Sangat Kecewa dengan Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga yang Diluar Aturan Penagihan BI

Saya adalah pemegang kartu kredit CIMB Niaga Master Gold dengan nomor 5481-17**-****-7189. Benar saya mempunyai tunggakan pada Bank CIMB Niaga sudah 4/5 bulan yang belum selesai dikarenakan kesulitan keuangan yang saya hadapi dari awal tahun ini sehingga saya belum mampu untuk menyelesaikan tagihan kartu kredit saya yang tertunggak lama tersebut.

Namun yang saya kecewakan adalah etika penagihan staff colection CIMB Niaga yang mengaku bernama May*** dari CIMB Niaga cabang Mampang. Pada tanggal 17 September 2019, staff tersebut menelepon kantor di mana saya bekerja sebelumnya secara terus menerus. Tiap detik berdering dan sangat mengganggu sekali. Padahal sudah diarahkan untuk menghubungi handphone saya. Beberapa rekan kerja pun menjadi saksi bagaimana kata-kata tidak sopan keluar dari mulut staf tersebut, memaki-maki rekan-rekan kerja saya yang menerima telepon dan terus menerus mengganggu dengan telpon tanpa suara hingga siang menjelang sore hari.

Dan hari ini tanggal 19 September 2019 Ibu May*** kembali menelpon saya lewat handphone dan masih menagih dengan tidak sopan. Menyebut saya maling dan dengan membawa-bawa nama Ibu saya. Padahal apa hubungannya Ibu saya dengan hutang saya?

Bank CIMB Niaga yang terhormat, apakah memang seperti itu SOP penagihan pada bank Anda? Dengan memaki-maki, menyebut nasabah yang belum bisa bayar dengan kata maling, dan meneror perusahaan tempat bekerja orang lain secara terus menerus. Saya sudah menyampaikan keluhan saya lewat CS Bank CIMB Niaga dan juga ke Collection Center di CIMB Bintaro. Memang staff bernama Ibu May*** tersebut berhenti menelpon kantor saya terus menerus tapi masih dengan memaki-maki dan meneriaki saya maling lewat handphone.

Hal itu jelas melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan Bank Indonesia pada surat edarannya sbb (screenshot terlampir):

Peraturan : Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/ 17 /DASP perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu
Berlaku : 7 Juni 2012

dimana penagihan dilarang dilakukan dengan menggunakan ancaman, kekerasan dan/atau tindakan yang bersifat mempermalukan Pemegang kartu kredit dan penagihan menggunakan sarana komunikasi dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat menganggu.

Baik, saya memang masih punya kewajiban di CIMB Niaga yang belum selesai tapi saya bukan tidak berniat untuk membayar melainkan belum ada kemampuan untuk membayar saat ini. Saya akan menyelesaikan segera tagihan saya begitu keuangan saya membaik.

Sebagai perbandingan, saya pun mempunyai tagihan tertunggak untuk KTA di Bank CIMB Niaga dengan nominal yang jauh lebih besar daripada nilai tagihan kartu kredit saya. Masa tunggakannya pun sama kurang lebih 4/5 bulan lalu. Tapi saya tidak pernah menerima perlakuan serendah itu dari staff collection KTA dan pada akhirnya saya bisa mengikuti program reschedule sesuai kemampuan saya. Ini seharusnya sudah cukup membuktikan bahwa saya masih mempunyai itikad untuk membayar hutang saya di CIMB Niaga. Saat ini reschedule KTA baru setelah ini kartu kredit. Apakah itu salah jika memang kemampuan saya seperti itu.

Mohon untuk Bank CIMB Niaga, saya sudah cukup lama menjadi nasabah bank Anda. Selama ini bisa dilihat record pembayaran saya yang cukup baik walaupun sekedar membayar minimum payment. Dan jika kali ini saya belum bisa membayar pemakaian kartu kredit yang sudah saya gunakan, apakah memang saya dan mungkin rekan-rekan lain yang sedang memiiliki masalah yang sama, harus menerima perlakuan seperti itu dari staff collection Anda? Saya paham bahwa sebagai tim penagih, menagih adalah pekerjaan utama namun mohon lebih diperhatikan etika penagihan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh BI.

