Waspadai Layanan “Pick Up” Kurir J&T Express

Latar belakang saya adalah sebagai seller pada berbagai online marketplace yang telah menggunakan layanan pick up dan resi otomatis dari kurir J&T selama kurang lebih setahun. Selama setahun menggunakan layanan J&T pick up memang terasa aman dan nyaman karena tidak ada kendala dan masalah. Tetapi permasalahan akhirnya terjadi disebabkan karena J&T tidak pernah memberikan Bukti Serah Terima ketika pick up barang, barang kemudian hilang setelah pick up tetapi sebelum di-input ke resi otomatis. Berikut ini kronologinya:

Buyer memesan barang pada salah satu online marketplace pada Senin 1 Juli 2019 dengan layanan kurir J&T. Pada tanggal 1 Juli 2019 saya memiliki total 3 paket untuk J&T dan seluruhnya menggunakan resi/AWB otomatis, sehingga saya order pick up seperti biasa melalui Whatsapp dengan memberikan kode-kode resi otomatisnya. Pada sore hari seperti biasa kurir pick up datang untuk mengambil paket, tetapi saya tidak di tempat sehingga paket diberikan oleh karyawan saya. Normalnya kurir J&T ini baru menginput resi pada malam hari sekitar pk. 20.00-22.00.

Permasalahan baru disadari keesokan harinya pada Selasa 2 Juli 2019 yaitu saya melihat ada 1 resi yang belum terproses, padahal 2 resi yang bersamaan telah terproses. Saya kontak lagi kurirnya dan ternyata dia mengaku bahwa tidak menerima paket tersebut. Padahal normalnya apabila kurir tersebut menerima jumlah paket yang kurang dari jumlah resi yang di Whatsapp, dia akan mempertanyakannya. Tetapi pada pick up 1 Juli 2019, kurir tidak bertanya apa-apa dan pick up lancar begitu saja. Saya meminta kurir tersebut untuk terus melakukan pengecekan di Warehouse dan Distribution Center.

Sampai saat ini Jumat 05 Juli 2019 belum ada kemajuan sama sekali. Dikarenakan tidak adanya Bukti Serah Terima, saya tidak bisa melakukan klaim apapun dan dengan sangat terpaksa saya mengakhiri kerjasama dengan kurir J&T, karena setelah kejadian ini pun saya minta bukti serah terima setiap pick up tetap tidak dilakukan.

Untuk para seller maupun pengirim yang menggunakan layanan pick up kurir J&T mohon berhati-hati karena kecacatan SOP ini dapat menyebabkan kerugian yang signifikan. Kejadian ini terjadi dengan J&T cabang Terogong, Jakarta Selatan.

Jony
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Penilaian Rata-rata: 2.5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Waspadai Layanan “Pick Up” Kurir J&T Express

Jony 1 menit
0