Bayar Kredivo Tepat Waktu tapi Kena Bunga dan Denda karena Kesalahan Sistem Internal

Saya setiap bulan membayarkan cicilan tagihan Kredivo suami saya, no pelanggan 3450002021309879 atas nama Boy Perwira. Karena suami saya sering dinas ke luar negeri dan keluar kota jadi pembayaran tagihan diserahkan kepada saya untuk mencegah keterlambatan. Selama ini saya selalu membayar sebelum jatuh tempo.

Pada tanggal 10 Oktober 2018 pukul 07:06: 39 (tanggal jatuh tempo 11 Oktober) saya melakukan pembayaran via Mandiri Online, rekening saya terdebit dan status berhasil, akan tetapi saya tidak menerima status pembayaran (status belum membayar). Lalu saya hubungi CS Kredivo katanya belum menerima pembayaran.

Saya cek ke CS Bank Mandiri, di sistem tertulis sudah diterima oleh pihak Mitrapay/Kredivo. Saya tunggu sampai tanggal 11 Oktober status saya dinyatakan masih belum bayar oleh pihak Kredivo. Dan saya di-sms dan ditelepon oleh pihak penagihan. Saya datang kembali ke CS Bank Mandiri jawaban sama bahwa pembayaran saya sudah diterima oleh pihak Kredivo. Saya coba hubungi CS via email, Twitter, jawabannya akan diselidiki oleh tim investigasi proses 3-5 hari kerja dan pihak Kredivo mengatakan tidak akan dikenakan denda karena dalam masa penyelidikan. Saya juga mengajukan penyelidikan ke pihak Mandiri dan diberikan surat keterangan oleh Bank Mandiri.

Tanggal 12/10 status saya di Kredivo masih belum bayar dan kena denda 3%, plus saya diharuskan membayar langsung 2 bulan sekaligus. Saya tanya ke CS bagaimana hasil investigasi? Jawabannya karena ibu melakukan pembayaran via setor tunai maka pembayaran itu terlambat masuknya. Jawaban yang sangat tidak masuk akal, karena saya memiliki bukti-bukti yang kuat kalau saya melakukan pembayaran via Mandiri Online.

Tanggal 12/10 saya ditelpon oleh pihak Bank Mandiri bahwa ada transfer balik atau pengembalian dana dari pihak Kredivo.

Mohon bantuan teman-teman konsumen apakah ini salah saya? Kalau memang terjadi kesalahan sistem di Kredivo kenapa saya tetap dikenakan denda yang jumlahnya mencekik leher dan harus membayar dua bulan sekaligus? Saya juga baru mengetahui kalau ternyata sudah banyak korban seperti saya, dengan alasan pembayaran tidak diterima jadi nasabah harus bayar denda dan sekaligus 2 bulan. Apakah ini caranya Kredivo mengambil untung? Padahal bunga pinjaman yang Kredivo bebankan itu sudah besar.

Tolong pihak penyedia kredit ini jangan seenaknya “memeras” nasabah seperti ini. Kalau tidak ada nasabah Anda tidak akan hidup. Dan tolong kepada pihak OJK jika ada penyedia kredit bertindak seperti ini, mohon agar ada tindakannya. Terima kasih.

Jessica Rini Perwira
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Jessica Rini Perwira

Pada kesempatan ini kami ingin memberikan tanggapan terkait surat Ibu Jessica Rini Perwira pada Media Konsumen, 15 Oktober 2018. Pertama-tama,...
Baca Selengkapnya