Cicilan Kartu Kredit Citibank Saya Di-break Akibat Kesalahan Collection

Kepada Pihak Collection Citibank,

Akibat kesalahan collection Citibank yang tidak bertanggung jawab menyebabkan cicilan kartu kredit saya nomor 5520-42**-****-9692 di-break dan dikenakan bunga berjalan yang besar.

Sesuai pembicaraan dengan Bapak Dedy Wahyudi dan Ibu Nurma (Bagian Collection) maka saya mau menegaskan kembali kronologinya yaitu:

1. Sesuai data di bawah ini yang saya terima tertulis bahwa tagihan cetak tagihan baru di tanggal 9 September 2018. Tapi sampai detik ini pihak collection Citibank masih ngotot dan bersikeras dengan saya bahwa tanggal cetak tagihan 8 september 2018. Secara logika saja kita berpikir, jelas-jelas data yang saya pegang tertulis tanggal 9 September 2018. Masa saya buta angka, apabila saya buta angka terus selama 10 tahun lebih ini bagaimana saya bisa membayar tagihan saya ke Citibank?

2. Pada tanggal 4 September pihak collection tidak memberitahukan ke saya bahwa tanggal cetak tagihan baru dimajukan ke tanggal 7 September 2018 karena jatuh di Sabtu/Minggu. Ketika saya tanya tanggal cetak tagihan baru ke pihak collection, beliau masih bilang pada tanggal 08-09 September 2018. Makanya saya memberitahukan ke dia bahwa saya akan bayar paling telat Jumat ini pada tanggal 7 September 2018 dengan sistem transfer sebelum tanggal cetak tagihan baru karena kemarin itu saya lagi sakit bed rest.

3. Lagipula saya sebagai nasabah selama ini di Citibank yang sudah kerjasama lebih dari 10 tahun tidak tahu perihal tanggal cetak tagihan baru yang jatuh di Sabtu/Minggu akan dimajukan. Karena saya bukan kerja di bank, masa sampai saya harus tahu dan mengingat sistem begitu. Menurut saya itu tidak etis dan merugikan saya sebagai nasabah selama ini jika hal ini harus disalahkan ke saya atas ketidaktahuan sistem ini.

4. Saya mengetahui dengan sejelas-jelasnya apabila pembayaran setelah masuk cetak tagihan ke 4 bulan maka akan di-break. Oleh karena itu dari awal saya selalu maintain dan menjaga pembayaran ke Citibank sebelum tanggal cetak tagihan baru bulan ke 4. Dikarenakan saya melihat pelayanan dan kerjasama dengan pihak Citibank selama ini baik dan sudah cukup lama diatas 10 tahun maka prioritas saya selalu mendahulukan dana pembayaran untuk Citibank dibandingkan dengan bank-bank lain.

5. Saya tidak mau mengambil program keringanan pembayaran cicilan dengan close kartu ataupun pelunasan pembayaran. Apabila saya mau ambil sudah dari beberapa bulan lalu ketika ditawarkan oleh pihak collection yang setiap pembayaran saya bisa dijadikan DP untuk itu.

6. Saya mengetahui dengan sejelas-jelasnya apabila cicilan yang sudah ter-break tidak dapat dikembalikan. Tapi ini ter-break atas kelalaian pihak collection dan kurang informasinya dari pihak Collection Citibank yang menghubungi saya.

7. Saya selalu mengangkat telepon dari pihak Citibank sampai sekarang ini juga. Bahkan tanggal 7 September 2018 kemarin dari pihak Citibank telepon pun saya mengangkat tapi terputus. Setelah itu pihak Citibank tidak menghubungi saya kembali ataupun tidak ada sms ke saya dari pihak Citibank.

Mengingat hal itu, mohon dari pihak Citibank bisa menginvestigasi untuk kasus ini dengan barangkali mengeluarkan rekaman pembicaraan saya dengan pihak collection di tanggal 4 September 2018. Biarlah kita sama-sama mendengarkan, apabila dari rekaman itu nantinya terbukti saya salah maka akan saya lakukan pembayaran. Tapi apabila ternyata Pihak Collection Citibank yang salah tidak menginformasikan tanggal cetak tagihan bulan ke 4 di majukan tanggal 7 September 2018, maka Pihak Citibank harus mengembalikan cicilan saya seperti semula dengan “Tidak Close Kartu”.

Saya meminta kejelasan dari Pihak Citibank atas kasus ini karena sudah hampir 2 bulan sampai detik ini tidak ada kejelasannya. Saya sangat dirugikan dengan bunga berjalan yang cukup besar hanya karena kelalaian pihak Citibank.

Mohon bantuan dan kerjasama Citibank mengingat bank yang begitu besar dengan pelayanan yang bagus bisa memberikan jalan keluar yang baik bagi saya tanpa close kartu ataupun membebankan nominal yang cukup besar tiap bulannya seperti sekarang ini.

Masa Citibank yang dulu sudah pernah dikenakan sanksi oleh Bank Indonesia dengan tidak boleh menerbitkan kartu kredit selama berapa tahun sekarang pelayanannya makin parah ke nasabah.

Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Sylvia Susanto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Citibank:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Citibank?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Cicilan Kartu Kredit Citibank Saya Di-break Akibat Kesalahan Collectio…

oleh Sylvia Susanto dibaca dalam: 2 menit
0