Sudah 2 Bulan Refund Dana JD.ID Tidak Menemui Kepastian

Entah cara apa lagi yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan refund dana dari JD.ID yang sejatinya adalah dana yang saya keluarkan lewat pembelian pulsa XL sebesar 1 juta rupiah di JD.ID. Saat itu tanggal 1 Februari 2019 sedang ada promo bank yang saya manfaatkan untuk pembelian pulsa di JD.ID dengan metode pembayaran Kartu Kredit/Debit dan pahitnya transaksi pembelian tersebut justru dibatalkan oleh pihak JD.ID dengan status “pengisian gagal dalam proses pengembalian dana” dengan nomor pesanan: 251765351.

Sampai di sini saya tidak mempermasalahkan terkait pengisian pulsa yang gagal. Namun masalah sebenarnya muncul pada saat proses refund dana yang “katanya” butuh waktu 7-14 hari, saya mencoba menghubungi live chat, namun jawaban terkesan seperti robot dan saya harus menjelaskan dari awal lagi dan lagi dengan respon live chat yang berbeda dari perespon yang berbeda pula. Akhirnya saya diminta menunggu 7-14 hari “Kerja” dan saya patuhi ketentuan tersebut dan sabar menunggu, karena berdasarkan ketentuan refund pembayaran melalui kartu kredit/debit butuh waktu 7-14 hari kerja.

Setelah lewat dari 14 hari “Kerja” dana saya tidak kunjung dikembalikan, sampai akhirnya saya memilih untuk menghubungi customer service JD.ID lewat telepon. Keluhan saya saat menghubungi customer service JD.ID adalah saya diminta menunggu yang bahkan bisa sampai lebih dari 7 menit katanya sih untuk verifikasi data saya dan pesanan saya, namun karena terlalu lama pulsa saya pun keburu habis, sedihnya.

Saya tidak menyerah saya coba lagi menghubungi kembali CS JD.ID, nah kali ini CS yang merespon berbeda orang, di sini saya diminta untuk kembali menunggu 7-14 hari dengan memberikan No. Rekening Bank untuk tujuan pengembalian dana tertanggal 25 Februari 2019. Baiklah, saya mencoba menunggu kembali selama 7-14 hari dan lagi-lagi, saya menunggu dan tidak ada kepastian dana saya kembali ke rekening bank yang sudah saya berikan sebelumnya.

Merasa seperti kena harapan palsu, saya coba kembali menghubungi CS JD.ID, lagi-lagi keluhan menunggu respon yang terlalu lama sungguh menghabiskan pulsa ini memberitahukan agar saya mengirimkan “Mutasi Rekening Bank” sebagai bukti apakah benar refund Dana JD.ID benar-benar belum masuk ke rekening saya. Baiklah, permintaan ini saya turuti dengan melampirkan bukti mutasi rekening bank saya lewat email JD.ID.

Lalu tidak lama berselang email mendapat balasan dari CS JD.ID meminta saya untuk menunggu selama 2×24 jam. Dengan pemberitahuan ini, saya sempat merasa lega dan menunggu kembali. Namun sudah lebih dari 3 hari yang saya dapat bukan pengembalian dana, melainkan saya kembali harus keluar pulsa untuk menghubungi CS JD.ID kembali terkait ketidakpastian ini. Saya diminta untuk mengirimkan kembali mutasi rekening bank saya sebagai bukti bahwa saya memang belum menerima refund dari JD.ID, kembali saya turuti kemauan mereka tertanggal 26 Maret 2019 untuk melampirkan bukti mutasi rekening bank saya ke alamat email CS JD.ID. Tidak lama kemudian saya mendapat balasan email dari CS JD.ID agar “kembali menunggu” konfirmasi selanjutnya dengan nomor pelaporan: 802628118.

Entahlah saya hanya pasrah kali ini, yang saya minta hanya “hak” saya dikembalikan, bukan yang lain, tapi beginilah yang terjadi, saya hanya seorang yang menunggu ketidakpastian. Terima kasih JD.ID telah memberikan ketidakpastian kepada saya dan banyak konsumen lain yang telah engkau rugikan.

