tntng pinjol ini.saya merasa mau bunuh diri.tp saya mikir ank saya 3 msi kecil2..tlong bntu saya gimana.
  • 22 Desember 2018 - (13:19 WIB)
    Liem sya sdah chat wa, tp blm di blas. Tlng yaa sya ingin solusinya sprti apa. Trima kasih
  • 22 Desember 2018 - (14:41 WIB)
    Saya juga punya pinjaman ke online saya tidak bsa bayar dan bunga terus bertambah,tolong kasih solusinya ini wa saya 081930775433
  • 23 Desember 2018 - (19:19 WIB)
    saya jg punya masalah yg sama tolong masukan grup wa 085921589741
    • 4 Januari 2019 - (11:18 WIB)
      Gimana klo kita minta bantuan FPI buat bikin jera fintech2 ilegal yg uda diblokir tp masih nagih2 ?
  • 24 Desember 2018 - (08:58 WIB)
    Tolong masukkan grup wa…saya jg mengalami hal serupa…saat ini saya tertekan sekali…bingung harus bagaimana. No Hp saya 083837330266
  • 24 Desember 2018 - (17:52 WIB)
    Saat ini saya juga mengalami hal yang sama punya pinjol bermasalah 085324639178
    • 5 Januari 2019 - (18:08 WIB)
      MENURUT KOMINFO, PINJAMAN ONLINE ILEGAL TIDAK USAH DIBAYAR KARNA SEMUA TRANSAKSI YANG TERJADI TIDAK SAH, TIDAK ADA LANDASAN UNTUK PINJAMAN ONLINE ILEGAL, MALAH MEREKA YANG LAPOR POLISI MEREKA YANG DITANGKAP, KATA PA MENTRI KOMINFO, JIKA SAMPAI MERUGIKAN PENCEMARAN NAMA BAIK DIANJURKAN MELAPOR KE POLISI TERDEKAT BAP, OJK DAN KOMINFO BEKERJA SAMA LAGI MEMBERANTAS PINJAMAN ONLINE ILEGAL,
  • 1 Januari 2019 - (19:16 WIB)
    Saya mempunyai masalah yg sama …klw ada solusi pencerahan boleh dong share.klw ada group masukin dong ke group 08111371300
    Trima ksh
    • 5 Januari 2019 - (18:08 WIB)
      MENURUT KOMINFO, PINJAMAN ONLINE ILEGAL TIDAK USAH DIBAYAR KARNA SEMUA TRANSAKSI YANG TERJADI TIDAK SAH, TIDAK ADA LANDASAN UNTUK PINJAMAN ONLINE ILEGAL, MALAH MEREKA YANG LAPOR POLISI MEREKA YANG DITANGKAP, KATA PA MENTRI KOMINFO, JIKA SAMPAI MERUGIKAN PENCEMARAN NAMA BAIK DIANJURKAN MELAPOR KE POLISI TERDEKAT BAP, OJK DAN KOMINFO BEKERJA SAMA LAGI MEMBERANTAS PINJAMAN ONLINE ILEGAL,
  • 4 Januari 2019 - (11:28 WIB)
    Saya mengajukan usul agar minta bantuan FPI untuk melawan fintech2 ilegal yg uda terblokir tp msh nagih dengan cara mengancam dengan cara tidak manusiawi
  • 5 Januari 2019 - (18:03 WIB)
    MENURUT KOMINFO, PINJAMAN ONLINE ILEGAL TIDAK USAH DIBAYAR KARNA SEMUA TRANSAKSI YANG TERJADI TIDAK SAH, TIDAK ADA LANDASAN UNTUK PINJAMAN ONLINE ILEGAL, MALAH MEREKA YANG LAPOR POLISI MEREKA YANG DITANGKAP, KATA PA MENTRI KOMINFO, JIKA SAMPAI MERUGIKAN PENCEMARAN NAMA BAIK DIANJURKAN MELAPOR KE POLISI TERDEKAT BAP, OJK DAN KOMINFO BEKERJA SAMA LAGI MEMBERANTAS PINJAMAN ONLINE ILEGAL,
  • 5 Januari 2019 - (21:06 WIB)
    Buat semua korban pinjol, saya memiliki group korban pinjol, saat ini bwranggotakan 26 org. Yg mau gabung silahkan 0812898838261. Kita sma2 cri solusi dan ide bersama bagaimana cara kluar dari lingkaran iblis. Kita pencari rizky halal jgn mau kalah sma mreka yg makan uang riba ( haram )
  • 7 Januari 2019 - (19:46 WIB)
    Saya juga pernah ngerasain 15 apk dan saya bingung mau bayar nya akhir nya saya lunasi setengah sisanya saya bereskan alhamdulilah ada tmn yg kasih tau cara nya yg mau tau silahkan *********** nnti di kasih tau dan di ajarkan
  • 7 Januari 2019 - (22:42 WIB)
    Saya pun senasib dengan mba.
    Malu ditelp sana sini cuma utk ksh kabar kl saya harus segera bayar tagihan supaya ga ganggu org lain.
    Bahkan sampai tetangga marah2 karena ikutan di teror.
    Entah harus lapor kemana, bingung karena saya awam soal hukum.
    Mau bertindak sok berani ke para DC takut malah memperkeruh keadaan.
  • 8 Januari 2019 - (10:47 WIB)
    bisakah saya gabung si grub

