Penagihan Amarbank ke Telepon Kantor atas Keterlambatan 4 Bulan

Saya adalah nasabah Tunaiku Amarbank. Saya mempunyai tagihan selama 4 bulan belum membayar karena kondisi keuangan yang belum memungkinkan untuk membayar. Tanggal 19 Desember 2018 sampai 26 Desember 2018 debt collector tersebut menelepon ke kantor saya. Lalu menagih saya dengan marah-marah. Saya sempat kaget saya menjelaskan dengan baik-baik bahwasanya saya akan usahakan untuk membayar. Tapi pihak DC marah-marah tiada hentinya dan memaksa saya untuk tetap membayar dan menghina yang saya dibilang banci, dengan kata-kata yang sangat kasar. Dan menyuruh saya jual jam tangan, pinjam teman kantor (DC bicara apa perlu saya yang bilang ke teman bapak biar pinjami uang ke bapak).

Saya tanya namanya “Novi” dan singkat kata pembicaraan, “Bapak mau saya ganggu telepon setiap hari ke kantor karena 1 hari ini khusus menagih saya jadi dari pagi sampai sore menelpon ke kantor sampai meminta disambungkan langsung berbicara dengan HRD & atasan saya langsung dan mengancam akan memberikan informasi tentang nilai tagihan saya (saya bicara dengan DC itu tidak ada hubungannya karena yang memiliki tagihan saya namun DC tidak mau tahu dan dalam 1 hari mengganggu via telepon sebanyak 7x dan berbicara dengan staf kantor).

“Bapak tagihannya tanggal berapa sampai sekarang 4 bulan belum dibayar…kenapa Bapak nadanya berbisik-bisik sedangkan yang mengangkat telepon tadi teman ibu suaranya jelas…. Malu?” katanya. Dan masih banyak lagi kata-kata lain yang mengancam saya dan mendesak saya. Saya tidak terima atas perlakuan kata-kata kasar yang sangat membuat saya sangat tersinggung.

Apa selalu seperti itu debt collector cara menagihnya. Dengan mengancam dan mengganggu orang yang sedang bekerja seperti tidak punya etika dan sopan santun. Bukankah Tunaiku sudah terdaftar dan diawasi OJK, kenapa cara penagihannya sangat tidak beretika sekali. Tolong dari pihak Amarbank mendidik para penagihnya untuk berbicara dan menagih yang sopan. Bukankah ada SOP yang menjelaskan aturan cara penagihan yang benar.

Tolong diperhatikan. Terima kasih.

Bagus Wicaksono
082110176***
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Penagihan Amarbank ke Telepon Kantor atas Keterlambatan 4 Bulan

  • 4 Januari 2019 - (13:05 WIB)
    Permalink

    persis sama seperti yang saya alami ya pak, kata2 dlm menagihnya jg seperti itu, yg tlp saya descoll cowok. tlp ke kantor berkali-kali dan sangat mengganggu. Benar tidak tau cara SOP penagihan yang benar.

    • 12 April 2020 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Saya sudah terlambat 4 bulan hp saya sana nomor2 nya mau login ga bs. Sblm hilang memang saya sudah nunggak 3 bulan yg saya takuti dtg ke kantor saya aja.. Apa ada yg sudah telat 4 bulan dan sampai saat ni blm d byarkan.. Ada yg d datangin oleh dc ny kah atau kermh nasabah nya ..aturan saya bulan ini sudah lunas tp saya sudah ga kerja lg jd gmn ya ada yg d dtgkan kermhny oleh dc ny

  • 10 Januari 2019 - (03:17 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru trlmbat masuk bln ke 2 pihak tunaiku sdh wa dgn kata2 sdkt mengancam tagih lunas seperti itu ke kantor atau alamat rumah…dan mengancam data di blacklist..dilaporkan ke bi dsb..

