Pesanan di JD.ID Tidak Kunjung Datang, Proses Refund Disuruh Menunggu Terus

Saya Hilda, salah satu pelanggan dari JD.ID dengan Nama Akun: jdid_1wyfbwz4oi. Saya melakukan pemesanan melalui web JD.ID dengan nomor order 246552900, tanggal order: 12 Desember 2018 dan status pembayaran berhasil. Karena barang tidak kunjung datang, pada bulan Januari saya coba menghubungi CS 2 kali via telepon tapi jawabannya karena antusiasme Harbolnas maka proses pengirimannya tertunda (intinya seperti itu).

Tanggal 11 Februari 2019 saya menghubungi via email dan jawabannya masih sama karena Harbolnas dan JD.ID berusaha memaksimalkan pelayanan.

Tanggal 21 Februari 2019 saya menghubungi via email dan diminta menunggu 2 x 24 jam untuk pengiriman barang.

Tanggal 25 Februari 2019, 27 Februari 2019, 4 Maret 2019 saya menghubungi via email lagi dan baru dijawab oleh CS JD.ID tanggal 6 Maret 2019 yang mengatakan akan memaksimalkan dan tunggu update lagi di email.

Tanggal 8 Maret 2019 saya menghubungi lagi via email dan live chat untuk minta refund karena barang tak kunjung datang. Kemudian dari CS bilang akan diproses refund-nya. Dan kemudian tidak ada update apapun dari CS.

Tanggal 18 Maret 2019 saya menghubungi via email menanyakan status refund saya, dan dibalas dengan keterangan belum ada update dari jasa pengiriman JD.ID. Refund baru bisa diproses setelah barang dikirimkan kembali oleh jasa pengiriman ke gudang JD ID. Karena itu saya coba menghubungi J-Express (telepon saya ambil dari web J-Express) mau menanyakan kenapa tidak mengembalikan barang saya ke JD.ID dan yang menjawab telepon adalah CS JD.ID. Inti percakapan kami adalah akan dimaksimalkan kembali dan tidak janji berapa harinya.

Tanggal 20 Maret 2019 saya mengubungi JD.ID dan JExpress via email bahkan saya pun sempat CC email ke BPKN untuk menanyakan status refund saya bagaimana dan jawaban dari CS JD.ID adalah karena adanya overload dan diminta menunggu konfirmasi selanjutnya.

Terlepas dari email-email yang saya sebutkan di atas, saya juga sudah menghubungi beberapa kali via telepon, via live chat dan jawabannya akan dimaksimalkan lagi dan diminta menunggu terus. Karena saking kecewanya, saya pun sampai menghubungi via DM di IG dan comment di hampir semua foto-foto IG @JDID & @JDIDCS, namun tanggapannya hanya diminta menunggu dan cek DM (di mana balasan DM juga sama yaitu diminta menunggu).

Email, DM atau comment saya di IG ada yang tidak ditanggapin sampai berhari-hari. Apakah seperti ini pelayanan JD.ID? Dan apa proses refund harus sampai berbelit-belit dan selama ini? Saran saya sebaiknya CS dan seluruh karyawan JD ID yang berkaitan juga ditraining ulang dan diperbaiki sistem internal JD.ID. Terima Kasih.

Hilda
Bekasi – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 1.3]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Hilda

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Hilda pada 28 Maret 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Pesanan di JD.ID Tidak Kunjung Datang, Proses Refund Disuruh Menunggu Terus

  • 28 Maret 2019 - (10:35 WIB)
    3,5 bulan urusan belum beres jg, ngapain aja tuh JD.ID? 😅 Semoga gak cuma minta maaf doang, tapi ngasih kompensasi jg. 😎
    • 28 Maret 2019 - (11:11 WIB)
      Itu dia mas.. saya sampai ga tau harus sampai gimana lagi agar komplain saya ditanggapi.. bener2 kecewa banget belanja di jd id. Semoga dg menulis surat pembaca, saya tidak diminta menunggu lagi 😔😔
  • 28 Maret 2019 - (11:29 WIB)
    Wah persis sama nih. Waktu itu saya juga order drone di jd.id pd tgl 12 desember.
    Sampe 2 minggu stelahnya barang tdk dtg2, dan dlm kurun waktu tsb saya selalu dijanjiin akan diproses 1×7 hari, 2×24 jam blablabla deh. Akhirnya saya datangin j-express yg utk wilayah pengiriman jakarta. Dan kamu tau? di tempat j-express tersebut, pesanan jd.id itu menumpuk luar biasa sampai tumpukan nya setinggi saya. Itu baru tumpukan di garasi, di dlm ruangan j-express tsb, tumpukan paket jauh lebih banyak. gilaa…
    Akhirnya saya tunggu orang2 j-express tsb utk cari barang saya, dan jam 5.30 sore baru ketemu barang yg saya order di jd.id.
    Sampai saya terima barang tsb, pihak jd.id tdk ada tuh yg respon keluhan saya. Kecewa sebanget-bangetnya deh saya, buruk sekali sistem jd.id.
    Utk kasus hilda, kalau menurut saya, barang hilda masih tertumpuk di j-express, jadi barang tsb belum dikembalikan ke seller shg proses refund tidak bs dilakukan oleh jd.id.
    Si j-express itu gak akan peduli dgn paket kita, karena keadaan disana itu miris sekali. Kalau memungkinkan akan lebih baik kalau hilda datangi kantor jd.id langsung atau datangi j-express (saya kurang tau hub centre j-express utk wilayah bekasi dimana, waktu itu saya cecer cs jd.id utk jemput barang di j-express dan akhirnya cs jd.id beritahu saya dimana hub centre j-express utk pengiriman wilayah saya)
    • 28 Maret 2019 - (15:05 WIB)
      Hi Raissa, waduh kamu sampai samperin ke JExpress nya? astagahh.. kayak gitu mah ngapain bayar ongkir.. saya tuh sudah pernah minta nomor telpon JExpress nya yang bisa saya hubungi, tapi tidak dikasih sama CS nya. Dan terakhir dia bilang barang saya rusak jadi kalau saya samperin pun akan percuma.
      Mestinya JD ID dan JExpress memperbaiki diri, kalau uda tau barang banyak begitu, hire orang baru kek, atau di sub con ke jasa pengiriman baru, atau jangan terima orderan lagi untuk sementara menggunakan jasa pengiriman lain.. tapi sepertinya yang dipikirkan JD ID itu hanya promo dan sales besar2an..
      Iya saya coba tunggu dulu 1 atau 2 hari ini. Jika refund tidak terproses, saya akan kekantor JD ID.. keterlaluan banget.. walaupun order-an saya ga seberapa, tapi saya tidak suka sama sekali dg cara mereka memperlakukan customer.
  • 28 Maret 2019 - (11:46 WIB)
    Wahh ga lama Saya post keluhan Saya di jd.id kali ini muncul lagi konsumen lain yang juga bermasalah dengan refund jd.id. Salam kenal kak, Saya Arie kurang lebih kita mengalami masalah yang sama dengan proses refund jd.id yang berbelit belit dan meminta kita untuk menunggu terus, ga tahu sampai kapan, mungkin sampai kiamat kali ya?

