Pembaruan Sistem Bukalapak, BukaDompet Dibekukan

Saya adalah pelapak yang cukup aktif melakukan penjualan di lapak saya yang bernama mousehead. Sejak bulan Mei 2019, penjualan produk saya cukup baik. Hingga tanggal 29 Juli 2019 ketika ada order yang masuk seperti biasanya saya mengirimkan apa yang diminta oleh pembeli. Setelah transaksi selesai, saya pun menarik dana karena akan kulakan lagi seperti biasanya.

Akan tetapi, saya sudah menunggu 1×24 jam, uang saya tidak ditransfer ke rekening saya juga. Sudah komplain ke CS (021-50813333), awalnya mereka menjelaskan memang ada pembaruan sistem, jadi saya disuruh sabar menunggu 1×24 jam lagi. Saya pun menegaskan, apakah ada permasalahan di transaksi saya? Jawaban dari CS tidak ada kesalahan dalam transaksi saya, hanya saja adanya pembaruan sistem.

Hari ini, tepatnya pukul 07:01 PM; 31 Juli 2019, saya menelepon kembali pihak Bukalapak karena apa yang mereka sudah janjikan untuk menunggu kembali 1×24 lagi, tapi tak kunjung dicairkan dananya. Dan noted dari CS bukalapak akan dikirimkan berita kepada team terkait sebagai top priority karena sudah menunggu 2×24 lebih. Saya pun menunggu tanpa kejelasan yang pasti. Sampai akhirnya saya dapat notif email bahwa akun saya dibekukan tanpa alasan yang jelas dan disuruh menunggu 4×24 jam LAGI!!.

Saya langsung telepon ke CS bukalapak kembali, hanya ingin memastikan apa yang salah dari transaksi saya. CS Bukalapak hanya mengatakan untuk alasan keamanan supaya tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Jujur saja, hal itu gak masuk akal, yang error sistemnya dari tanggal 29 Juli 2019, tapi ujung-ujungnya BukaDompet saya yang dibekukan. Akhirnya saya pun terkena imbasnya dikarenakan pembukuan saya karut marut. Padahal sudah banyak transaksi saya, dan semua tidak ada masalah. Baru kali ini pembaruan sistem malah jadi masalah.

Apakah ada teman-teman di sini yang bernasib seperti saya?

Cornelius Kusuma
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:11    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Cornelius Kusuma

Jakarta, 7 Agustus 2019 Kepada Yth: Pengelola Rubrik Surat Pembaca MediaKonsumen.com Perihal: Pembaruan Sistem Bukalapak, BukaDompet Dibekukan Dengan Hormat, Terima...
Baca Selengkapnya

31 komentar untuk “Pembaruan Sistem Bukalapak, BukaDompet Dibekukan

  • 1 Agustus 2019 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Lho masih belum beres juga? ? Sepertinya masalah ini udah dari hari Sabtu minggu kemarin. Bukalapak lagi galau, BukaDompet gak dapat izin BI, tapi mereka belum juga sepenuhnya pindah ke DANA. Akibatnya ya begini. ?

      • 1 Agustus 2019 - (08:33 WIB)
        Permalink

        Tujuannya sih bagus gan, biar gak kebobolan kek kasus Bank Mandiri kemarin. Tapi ya jadi pertanyaan jg, kenapa udah berhari2 gak beres jg? Ada apa dengan sistem Bukalapak? Update sistemnya gak smooth. ?

        • 1 Agustus 2019 - (08:39 WIB)
          Permalink

          Yes. Tujuannya bagus.. tapi jika updatenya / maintenance nya terlalu lama apalagi di akhir bulan dimana tagihan ada, butuh kulakan, semua terhambat. Sungguh disayangkan ya

      • 3 Agustus 2019 - (19:58 WIB)
        Permalink

        Di batalkan karena terindikasi pelanggaran, katanya dana akan masuk ke pihak pembeli, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan lagi transaksi juga belum batal. Galauu…

        • 3 Agustus 2019 - (20:05 WIB)
          Permalink

          Sama kok.. dibalikin lagi ke pembeli tapi saya tanya kejelesan belom ada kabar sama sekali. Dibalikin ke pembeli masuk bukadompetnya atau ke CC nya.