  • 18 Januari 2019 - (16:01 WIB)
    Permalink

    saya baru telat beberapa hari, sudah diancam dc akan mendatangi saya, padahal sebelumnya2 juga saya nggak pernah telat, terus menguhubungi dengan kata2 yang kasar, dan cs sangat lambat ketika komplain penagihan yang sangat kasar, dan cs nya hanya itu2 saja, giliran chat cs menggunakan capslock, lgs diblok, mereka dicomplain dengan tegas tapi malah ngeblok, alhasil daripada sya merasa terganggu, tlpon saya blok, daripada saya angkat hanya bikin saya tambah emosi, dan anehnya dc akan mendatangi saya dengan menagih 2bulan tidak melakukan pembayaran, padahal telatnya aja belum ada sebulan

  • 22 Januari 2019 - (10:16 WIB)
    Permalink

    saya juga seprti pak bagus meneror ke kantor saya .sampai sama bos saya ditantangin buat datang ke kantor langsung . pdhl baru telat 2 bulan itupun bukan saya yang pinjam .tmn kerja atas nama saya

    • 24 Desember 2019 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Lalu dateng ga ka ke kantor atau kerumah, saya juga sudah telat 2 bulan. Dia sudah telpon hp dan kantor terus tiap hari

  • 11 Maret 2019 - (09:32 WIB)
    Permalink

    sebaiknya datang saja langsung ke bank nya, atau infokan no telepon terbaru agar tidak dihubungi ke kantor. Susah juga dulu saya juga sama di telepon ke kantor ,tapi setelah saya infokan no telepon baru selalu hubungi langsung ke hp. dan minta dihubungi pada saat jam tertentu. biasanya kita juga yg tidak kooperatif karena sulit dihubungi. telepon kantor susah utk dihindari karena kita mencantumkan no kantor waktu minjam. sebelumnya saya telat 5 bulan ,dikasih keringanan kok dibayar satu bulan dl setiap bulan sampai ada rezeki dilunasi,.biasanya kalau sdh nunggak banyak terus tidak ada usaha mau bayar itu yangbikin masalah. jadi sebaiknya datnag saja ke kantor bank ybs.

    • 23 Mei 2020 - (09:50 WIB)
      Permalink

      Mba Noin, telat 5bln apa pernah di datangi DC nya.? Ke kantor atau ke rumah.? Saya telat 3bln ud pengen disamperin aja ke tempat saya… Mba nya wil mana.?

  • 10 Juni 2019 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Gunanya apa di bawah naungan OJK, klu menagihnya kasar dan tidak ada SOP nya. saya mengalami hal yang sama. ditagih pihak AMAR BANK , di teror terus di kantor. hingga saya hampir kena SP karena tlp mereka mengganggu.

    Saya mau bayar kok, tapi yg sopan nagihnya, tidak perlu mengancam dan memaki semua orang di kantor. Klu gara2 telpon tagihan saya di pecat saya malah tidak bisa bayar apakah AMAR BANK bisa bertanggung jawab untuk pekerjaan saya?

    saya memng sedang kesulitan keuangan, karena musibah. ditambh dengan teror tlp penagihan amar bank yg kasar, membuat saya semakin stress dan ingin mengakhiri hidup. TOLONG OJK tertibkan hal semacam ini. kami konsumen, kami punya HAK yang sama. kami tidak lari kami akan bayar, tapi tolong beri waktu kami cari uang dengan tenang.

  • 18 Juni 2019 - (13:28 WIB)
    Permalink

    saya baru telat 12 hari dan sudah diancam akan ada orang lapangan menagih ke kantor, padahal saya sudah meminta kebijakan akan dibayarkan di akhir bulan saat saya gajian. apakah benar datang kekantor?
    biasanya yang menagih ke rumah atau ke kantor telat berapa lama?

    • 3 Maret 2020 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Sy juga ini minta keringanan ke tunaiku amar bank tpi ga dijwb oleh beliau udah orang collector ngancem ml blm lg yg menagih itu kasar minta ampun klo tlp ini percuma aja msk ojk tpi tdk cek kmbli bgmn ini bank tersebut udah mn bunga besar bnget minta otstanding tagihan kirim email tdk dijwb… Tlng ojk bantu bgmn ini. Klo ada yg ingin melaporkan sy dkng untuk ikut

  • 24 Agustus 2019 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Saya juga sangat kecewa dengan cara tagih amar bank tiap hari saya di teror di telepon di wa sampai saya di pecat hanya karena sangat menggangu aktifitas
    Saya tau saya punya hutang tapi saya minta solusi agar saya minta waktu karena saya sat ini saya tidak kerja dan kondisi saya sakit karena memikirkan semua ini Samapi saya bingung

    • 24 Agustus 2019 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Saya juga sangat kecewa dengan cara tagih amar bank yang sangat kasar dan memaksa sekali sampai saya dipecat dari kantor karena tiap hari ditelepon oleh pihak Amar bank yang sangat kasar Sampai ada salah depkoletor bicara mati aja Bu jika tidak sanggup bayar uang mati aja sudah digunakan tidak bisa bayar Samapi saya sangat takut dan bingung

