Deposito Menggantung di Digibank

Saya adalah pengguna Digibank sejak tahun 2018 dan aktif menggunakan layanan Digibank karena kemudahannya. Saya juga aktif menempatkan deposito dan tidak ada kendala dalam proses pencairan maupun pengaturan deposito. Namun, pada 25 Juni 2019 saya mengalami kesulitan dalam melakukan pengaturan deposito yang telah saya tempatkan di Digibank.

Berikut kronologinya:

1. Pada tanggal 29 Mei 2019 saya menempatkan deposito di Digibank dengan tenor 1 bulan dan instruksi automatic roll over pokok + bunga.

2. Berdasarkan peraturan penempatan deposito di Digibank, nasabah diperbolehkan untuk mengubah pengaturan saat jatuh tempo deposito paling lambat 2 hari sebelum jatuh tempo, yakni 27 Juni 2019.

3. Deposito akan jatuh tempo pada 29 Juni 2019. Saya berniat untuk mengubah pengaturan pada deposito saya semula automatic roll over pokok + bunga menjadi cairkan pokok + bunga ke rekening pada saat jatuh tempo karena sedang membutuhkan uang tersebut.

4. Pada 25 Juni 2019, saya berniat untuk mengubah pengaturan deposito pada aplikasi Digibank. Namun aplikasinya error pada saat saya mengklik deposito saya, sehingga saya tidak dapat melakukan perubahan pengaturan apapun pada deposito saya yang akan jatuh tempo tersebut. Saya juga telah berulang kali meng-install ulang aplikasi Digibank.

5. Pada 26 Juni 2019, saya menghubungi customer service Digibank untuk meminta solusi atas permasalahan ini, bahkan saya bersedia untuk datang ke kantor cabang Bank DBS manapun untuk mengurus pengaturan deposito ini agar tidak di-automatic roll over di bulan berikutnya. Namun CS hanya menyarankan untuk memeriksa koneksi, tidak menggunakan wifi, menghapus cache, dan memastikan bahwa aplikasi Digibank yang di-install ada versi terbaru.

6. Pada 26 Juni 2019, setelah mendapat saran dari CS, saya pun meng-install ulang aplikasi dan menggunakan mobile data. Namun pada saat saya akan mengubah instruksi pengaturan deposito, lagi-lagi aplikasinya error dan hanya stuck di bagian awal deposito yang berisi nominal, bunga, dan tanggal jatuh tempo. Ketika saya klik di bagian deposito tersebut, tidak terjadi perubahan apapun pada layar hp saya. Selalu stuck di menu yang sama. Saya bahkan mencoba layanan transfer pada aplikasi Digibank ke rekening lain dan berhasil. Akan tetapi saat memilih bagian deposito, selalu stuck di tampilan yang sama.

7. Pada 27 Juni 2019, saya kembali menghubungi Customer Service dan lagi- lagi mendapatkan jawaban yang sama. Bahkan CS juga menyebutkan bahwa perubahan pengaturan deposito hanya dapat dilakukan melalui aplikasi saja dan tidak dapat dilakukan melalui kantor cabang Bank DBS. Bagaimana saya dapat melakukan perubahan instruksi pengaturan deposito, sedangkan aplikasinya selalu stuck di menu deposito?

Sebagai informasi, handphone yang saya gunakan adalah iPhone 8 dengan IOS 12.3.2 yang tentunya sangat kompatibel untuk mengoperasikan aplikasi Digibank. Provider telepon seluler yang saya gunakan adalah Telkomsel yang memiliki sinyal yang sangat baik. Bahkan saya sudah mencoba untuk menginstall aplikasi Digibank di 2 handphone android lainnya dan juga mengalami hal serupa, yakni error saat mengklik bagian deposito.

8. Saya juga telah mencoba untuk login via website, yakni https://secure.id.dbsDigibank.com/login. Namun tidak berhasil juga saat ingin mengubah pengaturan deposito dengan alasan kendala teknis. Hal ini sudah terjadi berulang kali, setiap hari saya mencoba untuk mengubah pengaturan deposito yang akan jatuh tempo tersebut dari aplikasi maupun web.

9. Pada tanggal 29 Juni 2019, pokok dan bunga deposito saya di-roll over ke bulan berikutnya, sehingga tanggal jatuh temponya menjadi 29 Juli 2019 dan tidak ada kejelasan mengenai bagaimana cara saya merubah pengaturan pada deposito saat akan jatuh tempo. Hal ini dikarenakan error pada aplikasi.

10. Sertifikat deposito saya untuk periode 29 Juni 2019-29 Juli 2019 juga tidak ada di aplikasi, sehingga tidak dapat saya download sertifikatnya.