Arie Dewanta
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 2.8]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Arie Dewanta

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Arie Dewanta pada 27 Maret 2019 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Sudah 2 Bulan Refund Dana JD.ID Tidak Menemui Kepastian

  • 27 Maret 2019 - (03:52 WIB)
    Permalink
    Buat Pelaporan polisi saja kak. Memang sampah itu jd id.. bukan perusahaanya. tapi orang2 yg bekerja di dalam itu sampah semua.
    ada kemungkina dana redund kaka di curangi oleh tim jd id sendiri
    • 28 Maret 2019 - (11:34 WIB)
      Itulah kak makanya Saya juga udah bingung mau gimana lagi kayak udah pasrah aja.
      e-commerce lain ga kayak gitu-gitu amat padahal. dalam hitungan menit langsung masuk
      ke rekening, ini kayak ada unsur kesengajaan memperlambat proses refund.
      • 28 Maret 2019 - (15:20 WIB)
        Jangan nyerah Arie, tuntut hak kita.. Saya rela keluar lebih banyak uang pulsa transport sampai saya memperoleh hak saya karena saya tidak suka dengan cara JD ID memperlakukan konsumen..
        Percuma gembar gembor promo tapi tidak ada follow up keluhan konsumen
        • 28 Maret 2019 - (15:24 WIB)
          Siap ka Hilda, terima kasih dukungannya sebisa mungkin problem ka Hilda juga cepat selesai, karena setelah semuanya selesai Saya ga akan mau belanja lagi di jd.id cari selamat aja pokoknya.
  • 28 Maret 2019 - (13:39 WIB)
    Jumlah uang yang tak e
    Sedkit. Kok belum dikembalikan.Itu haknya orang. Kenapa JD.Id sistimnya makin lama makin tidak bagus. Di sini saya ceritakan sedikit keburukan sistim JD.ID yg berbeda dg sistim kebanyakan toko online.
    Saya pesan barang di JD Id yg ke 4 kalinya. Yg sebelum-belumnya lancar.
    Dimana sudah 4 minggu menunggu pesanan tidak sampai-sampai. Karena kesal akhirnya sy batalkan pesanan. Anehnya sistim masih membolehkan padahal pesanan sdh dlm pengiriman (Berbeda dg toko online yg lain. Pesanan yg sdg dlm pengiriman tidak bisa lagi dibatalkan sistim). Sistim terbaca akan melakukan refund dana atas pembatalan yg saya lakukan dalam hitungan 7 hari
    Esok sorenya saya terkejut kurir datang mengantarkan pesanan yg sdh lama sy tu ggu-tunggu.Karena butuh barang tersebut sy menerima pesana itu dan menandatangani tanda tangan digigital di ponsel kurir dan menjelaskan kepad kurir bahwa pesanan tersebut sdh sy batalkan dalam sistim. Namanya kurir yg tugasnya hanya mengantarkan tidak mau tahu dg apa yg terjadi dg pesanan saya.
    Karena bingung dg posisi seperti ini sy menelepon call center JD.ID dan menjelaskan apa yg sebenarnya. CS jd.id meminta saya mentransfer (membayar) kembali pesanan itu karena telah menerima pesanan itu. Saya mengatakan kepada CS. Jd.Id. saya akan mentransfer kembali asalkan pengembalian dana dari JD.id sy sdh terima lebih dahulu. Rupanya JD id tidak menerima penjelasan saya dan tetap ngotot menyuruh saya mentransfer kembali dana itu Bagaimana bisa sy mentransfer kalau dana saya belum dikembalikan JD.Id. kwatirnya saya telah melakukan dobel pembayaran dan pihaj JD. Id tidak mengembalikan dana saya.
    Karena terus di email di telepon dan di sms untuk membayar. Terpaksa sya mentransfer kembali uang itu dan mengirimkan bukti transfer lewat email ke JD.id dan meminta pengembalian dana sy ke rekening saya. Tapi sudah berminggu-minggu sy menanti pengembalian dana ke rekening tidak ada masuk-masuk. Akhirnya saya menelepon disuruh mengirimkan no. Rekening dan bank saya padahal sebelumnya sdh dikirim. Dan menunggu lagi ternyata belum jg dikembalikan.
    Akhir cerita dikembalikan setelah sekian lama menanti dengan pengorban materi (pulsa). Dari situ sdh kapok belanja dj JD id
    • 28 Maret 2019 - (15:19 WIB)
      Saya baca case Arie dan Minzir kok miris banget ya.. kita senasib semua..
      Saya pun sudah hubungi CS JD ID berkali2.. sampai yang terakhir saya di hold 15 menit lebih ditangani oleh Faris kalau ga salah..
      Sudah kontak via IG nya pun tidak ditindak lanjuti.. pengen datengin kantornya aja langsung.. lelah banget JD ID tidak ada profesionalnya. Terkesan yang dipentingkan hanya promo dan sales gede2an
      • 28 Maret 2019 - (15:32 WIB)
        Waduhh makin kelewatan ya? Masa bisa bisanya konsumen diabaikan seperti itu, dikira nelpon ke situ ga pake biaya apa? Sedihnya ada byk yg seperti saya kena perlakuan serupa, bahkan Saya disuruh lapor ke bank untuk mencaritahu apakah refund sudah diproses oleh pihak bank, setelah tanya ke teller mereka sama sekali ga ada tuh mendapati transaksi refund jd.id seolah olah cuci tangan… sedihnya.