          Lalu kenapa harus dikembalikan? Padahal barang sudah diserahkan..?selama costumer tidak pernah complaint, kenapa BL semacam mencari cari kesempatan dan kesalahan untuk menyita uang konsumen?

          • 3 Agustus 2019 - (20:10 WIB)
            Permalink

            Katanya sih ke CC pembeli, kalo udh batal dan di return tinggal saya koordinasi sama pembeli secara langsung tapi ini dana belum return pembeli juga pasti gx mau bayar 2 kali, dana masih ditahan tapi belum ada kejelasan berapa lama dana ditahan

          • 3 Agustus 2019 - (20:11 WIB)
            Permalink

            Bukalapak lagi galau, saya lihat banyak komplain soal dana Penjualan ada yg sampai 400jt & 75jt

          • 3 Agustus 2019 - (20:50 WIB)
            Permalink

            Gan… itu liat dimana? Ada transaksis 400jt & 75jt komplain

  • 3 Agustus 2019 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Mnrt saya ini kasus kesengajaan dr pihak bukalapak, saya juga kena, masalahnya terlihat pd permintaan yg aneh thd konsumen2 yg telah berlalu lama yg dimana proses penjualan atau transaksinya udah beres lama, tapi masih di minta data2 pribadi konsumen tsb, aneh kan?? Hal ini bukan pembaruan sistem yg katanya lg pembaruan sistem pencairan yg bermasalah dgn pihak bank terkait spt bca, bni dll, itu semua adalah klise aja, buktinya diminta hal yg tdk sesuai dgn problemnya, cenderung adalah mencurigai pelapak mknya sempet saya alasan bukalapak diatas transaksi invalid. Sbnrnya Bukalapak itu adalah mediator antara penjual dan pembeli, kalau proses jual beli telah selesai dan tidak ada komplain dr konsumen itu artinya proses sudah valid, dan dana DITITIPKAN oleh konsumen kpd bukalapak utk diteruskan ke pelapak. Jd dalam hal ini BUKALAPAK bisa digugat dengan kasus PENGGELAPAN pasal 372 junto 374 KUHP dimana secara sederhananya dikatakan bahwa barang yg dititipkan itu harus segera diserahkan sesuai kesepakatan kpd pemilik seharusnya sesuai wkt yg ditentukan dalam hal ini yg dititipkan adalah uang, dan waktu yg ditentukan sesuai keterangan di akun bukalapak adalah 1×24 jam utk bank bca, bni, bri dan mandiri. Jikalau lbh dr hal tsb bisa dikatakan bukalapak telah melakukan PENGGELAPAN, apalagi telah berlalu semingguan dana tidak bisa cair. Saya hendak melakukan jalur hukum yakni melapor ke polda metro jaya atas kasus PENGGELAPAN yg dilakukan ini.

    • 3 Agustus 2019 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Betul bung. Transaksi saya sudah berjalan dr tanggal 29 juli 2019. Permintaan data yang diminta dr bukalapak itu memfotokan barang dengan KTP pemohon di tanggal 2 Agustus 2019. Adanya jeda 5 hari dimana barang tersebut entah itu uda dijual lagi, entah itu uda dipakai, entah itu dikasihkan ke orang lain,karna ada 1001 cara yg dilakukan pembeli memperlakukan barang yg uda dibeli, sehingga membuat saya kerepotan dalam memberikan data.

      Dan pihak BL malah mengatakan pengemvalian dana ke pembeli?

      Sehat?

      • 3 Agustus 2019 - (20:15 WIB)
        Permalink

        Saya dari tgl 28 jual souvenir, souvenir udh abis di kasih orang tinggal saya merana karena bukalapak.
        Saya terima keputusan bukalapak jika memang dibatalkan tapi sampai sekarang belum ada kejelasan kapan transaksi dibatalkan dan kapan dana akan di return karena biar saya koordinasi langsung sama pembeli kalo transaksi memang sudah pasti batal & dana sudah di return.

