Akun Kredivo Diblokir Padahal Dilunasi Lebih Awal Satu Bulan Sebelum Jadwal

Dear Kredivo,

Nama Saya Nofriansyah Eka Putra, Akun saya terdaftar dengan alamat email size**@gmail.com.

Di sini akun saya baru saja terblokir pada tanggal 21 September 2109 secara permanen dengan alasan yang sangat umum yang sudah pasti semua Kredipal di sini mengetahui dan pernah mengalami yaitu “Terkait Isu Keamanan Transaksi” yang membuat kita semua kebingungan. Memang sebelumnya saya pernah terblokir pada tanggal 16 September 2019 karena jatuh tempo pembayaran saya adalah tanggal 16 September 2019.

Awalnya saya sangat terbantu dengan di-approve-nya pengajuan aplikasi Kredivo saya tepat 11 bulan yang lalu. Dengan girangnya saya menerima limit sebesar Rp 11.600.000 dan langsung saya gunakan untuk kebutuhan modal usaha saya (membeli perlengkapan photography). Dan bukan hanya 1-2 kali saya menggunakan Kredivo untuk media pembiayaan usaha saya, sudah lebih dari 3 kali saya menggunakan Kredivo untuk kelancaran usaha saya. Bahkan yang terakhir ada 3 angsuran sekaligus yang saya ajukan di Kredivo dan semuanya di-approve untuk digunakan sebagai cicilan selama 12 kali.

Namun belakangan 3 bulan terakhir tepatnya sejak bulan Juni 2019 saya mengalami keterlambatan pembayaran dikarenakan pembayaran dari konsumen saya yang memang terlambat membayarkan atas jasa yang sudah saya berikan kepada mereka. Namun menurut saya itu pun masih dalam tahap keterlambatan yang masih bisa ditolerir, tidak lebih dan tidak kurang dari 4-5 hari langsung saya bayarkan mengingat sepengetahuan saya dalam perjanjian keterlambatan itu maksimal 30 hari.

Ketika saya memasuki keterlambatan saya yang ketiga yang tepat di bulan September inipun terlambat dalam 4 hari. Dan di hari ke 4 saya menerima telepon dari mbak-mbak CS Kredivo yang terkadang menagih dengan paksa dan sedikit dengan nada kasar yang mengharuskan saya membayarkan pada saat itu juga (padahal jelas dalam ketentuan tertuliskan keterlambatan itu adalah maksimal 30 hari) untuk membayarkan keterlambatan pembayaran tagihan. Dan dengan bersalahnya saya menjawab saya memang terlambat dan mohon diberikan waktu 1-2 hari kepada saya untuk membayarkan tagihan tersebut dikarenakan seperti biasa saya pun menunggu pembayaran dari konsumen saya yang sedikit terlambat.

Namun saya menjanjikan paling lambat esok hari akan saya bayarkan dan saya lunasi semua pinjaman saya yang ada (3 Tagihan Pinjaman sekaligus). 1. Pinjaman yang masih tempo di bulan Oktober, 1 pinjaman yang juga masih di bulan Oktober, dan lagi 1 pinjaman yang masih berjalan dengan jatuh tempo di bulan Februari 2019 ) semua pinjaman tersebut saya cicil untuk selama 12 bulan.

Dan betul saja ketika tidak lama setelah CS Kredivo menelepon saya di hari ke-4, tepatnya tanggal 21 September 2018 dana pembayaran dari konsumen saya pun masuk ke rekening saya, tanpa pikir panjang langsung saya lunasi semua pembiayaan pinjaman yang sudah diberikan Kredivo kepada saya termasuk cicilan yang seharus nya selesai hingga Februari 2019 mendatang. Kronologisnya setelah saya berhasil membayarkan keterlambatan cicilan saya dan saya melunasi semua tagihan saya tersebut tanpa tersisa 1 pun cicilan yang tersisa, saya menerima email notifikasi bahwa akun Kredivo saya sudah aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi lagi.