    085692445097,

    keluarga saya terjerat pinjaman online hampir 10apk

    saya bingung mau bayarnya, sebernya bisa di bayar perlahan tapi mereka naro tagihan di tanggal saya belom gajian atau yg lain, jadi denda terus berjalan

  • 8 Januari 2019 - (12:15 WIB)
    saya juga ada tagihan diperdana rupiah plus dia mau datang krmh apa betul dia datang kerumah kita
  • 8 Januari 2019 - (12:15 WIB)
    Ya nih apa solusi juga .. Sayapun sama belum bisa melunasi beberapa apk malah udah terambat,,tolong dong .. Biasa tau ada bisa bantu cari solusi ..
    Join grup dong 081291739715 ..
  • 11 Januari 2019 - (20:33 WIB)
    saya jg mohon dimasukkan ke grup: 085795629988
    sdh pusing dengan tiap bulan hanya bayar bunga
  • 14 Januari 2019 - (15:55 WIB)
    Suami sya juga terjerat jutang online. Dan sya dan keluarga suka di ancam. Sya bingung blm bisa byr hutang2 sya krna suami sya blm dapat pekerjaan dan ank saya masih bayi, dan tk.. Semoga kita semua yg terjerat, segera terlepas???
  • 14 Januari 2019 - (17:00 WIB)
    Melihat komentar yang ada di media konsumen ini tentang pinjaman online yang banyak memberikan kesengsaraan daripada kebaikan, maka kita sebagai pengguna atau nasabah pinjaman online seyognyanya jika mengenai intimidasi bisa lapor polisi apalagi sampai mengambil data kontak hp, dan melihat jawaban dari OJK yang seakan melindungi fintech alangkah baiknya membentuk group wa yang mana grup ini bisa memberikan masukan kepada OJK sebagai Jembatan ke Fintech dan Kemkominfo untuk memblokir aplikasi fintech yang sering ganti nama.bagi DC atau yang pernah jadi DC tolong kalau anda menagih jangan hanya melihat sebagai tugas aja namun lihat nurani.anda jangan hanya dijadikan alat fintech dimana di negara asal cina fintech sudah banyak yang mati.Indonesia malah subur. #Selamatkan Ekonomi Negara dari Jajahan Fintech.

 Apa Komentar Anda?

Ada 532 komentar sampai saat ini..

Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

inge citra tania38 1 menit
532