Gagal Setor Tunai di Cash Deposit Machine (CDM) Mesin ATM CIMB Niaga

Dear Bank CIMB Niaga,

Pada tanggal 14 Oktober 2018, saya setor tunai Rp5.000.000 dengan pecahan nominal seluruhnya Rp100.000 di ATM CIMB Niaga lantai Lower Ground Mall Kuningan City – berlokasi di Prof Dr. Satrio – Kuningan – Jakarta Selatan. Setelah saya memasukkan uang ke mesin ATM, ATM memproses uang tersebut akan tetapi setelah beberapa saat keluar keterangan “MAAF, UNTUK SEMENTARA MESIN TIDAK DAPAT DIGUNAKAN / SORRY, TEMPORARY OUT OF SERVICE. SILAKAN AMBIL UANG ANDA PLEASE TAKE YOUR MONEYS”. Nomor ID Mesin ATM tersebut ID 7912.

Saya langsung kontak ke 14041, dan setelah verifikasi data, lalu dibuatkan laporan dan diinfokan proses pengembalian dana maksimal 14 hari kerja dengan nomor laporan 41936/C/47002A/KP/10/18.

Saya menunggu di mesin ATM karena tulisan tersebut masih ada dan mesin masih mengeluarkan suara, akan tetapi setelah beberapa saat uang yang disetor tidak keluar sama sekali dan butuh waktu beberapa lama sampai kartu ATM saya bisa keluar. Atas transaksi saya ini mesin ATM tidak mengeluarkan resi/ struk. Saat di cek saldo pun tidak bertambah (bahkan hingga saat surat ini dibuat – 16 Oktober 2018).

Bukankah seharusnya pihak CIMB Niaga dan pihak vendor/pihak yang mengambil uang dari mesin ATM secara rutin, seharusnya PASTI memiliki catatan antara uang yang tercatat masuk di sistem dengan fisik uang masuk di mesin ATM? Seharusnya PASTI ada yang namanya CASH COUNT dan ada yang namanya proses BANK RECONCILIATION apabila ditemukan selisih antara fisik dan pencatatan sistemnya. Menjadi aneh apabila proses seperti ini tidak dilakukan oleh Bank sebesar CIMB Niaga. Ditambah di lokasi tempat penyetoran ada 3 CCTV yang beroperasi.

Mohon diproses dan segera ditanggapi, seharusnya tidak sulit dari pihak bank dan vendor mesin ATM yang secara rutin mengambil uang dari mesin hanya perlu membandingkan fisik uang yang masuk di mesin dengan yang tercatat by system di mana proses setor berhasil secara sistem (keluar struk dan adanya pertambahan saldo). Terlebih kejadian seperti ini sepertinya sering terjadi di CIMB Niaga, saya pribadi sebelumnya pernah mengalami hal yang sama persis di mesin ATM CIMB Niaga cabang Senayan City.

Sekarang bagaimana prosesnya, masa sulit sekali hanya menemukan selisih uang yang gagal setor, tapi jawaban selalu diminta menunggu 14 hari kerja. Sampai saat ini masih belum ada kejelasan dan tidak ada yang menghubungi saya (padahal dijanjikan akan dihubungi). Bagaimana ini?

Sri Devi Fortuna
Setiabudi – Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Setor Tunai Bank CIMB Niaga:
[Total:4    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Sri Devi Fortuna

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Sri Devi Fortuna yang berjudul: “Gagal Setor Tunai di Cash Deposit Machine (CDM) Mesin...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Gagal Setor Tunai di Cash Deposit Machine (CDM) Mesin ATM CIMB Niaga

    • 16 Oktober 2018 - (15:57 WIB)
      Permalink

      Semua data sudah saya berikan, sekarang via DM meminta data yang sudah diinfokan secara jelas di surat pembaca. Tolong jangan mengulur-ulur waktu saja, semua data sudah diberikan ke CS pada saat kejadian, di surat pembaca sudah dijelaskan lagi secara detail. Via DM twitter sebagaimana Anda minta juga sudah saya ulangi lagi untuk memberikan datanya. Sekarang data semua sudah lengkap lebih baik segera ditindaklanjuti. Sudah ada data dari pelaporan via CS, via Surat Pembaca dan via DM Twitter.

  • 16 Oktober 2018 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya jangan setor lewat mesin CDM CIMB model jadul itu, suka nyangkut model2 lama gitu. Saya saja cuma 500rb aja nyangkut, untung semua bukti saya fotoin sampe dilayar, struk dll. 3 hari selesai tuh duit masuk rekening.

 Apa Komentar Anda mengenai Setor Tunai Bank CIMB Niaga?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Gagal Setor Tunai di Cash Deposit Machine (CDM) Mesin ATM CIMB Niaga

oleh Sri Devi Fortuna dibaca dalam: 1 menit
3