  • 24 September 2019 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Saya mau tanya…saya pinjam dana tp apa yg di tandatangi di surat perjanjian tidak sesuai sama apa yg hrs sy bayarkan…solusinya bagaimana tuh ya
    DC nya tiap hari tlp karena saya bayar sesuai yg sesuai kontrak…
    skr malah sdh muncul denda nya

  • 17 Oktober 2019 - (12:01 WIB)
    Permalink

    saya baru telat 2 minggu aja udah ditefonin terus terusan dan nelfon ke kantor juga, waktu itu pas saya gak masuk kerja temen saya yg angkat telfon dan teman saya yg dimaki maki sama dc amar bank, kan ngaco banget saya yg punya hutang tapi dia marah marah ketemen saya yg gak tau apa apa. dia bilang jangan menutup nutupi kalo ibu gak mau terlibat. dibilang saya gak masuk pun dia masih nelfonin sampe sore ke kantor, dan tetap saja teman saya yg angkat telfonnya, tapi lagi lagi mereka marah marah gajelas.
    dan sekarang mereka mengancam akan mendatangi kantor atau rumah saya untuk penagihan lunas, lah orang gak punya uang mau nangih lunas bayar pake apaan.
    dia pun sudah menyebarkan foto saya ke emergency kontak saya, toh mereka sudah buat malu saya dan mengganggu kenyamanan saya sebagai nasabah.
    saya pun berniat bayar bukannya mau lari dari tanggung jawab membayar hutang dan itupun kalo dihitung hitung hutang pokok saya sudah lunas, tinggal bayar bunganya saja menagihnya seperti baru ngutang tapi belum ada pembayaran sama sekali, tolong dong amar bank diperhatikan lagi penagihannya yg sopan dan tau aturan gak usah pake ngancem, menyebarkan data dan marah marah ke orang yg tidak bersangkutan.

  • 21 Oktober 2019 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Saya mau melunasi pinjaman saya yg sudah telat 5 bulan tapi malah di persulit, bicara kasar lah gak sopan pula ngomongnya, saya suruh DC nya dateng untuk mengambil uang pelunasan saya tapu malah tidak mau, dia malah nyuruh saya dtang ke kantor amarbank, apa ada yg di sini dateng ke kantor amarbank untuk pelunassan, karna saya butuh tanda bukti pelunasan yg tertulis, di karnakan menghindari hal yg tidak di iniginkan, karna saya takut saya sudah lunasi tetapi masih ada penagihan., tolong dong saran dan tanggappannya, terima kasih…

      • 12 April 2020 - (12:16 WIB)
        Permalink

        Saya jga sama sudah telat 5 bulan blm bisa saya bayarkan karena skrg saya sedang tidak kerja lg.. Sy kuatir dtg ke kntr dan kermh aja.. Hp saya pun hilang kmrn mau login nomornya tidak ad. Apa yg harus saya lakukan pusing mikitin utang online ini

    • 26 Desember 2019 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Apa datang kerumah mas ? Bagi nomer WAnya dong saya juga sudah telat 2 bulan dan tiap hari di telpon ke hp dan kantor. Di ancam akan datang ke rumah atau kantor

  • 7 Januari 2020 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Lha.. ini kemarin kantor saya ditelpon Amar Bank. Nanyain tagihan KTA bla bla… kebeneran namanya sama. Buntutnya beda.. Padahal salah orang.. Udah dibilang salah orang.. Malah ngotot… Bukannya minta maaf… ya ampun…. Amar Bank koq ngomong gak sopan gitu ya..? Apakah semua staff Amar Bank kasar-kasar gitu ya…? Ini pada sekolah akademik tinggi kan? Secara kerja di bank gitu lhooo…. Hm…

  • 10 Maret 2021 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Saya baru telat 1 hari dan udah email + ksh nomer hp saya yg baru tp nagihnya kasar. Saya minta keringanan katanya “suruh keluarga utang terus ga bayar” sampe tlp kekantor. Mohon info dan solusinya teman teman

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Amar Bank?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Penagihan Amarbank ke Telepon Kantor atas Keterlambatan 4 Bulan

oleh Bagus Wicaksono dibaca dalam: 1 menit
26