Namun keesokan harinya saya berniat kembali menambah modal usaha saya (membeli Lensa untuk menambah perlengkapan pekerjaan saya sebagai seorang fotografer) dengan bertransaksi menggunakan pembiayaan dari Kredivo. Setelah saya melakukan transaksi di E-Commerce Bukalapak, dan melanjutkan ke proses pembayaran menggunakan pembiayaan dari Kredivo, dan seketika muncul status pembiayaan saya ditolak. Kemudian masuk email dari CS Kredivo dengan Alasan “Terkait Isu Keamanan Transaksi di Akun Anda”. Lalu saya langsung mencoba menghubungi CS Kredivo via chat dari Aplikasi iOS dan via email, namun jawaban tetap sama dari sang Mesin Otomatisnya. kemudian saya coba langsung telepon Call Centre CS Kredivo dan berbicara dengan si mbak yang saya tidak sempat menanyakan namanya, sudah saya jelaskan kejadian nya seperti apa dan kronologisnya, namun jawaban pun tetap sama, tidak menemukan solusi dan jawaban yang memuaskan.

Untuk Kredivo, mohon sebelum mengambil keputusan sepihak mohon dilihat juga track record dari si Kredipal, atau bahkan mungkin menghubungi terlebih dahulu si Kredipal sebelum mengambil keputusan untuk memblokir akun yang bersangkutan. Jika memang takut tidak dibayar ya lebih baik tidak memberikan limit atau tidak menyetujui pengajuan si pemohon. Dan jika pun terjadi keterlambatan kenapa mesti dipaksa untuk membayar saat itu juga, sedangkan jelas tertulis maksimal keterlambatan itu 30 hari.

Kalaupun memang akun saya sudah tidak bisa diaktifkan lagi secara permanen, mohon untuk menutup dan menghapus akun saya secara permanen dan tidak bisa mengaksesnya lagi di aplikasi Kredivo. Jangan seperti ini akun masih bisa login tapi tidak bisa digunakan lagi. Dan permohonan saya terakhir adalah jika tidak bisa membuka kembali akun saya yang sudah dinonaktifkan secara permanen. Mohon buatkan saya secara tertulis bahwa data-data pribadi saya sudah dihapus dari data terenkripsi-nya, tidak ada media IT yang tidak bisa dibobol di zaman sekarang, agar saya lebih merasa keamanan data saya. Mohon penuhi permohonan saya yang terakhir ini saja. Namun jika tidak, mohon aktivasi kembali akun saya karena jujur saya mengatakan saya sangat membutuhkan Akun Kredivo ini demi menunjang kemajuan usaha saya. Terima kasih.

Nofriansyah Eka Putra
Kota Palembang, Sumatera Selatan

Catatan: Berikut saya lampirkan foto-foto semua transaksi pelunasan saya dan email yang saya terima dari pihak Kredivo.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Penilaian Rata-rata: 2.4]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Nofriansyah Eka Putra

Dalam kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah ditulis oleh Bapak Nofriansyah Eka Putra pada Media Konsumen,...
Baca Selengkapnya

Loading...
Tentang Penulis
Fian bLack  

Owner & Photographer di Size-inc. Production Photo Studio

4 komentar untuk “Akun Kredivo Diblokir Padahal Dilunasi Lebih Awal Satu Bulan Sebelum Jadwal

  • 25 September 2018 - (09:37 WIB)
    Belum pernah nyoba pake aplikasi2 kredit online seperti ini, masih belum yakin sama sistem keamanannya. ?
    • 25 September 2018 - (14:28 WIB)
      Saran sya jangan pernah mas..beneran..sy gak pernah telat sih tp klo dihitung2 gila bunga per harinya besar bgt
      • 25 September 2018 - (23:47 WIB)
        untuk denda sih kaya flat perbulan deh mas, soal ny dr hr pertama smp hari ke empat bunga jg segitu2 aja..
    • 12 September 2019 - (07:20 WIB)
      Pinjaman online sama kartu kredit online, serupa tapi ga sama, pinjaman online, biasanya ga mnydiakan plafon pinjaman, dan bunganya sangat besar, biasanya mencapai 23% per pinjaman, smntara ketu kredit online, bunga yg ditawarkan setara dengan bank, (lebih murah), bahkan dibanding leasing sekalipun, worthed buat qta yg rutin belanja online

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Diblokir Padahal Dilunasi Lebih Awal Satu Bulan Sebelum J…

Fian bLack 3 menit
4