Kecewa dengan Cara Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga

Saya adalah nasabah CIMB Niaga sudah sejak tahun 2012. Selain kartu debit saya juga ada kartu kredit, yang dulu karena penggajian saya melalui CIMB Niaga, lalu diiming-imingi reward KTA namun akhirnya diubah menjadi kartu kredit (KK).

Selama ini KK saya lancar-lancar saja, pernah ada keterlambatan namun sudah saya bayar. Buktinya saya sudah mengalami perpanjangan keanggotaan. Nomor KK saya adalah 5481 1702 0816 ****, jenis Mastercard Gold.

Saya sering membaca di media konsumen banyak sekali keluhan tentang cara penagihan dari pihak CIMB Niaga yang kasar, tapi saya menganggap bahwa itu hanya oknum. Hingga akhirnya saya mengalami sendiri. Bulan ini saya memang terlambat bayar, di luar batas jatuh tempo. Di email yang diberikan ke saya, jatuh tempo tanggal 5 November, namun SMS dari CIMB Niaga mengatakan jatuh tempo tanggal 6. Awalnya saya tidak melihat email, jadi saya masih tenang karena gajian saya tanggal 5, sehingga saya bisa bayar tanggal 6 dan tidak terlambat. Namun saat tanggal 5, saya mendapat sms lagi bahwa itu adalah jatuh tempo saya, baru saya melihat tagihan di email.

Dan di bulan ini ada kendala, karena gaji saya mundur karena memang di kantor saya sedang ada masalah keuangan. Lalu tanggal 6 saya di-WA oleh seseorang yang mengaku dari CIMB Niaga (0895-0857-49**). Saya sudah jelaskan bahwa saya terlambat membayar karena gaji mundur, kemungkinan hari jumat tanggal 9 November baru dibayarkan. Itupun saya sampaikan baru kemungkinan, perkiraan, jamnya pukul berapa saya tidak tahu.

Lalu tanggal 9/11 pagi, orang tersebut sudah wa saya lagi. Saya bilang belum ada transfer masuk, tapi dia bilang tidak mau tahu, karena saya sudah janji dan minta dibayarkan hari itu juga, saya diminta memakai dana cadangan.
Satu hal ya, yang saya bingungkan dengan debt collector, kalau orang ada dana cadangan itu masak ya ngutang, masak terlambat bayar? Enggak habis pikir bagaimana cara berpikir seperti itu?

Karena saya sedang ada pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak energi, maka saya diamkan. Begitupun juga hari Sabtu, saya dari pagi tidak sempat buka hp. Pukul 11-an baru saya buka hp, ada notifikasi dari teman-teman bahwa gaji sudah masuk. Lalu ada wa juga masih dari nomor yang sama dan saya jawab agak siangan, karena saya masih ada pekerjaan. Saya membayar CC Niaga biasanya melalui setor tunai di kartu debit saya, karena pernah mencoba melalui bank lain di mana sekarang gaji saya ditransferkan, baru masuk 3 hari kemudian dan saya kena denda keterlambatan.

Tapi orang tersebut mengatakan bahwa dia mau saat itu juga saya bayarkan karena saya sudah janji tanggal 9. Saat itu saya benar-benar marah, saya sudah niatkan bayar, tapi sepertinya dari CIMB Niaga tidak menghargai niat saya, padahal saya bayar sore hari atau saat itu, denda keterlambatan tetap SAMA, dan SAYA yang menanggung. Bukan dari CIMB Niaga.

Saya minta namanya tidak dia sebutkan, bukankah penagihan meski lewat WA maupun telepon perlu menyebutkan namanya? Tapi malah menantang saya akan memberikan nama setelah membayar semua. Lalu bersamaan dengan itu ada yang menelepon ke rumah saya yang diterima oleh orang tua saya, dan dengan nada tidak sopan, mengatakan bahwa saya harus membayar hari itu juga, atau akan didatangi ke rumah.

Saya bilang ke orang tua saya, biar, orang itu ke rumah, jadi saya akan bayar sesudah orang tersebut datang ke rumah, saya ingin tau seperti apa orang tersebut.

Tolong pihak CIMB Niaga, diatur lagi kesopanan karyawan Anda dalam penagihan, karena mau disangkal bagaimanapun juga, keberadaan CIMB Niaga bukan hanya sekedar dari investor tabungan/deposito tapi juga dari debitur. Jangan dengan investor bermanis-manis tapi dengan debitur seperti itu. Dan ini bukan kasus pertama, karena banyak yang mengeluhkan hal yang seperti itu.

Terima kasih.

Anastasia Fifta Suryani
Semarang- Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga:
[Total:10    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Kecewa dengan Cara Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga

    • 8 April 2020 - (11:55 WIB)
      Permalink

      Betul sekali mbak, bagian penagihan CIMB niaga memang sangat tidak sopan. Bahkan cenderung mengancam, sangat mengecewakan. Padahal sudah diblg org yg bersangkutan sedang keluar kantor, silakan telp lagi nanti. Malah mengancam dibilang jangan macam-macam. Baru kali ini ada yang seperti ini, di saat seperti ini bank-bank lain berlomba2 memberi kompensasi maupun menagih secara sopan. Hanya CIMB niaga yg benar-benar mengecewakan. Kalo saya tau dia akan mengancam saya pasti akan saya rekam, walaupun itu telp kantor. Benar-benar menyedihkan bagian penagihan CIMB niaga. Walaupun bukan saya yg ditagih, mengangkat telp semacam itu benar-benar seperti penghinaan. Mohon bank CIMB niaga agar memperbaiki kinerja bagian penagihannya. Sudah bukan jamannya menagih dengan kasar Pak. Yang ada telp anda tidak akan kami sambungkan ke rekan kami, Krn anda bicara dengan tidak sopan. Sungguh mengecewakan, saya nasabah bank CIMB , saya cukup kaget mendengar cara CIMB ketika menagih org ternyata seperti itu.

  • 11 Maret 2019 - (12:01 WIB)
    Permalink

    sama mba , saya sangat kecewa dengan staff penagihannya , yang selalu menelpon dengan cara menggunakan nada tinggi dan bahasa yang sangat kasar .
    dan tidak pernah menyebutkan nama hanya menyebutkan dari bank nya saja ,
    ketika nasabah menjelaskan namun yang ada pihak penagihnya malah marah & langsung menutup telpon .
    pernah juga saat di atas pukul 17.00 staff penagihannya msih menelpon terus .
    dan saat setelah kita melakukan pembayaran , yang ada masih ditelpon juga dengan alasan belum melakukan pembayaran .
    sampai sampai menelpon ke kantor & posisi saya masih ada diluar kantor yang ada si penagih marah2 dengan operator tlp saya .
    no telpon deskcall yang sering menghubungi :
    1. 082113500092
    2.081380725723
    3.081380725740
    4.0821135000159
    5.081380725757
    6.0821135000148
    7.02130022866
    8.082113500081
    9.082113500041
    10.085780004038

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Cara Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga

oleh Anastasia Fifta Suryani dibaca dalam: 2 menit
3