Pengajuan Penurunan Cicilan Bank Mandiri Surabaya Dipersulit karena Status Masih Lancar

Saya debitur KPR Bank Mandiri Graha Mandiri an 02, dengan acc. no: 1420100544278. Pada tanggal 2 Agustus 2019 saya mencoba mendatangi kantor Bank Mandiri KPR di Genteng Kali Surabaya tempat pertama kali saya menandatangani KPR untuk mengajukan perihal permohonan keringanan suku bunga KPR saya agar cicilannya bisa menjadi sedikit lebih ringan. Jika sebelumnya cicilan saya Rp3,4 juta/bulan, saya mengajukan Rp2,9 juta/bulan karena kondisi ekonomi saya yang mulai memburuk. Saya berharap ada bantuan keringanan dari pihak Bank Mandiri. Namun oleh CS saya diarahkan ke Bank Mandiri Pemuda karena katanya ada pembagian tugas. Saya diberi opsi untuk bisa mengajukan via email, maka saya email pengajuan saya dan berkas dokumen pendukung.

Tak lama kemudian ditelepon oleh pihak Bank Mandiri dikatakan kalau pengajuannya ditolak karena status saya masih kondisi ‘lancar’ dan plafon hutang saya dibawah Rp200 juta. Saya diarahkan kembali ke Bank Mandiri bagian kolektif di dekat Jl. Kayoon. Setelah saya temui dan berkonsultasi, mereka pun juga menolak dengan alasan saya masih dalam kondisi ‘lancar’. Bagian kolektif hanya menerima orang-orang yang bermasalah/kondisi macet.

Saya mencoba mengirimkan email kembali ke Bank Mandiri cabang Pemuda, mereka hanya berkata akan mencoba membantu sebisa mungkin namun sudah 3 minggu masih belum ada kabar/kepastian hingga hari ini, sementara jatuh tempo saya 1 September sudah mendekati.

Yang mau saya tanyakan, mengapa begitu susah untuk mengajukan keringanan penurunan cicilan ke Bank Mandiri? Apakah harus menunggu konsumen menjadi macet dahulu baru diberi solusi? Tidak bisakah mengerti kebutuhan konsumen dengan memperhatikan permasalahan debitur satu per satu? Di tengah informasi bahwa BI telah menurunkan suku bunga, dan mengapa bank BUMN suku bunga kredit floatingnya lebih mahal (13,5%/tahun) daripada bank-bank swasta (rata-rata 11%/tahun). Kalau melihat kata ‘bunga floating’ berarti harusnya ikut turun dong.

Apakah tidak ada solusi buat saya sehingga dengan terpaksa saya harus memohon di publik melalui media konsumen ini, karena saya tidak tahu lagi harus mengajukan kemana agar saya bisa mendapatkan solusi untuk permasalahan saya. Mohon agar bisa di bantu secepatnya. Terima kasih sebanyak-banyaknya untuk Media Konsumen yang berkenan untuk membantu permasalahan saya.

Oscar Kusuma
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Pengajuan Penurunan Cicilan Bank Mandiri Surabaya Dipersulit karena Status Masih Lancar

  • 29 November 2019 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Melalui media konsumen ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian yg di berikan oleh pihak bank mandiri dalam merespon keluhan saya via tlp dan email,
    pihak bank mandiri bagian kredit kpr menghubungi saya pada tanggal 21 november yg isinya memberikan solusi atas permasalahan cicilan kpr saya di masa yg akan datang, dan saya menerima solusi tsb walau tidak teralu memuaskan sekali namun masih dapat di terima dengan rasa syukur. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas pengertian yg di berikan oleh pihak bank mandiri, semoga kedepan bank mandiri semakin lebih baik dalam melayani nasabahnya, terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai KPR Bank Mandiri?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pengajuan Penurunan Cicilan Bank Mandiri Surabaya Dipersulit karena St…

oleh Oscar Kusuma dibaca dalam: 1 menit
1