Waspadai Layanan “Pick Up” Kurir J&T Express

Latar belakang saya adalah sebagai seller pada berbagai online marketplace yang telah menggunakan layanan pick up dan resi otomatis dari kurir J&T selama kurang lebih setahun. Selama setahun menggunakan layanan J&T pick up memang terasa aman dan nyaman karena tidak ada kendala dan masalah. Tetapi permasalahan akhirnya terjadi disebabkan karena J&T tidak pernah memberikan Bukti Serah Terima ketika pick up barang, barang kemudian hilang setelah pick up tetapi sebelum di-input ke resi otomatis. Berikut ini kronologinya:

Buyer memesan barang pada salah satu online marketplace pada Senin 1 Juli 2019 dengan layanan kurir J&T. Pada tanggal 1 Juli 2019 saya memiliki total 3 paket untuk J&T dan seluruhnya menggunakan resi/AWB otomatis, sehingga saya order pick up seperti biasa melalui Whatsapp dengan memberikan kode-kode resi otomatisnya. Pada sore hari seperti biasa kurir pick up datang untuk mengambil paket, tetapi saya tidak di tempat sehingga paket diberikan oleh karyawan saya. Normalnya kurir J&T ini baru menginput resi pada malam hari sekitar pk. 20.00-22.00.

Permasalahan baru disadari keesokan harinya pada Selasa 2 Juli 2019 yaitu saya melihat ada 1 resi yang belum terproses, padahal 2 resi yang bersamaan telah terproses. Saya kontak lagi kurirnya dan ternyata dia mengaku bahwa tidak menerima paket tersebut. Padahal normalnya apabila kurir tersebut menerima jumlah paket yang kurang dari jumlah resi yang di Whatsapp, dia akan mempertanyakannya. Tetapi pada pick up 1 Juli 2019, kurir tidak bertanya apa-apa dan pick up lancar begitu saja. Saya meminta kurir tersebut untuk terus melakukan pengecekan di Warehouse dan Distribution Center.

Sampai saat ini Jumat 05 Juli 2019 belum ada kemajuan sama sekali. Dikarenakan tidak adanya Bukti Serah Terima, saya tidak bisa melakukan klaim apapun dan dengan sangat terpaksa saya mengakhiri kerjasama dengan kurir J&T, karena setelah kejadian ini pun saya minta bukti serah terima setiap pick up tetap tidak dilakukan.

Untuk para seller maupun pengirim yang menggunakan layanan pick up kurir J&T mohon berhati-hati karena kecacatan SOP ini dapat menyebabkan kerugian yang signifikan. Kejadian ini terjadi dengan J&T cabang Terogong, Jakarta Selatan.

Jony
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:38    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Waspadai Layanan “Pick Up” Kurir J&T Express

  • 6 Januari 2020 - (21:04 WIB)
    Permalink

    opsi pick up j&t terasa teramat sangat mengecewakan sekali. saya sudah berkali² ambil layanan pick up, sehari dua hari paket tidak diambil² sampai akhirnya saya harus antar sendiri ke j&t ciwastra (bandung).

    ok bila ini hanya terjadi satu dua kali, kalau sampai gak kehitung jari tangan? apa faedahnya diadakan layanan pick-up. pengalaman saya
    dengan kurir si cepat sejauh ini tidak pernah ngalamin yang serupa (untuk layanan pick up). ketika ada orderan masuk siang, dan sorenya kurir sudah ada. pernah jam 8 malam kurir baru sampai ke rumah. minta maaf berkali², sangat sopan. beda dengan j&t, datang ke counter males karyawan-nya sombong², padahal kita sudah bicara seramah mungkin…

    tolong dong j&t, didik kurir dan cs di setiap cabang sebaik mungkin. sekarang ini era ‘penilaian’. jangan hanya karena pelayanan kurir anda yang lamban, kami² para seller online jadi kena imbasnya.

    • 6 Januari 2020 - (23:29 WIB)
      Permalink

      Jgn pake pick up jnt dr aplikasi apapun. Percuma ga akan pernah diambil. Kurir ga akan datang. Klo mau pickup jnt hrs dgn langganan jnt terdekat. Dtg ke kantornya lalu minta nomer wa kurirnya yg utk pickup. Lalu wa pribadi langsung ke kurirnya janjian utk pickup paket utk seterusnya. Baru kurir akan datang.

      • 13 Maret 2021 - (19:42 WIB)
        Permalink

        percuma juga, saya dari pengalaman pertama yang mengecewakan, niatnya mau langsung saya nonaktifkan pilihan kurir jnt.. kebetulan ada kurir yang dateng anter paket saya mintain aja kontak wa nya untuk permudah pick up.. nyatanya esoknya kejadian lagi, katanya mau di pick up, ditunggu sampai malem ga dateng2..

        fix, untuk seller jangan lagi pilih layanan pick up jnt, sangat sangat mengecewakan.. karena tidak ada sinkronisasi data dari marketplace ke agen/cabang terdekat, sehingga sering miss disini.. harus komplain ke pusat dulu baru di pick up.. sangat tidak profesional.