        • 3 Agustus 2019 - (20:40 WIB)
          Permalink

          Belom tuh. Ciri2nya dana uda di return apa? Apakah ciri2nya duit di bukadompet tetiba 0? Krn sampai sekarang uang masih di bukadompet saya dan tidak bisa di utak utik nih

          • 3 Agustus 2019 - (21:56 WIB)
            Permalink

            Saya juga kurang paham, soalnya baru pertama alamin kaya gini..
            Yg pasti kita bisa lihat di riwayat transaksi penjualan masih proses apa sudah dikembalikan untuk statusnya

          • 3 Agustus 2019 - (22:01 WIB)
            Permalink

            Yg 75 juta coba cari pengguna a/n Alvin liauw putra

      • 3 Agustus 2019 - (21:58 WIB)
        Permalink

        Yg 400 JT lihat di coment pengguna lain, kalo yg 75 JT saya lihat sendiri komplain dari pelapak langsung

  • 4 Agustus 2019 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Sama gan nasib nya,sdh lama dipendingan akgir nya dibekukan,syarat2 sdh sy kirim tp sdh 2 hari tidak ada kejelasan disrh menunggu trs,sy berfikir positif sabtu minggu tim terkait off,bsk sy mau tulis di mediakonsumen jg kl sampai blm di proses

  • 8 Agustus 2019 - (09:10 WIB)
    Permalink

    selamat pagi pak, saya juga mengalami hal yang sama, saya sudah sejak tanggal 31 Juli 2019, saya malah sudah di suruh menunggu 4×24 jam bukti2 dan lampiran (Foto KTP dan bukutabungan, foto dan resi2 pengiriman fisik dll) telah saya kirimkan lengkap dengan kronologis sesuai dengan email arahan dari Bukalapak, namun barusan saja saya tlpn (08 Agustus 2019) saya dihimbau agar menunggu kembali 4×24 jam.. padahal per hari ini sudah 9 hari atau 7 hari kerja (dikurangi hari sabtu minggu) Bukadompet saya dibekukan, dan belum ada penyelesaian dan solusi baiknya bagaimana dan seperti apa. kalau bapak masih sejauh mana? masa ini sudah 9 x 24 jam dan masih diiharuskan menunggu 4×24 jam ??? akankah sampai berapa lamalagi yaa.. saya kok juga bingun…

  • 14 Agustus 2019 - (00:28 WIB)
    Permalink

    Saya adalah buyer & Seller sejak Januari 2015 mengalami hal yang sama..
    Akun Bukadompet saya juga dibekukan sejak tanggal 1 agustus 2019 oleh pihak bukalapak dengan alasan telah berkomunikasi / chat
    dengan Akun Pembajak yg mengatasnamakan Bukalapak ,di hari itu juga Akun pembajak tersebut sudah dinonaktifkan oleh Tim Bukalapak atas dasar indikasi penipuan…Harusnya masalah sudah terselesaikan karena akun saya pun tidak mengalami perubahan & Bukadompetnya pun masih sama jumlahnya.. tetapi tetap akun bukadompet saya dibekukan
    saya sudah berkali2 ganti password, Komplain via bukabantuan, sudah sering telp call centre, sudah upload semua data2 yg diminta BL, tapi hingga kini tgl 13 agustus belum ada kepastian kapan Bukadompet akan diaktifkan kembali.. mengecewakan sekali pelayanan Bukalapak…
    Mohon kepada pihak Bukalapak untuk segera mengaktifkan kembali bukadompet saya karena saya sangat memerlukan dana tersebut . Sejak tanggal 1 agustus 2019 hingga saat ini ada beberapa transaksi penjualan yang masuk ke bukadompet saya, semakin lama bukadompet dibekukan semakin merugikan saya sebagai Seller & semakin banyak dana saya yang tertahan di bukadompet.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Pembaruan Sistem Bukalapak, BukaDompet Dibekukan

oleh Cornelius Kusuma dibaca dalam: 1 menit
31