        Kalau kakak langsung ke kantornya mungkin itu solusi yg lebih baik, tapi jgn buru buru pulang ka Hilda, soalnya ada konsumen yang lain juga pernah datang langsung ke kantornya, tapi termakan janji manis yang katanya bakal refund dalam hitungan jam, ujung ujungnya malah nunggu berhari hari.

        • 28 Maret 2019 - (15:44 WIB)
          Haduh kasian banget si Rie nasib kamu.. itu si aku jadi kamu mah udah keselnya seubun ubun… Saya dari kemarin2 uda mau datengin cuma pikir2 masih mau tunggu tunggu tunggu.. lama2 gemes sama JD ID.. mesti cuti setengah harian ya biar bisa nongkrong dikantor JD ID
          • 28 Maret 2019 - (15:50 WIB)
            Ahaha… itulah ka Hilda yg terjadi… giliran apesnya aja Saya kebagian.. hehe.

            Iya ka kalo sempat mmg pengennya datang lgsg ke kantornya, ramai ramai juga ajak konsumen lain yang merasa dirugikan, enak betul mereka tahan uang konsumen sedemikian lamanya. Pake acara bokong lagi, eh bohong maksudnya.. 😅

    • 28 Maret 2019 - (15:27 WIB)
      Bang Minzir senasib berarti, intinya proses refund dana di jd.id ini belibet bgt, giliran keperluan mereka minta didahulukan, tapi ketika kita konsumen yg meminta haknya dikembalikan malah terabaikan seperti ini, ga tahu sampai brp lama menunggu…
      • 29 Maret 2019 - (16:20 WIB)
        Arie, jadinya kamu sudah dikontak belum oleh CS JD ID?
        Saya baru saja dikontak, dan salah satu jawabannya adalah:
        “kami ingin konfirmasi bahwa mohon kesediaan ibu untuk menunggu update dari kami ya bu, karena saat ini kami sedang melakukan perubahan status terkait hal ini”
        jawaban yang selalu sama diberikan oleh CS CS yang sebelumnya saya hubungi….
        ga tau harus berkata apa lagihhh..
        • 29 Maret 2019 - (22:06 WIB)
          Maaf baru balas ka Hilda, status Saya juga masih sama dgn ka Hilda, disuruh menunggu lagi dan lagi tanpa ada kejelasan sampai kpn problem refund ini bakal berhenti, kapok bgt Saya ka, capek ngurusin masalah satu ini aja ga kelar kelar sampe skrg, tggal refund dana kok sulit bgt ya?
  • 1 April 2019 - (19:18 WIB)
    Terima kasih jd.id meski terlambat 2 bulan untuk pengembalian dana, namun saya apresiasi kinerja pihak jd.id yang bersangkutan dalam membantu menyelesaikan masalah refund dana saya hingga sore ini tertanggal 1 April 2019 masalah refund dengan nomor pesanan: 251765351 sudah teratasi. Problem solved.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Sudah 2 Bulan Refund Dana JD.ID Tidak Menemui Kepastian

Arie Dewanta Nasution 2 menit
13