Sampai tulisan ini dibuat, 6 Juli 2019, saya juga masih belum berhasil untuk merubah pengaturan pada deposito yang akan jatuh tempo di tanggal 29 Juli 2019 nanti. Entah sampai kapan uang saya akan menggantung di aplikasi yang selalu macet di bagian pilihan deposito. Anehnya semua menu berjalan lancar, hanya deposito saja yang macet.

Mohon penyelesaiannya dari pihak Digibank. Saya hanya ingin deposito saya dicairkan pada tanggal 29 Juli 2019 nanti. Pihak Digibank tidak bisa seenaknya saja melempar ke aplikasi, karena Digibank adalah produk dari DBS, sehingga apabila nasabah mengalami kendala pada aplikasi, seharusnya Kantor Cabang BANK DBS dapat memberikan pelayanan pada nasabah Digibank.

Saya juga melampirkan bukti foto tampilan aplikasi Digibank terkait dengan deposito saya ini.

Terima kasih dan mohon tanggapannya.

Bella Nova Iskandar
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Digibank Bank DBS:
[Total:18    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Bella Nova Iskandar

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan MediaKonsumen.com...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Deposito Menggantung di Digibank

  • 8 Juli 2019 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Bener banget. Bank dengan produk aneh: “full” app, bahkan CS pun via app, sementara kanal2 lain baik online (seperti internet banking) maupun offline (kantor cabang dll) hanya sekedar “pemeran pembantu” (atau bahkan mungkin “pemeran pembantu” pembantu) alias sering kali tidak bisa konek (tidak bisa mengakses?) ke apa yang terjadi di app.

    Lah, yang jadi MASALAH BESAR adalah: app nya ngeri kualitasnya, alias kadang bisa error justru KETIKA SEDANG BUTUH BANGET, sebaliknya ketika sedang gak butuh malah (katanya) lancar.

    Terus terang saya bilang mbak nya hebat bener (gede hoki nya) kalau selama ini baru 1x ini saja mengalami app error. Kalau saya sih sudah sering. & baca2 komen di playstore (saya tidak tahu bagaimana kondisi di appstore) terbukti bahwa saya tidak sendiri.

    Kalau saya bilang sih DBSi nekad bener & berani mati dengan produk Digibank nya, karena tingkat reliabilitas app nya sungguh mengerikan. Bandingkan dengan bank swasta terbesar yang saya sudah jadi pemakai mobile maupun internet banking nya dari puluhan tahun lalu. Entah apakah saya pernah mengalami error, tapi yang jelas paling banyak mungkin 1 2 x (selama puluhan tahun).
    Sebaliknya dengan Digibank, memakai selama 1 2 tahun sudah tidak terbilang berapa x error & berapa x saya install ulang app nya (sesuai saran dari CS nya kan, yang troubleshooting nya memang cuma itu: clear cache, install ulang, kalau tidak ya menyalahkan internet). Itu pun tidak ada jaminan bakal lancar saat itu, atau bahkan di kemudian hari tidak akan terjadi lagi.
    Malah yang ini ngomong gak boleh pake wifi…

    Kalau saya sih gak berani saya pasang deposito di sini. Alasannya simpel: iya kalau segala sesuatunya lancar (baca: app nya lancar), lah kalau pas apes? Bandingkan dengan bank2 lain, di mana gampang sekali mengurus soal deposito, bisa via telepon, bisa via kantor cabang dll.
    Mungkin bunga kalah besar, tapi buat saya reliabilitas lebih prioritas dibanding sekedar angka2 digital.
    Saya masuk ke ekosistem DBSi pun terpaksa/otomatis gara-gara akuisisi ANZ. Kalau disuruh daftar sendiri, belum tentu juga saya berminat.

    Semoga cepat beres masalahnya.

    • 8 Juli 2019 - (14:08 WIB)
      Permalink

      Saya jujur kapok untuk pakai Digibank. Sejak kejadian ini, saya langsung tarik semua uang saya di rekening, yang tersisa hanya deposito yang menggantung itu. Per hari ini pun aplikasinya masih error di bagian deposito, begitu juga dengan webnya.

      Betul banget, aplikasi digibank Indonesia 2 bulan belakangan ini, baik di appstore maupun playstore didominasi oleh rating-rating buruk dari nasabah, begitu juga dengan kolom komentar di postingan instagram digibank yang penuh dengan keluhan nasabah.

      Digibank perlu memperbaiki pelayanannya untuk mengembalikan kepercayaan nasabah.

 Apa Komentar Anda mengenai Digibank Bank DBS?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Deposito Menggantung di Digibank

oleh BELLA ISKANDAR dibaca dalam: 3 min
3