Potongan Biaya Tabungan iB Xtra Wadiah CIMB Niaga

Saya nasabah Bank Niaga, Tabungan iB Xtra Wadiah, dengan nomor rekening 7616708151xx. sejak Bulan April 2018. Selama ini tidak ada masalah dengan account statement. Namun account statement per periode 1 Maret 2019 – 31 Maret 2019, terdapat potongan biaya sebesar Rp17,500.00 dengan keterangan Fall Below Fee DD4400136002295.

Karena sejak setahun yang lalu tidak pernah ada potongan seperti tersebut, saya mengunjungi Bank Niaga Gedung Poliklinik PT. JIEP, Jl. RW. Terate II, RW.9 Jakarta Timur per tanggal 26 April 2019, sekitar pkl. 13.30 WIB dilayani oleh bagian CS.

Saya komplain karena sejak setahun yang lalu tidak pernah ada potongan seperti tersebut. Dan diinfokan oleh CS, potongan tersebut karena saldo saya di bawah minimum ketentuan/syarat. Saya bertanya kenapa tidak ada pemberitahuan sebelumnya, jawaban CS tersebut adalah karena perubahan tersebut diinfokan di Cabang, tidak melalui e-mail atau SMS. Saya kecewa dengan sistem tersebut dan penjelasan dari CS cabang tersebut (yang menanggapi saya sambil merapikan dokumen-dokumen aplikasi nasabah).

1. Karena di awal pembukaan rekening saya minta yang tidak ada potongan biaya / biaya administrasinya, dan potongan tersebut belum pernah ada sejak saya awal buka rekening (1 tahun yang lalu). Apakah ini bisa dianggap penggelapan dana nasabah, karena saya tidak pernah diberitahukan perubahan tersebut baik via email maupun via telepon/SMS?

2. Sesuai dengan jawaban CS tersebut, apakah rasional ketika ada perubahan kebijakan atau syarat dan ketentuan tertentu nasabah harus datang ke banknya? Dan ketika saya datang ke cabang pada saat itu, saya tidak menemukan info perubahan tersebut baik di flyer ataupun media lainnya. Saya mendapatkan info perubahan tersebut karena saya menanyakan ke CS.

3. Ditambah keterangan CS tersebut jika tidak ingin terpotong, saldo minimal yang mengendap adalah 25 juta, yang saya rasa juga sangat tidak rasional di mana sebelumnya tidak ada syarat tertentu. Lalu pas setahun saya jadi nasabah, tiba-tiba ada syarat/potongan tersebut.

Jika memang ada perubahan setidaknya minimal saldo mengendap 1 juta atau 5 juta tidak langsung ke 25 juta dan tidak ada pemberitahuan beberapa waktu/bulan sebelumnya baik via e-mail, telepon ataupun SMS.

Apa sulitnya mengirimkan info perubahan tersebut via e-mail atau SMS sementara info-info lainnya (promo kartu kredit, cashback, dll) dikirim periodik setiap minggunya. Saya pun bertanya-tanya “apakah ada sesuatu”? Karena perubahan tersebut tepat setahun setelah saya menjadi nasabah.

Mohon tanggapannya dari pihak Bank Niaga. Karena saya merasa jawaban dari CS tersebut belum membantu.

Salam Hormat,

Wendy
08152137***
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank CIMB Niaga:
[Total:21    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Wendy

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Wendy yang berjudul: “Potongan Biaya Tabungan iB Xtra Wadiah CIMB Niaga” (MediaKonsumen.com, 2 Mei...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Potongan Biaya Tabungan iB Xtra Wadiah CIMB Niaga

  • 2 Mei 2019 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Coba sering2 baca web bank kita ka, supaya ga bingung ada slhnya jg sih cimb gaada informasi by SMS atau email, sukses trs ya ka

  • 25 Juli 2019 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Iya nih saya juga nasabah CIMB niaga sejak 2016, account 7611***900, baru tau ternyata sudah 4bulanan ini dipotong dng biaya seperti ini, padahal waktu pembukaan customer servicenya bilang selamanya tidak akan ada biaya asal saldo diatas 100rb. Apakah ini termasuk penipuan atau perampokan uang nasabah yah Krn tidak ada pemberitahuan sebelumnya dan semena mena langsung potong saldo nasabah aja…mohon Bank CIMB dijaga komitmennya…dan kembalikan saldo yg sudah dipotong..thx

  • 8 Februari 2020 - (06:08 WIB)
    Permalink

    Setelah jadi nasabah sejak 2013, lama2 mulai tidak nyaman juga dengan Fall Below Fee ini. Pemberitahuannya tidak tepat sasaran, seharusnya ganti nama sekalian jangan tabungan syariah karena memotong dana nasabah secara sepihak. Tolong pembuat kebijakan bank niaga ini mengkaji ulang penerapan Fall below Fee atau dalam beberapa waktu kedepan bisa kehilangan banyak nasabahnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Potongan Biaya Tabungan iB Xtra Wadiah CIMB Niaga

oleh Wendy Sarli dibaca dalam: 1 menit
5