    • 3 Oktober 2020 - (05:52 WIB)
      Permalink

      wah ternyata sama pengalamannya. Malah saya offkan layanannya di toko online saya karena sering ngaret masalah pickupnya. Sicepat yang terbaik masalah pickup. Ninja express juga disiplin masalah pickup dari dulu. jnt goodbye aja kalo masalah pickup.

    • 18 November 2020 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Sama, saya oake sistem pick up dari tgl 11 sampe tgl 18 belum di pick up, pas saya tlfon ke customer service.nya katanya tinggal nunggu aja nanti akan dijemput, eh taunya sama sprinternya saya diginiin ” Tinggal nunggu tp sprinter yg jemput g di konfirm ya g tau mb kl ada pick up pket” ahsyudahlahhh

      • 5 Februari 2021 - (20:57 WIB)
        Permalink

        Ini jg terjadi di saya baru2 ini. Di catatannya tertulis di pick up tgl 1, ditunggu sampe sore menjelang malam ga dateng2, malah tiba2 tgl nya berubah sendiri ke tgl 2. Di tgl 2 pun ga dateng. Merugikan sekali. Untuk apalah kerjasama dgn toko online kalo ga menjalankan tugasnya ?

  • 27 Oktober 2020 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Betul saya pun mengalami hal serupa terkait pick up..lamaaaaa bisa berhari2 dan saya hilangkan opsi jnt dari kedua onlineshop saya, sudah sangat bagus dan komitmen adalah dgn sicepat.
    kecepatan dan pelayanan luar biasa..ramah dan cepat, dlm sehari bisa bbrp kali ambil pick up barang…empat jempol buat si cepat smoga trs di pertahankan untuk best pelayanannya ini..tdk akan kelain hati lagi sudah…

  • 18 Januari 2021 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Saya ngajukan pick up j&t, tidak diambil2 sampai hari berikutnya, sampai2 pembeli membatalkan pesanan.

  • 12 Maret 2021 - (23:37 WIB)
    Permalink

    saya juga baru mengalami ini, sangat mengecewakan untuk layanan pick up nya, mending ditiadakan aja deh daripada php.. saya biasanya memang langsung antar ke counter/agen terdekat.. kebetulan beberapa hari sedang tidak bisa mengantar paket karena tidak ada kendaraan.. mencoba layanan pick up, minta pickup sore, ternyata sampai jam 10 malam tidak ada kurir yang datang untuk ambil.. sampai telpon cs jnt 2x katanya kalau sampai lewat jam 11 malem belum datang diminta telpon cs lagi.. pun katanya layanan chat wa cs jnt katanya 24 jam, nyatanya saya wa baru direspon keesokan harinya pagi menjelang siang.. dan diinfokan bahwa keluhan saya sudah tercatat dan diminta menunggu…

    kebetulan siang itu ada kurir jnt anter paket, saya tembak langsung aja untuk terkait layanan pick up nya.. jawabannya tidak ada info yang masuk untuk request pick up.. dari sini saja sudah ketahuan kalau sytem layanan pick up jnt sama sekali buruk dan perlu di evaluasi lagi untuk systemnya.. akhirnya saya minta nomor wa kurirnya untuk memudahkan layanan pick up selanjutnya.. tapi lagi-lagi mengecewakan, malam saya wa untuk minta pick up lagi esok hari, jawaban kurirnya besok tidak pick up sampai daerah saya.. padahal saat itu saya sudah terima orderan di marketplace .. tidak bisa dipercaya sebegitu buruk pelayanannya.. dari sini saya memutuskan untuk menonaktifkan layanan jnt yang sangat menyebalkan dan merugikan.. kalau kejadiannya seperti ini customer pun tidak mau tau dan dinilai seller sangat lambat untuk mengirimkan pesanan.

    saran untuk teman-teman yang menggunakan layanan pick up, mending pilih sicepat atau anter aja, pick up selalu tepat waktu.. kurir juga ramah..

  • 21 April 2021 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya minta jemput barang dr jnt nunggu sampe malem ga di ambil2 sampe sy komplen ke jnt terdekat, ditawarkan ambil dan kurir kasih wa nya, setelah di WA kurir ga ambil2….bingung SOP nya seperti apa dan kenapa jnt ad layanan pickup di aplikasi marketplace kalo ga bs pickup, lumayan banyak juga paket yg pake jnt tp pihak jnt nya tidak membantu sama sekali….. Kecewa sekali

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Waspadai Layanan “Pick Up” Kurir J&T Express

oleh Jony dibaca dalam: 1 menit
10