    Parahnya jd.id selalu menggembar-gemborkan promo sana sini, tanpa memperhatikan keluhan konsumen yang cuma minta haknya dikembalikan namun seperti dipersulit habis-habisan, buat nelpon CS nya aja kita sudah keluar pulsa, mana disuruh nunggu, nunggu dan menunggu sampai akhir hayat. Lucunya lagi, mereka minta agar kita melampirkan mutasi rekening, seolah-olah kita yang berbuat kesalahan mengaku-ngaku bahwa refund dana sudah masuk ke rekening kita, padahal kalau dicek baik pihak bank atau konsumen sendiri sama sekali ga pernah tuh nerima refund dari jd.id. Mutasi dikirimkan ke email kirain masalah bakal kelar, eh ga tahunya menunggu terus, menunggu terus, ya beginilah kak, kadang ingin bersikap sabar tapi yang namanya manusia kalau udah dibohongi seperti ini terus lama-lama gerah juga.

    • 28 Maret 2019 - (14:59 WIB)
      Hi Arie,, iya sama kayak kasus kamu ya.. aku baca case kamu juga..
      Kapok banget belanja di JD ID. Mereka menggembar gemborkan promo ini itu tapi tidak memperbaiki sistem keluhan pelanggannya.. lama2 bisa membludak komplain dari customer.. ini head of CS nya dan semua pihak yang terkait mungkin perlu diganti atau diapain gt.. Supaya customer tuh ga diperlakukan seperti ini.. Saya terakhir kali telpon CS JD ID di hold sampai lebih dari 15 menit dan akhirnya saya tutup.. itu kan kebangetan banget..
      • 28 Maret 2019 - (15:37 WIB)
        Iya kak.. pengennya sih kalo udah jadi ecommerce yg besar setidaknya jangan mengecewakan begini pelayanannya. Kesannya seperti mempermainkan konsumen yang serius berbelanja, terlalu banyak ketidak-profesionalan yang sudah dilakukan pihak jd.id sampai-sampai keluhan bisa membludak seperti ini. Di Ig, twitter, facebook, di sini juga ya ampun udah ga tahu lagi dimana rasa malunya ini…
      • 29 Maret 2019 - (16:32 WIB)
        Setelah saya menulis surat di media konsumen pada 28 Maret 2019, sore ini saya dikontak oleh CS JD ID dengan chat pembuka seperti ini:
        Selamat sore ibu hilda
        saya aida dari JD.id
        mau konfirmasi terkait dengan pelaporan ibu di media konsumen untuk nomor pesanan 246552900 ibu yang belum terbatalkan
        sebelumnya kami menghubungi ibu sore ini namun tidak ada respon
        kami ingin konfirmasi bahwa mohon kesediaan ibu untuk menunggu update dari kami ya bu, karena saat ini kami sedang melakukan perubahan status terkait hal ini
        dan saat ini untuk laporan ibu dikarenakan sudah masuk ke media, maka akan ditangani oleh saya
        mohon kesediaan ibu menunggu update dari kami ya bu. Terima kasih 😊
        –> Berarti saya menunggu lagi dan ga diberi tahu berapa lama lagi saya menunggu? seperti itu kah? Dan dari kemarin2, cs cs yang menangani saya juga memberikan jawaban yang sama…
        • 29 Maret 2019 - (22:08 WIB)
          Sentak terus Ka Hilda, desak mereka supaya ga main main sama keluhan konsumen, dari pihak bank sendiri bahkan bilang paling lama refund 45 hari tapi kasusnya Saya sampe 2 bulan itu gmn cerita? 🤣🤣.
  • 2 April 2019 - (12:59 WIB)
    Waduh, masalah Kak Hilda kok sama dengan saya….ini sudah hari ke-17 saya menunggu pesanan Smartphone saya dari JD.ID tapi jawabannya dari live chat dan call center hanya menunggu….padahal barang tersebut untuk kado Ibu saya, tetapi gagal karena layanan pengiriman JX yang buruk. Kalau ada ekspedisi lain kecuali JX, saya akan pilih itu, tetapi kan tidak ada. Semoga masalah kita segera diselesaikan oleh JD.ID dan tidak hanya diminta menunggu.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pesanan di JD.ID Tidak Kunjung Datang, Proses Refund Disuruh Menunggu …

Hilda Hilda 2 menit
10