Bank DBS Seenaknya Menambahkan Biaya-biaya

Saya adalah nasabah kartu kredit DBS, melalui surat pembaca ini saya ingin mengjukan keluhan sehubungan dengan tagihan kartu kredit saya. Pada bulan Mei 2019 saya melakukan pembayaran tagihan secara full payment untuk kedua kartu DBS saya yang ternyata jatuh tempo tanggal 27 Mei 2019. Pada tanggal 28 Mei 2019 setelah saya menerima telepon dari Bank DBS terkait tagihan tersebut, langsung saya bayar.

Saya berpikir hanya terlambat 1 hari tentu belum terkena bunga, dan selama ini saya memang tidak pernah terlambat. Hanya karena mau lebaran sehingga saya terlalu sibuk dan tagihan saya terlewat 1 hari dari tanggal jatuh tempo. Saat menerima billing tagihan saya kaget sekali karena di kartu Visa ada total biaya tambahan sebesar Rp289.888 dan kartu Master Rp144.121 yang terdiri atas bunga dan late charge.

Saya tidak habis pikir bagaimana bisa muncul biaya-biaya tersebut hanya karena terlambat 1 hari? Biasanya bank lain memberi dispensasi 2 hari untuk keterlambatan. Saya sudah telepon ke call center dan pihak CS bilang akan menghapuskan biaya-biaya di kedua kartu tersebut dikarenakan saya tidak pernah terlambat selama ini. Saya sudah santai menunggu pengkreditan biaya-biaya tersebut ke kartu saya, tapi sudah hampir 2 minggu dari saya telepon CS belum juga dikreditkan.

Sekarang ditambah lagi dengan masalah untuk tagihan bulan Juni 2019. Kali ini saya membayar sebelum jatuh tempo karena memang saya trauma dengan kejadian bulan lalu. Saya sudah bayar full payment pada tanggal 12 Juni 2019. Kemudian beberapa hari kemudian ada pihak dari Bank DBS telepon untuk minta dijadikan cicilan. Saya setuju untuk mengambil cicilan 12 bulan yang artinya mulai bulan Juli adalah cicilan pertama. Tapi ternyata tanggal 18 Juni malah tagihan cicilan pertama sudah muncul. Sehingga tagihan saya yang sudah saya bayar full ditambahkan dengan cicilan pertama yang sudah lewat tanggal cetak menjadi overlimit.

Itu terjadi di kedua kartu saya, yaitu Visa dan Master. Padahal ketika ditawari dijadikan cicilan, saya sudah bertanya apakah nanti jadi over karena saya takut bunganya dibebankan di depan. Dijelaskan bahwa tidak akan over karena belum muncul bunga, dan selama ini jika dijadikan cicilan saya tidak pernah kena biaya overlimit, makanya saya setuju dijadikan cicilan selama 12x. Namun ketika saya cek aplikasi DBS saya bunga dan biaya keterlambatan belum dihapuskan sekarang, malah ketambahan biaya overlimit di masing-masing kartu sebesar 125 ribu.

Saya tidak tahu apakah sistem dari Bank DBS yang error atau memang itu caranya menjebak nasabah untuk mendapatkan uang sehingga muncul biaya-biaya yang tidak seharusnya ada. Saya minta biaya-biaya bunga dan late charge kedua kartu saya dan biaya overlimit @125 ribu di masing-masing kartu untuk dikembalikan karena memang bukan kesalahan saya, tetapi marketing yang tidak mengerti prosedurnya. Karena tagihan yang jelas-jelas sudah dibayar full payment malah ditambahi biaya cicilan sehingga overlimit.

Terima kasih.

Melani Kusuma
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bank DBS Indonesia:
[Penilaian Rata-rata: 3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DBS Indonesia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Bank DBS Seenaknya Menambahkan Biaya-biaya

Melani Kusuma 2 menit
0