Penipuan Open Trip oleh Akun Instagram @loveantourtravel?

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen, yang telah menerbitkan artikel tentang penipuan salah satu tour travel di Surabaya. Sebelumnya, apakah ada di sini yang mengenal Lovean Tour Travel yang berlokasi di Surabaya, dengan akun Instagram @loveantourtravel?

Kronologinya, saya ikut open trip ke Nusa Penida dengan jadwal keberangkatannya tanggal 2-3 Maret 2024, yang diselenggarakan oleh Lovean Tour Travel. Promo flyer-nya bisa dilihat di IG @loveantourtravel. Dana yang sudah saya transfer Rp598.000. Saya tidak mengenal sama sekali owner-nya, hanya tahu jika tour travel tersebut sedang membuka open trip via Instagram.

Dari feed Instagram terlihat meyakinkan, tapi nyatanya ternyata zonk. Pada saat H-7 keberangkatan, tidak juga ada kabar baik via chat pribadi ataupun grup tentang kejelasan keberangkatan. Ternyata komentar IG pun dibatasi di akunnya (sebelum saya booking, kolom chat masih bisa diberikan komentar).

Setelah chat spam via WA H-3 sebelum keberangkatan, open trip dibatalkan sepihak oleh Lovean Tour Travel dan dana katanya akan di-refund. Namun nyatanya hingga hari ini tidak ada itikad baik dari tour travel ini untuk mengembalikan dana trip yang sudah di-cancel sepihak.

Lebih parahnya lagi, bukan hanya saya saja yang mengalami hal ini. Ada sekitar 150 lebih korban lainnya, total kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah dan akan terus bertambah. Karena @loveantourtravel tetap membuka open trip di tengah para korban meminta hak mereka, yang belum tentu open trip tersebut jadi diselenggarakan.

Info dari korban lainnya, ternyata ini sudah bermasalah sejak open trip bulan Desember. Bahkan kabarnya tahun-tahun sebelumnya (2021 – 2022) juga ada masalah yang sama juga. Namun pelaku berhasil lolos dan akhirnya malah korban yang minta maaf. Dengar-dengar karena ancaman tidak akan dikembalikan uangnya jika korban tidak minta maaf. Ini saya baru tahu setelah masuk grup para korban.

Grup WA tersebut merupakan grup para korban, yang saat ini jumlah yang terkena penipuan mencapai 170-an korban, dengan total kerugian Rp170-an juta.

Apakah memang tour travel di Surabaya tidak ada yang bisa dipercaya? Hal ini membuat saya trauma dengan tour travel dan ke depannya lebih baik untuk trip independen. Terima kasih.

Azizah
Tulungagung, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Penipuan Open Trip oleh Akun Instagram @loveantourtravel?

  • 23 April 2024 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Itu kan korbannya udah ratusan orang ya, dengan kerugian juga ratusan juta.
    Masa si dari ratusan orang itu ga ada satupun yang inisiatif buat laporan polisi?
    Atau minimal dateng ke lawyer gitu?
    Tuh kalau mau melipir aja ke kopi joni, mumpung bang hotman lagi happy abis menang gugatan MK. Hehehe

    • 24 April 2024 - (11:06 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sarannya mas, kita sudah lapor polisi di Polrestabes Surabaya, tapi ya begitu, tau sendiri polisi klo ga ada uang pelicin atau viral ga bakal gerak. Nanti coba saya rundingkan dengan teman² untuk yang ke bang Hotmannya

  • 23 April 2024 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Anggep saja uang belajar medsos. Wong yg jelas kantornya saja kadang bisa menipu, apalagi cuma d medsos langsung percya? Waraskah? 😀

    2
    1
    • 24 April 2024 - (11:09 WIB)
      Permalink

      Semoga bapak mengalami juga apa yang kita alami ya dan dimaki² juga seperti bapak memaki kami, karna sepandai pandainya tupai meloncat pasti akan jatuh juga. Karma pasti ada, hukum tabur tuai. Saya hanya butuh bantuan untuk hal ini di share saja supaya up beritanya, tidak butuh dikata² in apalagi dimaki²

      2
      3

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Penipuan Open Trip oleh Akun Instagram @loveantourtravel?

oleh Zizi Aksesoris dibaca dalam: 1 menit
8