Sulitnya Menutup Kartu Kredit Bank BRI

Sekitar 2 tahun lalu, saya ditelepon pihak BRI ditawari kartu kredit (BRI VISA dan BRI Mastercard Platinum) dengan janji bahwa annual membership free seumur hidup. Karena janji tersebut, saya menerima kartu kredit yang ditawarkan.

Pada tanggal 14 September 2019, saya menerima email dari Bank BRI lembar penagihan kartu kredit saya untuk BRI Mastercard Platinum dan tertera annual membership fee sebesar Rp603.000. Pada tanggal 16 September 2019 pukul 9 pagi, saya telepon CS BRI di nomor: 021-5758899 untuk komplain, dan diberitahu bahwa kartu yang free iuran tahunan seumur hidup hanya kartu BRI Visa saja dan kartu Mastercard Platinum hanya free 2 tahun saja (untuk informasi, kartu ini hampir tidak pernah saya gunakan).

Oleh karena itu saya melakukan penutupan kartu BRI Mastercard saya dan diinformasikan bahwa untuk penutupan kartu diharuskan membayar annual membership fee yang sudah ditagihkan walaupun fee tersebut sebenarnya untuk iuran tahun selanjutnya dan untuk itu dibuatkan laporan penutupan kartu dan diperlukan 14 hari kerja maksimal untuk prosesnya.

Apakah ada Bank yang seperti ini? Saya rasa hanya BRI saja, saya mempunyai banyak kartu kredit dari banyak bank lain seperti BCA, BNI, CIMB dll dimana tidak satupun Bank lain yang memperlakukan customer-nya seperti Bank BRI.

Oleh karena itu saya mohon kebijaksanan pihak Bank BRI untuk memproses penutupan kartu saya tanpa mempersulit customer yang dalam hal ini menjadi korban kebohongan staff BRI yang menawarkan kartu kredit tersebut di awal, dimana jika tidak ada janji free iuran tahunan seumur hidup, tentu saja saya tidak akan mau membuat kartu kredit BRI tersebut.

Terima kasih.

Chandra Jusup Kusuma
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BRI:
[Penilaian Rata-rata: 3.7]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Sulitnya Menutup Kartu Kredit Bank BRI

  • 24 September 2019 - (15:40 WIB)
    Pada hari ini saya di telpon kembali oleh Bank BRI dan dinyatakan bahwa Kartu kredit tetap tidak dapat di tutup selama iuran tahunan untuk tahun selanjutnya belum di lunasi.
    Juga di informasikan oleh pihak CS bahwa di surat permohonan kartu sudah dituliskan bahwa persyaratan dan kebijakan dapat berubah sewaktu waktu tanpa perlu ada konfirmasi ke customer terlebih dahulu.

    Dalam hal ini apabila saya mengikuti kemauan BRI untuk membayar iuran tahunan berikutnya yang sebelumnya diinformasikan bebas iuran tahunan berarti secara tidak langsung saya membenarkan cara BRI menggaet pelanggan kartu kredit dengan meng iming-imingi free iuran tahunan seumur hidup dan membatalkan iming-iming tersebut dengan alasan persyaratan dan kebijakan dapat berubah sewaktu waktu tanpa perlu ada konfirmasi ke customer terlebih dahulu.

    Dan apabila hal ini nantinya menjadi kebiasaan staff kartu kredit BRI dalam menjual dan akhirnya saudara, teman dan pembaca sendiri yang terjebak, apakah dibenarkan?

    Mohon kebijaksanaan BRI dalam kasus ini, mengingat BRI sebegai salah satu BUMN terbesar di Indonesia yang seharusnya menjaga kepercayaan customernya.

    • 26 September 2019 - (11:21 WIB)
      ceritanya sama dengan saya… tp alhasil tidak ada itikat baik dari BRI. saya mau nya ga bayar iuran tahunan, tapi kembali lagi… akhirnya jadi bunga berbunga. malah tambah kita yang jadi nasabah BRI di rampok. makanya saya bilang BRI itu Bank Rampok Indonesia. saya saja mau tutup kartu kredit dikarenakan ada sisa cicilan, menurut CS nya harus dilunasi dl baru bisa di tutup. alhasil sudah saya lunasi kena penalti… ujung2nya jg sama tetap harus bayar iuran tahunan. bank BNI aja yang sama2 milik pemerintah aja bisa diajukan pembebasan iuran tahunan dengan melunasi sisa cicilan di KK BNI. lagipula kalau kita berinisiatif menutup kartu kredit sebelum ditagihkan iuran tahunan, apa bank mau manerima atau memproses iuran tahunan? kebanyakan gak kan.. adanya malah nunggu di cetak dl atau ditagihkan dl baru di ajukan. itulah permainan atau cara Bank BRI cari uang dengan cara merampok dana nasabah. jadi mulai sekarang semua yang berhubungan dg BRI sudah saya tutup. biarlah Bank BRI makan uang haram nya nasabah.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BRI?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Menutup Kartu Kredit Bank BRI

Chandra Tan 1 menit
4