Ini sudah cukup membuat saya kapok menggunakan kartu kredit. Segera setelah saya mampu membayar, saya akan segera menyelesaikan dan menutup kartu kredit CIMB Niaga saya.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Ika Tresnawati
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga:
[Penilaian Rata-rata: 1]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “Sangat Kecewa dengan Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga yang Diluar Aturan Penagihan BI

  • 20 September 2019 - (15:29 WIB)
    Terus terang saya gagal paham, itu ketentuan BI sebetulnya ada penegakannya atau tidak sih? Sudah berlaku sejak 2012, tapi kenyataannya s.d. sekarang masih saja amat sangat banyak sekali penagihan yang tidak mengindahkan ketentuan2 tersebut.

    Kalau memang ditegakkan, ini sudah berjalan bertahun-tahun kok masih saja lestari tindakan2 yang melanggar?
    Kalau memang tidak ditegakkan, lah terus ngapain itu BI iseng2 bikin peraturan panjang lebar begitu?

    Ketentuan2 tersebut ditujukan kepada penerbit KK, yang notabene adalah bank2 besar dengan identitas & alamat jelas, bahkan susunan direksinya pun diketahui umum. Kalau memang benar “melanggar” ketentuan, kok bisa santai2 aja business as usual selama bertahun-tahun ini?

    Ada yang bisa bantu kasih pencerahan?

  • 20 September 2019 - (15:31 WIB)
    Ini penagihan oleh bank2 dengan nama besar loh.
    Gak heran & wajar saja kalau kemudian fintech2 yang alamat kantornya aja entah di mana (apalagi identitas owner-nya…) lebih buas lagi cara penagihannya…
  • 20 September 2019 - (17:04 WIB)
    Entahlah, Pak. Sy jg bingung. Apa instansi bank yang tidak mengindahkan aturan ini atau bagaimana. Tp pd kenyataannya mungkin bukan sy saja yg mengalami hal ini. Mungkin di luar sana jg banyak yg mengalami atau bahkan lebih buruk. Mudah2an bisa menjadi masukan yg positif dan pembelajaran utk semua.
  • 20 September 2019 - (21:39 WIB)
    wah tunggakan 5 bulan mah sudah cukup lama, sudah masuk ke collection. jadi setau aku, ada kriteria nya cara pihak collection menagih ke nasabah, jika masih nunggak 2-3 bulan masih tlp ke hp, jika lewat dari itu akan di coba alternative lain, karena sampai 5 bulan belum ada pembayaran, itu pertanda itikad kurang baik. seharusnya bisa bayar tiap bulan, meskipun minimum payment yang di bayar. begitu lah resiko menggunakan kartu kredit. memang kita menikmati kemudahan nya, tp harus tau konsekuensinya. jika kita pintar mengatur keuangan, artinya tidak konsumtif dalam memakai kartu kredit, seharusnya aman-aman aja.
    • 21 September 2019 - (18:34 WIB)
      Sy cukup tahu bgmn mekanisme penggunaan kartu kredit dan juga resikonya.. Mslhnya adalah sy sdg mengalami masalah keuangan dr awal tahun ini, terlilit hutang dimana2, ditambah keadaan saat ini suami sdg tdk bekerja. Kebutuhan tetap sementara pemasukan berkurang drastis sehingga sangat mempengaruhi kualitas pembayaran sy. Sy jg tdk menampik kesalahan sy yg mungkin kurang bs memanage pemakaian CC sehingga berujung masalah seperti ini. Tp 1 hal yg pasti, sy ada itikad byr. Saat ini sy sdg reschedule KTA di bank yg sama. Satu per satu hutang mulai sy selesaikan bertahap. Dan sepengetahuan sy pun lamanya tunggakan seharusnya tdk mempengaruhi kualitas penagihan, krn sdh ada ketentuan yg diatur BI. Tp CMIIW yaa.. Mungkin ada tmn2 yg lain yg prnh pny pengalaman serupa.. Anyway, thanks for comment..
  • 21 September 2019 - (22:31 WIB)
    Selamat malam bu,saya juga mengalami nasib yang sama tapi dari DC mandiri. Terus menerus tlp kantor dan memaki2 siapapun yang angkat serta membawa2 nama ortu saya. Sudah saya rekam semua dan sudah saya laporkan ke kepolisian serta ke call center

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa dengan Penagihan Kartu Kredit CIMB Niaga yang Diluar Atu…

Ika Tresnawati 2 menit
6